11024-9-199983015583

10
9 JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA MODUL 9 REKAYASA TRANSPORTASI(3 SKS) Ir. Sylvia Indriany, M.T. POKOK BAHASAN : PENGENDALIAN SIMPANG MATERI KULIAH : Pengertian simpang, titik konflik,persimpangan dg lampu lalu lintas, metoda analisis simpang 9.1. Umum Persimpangan adalah simpul pada jaringan jalan dimana jalan- jalan bertemu dan lintasan kendaraan berpotongan. Persimpangan adalah faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu jaringan jalan, khususnya di daerah-daerah perkotaan. Simpang merupakan tempat yang potensial terjadi kecelakaaan, karena di dalamnya mengandung konflik-konflik antara kendaraan dan kendaraan atau kendaraan dengan pejalan kaki akibat penggunaan ruang bersama di dalam simpang. Karena itu perlu adanya pengendalian. Masalah yang saling terkait pada persimpangan adalah : Volume dan kapasitas yang secara langsung mempengaruhi hambatan Disain geometrik dan kebebasan samping Kecelakaan dan keselamatan jalan, kecepatan, lampu jalan Parkir, akses dan pembangunan yang sifatnya umum Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB Ir. Sylvia Indriany, M.T REKAYASA TRANSPORTASI

description

paper

Transcript of 11024-9-199983015583

1

JURUSAN TEKNIK SIPIL

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

UNIVERSITAS MERCU BUANA

MODUL 9

REKAYASA TRANSPORTASI(3 SKS)

Ir. Sylvia Indriany, M.T.

POKOK BAHASAN :

PENGENDALIAN SIMPANG

MATERI KULIAH :

Pengertian simpang, titik konflik,persimpangan dg lampu lalu lintas, metoda analisis simpang9.1. Umum

Persimpangan adalah simpul pada jaringan jalan dimana jalan-jalan bertemu dan lintasan kendaraan berpotongan. Persimpangan adalah faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu jaringan jalan, khususnya di daerah-daerah perkotaan.

Simpang merupakan tempat yang potensial terjadi kecelakaaan, karena di dalamnya mengandung konflik-konflik antara kendaraan dan kendaraan atau kendaraan dengan pejalan kaki akibat penggunaan ruang bersama di dalam simpang. Karena itu perlu adanya pengendalian.

Masalah yang saling terkait pada persimpangan adalah :

Volume dan kapasitas yang secara langsung mempengaruhi hambatan

Disain geometrik dan kebebasan samping

Kecelakaan dan keselamatan jalan, kecepatan, lampu jalan

Parkir, akses dan pembangunan yang sifatnya umum

Pejalan kaki

Jarak antar persimpangan

9.2. Manuver Kendaraan dan Konflik-konflik

Terdapat 4 jenis dasar dari manuver kendaraan yaitu : berpencar(diverging), bergabung(bergabung), berpotongan(crossing) dan bersilangan(weaving), seperti gambar berikut diurut sampai yang paling berbahaya. Berpencar (diverging)

Bergabung(merging)

Bersilangan (weaving)

Berpotongan (crossing)

Disimpang 4 kaki terdapat 16 crossing conflicts, 8 merging dan 8 diverging konflik. Sedangkan pada simpang 3 kaki terdapat 6 crossing , 6 merging dan 6 diverging. Iluastrasi tentang hal tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Sumber: Jumlah potensial titik konflik pada persimpangan tergantung dari :

Jumlah arah pergerakan

Jumlah kaki persimpangan

Jumlah lajur dari setiap kaki persimpangan

Pengaturan simpang

Karena adanya konflik tersebut maka menurut sistem pengendaliannya simpang dapat terbagi mejadi :

1. Persimpangan rambu stop (stop sign)

2. Persimpangan dengan rambu rambu untuk memberi kesempatan (Yield sign)

3. Persimpangan dengan pemisah jalur (Intersection channelization)

4. Bundaran (Roundabouts)

5. Persimpangan tanpa pengatur (Uncontrolled intersection)

6. Persimpangan dengan lampu lalu lintas (traffic signal)

Lebih jelasnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini:

Sumber:

Sumber: Rekayasa lalu lintas,BSLLAK,1999

Sumber:

9.3. Persimpangan dengan lampu lalu lintas

Kriteria bahwa suatu simpang sudah harus diberi alat pemberi isyarat lalu lintas adalah:

1. Arus minimal lau lintas yang menggunakan simpang rata-rata adalah > 750 kend/jam selama 8 jam dalam sehari

2. Atau bila waktu menunggu/ hambatan rata-rata kendaraan di persimpangan telah melampaui 30 detik

3. Atau persimpangan digunakan oleh rata-rata > dari 175 pejalan kaki/jam selama 8 jam sehari

4. Atau sering terjadi kecelakaan pada persimpangan tersebut

5. Atau merupakan kombinasi sebab-sebab yang disebutkan diatas.

6. Atau karena pada daerah yang bersangkutan dipasang suatu sistem pengendalian lalu lintas terpadu (ATCS) sehingga simpang-simpang yang masuk areanya harus dikendaliakan dengan APILL

Penyampaian isyarat ini bisa dilakukan dengan isyarat lampu, rambu dan marka pelengkap. Pada penggunaan isyarat lampu , konflik dapat dihilangkan dengan hanya melepaskan satu arus lalu lintas, tetapi akan mengakibatkan hambatan yang yang besar bagi kaki-kaki yang lain sehingga secara keseluruhan tidak efisien. Untuk itu perlu dipertimbangkan mengalirkan beberapa arus bersamaan untuk efisiensi, tanpa mengurangi aspek keselamatan. Beberapa cara untuk meningkatkan kapasitas simpang dan menurunkan hambatan adalah :

Menggunakan tahap sesedikit mungkin

Arus yang memasuki simpang harus dapat ditampung

Waktu yang dialokasikan untuk masing-masing tahap harus memenuhi kebutuhan

Bila memungkinkan sebaiknya dikoordinasikan pengendaliannya dengan APILL yang berdekatan sehingga meningkatkan efisiensi.

Teknik-teknik yang dapat diterapkan merupakan salah satu atau kombinasi berikut ini

1. Mengijinkan pergerakan, dimana derajat terjadinya konflik masih rendah/wajar, pergerakan dapat dilakukan dengan aman dan konflik pergerakan masih dapat diterima (mis. Belok kanan dengan arus lurus berlawanan. Prioritas untuk arus lurus berlawanan, sedang yang belok kanan harus menunggu kesempatan. Bila lajur yang tersedia hanya satu, maka yang belok kanan dapat menuju pertengahan simpang sehingga tidak mengganggu yang lurus)

2. Membatasi pergerakan, mis. Melarang belok kanan bila pergerakan-pergerakan yang menyebabkan konflik dilarang. Langkah ini sebaiknya diterapkan bila arus belok kanan besar, sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas. Untuk itu perlu bantuan jaringan jalan untuk pengalihan arus

3. Memisahkan pergerakan, dengan memisahkan aliran lalu lintas yang akan menyebabkan konflik ke dalam beberapa tahap.(mis. Simpang 4 kaki dengan 3 tahap, yaitu metode early cut off/pemotongan cepat atau metode late start/mulai terlambat)

Di dalam MKJI 1997, juga terdapat beberapa pengaturan fase untuk memperkecil konflik yaitu seperti gambar berikut:

9.4.Metoda-Metoda analisis simpang

Pada dasarnya setiap negara mempunyai manual tentang pengaturan simpang yang disesuaikan dengan kondisi setempat. Namun Secara umum yang diketahui adalah Metode US-HCM, Metode Webster (RTTP no.39), Akcelik, Australia. Sedangkan di Indonesia memiliki Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 yang merupakan adopsi dari beberapa metode, tetapi disesuaikan dengan kondisi simpang di Indonesia.

Metoda-metoda tersebut, memiliki karakteristik berbeda yang belum tentu cocok bila diterapkan di negara kita. Namun selanjutnya hanya akan dibahas 2 metoda yaitu Webster dan MKJI.

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMBIr. Sylvia Indriany, M.T REKAYASA TRANSPORTASI