1206010 agus triyono

14
Resume Le Grand Voyage (Perjalanan Besar) Agus Triyono 1206010

description

Le Grand Voyage mengisahkan tentang perjalanan anak dan ayahnya yang menuju kota Mekkah di Arab Saudi untuk ayah tercinta yang ingin menuaikan ibadah haji. Diceritakan bahwa anak yang bernama Reda menempuh perjalanan jarak hampir 5000 Km bersama ayah tercinta untuk menuju mekkah dengan mengendarai sebuah mobil. Di dalam perjalanan sang ayah banyak mengajarkan arti hidup kepada sang anak yang telah dirasuki budaya western modernis.

Transcript of 1206010 agus triyono

Page 1: 1206010 agus triyono

Resume Le Grand Voyage (Perjalanan Besar)

Agus Triyono

1206010

Page 2: 1206010 agus triyono

Alur

Le Grand Voyage mengisahkan tentang perjalanan anak dan ayahnya yang menuju kota Mekkah di Arab Saudi untuk ayah tercinta yang ingin menuaikan ibadah haji. Diceritakan bahwa anak yang bernama Reda menempuh perjalanan jarak hampir 5000 Km bersama ayah tercinta untuk menuju mekkah dengan mengendarai sebuah mobil. Di dalam perjalanan sang ayah banyak mengajarkan arti hidup kepada sang anak yang telah dirasuki budaya western modernis.

Page 3: 1206010 agus triyono

Tokoh di Le Grand Voyage

Nama : Reda

Pemeran : Nocole Cazale

Sang anak yang masih SMU. Meski

Memeluk agama Islam, tapi sang anak

Sudah tak pernah shalat dan memacari

Seorang gadis non muslim

Page 4: 1206010 agus triyono

Tokoh di Le Grand Voyage

Nama : Ayah

Pemeran : Muhammed Majd

Sang ayah yang memeluk islam secara

Taat. Meski seorang moderat, ia bijaksana

Dalam mengambil keputusan

Page 5: 1206010 agus triyono

Alur

Dalam cerita tersebut sang ayah memerintahkan kepada sang anak yang bernama reda untuk mengantarkan ke mekkah yang membuat reda harus meninggalkan dunianya yang modern. Sang ayang menyuruh reda untuk menyupiri ayahnya naik haji ke mekkah dengan mobil minivan Peugeot yang bobrok. Di sisi lain reda harus terpaksa melakukan perintah sang ayahnya dan reda juga harus meninggalkan pacarnya

Page 6: 1206010 agus triyono

Pada saat perjalanan dimulai, Reda memohon kepada sang ayahnya untuk berkunjung ke keota Milan, tapi sang ayah menolak secara tegas. Perjalanan mereka akhirnya dilanjutkan, dalam perjalanan ke Beograd, sang ayah bersikeras untuk mengambil jalan pintas yang tak ada didalam peta dengan hanya bermodal intuisi, sehingga berujung ke sebuah persimpangan.

Page 7: 1206010 agus triyono

Dibesarkan dalam zaman yang berbeda membuat hubungan antara mereka berdua juga renggang dan berbeda. Reda yang sudah lazim dengan budaya sekuler dan hedon ala Prancis sangat kontra dengan sikap ayahnya yang sangat taat agama dan hidup sesederhana mungkin. Terjadilah debat dan pertentangan atas sikap mereka masing-masing. Tapi toh, Reda perlahan-lahan belajar dan disadarkan oleh sikap ayahnya.

Page 8: 1206010 agus triyono

Dalam perjalanan Reda pertanya kepada sang ayah “kenapa harus memakai mobil dalam melakukan naik haji”. Ayah pun menjawab : Saat air laut naik ke langit, rasa asinnya hilang dan murni kembali. Air laut menguap naik ke awan. Saat menguap ia menjadi tawar. Itulah sebabnya lebih baik naik haji berjalan kaki daripada berkuda. Lebih berkuda daripada naik mobil. Lebih baik naik mobil daripada naik perahu. Lebih naik perahu daripada naik pesawat.

Page 9: 1206010 agus triyono

Perjalanan mereka berdua menuju Mekkah menemui banyak sekali rintangan yang aneh dan tak terduga. Saat di Kroasia, mereka dihampiri oleh seorang wanita tua misterius yang meminta tumpangan menuju ke sebuah kota yang namanya tak ada di peta. Wanita ini benar-benar aneh, bahkan dia bisa melewati pos perbatasan tanpa diperiksa. Karena Reda merasa ketakutan, dia sempat beberapa kali meminta ayahnya untuk menurunkan saja wanita misterius ini.

Page 10: 1206010 agus triyono

Selain itu, mereka juga menemui hadangan lain yang cukup menyebalkan, seperti misalnya ditahan berjam-jam di pos imigrasi Turki karena dokumen perjalanan Reda yang tidak valid. Sampai akhirnya Reda bertemu dengan seorang Turki bernama Mustapha yang pada awalnya baik hati, namun akhirnya menjebak Reda dengan mencuri uang perjalanannya ke Mekkah. Semua ini membuat Reda berpikir tentang apa sebenarnya tujuan dari perjalanan yang cukup merepotkan ini.

Page 11: 1206010 agus triyono

Semakin banyak peristiwa yang dihadapi oleh Reda dan sang ayah, Reda bertanya kepada sang ayah.

“Ayah, kenapa ayah sangat ingin ke Mekkah? Kenapa mekkah sangat berarti bagi ayah sehingga ayah mengusahakan untuk mengendarai mobil sejauh ini?”

“Mekkah adalah tempat suci bagi seluruh umat Islam dari seluruh dunia. Tempat ini adalah peninggalan Ibrahim, nabi yang diberkati Allah. Semua orang Islam yang masih mampu secara fisik, mental dan materi harus menyanggupkan diri berangkat ke Mekkah sebelum dia meninggal dunia untuk menyucikan jiwanya disana. Kita semua pasti meninggal di dunia ini karena kita hanyalah tetamu sementara. Ketakutanku satu-satunya dalam perjalanan ini adalah aku akan meninggal sebelum benar-benar sampai di Mekkah. Untunglah, kau menemaniku sepanjang perjalanan, nak. Allah memberkatimu. Aku juga mempelajari banyak hal selama perjalanan ini”

Page 12: 1206010 agus triyono

Setelah sampai dimekkah. Reda dan sang ayah bertemu dengan konvoy sesama muslim yang akan naik haji, sang ayah pun mulai menunaikan ibadahnya. Namun sang ayah tak kunjung kembali ke perkemahan. Reda pun panik dan mulai mencari ayahnya. Akhirnya Reda menemukan ayahnya di tempat para jamaah haji yang wafat. Reda menangis tersedu sedu karena baru saja ia dapat mengenal ayahnya, namun ia harus kehilangan sang ayah

Page 13: 1206010 agus triyono

Setelah wafatnya sang ayah, Lalu Reda menjual mobilnya untuk pulang dengan memakai pesawat. Reda pun perlahan merubah sifatnya dan berjanji untuk berubah menjadi lebih baik.

Page 14: 1206010 agus triyono

Cita – cita yang akan dicapai

1. Lulus Kuliah S1 dangan waktu 3,5 tahun

2. Mengabdi menjadi guru SMK

3. Membuka Bengkel Otomotif SMK

4. Menjadi guru les music

5. Menikah sambil kerja

6.