121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

17
1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Air merupakan salah satu kebutuhan hidup yang paling penting. Tanpa air, berbagai proses kehidupan tidak dapat berlangsung. Meskipun merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui oleh alam sendri, tapi kenyataan ketersediaan air tanah tidak bertambah. Di Indonesia, akses terhadap air bersih masih menjadi masalah. Sebagian besar air tawar yang digunakan berasal dari air sungai, danau, waduk dan sumur. Pencemaran oleh mikroorganisme terhadap badan air maupun dalam suplai air minum merupakan kasus yang sering terjadi, dan saat ini pencemaran dari faktor kimia dan fisika misalnya pencemaran oleh senyawa polutan mikro yang bersifat mutagenik dan/atau yang menyebabkan kanker perlu diwaspadai. Pesatnya pembangunan wilayah Indonesia dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi membutuhkan air dalam jumlah yang banyak yang sering kali tidak tersedia untuk penduduk, dan juga akibat penggunaan teknologi produksi yang mana sering tidak atau kurang ramah terhadap lingkungan atau kesehatan masyarakat. Meskipun demikian telah terbukti bahwa penyediaan air bersih untuk masyarakat memainkan peran penting dalam hal meningkatkan kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat , yakni mempunyai peranan dalam menurunkan angka penderita penyakit, khususnya yang behubungan dengan air dan berperan dalam meningkatkan standar atau taraf/kualitas hidup masyarakat. B. Tujuan Tujuan makalah ini untuk mengetahui pengaruh ketersediaan air bersih terhadap kesehatan masyarakat.

description

Pengolahan Air Bersih

Transcript of 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

Page 1: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

1

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Air merupakan salah satu kebutuhan hidup yang paling penting. Tanpa air,

berbagai proses kehidupan tidak dapat berlangsung. Meskipun merupakan sumber

daya alam yang dapat diperbaharui oleh alam sendri, tapi kenyataan ketersediaan

air tanah tidak bertambah.

Di Indonesia, akses terhadap air bersih masih menjadi masalah. Sebagian

besar air tawar yang digunakan berasal dari air sungai, danau, waduk dan sumur.

Pencemaran oleh mikroorganisme terhadap badan air maupun dalam suplai air

minum merupakan kasus yang sering terjadi, dan saat ini pencemaran dari faktor

kimia dan fisika misalnya pencemaran oleh senyawa polutan mikro yang bersifat

mutagenik dan/atau yang menyebabkan kanker perlu diwaspadai.

Pesatnya pembangunan wilayah Indonesia dan laju pertumbuhan penduduk

yang tinggi membutuhkan air dalam jumlah yang banyak yang sering kali tidak

tersedia untuk penduduk, dan juga akibat penggunaan teknologi produksi yang

mana sering tidak atau kurang ramah terhadap lingkungan atau kesehatan

masyarakat.

Meskipun demikian telah terbukti bahwa penyediaan air bersih untuk masyarakat

memainkan peran penting dalam hal meningkatkan kesehatan lingkungan dan

kesehatan masyarakat , yakni mempunyai peranan dalam menurunkan angka

penderita penyakit, khususnya yang behubungan dengan air dan berperan dalam

meningkatkan standar atau taraf/kualitas hidup masyarakat.

B. Tujuan Tujuan makalah ini untuk mengetahui pengaruh ketersediaan air bersih terhadap kesehatan masyarakat.

Page 2: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

2

PEMBAHASAN

A. Air Bersih Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan akan menjadi air minum setelah dimasak terlebih dahulu. Sebagai batasan nya, air bersih adalah yang memenuhi persyaratan bagi sistem penyediaan air munum, dimana persyaratan yang dimaksud adalah persyaratan dari segi kualitas air yang meliputi kualitas fisik, kimia, biologis dan radiologis, sehingga apabila dikonsumsi tidak menimbulkan efek samping (Ketentuan Umum Permenkes No. 416/Menkes/PER/1990). Pesyaratan tersebut juga memperhatikan pengamanan terhadap sistem distribusi air bersih dari isntalasi air bersih sampai pada konsumen. Air bersih dan sanitasi yang baik merupakan elemen penting yang menunjang kesehatan manusia. Lebih dari 1 milliar manusia di seluruh dunia kehilangan akses terhadap sumber air bersih. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan sekitar 1.6 juta anak di seluruh dunia meninggal akibat tidak terpenuhinya kebutuhan dasar dan sanitasi yang sehat. Dampak tidak terpenuhinya kebutuhan tersebut langsung dirasakan oleh jutaan keluarga terutama anak-anak dan balita sebagai kelompok usia rentan. Jika target penyediaan air bersih dan sanitasi tidak segera diatasi dunia diperkirakan mengalami krisis meluas. Krisis akan lebih terasa diwilayah perkotaan karena pertumbuhan penduduk yang cepat sehingga memunculkan tekanan pelayanan kesehatan bagi warga kelas bawah. Pada saat terpaksa, manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan, tetapi tidak dapat hidup tanpa air. Hal itu juga berhubungan dengan kenyataan bahwa 70% dari tubuh manusia berupa cairan (air). Penggunaan air untuk keperluan sehari-hari tanpa memperhatikan kualitasnya akan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Karena air dapat berperan dalam penyebaran penyakit yang berkaitan dengan air. Beberapa fungsi air yang berguna untuk tubuh adalah sebagai bagian dari sistem yang mengangkut nurisi dan gizi sebagai hasil metablisme dari makanan yang dikonsumsi. Air juga berfungsi mengangkut sisa-sisa metabolisme dalam tubuh, membantu memecahkan komponen dalam tubuh, menjaga

Page 3: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

3

keseimbangan suhu tubuh karena proses oksidasi yang menghasilkan panas, menjaga elastisitas kulit, dan membantu proses bernafas dengan melembabkan udara ketika dihembuskan. Walaupun kita tidak beraktivitas tinggi, air yang dikeluarkan tubuh terhitung banyak. Salah satu kesalahan yang sudah menjadi kebiasaan adalah mengkonsumsi air hanya ketika haus. Hal ini berakibat fatal karena asupan air hanya sedikit. Tubuh membutuhkan sedikitnya satu liter air lebih banyak dari rasa haus. Air yang dikonsumsi sehari-hari harus memiliki syarat kesehatan agar tidak menimbulkan penyakit Penyebab penyakit yang ada dapat dikelompokan menjadi 4 bagian: 1. Penyebab tak hidup yang menyebabkan penyakit tidak menular

Penyakit tidak menular yang disebabkan air banyak sekali. Penyebabnya dapat berupa zat-zat kimia seperti wabah yang disebabkan air raksa, cadmium, dan cobalt.

2. Penyebab hidup yang menyebabkan penyakit menular Penyakit menular lewat air dapat disebabkan oleh a) organisme patogen seperti bakteri, vibrio cholera penyebab penyakit kolera, salmonella thypipenyebab penyakit demam tipoid, sigella penyebab penyakit disentri basilus, salmonella parathypi penyebab penyakit demam parathypi, protozoa, virus penyebab penyakit hepetitis infeksiosa. b) organisme nonpatogen seperti aetenomi cetes menyebabkan rasa dan bau yang tidak diharapkan, algae dalam jumlah besar dapat menghambat pekerjaan pada sistem saringan, bakteri coli dan coliform sebagai indikasi apakah air tercemar oleh tinja manusia atau kotoran hewan.

3. Air sebagai sarang insekta penyebab penyakit Air sebagai sarang insekta yang menyebarkan penyakit kepada masyarakat. Insekta demikian disebut sebagai vektor penyakit. Vektor yang bersarang di air dan terpenting di Indonesia pada umumnya nyamuk seperti nyamuk aedes aegypti dan anopheles spp.

4. Air sebagai media penularan penyakit Pola mekanisme penularan penyakit infeksi yang berkaitan dengan air minum yaitu, sumber-air-manusia atau sumber-air-makanan, susu, sayuran-manusia.

Page 4: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

4

Mengingat air berfungsi sebagai media penularan penyakit, maka untuk mengurangi timbulnya penyakit atau menurunkan angka kematian usahanya adalah meningkatkan penggunaan air minum yang memenuhi persyaratan kualitas dan kuantitas

B. Penyakit Yang Berhubungan Dengan Air

Adapun penyakit-penyakit yang berkaitan dengan ketersediaan air bersih, diantaranya : 1. Karena keterbatasan air bersih. Manusia menjadi sangat hemat air,

misalnya lebih dipentingkan untuk minum, atau memasak, sedangkan untuk mencuci baju, mandi/kebersihan badan, kurang dipenuhi. Akibatnya penyakit-2 kulit dapat berkembang karena kurang bersih, jamur, bakteri tumbuh pada permukaan kulit (kudis, panu, kurap, dsb)

2. Karena bakteri, virus, atau agent penyebab penyakit berada dalam air. Bila tidak tersedia pilihan air bersih, maka dengan terpaksa manusia akan menggunakan air bersih yang ada. Walaupun kriteria bersih yang digunakan relatif. Air bersih yang sebetulnya kurang bersih (misalnya asal kelihatan jernih) digunakan untuk mencuci beras, piring, sendok, gelas, sayuran. Sayuran setelah dicuci tidak dimasak, misal digunakan sebagai lalapan, atau geals, piring sendok digunakan sebagai wadah makanan atau minuman, maka kemungkinan terjadi penyakit perut. Seperti diare, disentri, kolera, tiphus, dan sebagainya karena bakteri penyebab penyakit memang berada dalam air yang sebelumnya digunakan.

3. Karena vektor pembawa kuman penyakit membutuhkan air dalam siklus hidupnya. Misalnya penyakit dengan vektor nyamuk, seperti : demam berdarah, malaria, demam kuning, kaki gajah. Nyamuk dalam perkembangbiakannya membutuhkan media air. Telur nyamuk tumbuh berkembang menjadi jentik-jentik dalam air, hingga suatua saat menjadi nyamuk dewasa. Bila nyamuk dewasa tersebut menggigit manusia, yang dlam darahnya mengandung kuman/ bakteri penyakit, maka nyamuk tersebut bila menggigit orang berikutnya akan memasukkan kuman/bakteri penyakit dalam darahnya.

Banyak dijumpai masyarakat mengalami keracunan air minum karena adanya senyawa kimia dalam air minum melebihi ambang batas konsentrasi yang diizinkan.

Page 5: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

5

Sebetulnya senyawa kimia ini bisa secara alamiah maupun akibat kegiatan manusia mencemari air minum. Beberapa zat kimia yang bersifat racun terhadap tubuh manusia adalah logam berat, pestisida, senyawa polutan hidrokarbon, zat-zat radio aktif alami atau buatan dan sebagainya. 1. nitrat yang biasa ditemukan dalam kegiatan pertanian. Pencemaran nitrat

disebabkan air limbah pertanian mengandung senyawa nitrat akibat penggunaan pupuk nitrogen (urea). Senyawa nitrat dalam air minum dalam jumlah besar menyebabkan methaemoglobinameia. Penyakit ini adalah kondisi haemoglobin di dalam darah berubah menjadi methaemoglobin, sehingga darah kekurangan oksigen.

2. Flourida (F) adalah senyawa kimia yang alami pada air di berbagai konsentrasi. Pada konsentrasi kecil sekitar 1,5 mg/l akan bermanfaat pada kesehatan gigi. Apabila konsentrasi tinggi (lebih dari 2 mg/l) menyebabkan kerusakan gigi (gigi bercak-bercak0. ''Bila lebih besar lagi 3-6 mg/l menyebabkan kerusakan pada tulang. Dosis flourida di dalam air minum maksimal 0,8 mg/l.''

3. Unsur berbahaya lainnya adalah air raksa (merkurium, Hg) adalah logam berat berunsur racun terhadap tubuh. Limbah merkurium akibat industri pernah menimbulkan korban jiwa pada kasus Minamata Jepang, 1950.

4. Air minum pun tidak boleh tercemar kadmium (Cd). Air minum biasanya mengandung Cd dengan konsentrasi 1 ug atau kadang-kadang mencapai 5 ug. WHO telah mengeluarkan rekomendasi kadar Cd dalam air minum sebesar 0,01 mg/l sedangkan Peraturan Pemerintah No 20/1990 kadar maksimum Cd dalam air minum sebesar 0,005 mg/l.

5. Zat racun lainnya dalam Selenium yang biasa ditemukan di daerah seleniferous (tadah hujan). Di daerah semacam itu kandungan selenium dalam air tanah (sumur) ataupun permukaan bisa tinggi. WHO menetapkan kadar selenium pada air minum sebesar 0,01 mg/l sedangkan Peraturan Pemerintah No 20/1990 merekomendasikan kadar selenium yang diperbolehkan 0,01 mg/l.

C. Peranan Terhadap Penurunan Penyakit Telah diketahui bahwa dengan adnya suplai air bersih yang sehat, dapat menurunkan angka penderita penyakit, khusus nya penyakit yang berhubungan

Page 6: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

6

dengan air (Waterborne Deseases) tidak hanya disentri, kholera dan thypus, tetapi juga trachoma, beberapa penyakit kulit dan penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit. Di negara maju dimana suplai air bersih untuk masyarakat sudah hampir 100%, maka jumlah penyakit akibat infeksi penyakit enterik misalnya penyakit kolera, thypus, disentri dan sebagaianya dapat ditekan dengan tajam. Hal ini juga ditunjang karena ada kemajuan medis berupa pengembangan obat-obatan baru.walaupun demikian telah diyakini bahwa yang memeberikan kontribusi terbesar adalah adanya suplai air bersih yang sehatuntuk kehidupan sehari-hari dengan sistem yang sangat baik. Di Jepang misalnya, jumlah konsumsi air bersih per kapita adlah 365 Ltr/hari dan jumlah suplai air bersih dengan sistem perpipaan mencapai 13 milyard M3 untuk tahun fiskal 1977. Prosentase pelayanan di daerah pedesaan lebih kecil daripada daerah perkotaan. Di kota-kota besar di Jepang hampir seluruh penduduk telah menikmati pelayanan air bersih dengan sistem perpipaan (water works system). Dengan kondisi yang demikian, bedasarkan statistik (1977), jumlah penderita kolera dan polio nol, disentri 737, thypus 340 dan pasien parathypus sebanyak 77 orang. Lalu kematian bayi 8,9 per 1000 kelahiran. Usia hidup rat-rata orang jepang adalah 72,69 tahun untuk laki-laki dan 77,96 tahun untuk perempuan, yang merupakan angka tertinggi di dunia. Apabila dibandingkan dengan di Indonesia , untuk kota jakarta misalnya, kapasitas produksi air bersih oleh PAM 10,485 M3/detik , melayani sekitar 40-45 % dari 8 juta penduduk jakarta (1989). Dalam kondisi yang demikian, berdasarkan data yang ada, jumlah penderita penyakit yang berhubungan dengan air, yakni kolera, disentri dan thypus adalah 2.146, 15.131, dan 2.220 penderita (rata-rata Th 1984-1988). Dari data tersebut terlihat bahwa dengan adanya sistem penyedian air bersih yang dpat melayani sebagian/seluruh masyarakat , maka jumlah penderita penyakit, khususnya yang berkaitan dengan air dapat ditekan dengan tajam. Hal ini harus tentu perlu ditunjang juga dengan sistem sanitasi lingkungan yang baik pula.

Page 7: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

7

D. Sistem Pengolahan Air Bersih Secara umum, pengolahan air bersih terdiri dari 3, yaitu pengolahan secara fisika, kimia, dan biologi. Pada pengolahan secara fisika, biasanya dilakukan secara mekanis, tanpa adanya penambahan bahan kimia. Contohnya adalah pengendapan, filtari, adsorpsi, dan lain-lain. Pada pengolahan secara kimiawi, terdapat penambahan bahan kimia, seperti klor, tawas, dan lain-lain, biasanya digunakan untuk menyisihkan logam-logam berat yang terkandung dalam air. Pada pengolahan secara biologis, biasanya memanfaatkan mikroorganisme sebagai media pengolahnya. 1. Tekhnik Pengolahan Air Bersih PDAM

PDAM, biasanya melakukan pengolahan secara fisika dan kimiawi dalam proses penyediaan air bersih. Secara umum, skema pengolahan air bersih di daerah-daerah di Indonesia terlihat seperti pada gambar di bawah. Terdapat 3 bagian penting dalam sistem pengolahannya.

Skema pengolahan air bersih

a. Bangunan Intake Bangunan intake ini berfungsi sebagai bangunan pertama untuk masuknya air dari sumber air. Pada umumnya, sumber air untuk pengolahan air bersih, diambil dari sungai. Pada bangunan intake ini biasanya terdapat bar

screen yang berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang dalam air. Selanjutnya, air akan masuk ke dalam sebuah bak yang nantinya akan dipompa ke bangunan selanjutnya, yaitu WTP – Water Treatment Plant. b. Water Treatment Plant Water Treatment Plant atau lebih populer dengan akronim WTP adalah bangunan utama pengolahan air bersih. Biasanya bagunan ini terdiri dari 4 bagian, yaitu : bak koagulasi, bak flokulasi, bak sedimentasi, dan bak filtrasi.

Koagulasi

Page 8: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

8

Dari bangunan intake, air akan dipompa ke bak koagulasi ini. pada proses koagulasi ini dilakukan proses destabilisasi partikel koloid, karena pada dasarnya air sungai atau air-air kotor biasanya berbentuk koloid dengan berbagai partikel koloid yang terkandung di dalamnya. Destabilisasi partikel koloid ini bisa dengan penambahan bahan kimia berupa tawas, ataupun dilakukan secara fisik dengan rapid mixing (pengadukan cepat), hidrolis (terjunan atau hydrolic jump), maupun secara mekanis (menggunakan batang pengaduk). Biasanya pada WTP dilakukan dengan cara hidrolis berupa hydrolic jump. Lamanya proses adalah 30 – 90 detik.

Proses Koagulasi Secara Mekanis dengan mesin pemutar

Flokulasi Setelah dari unit koagulasi, selanjutnya air akan masuk ke dalam unit flokulasi. Unit ini ditujukan untuk membentuk dan memperbesar flok. Teknisnya adalah dengan dilakukan pengadukan lambat (slow mixing).

Proses Flokulasi Partikel Koloid

Sedimentasi Setelah melewati proses destabilisasi partikel koloid melalui unit koagulasi dan unit flokulasi, selanjutnya perjalanan air akan masuk ke dalam unit sedimentasi. Unit ini berfungsi untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang sudah didestabilisasi oleh unit sebelumnya. Unit ini menggunakan prinsip berat jenis. Berat jenis partikel koloid (biasanya berupa lumpur) akan lebih besar daripada

Page 9: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

9

berat jenis air. Dalam bak sedimentasi, akan terpisah antara air dan lumpur.

Proses Sedimentasi

Gabungan unit koagulasi, flokulasi, dan sedimentasi disebut unit aselator

Unit Aselator pada Water Treatment Plant

Filtrasi Setelah proses sedimentasi, proses selanjutnya adalah filtrasi. Unit filtrasi ini, sesuai dengan namanya, adalah untuk menyaring dengan media berbutir. Media berbutir ini biasanya terdiri dari antrasit, pasir silica, dan kerikil silica denga ketebalan berbeda. Dilakukan secara grafitasi.

Unit Filtrasi

Selesailah sudah proses pengolahan air bersih. Biasanya untuk proses tambahan, dilakukan disinfeksi berupa penambahan chlor, ozonisasi, UV, pemabasan, dan lain-lain sebelum masuk ke bangunan selanjutnya, yaitu reservoir.

c. Reservoir Setelah dari WTP dan berupa clear water, sebelum didistribusikan, air masuk ke dalam reservoir. Reservoir ini berfungsi sebagai tempat penampungan

Page 10: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

10

sementara air bersih sebelum didistribusikan melalui pipa-pipa secara grafitasi. Karena kebanyakan distribusi di kita menggunakan grafitasi, maka reservoir ini biasanya diletakkan di tempat dengan eleveasi lebih tinggi daripada tempat-tempat yang menjadi sasaran distribusi. Biasanya terletak diatas bukit, atau gunung.

Reservoir air bersih

Gabungan dari unit-unit pengolahan air ini disebut IPA – Instalasi Pengolahan Air. Untuk menghemat biaya pembangunan, biasanya Intake, WTP, dan Reservoir dibangun dalam satu kawasan dengan ketinggian yang cukup tinggi, sehingga tidak diperlukan pumping station dengan kapasitas pompa dorong yang besar untuk menyalurkan air dari WTP ke reservoir. Barulah, setelah dari reservoir, air bersih siap untuk didistribusikan melalui pipa-pipa dengan berbagai ukuran ke tiap daerah distribusi.

2. Teknologi Sederhana Pengolahan Air Bersih Ada berbagai macam cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan air bersih, dan cara yang paling mudah dan paling umum digunakan adalah dengan membuat saringan air, dan bagi kita mungkin yang paling tepat adalah membuat penjernih air atau saringan air sederhana. Perlu diperhatikan, bahwa air bersih yang dihasilkan dari proses penyaringan air secara sederhana tersebut tidak dapat menghilangkan sepenuhnya garam yang terlarut di dalam air. Gunakandestilasi sederhana untuk menghasilkan air yang tidak mengandung garam.Sebelum membeli alat / mesin penjernih air yang harganya ratusan ribu sampai jutaan rupiah, kita bisa mencoba terlebih dahulu beberapa alternatif cara sederhana dan mudah guna mendapatkan air bersih dengan cara mempergunakan filter air / penyaringan air :

Page 12: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

12

c.Pengolahan Air Kotor Dengan Saringan Pasir (AERASI DAN FILTRASI) Tujuan: Menurunkan Fe (besi), Mn (mangan), AL (alumunium) Bahan: - Pasir - Kerikil - Sirtu

d. Pengolahan Air Bertingkat Bahan: - Pasir - Kerikil - Ijuk - Arang Karbon Aktif - Drum Air 2 Buah

Page 13: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

13

e. Pengolahan Air Dengan Penyulingan Tujuan 1. Memisahkan racun bahan kimia (insektisida & limbah industri) 2. Memisahkan unsur radioaktif (Ra dan Plutonium) 3. Memisahkan mineral tidak diperlukan (Mercuri, arsenik dan timah hitam) 4. Membunuh organisme merugikan (bakteri, virus dan parasit) Bahan 1. Tangki pemanas listrik 2. Kumparan kondensor 3. Penyaring karbon aktif 4. Wadah penampung air Cara Kerja Alat 1. Air ledeng dimasukkan dalam tangki pemanas C bakteri dan virus mati 3. Air mendidih berubah jadi uap, menyisakan zat padat yang tidak larut, logam atau lainnya dalam tangki 4. Uap menjadi tetesan air suling murni 5. melewati saringan karbon aktif untuk menghilangkan bau, warna dan

Page 14: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

14

rasa 6. Ditampung dalam wadah plastik 7. Langsung diminum tanpa direbus

Keterangan: 1. Penutup a) Kumparan kondensor b) Kipas angin c) Penguapan d) Karbon aktif diletakkan pada ujung penetes 2. Tangki pemanas a) Lempengan pemanas b) Tombol reset c) Kabel penutup 3. Wadah Plastik penampung air suling a) Tutup berlobang sebesar ujung penetes dipakai pada saat alat bekerja b) Tutup bulat rapat dipakai sewaktu menyimpan air f. Pengolahan Air Suling Yang Mengandung Bakteri E.Coli Bahan: 1. Pompa air 2. Bak penampung/pengendapan awal 3. Bak pengolahan/penyaringan 4. Saringan pasir dan kerikil 5. Desinfektan kaporit

Page 16: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

16

PENUTUP

A. KESIMPULAN Masalah kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat dapat

mengalami penurunan bila pasokan/ketersediaan air bersih yang dibutuhkan tidak tersedia . sistem pengolahan air bersih untuk masyakat perlu ditingkatkan lagi agar dapat mengurangi jumlah penderita (pasien) khususnya pasien yang menderita penyakit yang berhubungan dengan air. Pemantauan lebih lanjut mengenai kualitas air minum maupun air untuk peruntukan yang lain adalah merupakan hal yang sangat penting, karena dengan adanya pantauan/pemeriksaan secara berkala tersebut akan dapat mengetahui permasalahan yang terjadi pada badan air atau terhadap pasokan air secara menyeluruh. Sehingga bila terjadi penurunan kualitas air ataupun pencemaran pada badan air dapat diketahui secara dini faktor penyebab nya.

Page 17: 121081008 Makalah Pengolahan Air Bersih

17

DAFTAR PUSTAKA

http://pureit-unilever.com/jual-unilever-pureit/air-minum-berkualitas/

http://osdir.com/ml/culture.region.indonesia.ppi-india/2005-03/msg01688.html

http://ponggok.com/index.php?option=com_content&view=article&id=50:penyakit-air&catid=34:artikel&Itemid=30

http://aryansah.wordpress.com/2010/12/03/instalasi-pengolahan-air-bersih/

http://4funjava.blogspot.com/2010/04/teknologi-sederhana-pengolahan-air.html

http://aimyaya.com/id/lingkungan-hidup/kumpulan-teknik-penyaringan-air-sederhana/ http://www.google.co.id/ BAB1PENCEMARAN.pdf http://www.google.co.id/bab2_sistem_penyedian_air_bersih.pdf http://www.google.co.id/ BAB1.pdf http://www.google.co.id/ hal_37-42.pdf http://www.google.co.id/ 211092334.pdf http://www.google.co.id/ 09E00149.pdf