101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

37
SOAL LATIHAN UKDI 1. Seorang wanita muda nan cantik jelita berusia 25thn mengeluh sakit kepala belakangan ini, bekerja sebagai seorang sekretaris dan sering menngunakan computer.Visus OD 8.00 D. OS 2.00 D, apakah diagnosisnya a. Astigmatisma b. Anisometropia c. Heterotropia d. Hemeralopia e. Heteroforia 2. Wanita 45thn mengaku sering nyeri kepala, riwayat hipertensi (+), TD 180/110 mmhg, PR 80x/m, RR 16x/m, batas jantung kiri 2 jari lateral midclavicula kiri, GDS 350 mg/dl, proteinuria +, obat yang tepat untuk menangani pasien diatas: a. Thiazid b. ACE-I c. B blocker d. CCB e. ARB 3. Wanita 37 thn seorang akseptor KB pil, perokok aktif, mengaku sering mengalami keputihan, TD 14o/90, total cholesterol 275 mg/dl, dokter menyaranan untuk mengganti jenis KB, alas an berikut yg tepat adalah: a. Usia b. Cholesterol c. tekanan darah d. merokok e. keputihan 4. Seorang wanita 25 tahun datang ke puskesmas dan menemui dokter untuk konsultasi. Di ruangan, pasien tampak cemas, diam, dan terpaku seperti ingin mengatakan sesuatu tapi tidak bisa. Pasien sudah menikah selama 5 tahun tapi belum punya anak. Ia ingin segera punya anak. Apakah yang harus dikatakan dokter? a. sepertinya ibu ingin mengatakan sesuatu? b. ibu harus mencari ahli yang tepat c. cepat bicara bu, masih banyak pasien di luar d. maaf bu saya tidak punya banyak waktu e. silakan ibu tenangkan diri dulu di luar, nanti kalau sudah lebih enak silakan masuk kembali 5. Seorang laki-laki 15 tahun dibawa ke UGD RS setelah mengalami trauma jatuh dan terseret mobil bak yang sedang berjalan sedang. Pada PF: terdapat skin loss 3x5 cm di siku tangan kanan, tulang dan tendon terpapar, tindakan kita? a. secondary healing b. tertiary healing c. skin graft d. flap local e. jahit primer 6. Seorang perempuan 14 tahun mengeluh timbul benjolan di kulit dada kanannya ukuran 3 mm saat pemeriksaan rutin di sekolah. Ia mengaku benjolan tidak pernah bertambah besar atau berubah warna. Kemungkinan diagnosis? 1 | Padi – www.padiukdi.com

description

2

Transcript of 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

Page 1: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

SOAL LATIHAN UKDI

1. Seorang wanita muda nan cantik jelita berusia 25thn mengeluh sakit kepala belakangan ini, bekerja sebagai seorang sekretaris dan sering menngunakan computer.Visus OD 8.00 D. OS 2.00 D, apakah diagnosisnya

a. Astigmatismab. Anisometropiac. Heterotropiad. Hemeralopiae. Heteroforia

2. Wanita 45thn mengaku sering nyeri kepala, riwayat hipertensi (+), TD 180/110 mmhg, PR 80x/m, RR 16x/m, batas jantung kiri 2 jari lateral midclavicula kiri, GDS 350 mg/dl, proteinuria +, obat yang tepat untuk menangani pasien diatas:

a. Thiazidb. ACE-Ic. B blockerd. CCBe. ARB

3. Wanita 37 thn seorang akseptor KB pil, perokok aktif, mengaku sering mengalami keputihan, TD 14o/90, total cholesterol 275 mg/dl, dokter menyaranan untuk mengganti jenis KB, alas an berikut yg tepat adalah:

a. Usiab. Cholesterolc. tekanan darahd. merokoke. keputihan

4. Seorang wanita 25 tahun datang ke puskesmas dan menemui dokter untuk konsultasi. Di ruangan, pasien tampak cemas, diam, dan terpaku seperti ingin mengatakan sesuatu tapi tidak bisa. Pasien sudah menikah selama 5 tahun tapi belum punya anak. Ia ingin segera punya anak. Apakah yang harus dikatakan dokter?

a. sepertinya ibu ingin mengatakan sesuatu?b. ibu harus mencari ahli yang tepatc. cepat bicara bu, masih banyak pasien di luard. maaf bu saya tidak punya banyak waktue. silakan ibu tenangkan diri dulu di luar, nanti kalau sudah lebih enak silakan

masuk kembali

5. Seorang laki-laki 15 tahun dibawa ke UGD RS setelah mengalami trauma jatuh dan terseret mobil bak yang sedang berjalan sedang. Pada PF: terdapat skin loss 3x5 cm di siku tangan kanan, tulang dan tendon terpapar, tindakan kita?

a. secondary healingb. tertiary healingc. skin graftd. flap locale. jahit primer

6. Seorang perempuan 14 tahun mengeluh timbul benjolan di kulit dada kanannya ukuran 3 mm saat pemeriksaan rutin di sekolah. Ia mengaku benjolan tidak pernah bertambah besar atau berubah warna. Kemungkinan diagnosis?

1 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 2: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

a. hemangiomab. melanomac. limfomad. fibromae. papilloma

7. Seorang perempuan 25 tahun datang ke RS dengan keluhan demam sejak 5 hari yang lalu, mual, muntah. Pada PF: konjungtiva anemis (-), pemeriksaan lain dalam batas normal. Rumple leed (+) , Lab: Hb=15 g/dl, leukosit=3400, Ht=45%, trombosit=143.000, kemungkinan diagnosisnya?

a. Demam dengueb. DHF grade Ic. DHF grade IId. DHF grade IIIe. DHF grade IV

8. Seorang laki-laki 56 tahun mengeluh nyeri pada bokong menjalar ke belakang paha, tungkai dan tumit kaki kanan. Nyeri bertambah bila berjalan dan berkurang bila istirahat. Pada PF: tanda vital dalam batas normal. Pemeriksaan neurologis: fungsi sensoris menurun pada sisi lateral paha, tungkai, dan 3 jari kaki kanan. Pemeriksaan penunjang yang perlu dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosis:

a. Foto vertebrae lumbalb. Foto vertebrae lumbal dan sacrumc. Foto pelvis APd. Foto articulatio coxaee. Foto femur-cruris

9. Seorang perempuan 16 tahun datang dengan keluhan sesak napas sejak 1 bulan yang lalu dan bertambah berat sejak 2 hari terakhir. Sesak disertai bunyi napas. Demam, batuk, pilek disangkal. Pada PF: wheezing expiratora kiri=kanan, ekspirasi memanjang, ronkhi (-). Keadaan yang abnormal terdapat pada:

a. bronkusb. bronkhiolusc. ductus alveolid. saccus alveolie. trachea

10. Anak laki-laki 2 tahun, gross hematuria (+), proteinuria (+), TD= 130/90 mmHg, kolesterolemia (-), kemungkinan diagnosisnya:

a. sindrom nefritikb. sindrom nefrotikc. glomerulonefritisd. pielonefritike. nefrolitiasis

11. Seorang laki-laki 35 tahun mengeluh demam sejak 1 minggu yang lalu terutama menjelang malam hari. Pasien tidak dapat BAB sudah 1 minggu. Kemungkinan bakteri penyebabnya adalah:

a. Salmonella typib. Shigella disentriaec. E. colid. Giardia lambiae. Rotavirus

2 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 3: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

12. Seorang wanita setengah tua, saat dikejutkan oleh seorang laki-laki, wanita tersebut menirukan gerakan yang dilakukan laki-laki tersebut. Gejala apakah yang ditunjukkan oleh wanita tersebut?

a. Ekhopraxia b. Ekhomimia. c. Koprolalia. d. Ekholalia e. Palilalia.

13. Seorang pria 35thn baru saja diangkat menjadi kepala bagian sebuah perusahaaan sedang memimpin rapat, tiba2 merasa takut, gelisah dan merasa tidak mampu, apakah yang dialami:

a. gangguan cemasb. cemas menyeluruhc. gangguan penyesuaiand. phobiae. gangguan adaptasi

14. Seorang perempuan 45 tahun dibawa ke UGD RS. Pasien dalam keadaan tidak sadar dan dibawa oleh masyarakat sekitar. Dengan keadaan pasien yang seperti ini perlu dilakukan tindakan operasi. Dokter pemeriksa mencoba menghubungi keluarga tetapi telepon tidak diangkat. Apa tindakan yang tepat untuk dilakukan?

a. Inform Consent dari yang mengantarb. Meminta inform consent setelah keluarga datingc. Melakukan operasi tanpa inform consentd. Minta persetujuan dari polisie. Melakukan tindakan konservatif

15. Seorang perempuan 35 tahun datang ke poliklinik dengan keluahn sakit pada mata. Seelah diperiksa, dokter mendiagnosis infeksi pada mata, lalu dokter memberikan salep mata tetapi pasien menolak dan memilih untuk menggunakan obat tetes mata. Apakah kategori pemilihan yang sesuai?

a. Etikab. Moralc. Nilaid. Normae. Hukum

16. Seorang laki-laki 13 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan gatal-gatal selama 2 minggu pada hampir separuh badan, pada pergelangan tangan, pusat. gatal dirasakan terutama malam hari. Adik pasien juga memiliki keluhan yang sama. Pemeriksaan dermatologis ditemukan eritem rash, terowongan, papul dan vesikel pada ujung terowongan, ekskoriasi. Bagaimana vara penyebaran yang mungkin?

a. Perlengkapan makanb. Sabun mandic. Gigitan seranggad. Kontak langsunge. Inhalasi

17. OAT yang efek sampingnya menyebabkan gangguan pendengaran?a. INHb. Etambutolc. Streptomisind. Rifampisine. PAS

3 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 4: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

18. OAT yang efek sampingnya menyebabakan gangguan penglihatan warna?a. INHb. Rifampisinc. Etambutold. Pirazinamide. Streptomoisin

19. Pasien laki-laki 65 tahun, pergi ke puskesmas untuk control gagal ginjal akut. Saat ini mengeluh mudah lemah, sakit kepala dan mata berkunang-kunang. Pada pemeriksaan fisik TD 130/85, N 88, RR 20, S 36,6. Pada pemeriksaan darah tepi didapatkan Hb 10gr/dl. Enzim apa yang mempengaruhi sehingga timbul gejala diatas?

a. ADHb. Reninc. Aldosterond. Eritropoietine. Angiotensin

20. Laki-laki 18 tahun dibawa ka IGD RS karena kecelakaan lalu lintas. Muka penuh darah dan patah tulang lengan atas (multiple fraktur). Penanganan pertama yang dilakukan?

a. Airway managementb. Breathing managementc. Circulation managementd. Brain way managemente. Bssd

21. Wanita, lidah tremor, kotor tepi hiperemis. Demam minggu ke-2 terutama malam. Pemeriksaan yang tepat?

a. Kultur darahb. Kultur fesesc. Widal testd. Western blote. Kultur urin

22. Wanita 24 tahun, G1P1A0. Lidah kotor, tremor, splenomegali. Demam 8 hari, mual, muntah. Obat yang paling aman?

a. Amoksisilinb. Siprofloksasinc. Ampisilind. Kloramfenikole. Metronidazol

23. Seorang anak laki-laki umur 10 tahun mengeluh benjolan pada leher kiri sejak 10 bulan yang lalu. Demam dirasakan ringan. Pemeriksaan fisik didapatkan pembesaran limfe multiple, lunak, abses. Mantoux test positif. Diagnosis?

a. Limfadenitis akutb. Limfadenitis kronik non spesifikc. Limfadenitis TBd. Mononukleotidae. Hiperplasia reaktif

24. Seorang wanita, mengeluh keluar cairan keputihan. Pasien adalah seorang PSK dan salah seorang pasangannya HIV. Pasien ke dokter untuk menegetahui

4 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 5: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

apakah dia tertular penyakit yang sama. Sebagai dokter pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kemungkinan pasien menderita penyakit yang sama?

a. Random screeningb. Diagnostic screeningc. Multiphase screeningd. Mass screeninge. Oportunistic screening

25. Seorang laki-laki 35 tahun, mata merah, berair, silau 2 hari. Sebelumnya 3 hari yang lalu kena percikan lumpur. Pada pemeriksaan tampak keratik bentuk koin dan fistel test positif. Diagnosis?

a. Glaukoma akutb. Konjungtivitis akutc. Iridosiklitisd. Ulkus kornea perforasie. Uveitis

26. Seorang laki-laki usia 38 tahun dibawa ke puskesmas dengan keluhan mengamuk, tidak bisa tidur. Murung sejak 2 bulan yang lalu. Pasien juga merasa ada sekelompok orang-orang yang mengejar-ngejarnya untuk membunuhnya dan kelompok tersebut sudah bekerja sama dengan banyak orang. Diagnosa?

a. Gangguan waham menetapb. Skizofreniac. Skizoafektifd. Gangguan paranoide. Psikosis akut

27. Seorang anak laki-laki usia 3 tahun dibawa ke UGD dengan keluahan penurunan kesadaran sejak 1 hari yang lalu, disertai demam tinggi dan kejang. Pemeriksaan lumbal pungsi didapat jumlah sel 3, protein 40, glukosa 85. CT scan normal. Diagnosa?

a. Meningitis TBb. Meningitis bakterialc. Ensefalitis virusd. Kejang demame. Tetanus

28. Seorang laki-laki 62 tahun dating ke puskesmas karena nyeri kepala mendadak di bagian belakang kepala disertai pandangan kabur. TD 190/120 mmHg, N 80 x/mnt. Obatnya?

a. HCTb. Nifedipinc. Propanolold. Captoprile. Metildopa

29. Pasien berobat untuk meminta second opinion setelah berobat perawatan muka karena lukanya tidak sembuh-sembuh. Sebagai dokter sikap yang harus ditunjukkan?

a. Justiceb. Autonomyc. Non-Maleficensd. Beneficencee. Bssd

5 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 6: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

30. Seorang laki-laki 45 tahun, mengeluh nyeri pada punggung bagian bawah yang menjalar ke tungkai atas kanan yang bertambah berat dengan duduk dan batuk. Dokter melakukan uji sensasi pada bagian lateral tungkai atas. Persyarafan (dermatom)?

a. L1-L2b. L2-L3c. L4-L5d. L5-S1e. S1-S5

31. Laki-laki,50 thn mengeluh nyeri dada 1 jam yll,nyeri skrg sudah mulai berkurang. ia memiliki riwayat DM tidak terkontrol ± 10 thn. PF: DBN EKG trdpt gbrn evolusi infark. Th/ yg tepat?

a. Trombolitikb. Primer PTCAc. RescuevPTCAd. Heparine. Oksigen

32. Laki2,45 thn melakukan px kesehatan. Diket ortu memiliki riwayat DM. Ia memiliki riw asma sedang. TD: 155/90 GDP: 210. Th/ hipertensi yg tepat?

a. Bisoprololb. Valsartan c. Clonidind. Diltiazeme. Hydralazin

33. Laki2,60 thn melakukan px kesehatan. 1 thn yll infark miokard. Skrg sudah melakukan olahraga dan diet teratur. Dulunya dia gemuk,perokok dan senang mengkonsumsi junk food. Indikator keberhasilan pasien ini?

a. Gula darahb. Reninc. Kaliumd. Kalsiume. Insulin

34. Anak 17 tahun, badan lemas, dari kecil, dari penemuan lab, Hb = 7 g/dl (anemia), leukositopenia, trombositopenia, diagnosis yang tepat:

a. Hipoplasia sumsum tulangb. Anemia hemolitik akutc. Anemia hemolitik kronisd. Thalassemiae. Anemia aplastik

35. Seorang dokter, menulis resep dengan membuat kode-kode etik dan mengarahkan ke apotek tertentu, kode etik yang dilanggar:

a. autonomyb. Beneficiencyc. Malpraktekd. Verifikasie. Justice

36. Seorang ibu, 60 tahun, keputihan, gatal, keluar cairan, ibu ini sudah lama mendapat antibiotic karena sinusitis, maka penyebab keputihan paling mungkin:

6 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 7: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

a. candida albicansb. Gardenella vaginalisc. Trichomonas vaginalisd. E. colie. Chlamydia Trochomatis

37. Laki, 45 tahun ke dokter untuk kontrol hipertensi grade II kombinasi HcT dan Nifedipine disamping diet rendah garam lebih dari 7 bulan. Sesak napas. Pemeriksaan fisik oedem ringan pada pergelangan kaki. Yang menyebabkan oedem adalah?

a. Efek diet hipertensib. Efek samping Hctc. Efek karena fungsi ginjal menurund. Efek samping Nifedipinee. Efek samping kombinasi Hct dan Nifedipine

38. Wanita, 32 tahun, hamil 6 bulan ke dokter dengan keluhan utama nyeri ulu hati, sejak 3 hari tanpa disertai rasa perbaikan. Nyeri tidak berkurang dengan pemberian makanan, mual, kadang muntah. Pasien mengkonsumsi obat dari apotik namun keluhan belum berkurang. Pada PF didapatkan N=80x/menit, TD=100/65 mmHg, RR=22 x/menit, t=36,8˚C. Apakah tujuan terapi yang paling tepat?

a. Mengatasi hiperasiditasb. Mengatasi gejala nyeri sesuai patofisiologic. Menyembuh ulkus peptikumd. Mencegah pembentukan asam lambunge. Mengatasi infeksi bakteri yang mungkin menjadi penyebab

39. Laki, 35 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri di perut kanan bawah. Keluhan dirasakan hilang timbul sejak 3 jam yang lalu dan menjalar dari pinggul hingga biji kemaluan. Muntah 1x, tidak panas badan, BAK tidak ada keluhan. Sebelumnya tidak pernah sakit seperti ini. Setelah dipasang infus, apakah tindakan yang harus dilakukan ?

a. Memberikan obat spasmolitik dan USG saluran kemihb. Memberikan analgesik dan antibiotikac. Memberikan analgesic dan foto BNOd. Memberikan analgesic dan USG saluran kemihe. Memberikan spasmolitik dan antibiotika

40. Perempuan 60 thn, riwayat hipertensi 8 thn, tiba2 pandangan mata kabur dan lemas separuh badan tp msh bisa berjalan, lalu berobat ke dokter, setelah mendapat obat lalu pulang, 12 jam kmdn mata kembali normal dan 1 jam berikutnya tangan kanan kembali normal. Diagnosis yg tepat adalah

a. Ablasio retinab. Trombosis serebric. Kardioembolid. RINDe. TIA karotis

41. Wanita 23 tahun keluhan sering batuk dahak warna putih, sejak 2 bulan yll. BB turun, sering keringat malam tanpa sebab yg jelas. kadang demam tp tidak terlalu tinggi. saat akan d terapi OAT enzim transaminase meningkat 5x normal. Tindakan yg tepat?

a. hindari pirazinamid, pake SHE selama 12 bulanb. hindari rifampisin, pake SE slm 9 bulan

7 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 8: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

c. hindari isoniazid, pake RH slm 9 buland. tunda OAT slm enzim transaminase minimal 2x Ne. tunda OAT sampai 8 bulan

42. Laki2 8 thn datang dgn keluhan sakit menelan sdh sejak 1 tahun, hilang timbul. PF tonsil membesar tidak hiperemis, permukaan berbenjol-benjol, kripta melebar dan debris. Komplikasi yg sering?

a. abses benzoldb. angina ludwigc. abses retroaurikulerd. abses peritonsilere. abses submandibuler

43. Pasien seorang anak berusia 2 tahun, orangtua mengeluhkan mata anaknya juling ketika melihat dekat sedang melihat jauh normal. Keadaan umum baik, pemeriksaan fisik normal. Diagnosis”

a. Eksotropia intermiten b. Eksotropia konstanc. Esotropia infantilisd. Esotropia akomodatife. Esotropia non-akomodatif

44. Seorang pasien perempuan berusia 35 tahun dibawa suaminya untuk berkonsultasi karena sejak 2 bulan yang lalu, pasien sulit tidur dan mendengar suara-suara bisik yang berasal dari tetangga rumah sebelah padahal tidak ada yang sedang berbicara. Pasien juga mengatakan tetangga itu mengguna-guna pasien. Dua hari yang lalu pasien marah-marah dan merusak perabotan rumah tangga dan siang tadi, pasien mengancam kakak iparnya dengan pisau. Pada kasus di atas, maka neurotransmitter apakah yang mengalami gangguan ?

a. Noradrenalin yang tinggi b. Polamin yang tinggi c. Dopamin yang tinggi d. GABA yang tinggi e. Adrenalin yang tinggi

45. Pria 55 tahun di ICU tampak tidur pulas, refleks pupil (-). PF tampak kurus, kedua mata kuning, spider nevi (+), perut buncit. Bibir pasien terdapat bercak darah dan mulut bau amandel. Riwayat alcohol umur 30 tahun. Sepuluh tahun yang lalu pasien gemuk kemudian lama-lama makin kurus. Karena tidak nafsu makan. 2 tahun terakhir pasien kurus, lemah dan mudah lelah. Dua hari yang lalu pasien muntah darah. Kenapa kedua mata pasien kuning?

a. Meningkatnya pigmen penuaan di kornea b. Meningkatnya bilirubin direk di serum c. Penumpukan bilirubin di sclera d. Penumpukan etanol di kornea e. Xerosis konjungtiva

46. Dilakukan screening angka kejadian anemia pada semua siswa SMP di daerah rural selama 1 tahun, pada 1 januari 2009 terdapat jumlah anemia pada siswa smp sebanyak 20 orang dari total 120 anak. Pada tanggal 30 desember 2009 dilakukan perhitungan ulang pada siswi yag tidak menderita anemia. Ternyata ddapat 10 anak butuh perawatan anemia. Jumlah prevalensi anemia

a. 20/90b. 30/90c. 20/120

8 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 9: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

d. 30/120e. 90/120

47. Seorang wanita berusia 54 tahun dibawa ke unit gawat darurat oleh keluarganya karena baal dan lemah pada tangan kiri dan kedua kakinya selama 2 jam. Dia memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan penggunaan alkohol serta merokok sebanyak 2 bungkus rokok setiap hari selama 30 tahun. Rasa pada tangan kiri dan kedua kaki menurun dan kekuatan otot adalah 0/5. Terdengar bruit pada arteri karotid kanan. Manakah dari pemeriksaan di bawah ini yang paling tepat untuk penegakan diagnosis awal?

a. Echocardiography b. Carotid angiography c. Electroencephalography d. CT scan kepala e. Carotid duplex scan

48. Seorang laki-laki 32 tahun datang dengan keluhan mata kanan merah sejak 4 hari yang lalu disertai nrocoh dan silau. Visus OD 5/30 dan OS 5/5. Palpebra spasme minimal, konjungtiva hiperemia, kornea terdapat infiltrat bebentuk dendritik dan fluorescin tes positif. Pemeriksaan bilik mata depan sampai lensa dalam batas normal. Kemungkinan penyebab penyakit diatas adalah:

a. Infeksi bakteri b. Alergi c. Infeksi Virus d. Infeksi Klemedia e. Paparan bahan toxic

49. Seorang anak perempuan 5 tahun dibawa ibunya ke PUSKESMAS karena mencret seperti pancuran air. Tampak tanda dehidrasi berat dan pemeriksaan laboratorium menunjukkan vibrio cholera positif. Apakah penyebab diarrhea sekretorik pada anak diatas ?

a. Toxin Vibrio Cholera meningkatkan gerak peristaltik usus amat bermakna

b. Vibrio Cholera mensekresi exotoxin yang memicu sekresi cairan usus c. Toxin Vibrio Cholera menghambat penyerapan natrium, chlor serta air d. Vibrio Cholera menghambat penyerapan air oleh mukosa usus e. Vibrio Cholera menyebabkan kerusakan mukosa usus yang luas

50. Pada saat bertugas di IGD, anda mendapat laporan tentang seorang anak 8 tahun yang tampak gelisah. Anak sulit makan dan minum. Anak telah menderita demam 8 hari dan cenderung memburuk. Anak telah mendapat terapi antibiotika oral. Respirasi 40 x / menit, Nadi 140 x/menit dan Tekanan darah 90 / 75 mmHg. Kondisi apakah yang sangat mungkin sedang anda hadapi ?

a. Syok anafilaksis b. Syok septik c. Syok kardiogenik d. Syok hipovolumik e. Syok hipoglikemik

51. Seorang pria datang dengan kedua mata merah, pengelihatan tidak kabur didapat secret mukopurulen, injeksi konjungtiva, visus tidak menurun, tekanan bola mata normal, diagnosis?

a. konjungtivitisb. iriditisc. keratitis

9 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 10: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

d. episkleritise. dacryosistitis

52. Seorang laki-laki 64 tahun mengeluh sering sesak nafas sejak 2 tahun terakhir. Sesak bertambah hebat bila untuk beraktifitas. Orang tersebut merupakan seorang perokok sejak kecil perhari kurang lebih 10 batang. Saat diperiksa didapatkan adanya hipersonor di seluruh lapangan paru dan jarak anjak paru yang menyempit. Pemeriksaan lanjutan yang diperlukan untuk pasien tersebut adalah

a. Sonometri b. Ekhokardiografi c. USG paru d. Elektrokardiografi e. Spirometri

53. Anda melakukan survei primer pada seorang korban kecelakaan sepeda motor. Saat anda memeriksa leher, partner anda menyela dengan memberitahukan bahwa kedua kaki bawahnya mengalami patah tulang terbuka (compound fracture) Apa yang harus anda lakukan selanjutnya ?

a. Segera Load and Go b. Tutup dengan kassa dan pasang bidai c. Meminta partner tersebut menangani d. Pasang celana antisyok dan kembangkan dibagian kaki saja e. Lanjutkan survei primer

54. Bayi perempuan 16 bulan, nafsu makan kurang, sering demam, batuk pilek, BB sulit naik, R/perdarahan (-), R/ kontak dengan pasien batuk lama dan batuk berdarah (-), pasien dapat asi, nasi, daging, sayur, buah. PF : konjungtiva anemis, sclera ikterik (-), hepatosplenomegali dan limfadenopati (-) Lab : Hb :6,1, HT : 18,5 %, MCV dan MCH rendah, besi serum rendah, TIBC meningkat, leukosit, trombosit, feritin, retikulosit normal, diagnosis??

a. Anemia def Fe + thalasemia minorb. Anemia penyakit kronis + thalassemia minorc. Anemia deff. Fe + anemia sideroblastikd. Anemia penyakit kronis + anemia sideroblastike. Anemia deff. Fe + anemia penyakit kronis

55. Suatu hari seorang perempuan 25 tahun datang kepada Anda dan mengeluh telah diperkosa. Dia mengatakan bahwa dia diperkosa 5 hari yang lalu. Ketika ditanya dia mengatakan bahwa dia belum melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Apakah yang paling benar dilakukan?

a. memeriksa pasien tersebut seperti halnya pasien biasab. melaporkan kejadian tersebut kepada polisic. menjelaskan kepada pasien bahwa seharusnya melapor kepada polisi

sebelum memeriksakan diri ke dokterd. tidak memeiksa pasien tersebut karena dia korban kejahatan dan

mengonsulkan ke forensike. memeriksa pasien tersebut dan membuat laporan medis

56. Seorang laki-laki 70 tahun, BAK mengejan, tidak demam, tidak sakit pinggang, RT : pool tidak teraba. Urin rutin normal, PSA 2,64

a. Prostatitisb. Abses prostatc. Fibrokistik prostatd. Hiperplasi prostat jinak

10 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 11: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

e. Ca.Prostat

57. Seorang wanita 22 tahun. Benjolan di payudara kanan, tidak nyeri,mobile, discharge (-), dan peau de orange (-), mempunyai ukuran 2x2x2 cm. Diagnosis yang sesuai adalah:

a. Philoidesb. FAM ec. Fat nekrosisc. Ca Mammaed. Fibrokistik diseasee. Sumbatan duktus

58. Anak perempuan 10 tahun, tidur ngorok, ingusan, pada tonsil T2/T2, muka seperti orang idiot, dan prestasi di sekolah agak menurun. Menurut ibunya sudah beberapa kali tidak naik kelas. diagnosis yang tepat.

a. Hipertrofi adenoidb. Hipertrofi tonsilc. Faringitisd. Laringitise. Rhinitis

59. Anda sedang mengevaluasi seorang wanita yang mengalami jatuh dari jendela tingkat 2. Saat anda memulai survei primer, anda menemukan jalan nafasnya terbuka, tetapi nafasnya cepat sekali dan tidak mengeluarkan banyak udara. Dia mengalami sianosis. Apa selanjutnya yang anda kerjakan?

a. Pasang infus b. Berikan ventilasi dan telepon rumah sakit untuk arahan medis c. Berikan ventilasi dan segera load and go d. Mulai resusitasi jantung-paru (CPR) e. Berikan ventilasi dan lanjutkan survei primer

60. Seorang pria berumur 28 tahun, dibawa ke UGD oleh keluarganya karena gaduh gelisah. Pasien memecahkan barang-barang, tidak bisa tidur dan bicara kacau. Pada pemeriksaan fisik didapatkan hasilnya dalam batas normal. Apakah pertolongan pertama yang paling tepat untuk pasien tersebut?

a. Chlorpromazin 100 mg im b. Chlorpromazin 100 mg iv c. Diazepam 5 mg 1m d. Diazepam 5 mg IV e. Haloperidol 2mg iv

61. Sehabis menolong persalinan kala III, anda melakukan eksplorasi pada jalan lahir. Ditemukan robekan diperineum sampai dengan otot perineum. Pasien tersebut mengalami laserasi perineum derajat berapa?

a. III b. I c. Total d. IV e. II

62. Wanita, 32 tahun, hamil 6 bulan ke dokter dengan keluhan utama nyeri ulu hati, sejak 3 hari tanpa disertai rasa perbaikan. Nyeri tidak berkurang dengan pemberian makanan, mual, kadang muntah. Pasien mengkonsumsi obat dari apotik namun keluhan belum berkurang. Pada PF didapatkan N=80x/menit, TD=100/65 mmHg, RR=22 x/menit, t=36,8˚C. Apakah tujuan terapi yang paling tepat?

11 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 12: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

a. Mengatasi hiperasiditasb. Mengatasi gejala nyeri sesuai patofisiologic. Menyembuh ulkus peptikumd. Mencegah pembentukan asam lambunge. Mengatasi infeksi bakteri yang mungkin menjadi penyebab

63. Laki, 35 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri di perut kanan bawah. Keluhan dirasakan hilang timbul sejak 3 jam yang lalu dan menjalar dari pinggul hingga biji kemaluan. Muntah 1x, tidak panas badan, BAK tidak ada keluhan. Sebelumnya tidak pernah sakit seperti ini. Setelah dipasang infus, apakah tindakan yang harus dilakukan ?

a. Memberikan obat spasmolitik dan USG saluran kemihb. Memberikan analgesik dan antibiotikac. Memberikan analgesic dan foto BNOd. Memberikan analgesic dan USG saluran kemihe. Memberikan spasmolitik dan antibiotika

64. Wanita, 25 tahun ke dokter praktek umum dengan keluhan utama panas badan, batuk, pilek, nyeri otot selama 2 hari. Gejala diobati dengan influenza. Pada pemeriksaan didapatkan TD=140/90 mmHg, biasanya TD=110/70 mmHg. Apakah kandungan bahan aktif dari obat tersebut?

a. Paracetamolb. Phenylpropanolaminec. Glyseril Guaiakolatd. Dextromethorphane. Asam Askorbat

65. Wanita, 54 tahun, multipara, dibawa oleh keluarganya ke UGD RS karena mengalami perdarahan pervaginam sejak 5 hari yang lalu. Pasien tidak haid sejak 5 tahun lalu, ada r/ hipertensi, IMT = 32. pemeriksaan ginekologis uterus antefleksi dengan ukuran normal, serviks licin, tidak didapatkan massa di adneksa. Tes kehamilan (-).pap smears kelas I

a. Penyebab peradarahan yang paling mungkin :b. Miomac. Hiperplasia endometriumd. Karsinoma endometriume. Karsinoma serviksf. Karsinoma ovarium

66. Laki pemakai narkoba suntik, 20 tahun, datang ke praktek umum dengan keluhan panas badan sejak 3 minggu yg lalu. PF : ictus jantung teraba diruang sela iga ke-5 garis mid clavicular kiri. Suara jantung 1 dan 2 normal. Tidak terdengar suara jantung tambahan. Terdengar murmur sistolic di sela iga ke IV garis parasternal kiri. Apakan kelainan katub yang paling mungkin keadaan klinis diatas?

a. Regurgitasi katub mitralb. Regurgitasi katub pulmonalc. Regurgitasi katub tricuspidd. Regurgitasi katub aortae. Prolaps katub mitral

67. Wanita, 39 tahun, P5A0, baru melahirkan 1 jam yang lalu, ada perdarahan, merembes sampai ganti 2 kain. Pada pemeriksaan didapatkan kesadaran menurun. TD = 90/palpasi, HR = 120x/ menit, cepat dan lemah, tindakan pertama yang paling tepat dilakukan :

a. Pastikan jalan nafas aman ABC12 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 13: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

b. Pasang IV line, guyur dengan kristaloidc. RJPd. Siapkan untuk transfusee. Laparotomi cito

68. Pada suatu malam hari, seorang pria berusia 50 tahun mengalami nyeri pada matanya, keluhan disertai dengan sakit kepala dan mata merah, penglihatan menurun, mual dan muntah. dia langsung datang ke tempat praktek saudara sebagai dokter umum, ketika anda memeriksa matanya, Anda melihat pupilnya midriasis dan tidak mengecil walau diberi sinar terang. Apa tindakan pertama Anda sebagai seorang dokter umum?

a. memberikan asetazolamid oralb. memberikan timolol eye dropc. memberikan manitol ivd. memberikan pilokarpin eye drope. langsung rujuk ke pusat kesehatan sekunder secepatnya

69. Seorang pria berusia 30 tahun datang konsul kepada Anda, mengatakan matanya merah sejak satu minggu lalu, seperti ada benda mengganjal di matanya, gatal tidak begitu terasa, keluar banyak sekret di pagi hari. ketika dilakukan pemeriksaan terlihat papila di konjungtivanya. Apa tindakan saudara yang akan meringankan penyakitnya?

a. asiklovir salep mata 5x / hari dan tetes mata idoksuridin tiap jamb. ceftriaxone 1 gr IM dosis tunggal + irigasi mata dengan NaCl fisiologis

sampai sekret negatif + ciprofloksasin tetes tiap 2 jamc. sodium chromolyn tetes 4% 4 x / harid. ciprofloksasin tetes 4 x / hari selama 5-7 harie. naphazoline atau pheniramin 4 x / hari

70. Seorang pasien datang ke tempat praktek Anda, dan mengeluhkan pandangan yang buram, apalagi ketika membaca dekat sejak 2 bulan terakhir, penderita diketahui mengidap diabetes melitus tipe 2 sejak 5 tahun yang lalu. ketika dilakukan funduskopi, terdapat lesi intraretinal terutama daerah polus posterior berupa mikroaneurisma, perdarahan bintik dan bercak, hard and soft exudat, oedema, neovaskularisasi, perdarahan vitreous. Apa diagnosa Anda?

a. etinopati hipertensib. retinopati diabetika non proliferatifc. retinopati diabetika preproliferatifd. retinopati diabetika proliferatif stadium dinie. retinopati diabetika proliferatif stadium lanjut

71. Apa tindakan Anda yang paling tepat untuk pasien di atas?a. diberikan obat-obatan empiris seperti vitamin E atau antioksidan lainb. fotokoagulasi laserc. vitrektomid. konsul ke bagian IPDe. edukasi untuk kontrol gula darah dengan ketat

72. Seorang perempuan berusia 40 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan batuk-batuk disertai demam dan keringat malam sejak 1 bulan yl. BB turun 5 kg dalam waktu 1 bulan. Pada PF: anemis, suara paru amforik, yang lain dbn. Foto thoraks ada kaverne. Apakah penyebab anemia yang paling mungkin?

a. anemia hemolitikb. anemia penyakit kronik/ inflamasic. anemia defisiensi Fe

13 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 14: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

d. anemia defisiensi folate. anemia defisiensi B12

73. Laki-laki 49 tahun dibawa ke dokter dengan keluhan demam disertai dengan kulit memerah dan bercak2 tebal yang gatal di kedua siku dan kepala. Dirasakan sejak 6 bln yl, sudah diobati dokter, diberi pil hijau kecil, pil kuning kecil, dan salep. Keluhan membaik tetapi jika obat habis keluhan timbul kembali. Dirasakan BB bertambah, pasien sering merasa pusing dan lemas. Tidak didapatkan riw penyakit serupa pd keluarga dan lingkungannya. PF: pasien febris dan hipertensi. Pmx dermatologikus: hampir pada seluruh tubuh tampak eritem dengan skuama tipis, pada kedua siku dan dahi di daerah perbatasan rambut tampak plek eritem dengan skuama putih tebal berlapis-lapis. Faktor apakan yang menyebabkan kenaikan BB dan TD pada pasien ini?

a. pemberian kortikosteroid yang berkepanjanganb. penyakit yang mendasari sebelumnyac. penggunaan salep yang berulang-ulangd. pemberian antihistamin yang berkepanjangae. penggunaan obat-obat topikal

74. Seorang laki-laki 48 tahun bekerja sebagai buruh di pelabuhan, datang ke PKM dengan keluhan adanya bercak berwarna putih di punggung. Keluhan dirasakan sejak 1 bulan yl, tidak gatal, mulai dari punggung kemudian makin meluas. Gejala lain yang menyertai adalah rasa tebal apda telapak kaku dan sering kesemutan. Pemeriksaan dermatologis menunjukkan pada punggung, dada, dan tungkai terdapat banyak makula hipopigmentasi, kira-kira 1-2 cm sampai 5-6 cm dengan tepi lesi yang berbatas jelas dengan jumlah seluruhnya 7 lesi. Apakah pemeriksaan yang paling tepat dilakukan?

a. saraf tepib. sensibilitas kulitc. matad. motorik tangan kakie. refleks tendon

75. Laki-laki 36 tahun, dibawa keluarganya ke UGD dengan keadaan tidak sadar selama dua hari setelah mengalami kecelakaan. Setelah sadar, pasien tidak dapat melihat sama sekali. Pada pemeriksaan oftamologi didapatkan visus ODS nol, reflek cahaya langsung dan tidak langsung positif pada kedua mata, reflek ancam negative, funduskopi normal. Apakah deficit neurologis yang paling dapat mungkin terjadi?

a. Anopiab. Buta kortikalc. Semianopia binasald. Hemianopia bitemporale. Hemianopsia homonim kiri

76. Laki 35 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan rasa berputar yang telah dirasakan selama kurang lebih 2 minggu. Rasa berputar dirasakan hilang timbul dan tiap serangan terjadi kurang dari 5 menit, serangan juga kadang-kadang disertai mual dan muntah. Apakah pemeriksaan yang paling tepat untuk mendiagnosis masalah diatas?

a. Tes kalorib. Tes Baranic. Tes Hallpiked. Timpanometrie. Tes fungsi tuba

14 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 15: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

77. Perempuan 45 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan pilek. Pilek diketahui telah berlangsung selama 1 tahun, hilang timbul dan disertai hidung tersumbat. PF tampak pasien sangat menderita, TV dbn, pada septum nasi ada ulkus progresif disertai dengan granulasi dekstruksi hebat, massa tidak memenuhi cavum nasi, ada krusta, tidak ada deformitas. Apakah pemeriksaan penunjang yang tepat dilakukan?

a. CT Scan kepalab. Rhinoskopi anteriorc. Foto Water’sd. Laringoskopi indirecte. Laringoskopi direct

78. Bayi, 5 bulan dibawa ibunya periksa ke dokter dengan keluhan panas tinggi dan batuk. Terdapat pseudomembran putih keabu-abuan yang sulit dilepas pada rongga mulutnya dan bila terkelupas berdarah. Diagnosa yangtepat ?

a. Laryngitis akutb. Laryngitis TBc. Laryngomalaciad. Difterie. Laryngotonsilitis

79. Seorang wanita datang ke praktek dokter umum dengan keluhan utama berkunang-kunang dan merasa lemah sekali. Pasien mengaku tidak mendapat haid selama 3 bulan. Pemeriksaan fisik : konjungtiva pucat. Test kehamilan (+). Hb 9 gr/dl. Darah tepi hipokrom mikrositer. Pengobatan yang diberikan adalah

a. Tablet besib. Tablet piridoksinc. Tablet Asam folatd. Tablet siano kobalamine. Tablet tiamin

80. Anak 5 tahun datang ke PKM dengan keluhan batuk 1 bulan. Ayah batuk lama, dokter menyarankan untuk cek darah mantoux BTA, Rontgen thorax, terapi dokter tersebut termasuk upaya pencegahan apa:

a. Health promotionb. Specific Protectionc. Early Diagnosa and Treatmentd. Disability Limitatione. Rehabilitation

81. Anak umur 5 tahun, dibawa ke UGD karena tersedak kacang 5 hari yang lalu. Saat ini tidak ada kelainan. Tidak ada sesak nafas, kadang-kadang batuk, tempat kelainan yang paling sering terjadi :

a. Laringb. Trakeac. Karinad. Bronkus kanane. Bronkus kiri

82. Seorang laki-laki 30 tahun mengeluh pendengarannya sejak 2 hari yang lalu.↓ Sehari sebelumnya ia mengalami kecelakaan lalu lintas, kepala kiri terbentur, darah (+) telinga kiri. Pada PF: MAE sinistra: bekuan darah (-), MT: Intak / sulit dinilai karena terdapat bekuan darah, RC: + / sulit dinilai, Rinnes tes: + / -,

15 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 16: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

Webber: lateralisasi ke kiri, Swabach: kiri memanjang. Kemungkinan penyebab gangguan pendengaran

a. ruptur MTb. hemotimpanic. fraktur os temporal karena kecelakaand. endolimfatik hidup pada kokleae. dislokasi tulang pendengaran karena trauma kapitis

83. Laki-laki, 65 tahun, pendengaran menurun sejak 2 tahun yang lalu terutama mendengar percakapan dalam suasana ramai. Gangguan pendengaran sebelumnya (-). Perubahan anatomi yang mungkin terjadi ?

a. Atropi organ korti kokleab. Gangguan spinalis berkurangc. Striae vaskularis berkurangd. Sel rambut luar koklea berkurange. Duktus koklea degenerasi

84. Komplikasi paling mungkin diare akut dehidrasi berat pada anak adalaha. Alkalosis metabolic b. Alkalosis respiratorik c. Gagal organ multiple d. Asidosis metabolic e. Asidosis respiratorik

85. Seorang penderita usia 55 tahun datang dengan keluhan penglihatan kabur perlahan-lahan, makin lama makin berat sejak 1 tahun. Pada pemeriksaan didapatkan visus ODS 5/40 tidak maju dengan koreksi maupun pinhole , kornea jernih, lensa keruh tidak merata, funduskopi dalam batas normal. Diagnosis yang tepat untuk pasien ini adalah..

a. Katarak juvenile b. Katarak traumatika c. Katarak immature d. Katarak mature e. Katarak sekunder

86. Setelah terapi selama 4 bulan, penderita mengeluh pandangan kedua matanya kabur perlahan-lahan, tidak disertai nyeri maupun mata merah. Penderita sudah periksa ke optic tetapi penglihatan tetap kabur. Pada pemeriksaan oftalmologis didapatkan visus terbaik setelah koreksi ( BCVA) OD 5/60 dan OS 6/60 , segmen anterior dalam batas normal, funduskopi ODS didapatkan batas papil nervus optikus kabur , dan tampak perdarahan flame shape di retina. Pemeriksaan berikut di bawah ini, adalah yang memberikan kelainan paling awal:

a. Contrast sensitivity b. Tonometri c. Ishihara d. Tajam penglihatan e. Pemeriksaan lapangan pandang

87. Seorang wanita 28 tahun dengan keluhan jantung berdebar-debar, berkeringat, terdapat benjolan pada leher. Indeks wayne 69. Pemeriksaan penunjang untuk diagnosis …..

a. TSHs, fT3, T4b. TSHs, fT3, fT4c. TSHs, fT3, fT4, T3d. TSHs, T3, fT4

16 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 17: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

e. EKG, TSH

88. Bayi umur 10 hari dengan keluhan sulit bernapas. Pada PF: T= 34,5 ºC, RR= 70x/m. Didiagnosis sepsis oleh dokter, sebelum dirujuk ke RS apa yang harus dilakukan:

a. memberi botol minuman agar tidak hipoglikemiab. menjaga suhu tubuh minimal 36 ºCc. pemberian Phenobarbitald. pemberian diazepam agar tidak iritabele. pemberian cairan per oral

89. Seorang laki-laki 23 tahun, KU: nyeri seluruh perut, pasien terlibat perkelahian dan mabuk. Terdapat jejas di perut kiri atas, luka-luka kecil di kepala, tangan, dan kaki. GCS E4M6V5, N=110x/m, TD:=90/60 mmHg, RR=28x/m, pada PF abdomen: jejas tumbukan benda tumpul, nyeri seluruh lapangan abdomen, perdarahan aktif (-). Kegawatan utama pada pasien ini adalah:

a. Trauma Capitisb. syok hipovolemikc. sesak napasd. sepsise. intoksikasi alkohol

90. Seorang perempuan 30 tahun datang ke tempat praktek dokter umum dengan keluhan sesak napas. Keluhan dirasakan setiap hari, serangan mengganggu aktivitas dan tidur. Pasien menggunakan bronkodilator setiap hari. Serangan malam > 1x dalam seminggu. Pada pemeriksaan didapatkan APE 60-80%. Derajat asma pada pasien ini:

a. intermitenb. persisten ringanc. persisten sedangd. persisten berate. asma tidak terkontrol

91. Seorang anak perempuan usia 1 tahun datang dibawa ibunya dengan keluhan berjalan pada kemaluan sejak 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan ginekologis teraba massa benjolan seperti anggur, lunak dan gelatinous. Kemungkinan diagnose yang tepat pada pasien ini

a. Liposarcomab. Rhabdomyosarcomac. Fibrosarcomad. Leiomyosarcomae. Malignant Fibroma Histycioma

92. Seorang perempuan usia 50 tahun datang ke tempat praktek dokter umum dengan keluhan keputihan warna putih dan kental. Keluhan disertai rasa gatal pada kemaluan sejak 1 tahun lalu dan berulang. Pasien merupakan penyandang DM yang sedang menjalani terapi. Pada pemeriksaan ginekologik didapatkan vagina dan perineum hiperemis, bercak putih, flour albus putih dan kental. Saran yang tepat diberikan untuk pasien ini:

a. menggunakan antiseptic untuk daerah genital setiap harib. mengganti pakaian minimal 2x/haric. menggunakan pakaian ketat agar kuman tidak masukd. minum air minimal 2 liter/harie. mengurangi makanan yang mengandung gula

17 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 18: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

93. Bayi umur 3 hari lahir spontan kurang bulan, BBL: 2300 gram. Dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan kejang berulang. Usia 1 hari bayi mengalami kejang tonik-klonik >1x. Penatalaksanaan yang tepat untuk pasien ini bila kejang:

a. Diazepam rectalb. Midazolam rectalc. Fenitoin rectald. Diazepam intravenae. Phenobarbital intravena

94. Luka jahitan yang terbuka lagi ukuran 5 cm, dijahit di puskesmas. Luka tampak bernanah. Setelah dibersihkan, kapan waktu yang tepat untuk dijahit kembali:

a. 4-6 jamb. 6-8 jamc. 2-4 jamd. 24-72 jame. Setelah hari ke-3

95. Seorang perempuan 25 tahun, sesak napas hilang timbul sejak 3 hari yang lalu, makin sering dan hebat. Dahak putih kental, darah (+), wheezing ekspiratorium (+), ekspirasi memanjang (+), ronkhi (-), bagian anatomi apa yang terkena:

a. trakeab. bronkusc. bronkiolusd. ductus alveolarise. saccus alveolaris

96. Anak laki2 usia 2 bulan datang ke puskes untuk imunisasi yang berikutnya. Maka imunisasi yang sebaikny diberikan untuk anak ini adalah:

a. DPT I polio Ib. CAMPAK, DPT I, POLIO Ic. DPT I, Heppatitis II, POLIO IId. BCG, hepatitis I, Polio Ie. MMR

97. Wanita 31 tahun G2P2A0 merasa hamil 8 bulan. Perdarahan pervaginam, ganti pembalut 2x sehari yang lalu ukuran sedang. Tidak nyeri. Tindakan selanjutnya:

a. tirah baringb. rawat di puskesmas,c. transfuse darahd. beri dexametasone. induksi kehamilan

98. Seorang laki-laki umur 22 tahun datang ke UGD setelah mengalami kecelakaan lalu lintas, mengeluh nyeri di bawah perut dan tidak bisa kencing. Terdapat meatal bleeding. Pada PF: tanda vital dalam batas normal. Tindakan yang dilakukan adalah:

a. pemasangan kateterb. pungsi suprapubikc. IVPd. USGe. pemeriksaan lab darah

99. Seorang laki-laki mengeluh timbul benjolan pada leher yang dirasakan semakin membesar, nyeri (-). Sekarang dalam pengobatan ARV selama 6 bulan. Benjolan di leher sebesar 2x3 cm, nyeri (-), timbul benjolan pula di ketiak sebesar 1x2 cm,

18 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 19: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

nyeri (-). Pada PF: tanda vital dalam batas normal. Kemungkinan diagnosisnya adalah:

a. limfadenitis tuberkulosab. limfadenitis nonspesifikc. limfadenitis spesifikd. limfadenitis metastasise. limfadenitis paraventrikuler

100. Seorang ibu membawa anaknya karena kejang, kaku kuduk, mulut mencucu. Riwayat persalinan di dukun. Bakteri yang mungkin menyebabkan kelainan pada anak ini adalah:

a. Clostridium tetanib. Neisseriac. Clamyidad. Treponemae. E. coli

101. Seorang wanita hamil 7 bulan mangalami perdarahan becak kemerahan. Perdarahan yang sama terjadi 2 minggu yang lalu, namun perdarahan kali ini lebih banyak. Kemungkinan diagnosisnya:

a. inpartub. abortusc. solutio plasentad. plasenta previae. rupture sinus marginalis

102. Seorang laki-laki 70 tahun mengeluh hematuria (+), kencing tidak lampias dan sering pada malam hari. Pasien juga mengeluh nyeri pinggang, mual, lemas dan ingin pingsan. Kemungkinan diagnosisnya:

a. keganasan prostatb. BPHc. infeksi kandung kemihd. gagal ginjale. batu ginjal

103. Seorang laki-laki usia 70 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri pada dada sebelah kiri. Nyeri terasa seperti ditusuk-tusuk, tidak menjalar, dan mereda dengan istirahat. Pada pemeriksaan elektrokardiografi tidak ditemukan kelainan. Penyebab yang paling mungkin :

a. Pankreatitis b. Esofagitis c. GERD d. Gastritis akut e. Angina Pektoris

104. Pasien 34 tahun, sesak napas sejak 3 minggu lalu, tidur dengan 2-3 bantal, bangun malam karena sesak. TD 180/100 mmHg, nadi 130 x/m, napas 30 x/m, hepar 2 jari dibawah arcus costae. Obat yg tepat?

a. Spironolakton b. Furosemid c. Digoxin d. Verapamil e. ACE-I

19 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 20: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

105. Pasien laki-laki dengan keluhan nyeri dada kiri, memberat dengan aktifitas dan membaik dengan istirahat. Riwayat HT, DM, merokok, obese. Diagnosa paling mungkin?

a. Angina pectoralis stabilb. Unstable angina c. Prinzmetal angina d. Infark myocardiume. TIA

106. Anak 1 tahun, riwayat biru saat lahir. Sekarang mudah lelah. Punctum maksimum sela iga 3-4, murmur pansistolik grade III/IV. Kelainan terdapat pada?

a. Septum ventrikel b. Arteri pulmonal c. Septum atrium d. Ductus arteriosuse. ToF

107. Pasien laki-laki berusia 40 tahun datang dengan keluhan sesak napas yang semakin memberat sejak 1 hari yang lalu. Pasien juga mengeluhkan adanya batuk dengan dahak berwarna putih kekuningan sejak 3 hari yang lalu. Pasien memiliki riwayat merokok 20 batang sehari sejak berusia 20 tahun. Pada PF: RR 40 x/menit, S 37,0°C, pada PF thorax restriksi (-), rhonki basah di seluruh lapang. Diagnosis yang memungkinkan:

a. TB paru b. Atelektasis c. PPOKd. Pneumonia e. Asma bronchial

108. Wanita 40 tahun dengan KU nyeridada sejak 2 hari SMRS, keluhan memberat saat menarik nafas. Riwayat batuk sejak 1 bulan SMRS, kadang ada bercak darah. 7 tahun lalu dikatakan menderita flek paru dan berobat 6 bulan, dikatakan sembuh. Pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan:

a. Cek Sputum b. Pungsi Pleura c. Tuberkulin d. Rontgen Thoraks e. Mantoux

109. Wanita usia 30 tahun datang ke puskesmas untuk memeriksa penglihatannya yang berkabur. Pada pemeriksaan oftalmologi didapatkan visus OD 2/30 dan OS 2/20. Pemeriksaan apakah yang paling tepat dilakukan berikutnya?

a. Pengukuran tekanan intra okuli b. Siklopegik kemudian direfraksi ulang c. Retinometri Pemeriksaan pinhole d. Pemeriksaan funduskopie. Lapang pandang

110. Seorang wanita usia 24 tahundatang ke puskesmas dengan benjolan pada kelopak mata kanan bagian atas. Keluhan lain didapatkan mata merah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva hiperemis, visus 6/6 dan benjolan pada konjungtiva bagian bulbi. Apakah penyebab benjolan yang paling mungkin?

a. Hiperplasia epitel kelenjar zeiss b. Hiperproliferasi epitel kelenjar meibom

20 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 21: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

c. Hiperplasia epitel kelenjar moll d. Inflamasi granuloma kronik dari kelenjar Moll e. Jaringan inflamasi dari palpebra

111. Seorang lelaki usia 42 tahun datang dengan keluhan sesak napas. Keluhan lain yang uncul adalah nyeripada mata, mata merah, sakit kepala dan mual. Pasien diketahui baru saja dari sawah untuk menyebarkan obat antihama. Pada pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva hiperemis, kornea oedema, wheezing pada seluruh area paru, hiperemis pada saluran napas. Obat apakah yang sebaiknya diberikan pada pasien?

a. Propanolol b. Atropin c. Domperidone d. Ondansetron e. Clozapine

112. Pasien datang dengan keluhan nyeri perut kanan atas 4 jam setelah makan makanan Padang. Nyeri menjalar ke bahu dan punggung. Murphy sign (+). Diagnosis?

a. Kolesistitis b. Apendisitis c. Pancreatitis d. Kolelitiasise. KET

113. Pasien perempuan 23 th datang ke praktik dokter umum dengan keluhan nyeri perut kanan. nyeri dirasakan sperti tertusuk-tusuk, demam (+), mual (-), muntah (-). pada pemeriksaan fisik terdapat nyeritekan pada perut kanan atas pada saat ditekan. Hb 9, leu 11.000. pleno test (-). apakah diagnosis yang paling tepat untuk pasien ini?

a. appendisitis akut b. kolesistitis akut c. infeksi d. kolelithiasis e. KET

114. Pasien laki-laki, datang dengan keluhan mencret. Kadang bercampur darah. BAB sering cair sejak 2 bulan. Nafsu makan masih baik. Pemeriksaan penunjang yg dianjurkan?

a. Foto abdomen polos b. Endoskopi c. Esofagogastroduodenoskopi d. Ba enema e. Colon in loop

115. Laki2 20 th, 1 minggu ini demam, mudah lelah, mual, muntah, warna BAK kecoklatan. Selidik punya selidik, ada teman sekosan yg dalam 2 minggu ini sakit kuning. Riwayat transfusi (-). PF: sklera ikterik, heparteraba 2 JBAC, LAB: SGOT/SGPT 990/1350, Bilirubin: 30an, IgM anti HAV (+). Apakah edukasi pencegahan yang akan diberikan??

a. jangan saling tukar alat cukur b. jaga higiene n sanitasi c. skrining darah donor d. jangan tuker2an jarum suntik e. vaksin HepB

21 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 22: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

116. Laki2 20 th, 1 minggu ini demam, mudah lelah, mual, muntah, warna BAK kecoklatan. Selidik punya selidik, ada teman sekosan yg dalam 2 minggu ini sakit kuning. Riwayat transfusi (-). PF: sklera ikterik, heparteraba 2 JBAC, LAB: SGOT/SGPT 990/1350, Bilirubin: 30an, IgM anti HAV (+). Makanan apa yg sbaiknya dikonsumsi:

a. Tinggi BCAA b. Rendah kalsium dan magnesiumc. Tinggi karbohidrat d. Rendah lemak e. Apa saja boleh

117. Seorang wanita usia 19 tahundatang ke UGD dengan keluhan nyeri pinggang kanan hebat. Keluhan disertai demam tinggi, gemetar, dan menggigil. Pasien juga sering merasa sangat ingin berkemih dan nyeri saat berkemih. Pada pemeriksaan fisik suhu 39.8 ºC, nadi 120x/menit. Tekanan darah dan pernapasan dalam batas normal. Pemeriksaan abdomen : nyeri tekan suprapubik (+), nyeri ketok CVA kanan (+). Organisme apa yang paling mungkin sebagai penyebab :

a. E. Coli b. Klebsiella c. Pseudomonas d. S. Aureus e. Trichomonas vaginalis

118. Laki-laki 52 tahun tekanan darah 175/ 100 mmHg, PF: batas jantung kiri 2 cm dari midklavikular, ada ronchi halus. Jadi hyperthrophy dari:

a. Ventricular kanan b. Ventricular kiri c. Atrium kanan d. Atrium kiri e. Septum infundibulum

119. Anak 6 tahun sejak 5 hari yang lalu bengkak pada matanya, sejak 2 hari yang lalu disertai keluhan panas badan dan nyeri pinggang. Menurut orang tuanya kencing keruh & bergumpal. Pemeriksaan awal untuk tentukan diagnosis adalah:

a. Ureumb. Kreatininc. Keton urid. Albumin urine. Glukose urin

120. Bayi baru lahir dgn labiognatopalatoschizis. Bayi sehat, BB 3500g. tidak ada kelainan bawaan pd organ lain. Orang tua adalah pasangan yg sehat, tidak ada cacat bawaan, demikian juga kakek & nenek dr kedua pihak. Apa yg paling mungkin menjadi faktor penyebab kelainan bawaan tersebut?

a. Trauma pada kehamilan trimester keduab. Faktor genetikc. Kekurangan vitamin A dan E selama kehamiland. Kekurangan asam folate. Terjadinya radiasi dari sinar X pada kehamilan muda ibunya

121. Bayi perempuan 8bulan dibawa oleh ibunya ke IGD karena sesak napas sejak 3 hari yang lalu, stridor saat inspirasi dan retraksi ringan di suprasternal. sesak berkurang bila penderita tidur miring atau memakai bantal. Tidak ada

22 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 23: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

febris, tidak disertai gangguan makan/minum dan tidak ada riwayat tersedak sebelumnya. Tidak teraba massa di sekitar leher. Pemeriksaan radiologis soft tissue leher memperlihatkan penyempitan di daerah laring. keluhan seperti ini dirasakan sejak 2 bulan yll tetapi sembuh sendiri. Pemeriksaan penunjang selanjutnya untuk memastikan diagnosis adalah?

a. Naso-endoskopib. Rhinoskopi posteriorc. Rontgen thorax AP dan Latd. Laringoskopi e. Esofagoskopi

122. Pasien perempuan 50 tahun datang dengan keluhan nyeri pada kedua lututnya sejak 3 bulan yang lalu. Nyeri dirasakan pasien saat beraktivitas. Pasientelah meminum obat dari dokter dan dirasa membaik tetapi masih suka muncul nyeri pada lutut pasien. Pasien juga mengeluhkan nyeri pada ulu hati. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pembengkakan pada kedua lutut, tidak diapatkan kemerahan atau tanda-tanda radang pada lutut pasien. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan asam urat pasien 7 (dalam batas normal). Obat apakah yang menyebabkan nyeri ulu hati pada pasien tersebut

a. prednison b. piroksikam c. sikloheptadin d. aspirine. Paracetamol

123. Laki-laki, 38 th, datang dgn keluhan berat badan semakin turun. 1 tahun yll, pasien didiagnosis HIV. Sejak 3 bln yll ps mencret berulang, mual, muntah, nafsu makan menurun. pada pemeriksaan lab GDP 180, GDPP 250, kolesterol 341, trigliserida 276. Diet apa yang dianjurkan utk pasien?

a. batasi karbohidrat sederhana b. batasi serat c. batasi garam d. perbanyak air e. asupan rendah protein

124. Bayi laki-laki 6 bulan, dibawa ibunya ke tempat praktek anda karena pucat sejak 2 bulan yang lalu. Riwayat keluarga sakit seperti ini (-). Pemeriksaan Fisik: status gizi kurang, anemis, ikterik ringan, Sistolik murmur derajat III, hepatosplenomegali,limfadenopati (-). Hasil Lab: Hb 5, Leu 6400, Ht 15,4, Trombosit 235rb, Diff Count dbn. Diagnosis yang paling tepat:

a. Anemia Defisiensi Besib. Anemia Sideroblastikc. Thalasemia Majord. ALLe. Anemia karena penyakit kronis

125. Anak perempuan berusia13 tahun dibawa ibunya ke poliklinik dengan keluhan panas badan terus menerus sejak 3 hari yang lalu, keringat dingin (+), nyeri kepala, nyeri otot terutama tungkai,mual muntah, keluar darah dari hidung, bintik-bintik merah. Pemeriksaan selanjutnya?

a. Tes RL b. Widal c. Darah rutind. Apus tenggoroke. Tes mantoux

23 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 24: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

126. Seorang anak perempuan berusia 5 tahun mengalami bengkak pada kedua kelopak mata. Setelah itu 2 minggu kemudian timbul bengkak pada tungkai dan perut. Pasien juga mengalami kencing merah dan protein urine 2+. Tidak ditemukan hiperkolesterolemia. Diagnosis yang tepat adalah:

a. GGKb. SNAc. SNd. Gagal jantunge. Sirosis hepar

127. Seorang anak, usia 6 tahun mengalami hambatan pertumbuhan tulang dan gigi akibat sering mendapat antibiotika tetrasiklin. Keadaan tersebut terkait dengan farmakokinetik obat tetrasiklin, yaitu

a. Distribusi dan penumpukan obat tetrasiklin di tulang dan gigi b. Ekskresi obat tetrasiklin kurang sempurna c. Absorbsi obat tetrasiklin meningkat pada anak usia 6 tahun d. Metabolisme obat tetrasiklin kurang sempurna pada anak-anak e. Metabolisme obat tetrasiklin menghasilkan metabolit yang aktif

128. Suatu hari datang seorang ibu datang ke ICU, membawa anaknya umur 1 bulan dengan keadaan seperti tidur, reflex pupil negative, ada tanda dehidrasi berat (ubun-ubun cekung, turgor rendah). Dua hari sebelumnya setiap diberi ASI selalu muntah, diare, kembung. Biasanya kalau malam kencingnya lebih dari 10 kali, tetapi tadi malam hanya sekali dan sedikit. Tindakan apa yang harus segera dilakukan kepada anak diatas:

a. Mengganti cairan yang hilang b. Mengganti susu ASI dengan susu rendah laktosa c. Menghentikan pemberian ASI d. Memberikan antibiotika peroral e. Memberi garam oralit

129. Perempuan, 27 tahun, menikah 1 tahun. Telat haid 3 bulan. Mengeluarkan darah sedikit-sedikit sejak 2 hari disertai perut kram. Mual muntah hebat Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD : 160/90, nadi : 120 x/menit. Tinggi fundus uteri 1 jari bawah pusat. Balotement negatif, DJJ negatif. Plano positif, albumin urine +2. Diagnosis yang mungkin untuk pasien ini adalah:

a. Inpartu b. Mola hidatidosa c. Preeklampsia berat d. Abortus iminen e. Hiperemesis gravidarum

130. Seorang wanita 55 tahun, gemuk, pekerjaan penjual rujak, setiap malam mengeluh nyeri di jari 1, 2 dan 3 kanan sehingga mengganggu tidurnya, beberapa minggu kemudian tangan kanan tidak kuat untuk memegang, terasa tebal pada volar 3 setengah jari dan otot pangkal ibu jari mengecil. Sesuai dengan lesinya maka pada pasien ini akan ditemukan atropi otot berikut

a. Otot Extensor Jari b. Otot Hipothenar c. Otot Flexor Jari d. Otot Inter Ossei e. Otot Thenar

24 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 25: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

131. Seorang lak-laki tua mengelum demam sumeng-sumeng, batuk-batuk dan berdahak sejak 2 bulan yang lalu. Pasien merupakan perokok aktif, kira-kira 2 bungkus per hari. Pada pemeriksaan fisik ditemukan retraksi m.sternokleidomasteideus, m. Intercostal, pada auskultasi ditemukan rohnki . Pada pemeriksaan rontgen torax terdapat corakan bronkovaskuler kasar. Diagnosis?

a. pneumoniab. bronchitis c. efusid. asma bronkiale. TB Paru

132. Seorang laki-laki didiagnosis TB dan setelah diperiksa terdapat peningkkatan SGPT dan SGOT penggunaan obat yang harus hati2?

a. pirazinamidb. etambutolc. rifampisind. isoniazide. streptomisin

133. Anak laki –laki, 18 tahun datang ke RS dengan keluhan sakit mendadak pada daerah scrotum. Pada pemeriksaan fisik didapatkan testis kiri membesar, merah, lebih tinggi daripada testis kanan, posisi mendatar. Dari hasil USG didapatkan : testis dengan caput epididimis dan chorda spermatica membesar dg koleksi cairan disekitar testis. Diagnosis yang tepat adalah

a. Epididimoorkhitisb. Abses testisc. Torsio testisd. Tumor testise. Hernia scrotalis

134. Wanita 45 tahun, mengeluh hidungnya sering tersumbat sejak 1 tahun yang lalu. Pada pemeriksaan pasien terlihat sangat menderita, didapatkan massa, granulasi, destruksi pada septum nasi, tetapi tidak menutupi seluruh cavum nasi. Pemeriksaan yang dilakukan …

a. CT scanb. Rhinoskopi anteriorc. Rhinoskopi posteriord. Laringoskopi anteriore. Laringoskopi posterior

135. Obat antihipertensi yang tidak boleh diberikan pada wanita hamil adalah:a. Hidrochlorothiazid b. Metildopa c. Nifedipin d. Captopril e. atenolol

136. Wanita hamil dengan keluhan demam terutama naik pada sore hari. Ps juga mengeluh sulit BAB. Pada PF didapatkan lidah kotordengan tepi hiperemis dan tremor. Antibiotik yang sebaiknya diberikan adalah?

a. amoksilin b. ampisilin c. gentamisin d. siprofloksasin

25 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 26: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

e. kloramfenikol

137. Perempuan 22 tahun, sedang hamil 3 minggu, panas naik turun. Penunjang: parasit plasmodium falciparum (+). Obat yang diminum?

a. Primakuinb. Doksisiklin c. Artesunat d. Kina e. Pirimetamin

138. Ibu hamil G1P1A0 5 bulan, datang dengan keluhan mual, muntah, mengarah ke demam thypoid. Obat yang tepat:

a. Amoksisilinb. Ciprofloxacinc. Ampicillind. Metronidazolee. kloramfenikol

139. Pasien laki-laki 50 tahun datang dengan keluhan nyeri dada yang timbul berulang sejak 2 tahun yang lalu. Pasien merasa berkurang dengan menggunakan Nitrogliserin SL, Demam (-). Tanda-tanda vital didapatkan: Nadi 78 x/mnt, suhu 37 C, lab: kreatinin 1,1 glukosa 180 mg/dl, GDS 223. Diagnosisnya?

a. Angina Pektorisb. Infark miokardc. Reumatoid Heart diseased. Unstable angina pektorise. Pericarditis

140. Laki-laki 10 tahun mengeluh timbul benjolan di leher kiri sejak 10 minggu yang lalu, pasien mengeluh demam ringan, gizi kurang, dari hasil pemeriksaan fisik limfadenopati multiple, abses (+), riwayat mantoux (+). Diagnosis:

a. Limfadenitis kronik non spesifikb. limfadenitis akutc. Limfadenitis TBCd. Mononucleosis infexiosae. BSSD

141. Laki-laki 50 thn mengeluh nyeri dada 1 jam yll, nyeri sekarang sudah mulai berkurang. ia memiliki riwayat DM tidak terkontrol ± 10 thn. PF: dbn EKG trdpt gambaran evolusi infark. Th/ yg tepat:

a. Trombolitikb. Primary PTCAc. RescuePTCAd. Heparine. Oksigen

142. Laki-laki 45 thn melakukan px kesehatan. Orang tua memiliki riwayat DM. Pasien memiliki riwayat asma sedang. TD: 155/90 GDP: 210. Th/ hipertensi yg tepat?

a. Bisoprololb. Valsartan c. Clonidind. Diltiazeme. Hydralazin

26 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 27: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

143. Wanita 32 tahun, memiliki 2 anak perempuan berusia 3 tahun dan 1 tahun. Wanita tersebut adalah perokok berat dan memiliki hipertensi. Pilihan kontrasepsi yang tepat adalah?

a. Kondom b. Tubektomi c. alat kontrasepsi dalam rahim d. pil kombinasi e. implan

144. Wanita, hamil 7 bulan, datang dengan keluhan sakit kepala dan mual. Pasien sering merasa lemas. Tidak pernah memiliki riwayat hipertensi. Pada PF didapatkan tekanan darah 150/100. Pemeriksaan urinalisis protein (-). Diagnosis yang mungkin pada pasien?

a. preeklamsia ringan b. preeklamsia berat c. eklamsia d. hipertensi gestasional e. hipertensi kronik

145. Laki-laki, 60 thn melakukan px kesehatan. 1 thn yll infark miokard. Skrg sudah melakukan olahraga dan diet teratur. Dulunya dia gemuk, perokok dan senang mengkonsumsi junk food. Indikator keberhasilan pasien ini?

a. Gula darahb. Reninc. Kaliumd. Kalsiume. BSSD

146. Perempuan, 28 tahun. suka marah-marah dan menyerang orang di sekitarnya, sering berkata kotor, ingin bunuh diri ketika melihat mobil jenazah karna dia teringat dengan anakanya yang meninggal 3 tahun yg lalu. Pasien lupa kejadian tadi, bisa tidur dengan baik, merasa di kejar roh jahat dan mendengar bisikan yg menyuruhnya bunuh diri. diagnosis?

a. episode depresif berat dgn gejala psikotikb. ggn waham menetapc. ggn psikotik akutd. skizofrenia paranoide. ggn bipolar

147. Bayi 10 bulan. Diagnosis diare akut. GDS 115 mg/dl (N : 100 mg/dl), clinitest (+).

Sisa zat yg keluar pd pemeriksaan tsb?a. lemakb. seratc. serat dagingd. jaringan ikate. jaringan elastin

148. Anak umur 10 tahun datang dengan keluhan pucat, lemas, malas makan sejak 6 bulan yang lalu, jarang makan sayuran dan daging. Sehari sebelumnya mimisan, tetapi sembuh sendiri tanpa pengobatan. Pada pemeriksaan didapatkan eritrosit hipokrom mikrositer, Hb 10 g/dL, Ht 31%. Diagnosis yang mungkin:

a. Anemia defisiensi besib. Anemia defisiensi folatc. Anemia karena perdarahan

27 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 28: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

d. Anemia hemolitike. Anemia karena penyakit kronik

149. Seorang anak umur 7 tahun dibawa ibunya dengan keluhan gatal-gatal. Pada uji tusuk kulit didapatkan alergi terhadap udang. Edukasi yang paling tepat untuk anak tersebut

a. Boleh makan udang sedikit demi sedikitb. Hanya 20 % anak tersebut alergi udangc. Pantang makan udang dan makanan seafood lainnyad. Boleh makan udang tetapi minum antihistamin dulue. Tidak boleh makan udang sama sekali

150. Wanita hamil TFU setinggi pusat, perkiraan usia kehamilan:a. 10 mggb. 18 mggc. 20 mggd. 22 mgge. 28 mgg

151. Pria 55thn ke PKM dgn kel nyeri dipunggung bwh. PF: trdpt vesikel unilateral sepanjang dermatom mulai dr punggung sampai grs tengah tubuh edematosa. Diagnosis:

a. Herpes simplekb. Herpes zosterc. Moluskum kontangiosumd. Rubellae. Varicella

152. Wanita hamil TFU setinggi pusat, perkiraan usia kehamilan:a. 10 mggb. 18 mggc. 20 mggd. 22 mgge. 28 mgg

153. Pria 55thn ke PKM dgn kel nyeri dipunggung bwh. PF: trdpt vesikel unilateral sepanjang dermatom mulai dr punggung sampai grs tengah tubuh edematosa. Diagnosis:

a. Herpes simplekb. Herpes zosterc. Moluskum kontangiosumd. Rubellae. Varicella

154. Gatal pada kepala, terutama bagian belakang rambut lengket dan kusam. Diagnosis:

a. Pedikulosisb. Scabiesc. Candidiasisd. Tinea kapitise. Pitiriasis

155. Pria 30thn dtng dngn keluhan bengkak dan gatal diseluruh tubuh kecuali wajah pada pagi hari kurang lebih 2mgg yl. PF: ruam eritem bentuknya plak dan nummular. Diagnosis:

28 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 29: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

a. Angioedemab. Erupsi alergi obatc. Eritema multiformisd. Miliariae. Urtikaria

156. Anak umur 5 tahun, dibawa ke UGD karena tersedak kacang 5 hari yang lalu. Saat ini tidak ada kelainan. Tidak ada sesak nafas, kadang-kadang batuk, tempat kelainan yang paling sering terjadi:

a. Laringb. Trakeac. Karinad. Bronkus kanane. Bronkus kiri

157. Seorang laki-laki 30 tahun mengeluh pendengarannya sejak 2 hari yang↓ lalu. Sehari sebelumnya ia mengalami kecelakaan lalu lintas, kepala kiri terbentur, darah (+) telinga kiri. Pada PF: MAE sinistra: bekuan darah (-), MT: Intak / sulit dinilai karena terdapat bekuan darah, RC: + / sulit dinilai, Rinnes tes: + / -, Webber: lateralisasi ke kiri, Swabach: kiri memanjang. Kemungkinan penyebab gangguan pendengaran

a. ruptur MTb. hemotimpanic. fraktur os temporal karena kecelakaand. endolimfatik hidup pada kokleae. dislokasi tulang pendengaran karena trauma kapitis

158. Laki-laki, 65 tahun, pendengaran menurun sejak 2 tahun yang lalu terutama mendengar percakapan dalam suasana ramai. Gangguan pendengaran sebelumnya (-). Perubahan anatomi yang mungkin terjadi ?

a. Atropi organ korti kokleab. Gangguan spinalis berkurangc. Striae vaskularis berkurangd. Sel rambut luar koklea berkurange. Duktus koklea degenerasi

159. Seorang pria datang dengan keluhan badan tiba-tiba lemas. Tidak ada lateralisasi, tanda kaku meningeal (-) sebab yang mungkin:

a. CVDNHb. CVHc. Kelainan elektrolitd. Meningitise. BSSD

160. Wanita berusia 50 tahun, datang ke UGD siang hari dengan keluhan kelemahan badan secara tiba-tiba. Hal ini terjadi setelah pasien meminum obat 30 menit yang lalu yang didapatkan ketika berobat ke dokter pada pagi hari. Setelah ditelusuri, ternyata ada kesalahan dalam pemberian obat, dimana obat pasien tertukar di apotek. Kategori yang tepat untuk masalah ini adalah:

a. Experimental poisoningb. Accidental poisoningc. Iatrogenik poisoningd. Delirate poisoninge. Intolerate poisoning

29 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 30: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

161. Seorang perempuan berusia 36 thn datang ke puskesmas dengan keluhan mata kiri merah Dan terasa nyeri karena tetesan cairan asam 30 menit yang lalu. Pada pemeriksaan oftalmologis serhana tidak terkesan adanya penurunan penglihatan. Sebagai tindakan awal dokter memutuskan untuk melakukan pembilasan. Apakah cairan yang paling tepat digunakan?

a. Ringer laktatb. Aquades sterilc. Air minerald. Natrium bicarbonatee. Dextrose 5%

162. Seorang anak perempuan berusia 8 tahun dengan keluhan utama pert kembung disertai nyeri perut kanan atas menjalar ke punggung sejak 1 minggu yg lalu. Keluhan ini disertai demam yang tidak begitu tinggi pada pemeriksaan fisik ditemukan embesaran lobus hari kanan. Diagnosis yang paling mungkin adalah?

a. Hepatitis A akutb. Metastasis tumor di hatic. Abses hati Amuba d. Storage diseasee. Kista hidatid pada hati

163. Pasien laki – laki datang dengan keluhan nyeri hebat pada perut kanan bawah, yang mengakibatkan sulit berjalan tegak. Awalnya nyeri di ulu hati. Tanda vital TD : 110/90, Nadi : 90 x/m, RR : 20 x/m, T: 37,2 C. Pemeriksaan fisik abdomen : Nyeri lepas tekan pada titik Mc Burney, rovsign sign positive, Laboratorium : HB : 14, L: 13.000, E: 4 juta, Trombosit: 250.000 Diagnosis:

a. Appendicitisb. Amubiasisc. Kolik Ginjald. Kolik uretere. Perforasi Ulkus Duodenalis

164. Perempuan 18 tahun dibawa ke poliklinik RS dengan keluhan kehilangan kesadaran yang biasanya terjadi selama 15 detik tetapi sadar kembali. Keluhan tidak disertai mulut mengecap selama kejadian. Obat yang tepat adalah:

a. Obat untuk hambat kanal Nab. Obat untuk hambat kanal kaliumc. Obat untuk hambat kanal kalsiumd. Obat yang berikatan dengan reseptor GABAe. Obat yang berikatan di dekat reseptor GABA

165. Seorang wanita berusia 44 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan dada berdebar disertai keluar keringat yang berlebih. Pada pemeriksaan fisik ditemukan takikardi, hipertensi dan hiperhidrosis. Apakah jenis serabut syaraf yang paling mungkin mengalami stimulasi berlebihan?

a. Serabut preganglionic sympathetic b. Serabut preganglionic parasympathetic c. Serabut postganglionic parasympathetic d. Serabut postganglionic sympathetice. Serabut somatic motor

166. Seorang wanita berusia 34 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan tingling pada jari telunjuk dan jari tengah kanan sejak 2 bulan yang lalu. Dia juga mengeluhkan kelemahan pada tangan kanannya dan mulai sering menjatuhkan

30 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 31: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

beberapa barang seperti cangkir. Sebelumnya dia dalam keadaan sehat dan tidak pernah mengalami kecelakaan atau nyeri pada leher. Pada pemeriksaan neurologik, gerakan ekstensi bahu dan sendi siku dalam keadaan normal baik kekuatan maupun range of movement. Syaraf apakah yang paling mungkin mengalami kompresi?

a. Nerve radialis b. Nerve ulnaris c. Nerve aksilaris d. Nerve medianus e. Tendon flexor

167. Pria 62 tahun dibawa ke IGD karena dirinya melihat arwah ibunya yang telah meninggal sepuluh tahun yang lalu. Pada pasien juga ditemukan kejang dan tremor. Hal ini disebabkan oleh pengaruh dari:

a. intoksikasi kanabisb. intoksikasi heroinc. withdrawal heroind. intoksikasi alkohole. withdrawal alkohol

168. Pasien 11thn datang dengan keluhan vesikel dan gatal di sela-sela jari tangan. Timbul terutama pada malam hari. Teman-temannya di panti asuhan yg sama juga mengalami hal serupa. Diagnosa?

a. pedikularisb. miasisc. skabiesd. nekatoriasise. Ankilostomiasis

169. Wanita 55 th keputihan bau amis + darah sejak 1 bln lalu. Sudah nikah 35 th, punya 6 anak. Inspekulo tampak liang vagina terdapat cairan putih kekuningan, bau amis, flek, & pada mulut rahim tampak benjolan seperti kembang kol. Organisme penyebab:

a. HSV tipe 1b. HPV c. HSV tipe 2d. HIVe. HSV tipe 2

170. Laki-laki 36 th, demam 8 hari, tinggi saat sore & malam hari. Sejak 2 hari yg lalu demam dirasakan terus menerus siang-malam. PF: lidah kotor, tepi hiperemis, saat dijulurkan tremor. Pemeriksaan yg sebaiknya dilakukan:

a. IgG dengueb. IgM denguec. Widald. Darah perifer Lengkape. isolasi virus

171. Pria mengeluh nyeri dada tajam kiri yang menjalar ke lengan kiri dan punggung sekitar 5 atau 6 jam SMRS. PF normal. EKG menunjukkan gambaran EKG V3-V6 gambaran Q patologis. Pemeriksaan selanjutnya:

a. Troponin Ib. CKMBc. Kolesterold. LDH

31 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 32: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

e. CK

172. Pasien pria usia 25 tahun datang ke igd dengan luka akibat senjata tajam di daerah ketiak bawah, diduga terkena plexus brachialis bawah. Saraf apa yang mungkin terkena:

a. Brakialisb. Axilarisc. Radialisd. Ulnarise. Vagus

173. Seorang wanita datang setelah melahirkan d dukun beranak dengan kondisi robek perineum hingga menembus sfingter ani lebih dari 50%. Berapakah gradingnya:

a. 1b. 2c. 3ad. 3be. 4

174. Seorang pria 40 tahun dibawa ke RS karena gelisah, dia merasa yakin bahwa ada sindikat yang sedang mengejarnya dan berusaha untuk membunuhnya. Akibatnya, tiap ada orang yang sedang berbisik-bisik maka dia yakin orang tersebut sedang merencakanan untuk membunuhnya. Obat yang bisa diberikan:

a. diazepam 2x2 mg b. haloperidol 2x1,5 mg c. carbamazepin 2x200 mg d. tiazolam 2x2 mg e. amitriptilin 2x25 mg

175. Seorang pria 21 tahun dibawa ke RS oleh petugas keamanan karena ditemukan duduk di tengah jalan. Pasien tersebut mengatakan bahwa dia mendengar suara yang menyuruh dirinya untuk melakukan hal tersebut. Gejala yang dialami pasien ini adalah:

a. delusi b. halusinasi c. ilusi d. inkoherensi e. inkongruen

176. An 8 tahun. Hb 5.1, yang lain normal. Keluhan utama : pucat. MCV, MCH rendah, retikulosit dan bilirubin meningkat. Diagnosis:

a. Anemia defisiensi Fe b. Anemia megaloblastik c. Anemia sideroblastik d. Anemia hemofilia e. Anemia hemolitik

177. Anak 13 tahun datang dengan keluhan demam, pucat, kuning. Pada pemeriksaan fisik didapatkan splenomegali, hepatomegali (-). Lab Hb 9 ? Pada hapusan darah tepi didapatkan plasmodium malariae. Diagnosis??

a. Anemia aplastik b. Anemia hemolitik c. Anemia defisiensi besi

32 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 33: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

d. Anemia defisiensi folat e. Anemia ec cronic disease

178. Seorang anak berusia 2 tahun, datang dengan keluhan massa di regiolumbosakral yang tertutup kulit dan rambut. Massa ini terdapat sejak lahir, makin lama makin besar. Kemunculan massa ini dipengaruhi oleh keadaan tertentu pada ibu dan diakibatkan oleh: Asam folat

a. Beta karoten b. Tiamin c. Riboflavin d. Niasin e. Asam askorbat

179. Wanita, 33 tahun datang ke dokter dengan benjolan di payudara kiri sejak 1 tahun. benjolan dirasakan nyeri terutama saat menjelang haid. Pada pemeriksaan fisik terdapat massa, konsistensi lunak, tidak berbatas tegas, dapat digerakkan, nyeri tekan (+), tapi tidak terdapat ulserasi. Diagnosis?

a. Karsinoma mammae b. FAM c. Fybrocystic disease d. Duktal papiloma e. Tumor filoides

180. Laki-laki, 50 tahun dibawa ke dokter karena nyeri pada betis kanan. Nyeri terutama jika berjalan, reda saat istirahat. Pada pemeriksaan fisik betis kiri bengkak, kemerahan, nyeri tekan (+), pitting edema (+). Pembuluh darah balik yang terganggu?

a. Safena magna b. Safena parva c. Crurales superfisial d. Crurales profundus e. Tibialis posterior

181. Seorang wanita, 62 tahun dibawa ke IGD oleh keluarganya karena tungkai sebelah kiri dirasakan semakin melemah sejak 12 jam yang lalu. Keluhan mulai dirasakan sejak bangun pagi hari ini, tetapi pasien masih bisa berjalan. Tungkai kiri dirasakan semakin melemah sampai pasien tidak berjalan. Dari pemeriksaan fisik GCS 15, tanda vital semua normal kecuali TD 170/100, ditemukan adanya paresis tungkai sebelah kiri, N VII dan XII sentral. Pemeriksaan penunjang apakah yang terbaik untuk menegakkan diagnosis pada pasien ini?

a. MRI b. X ray c. CT scan d. PET Scan e. Angiografi

182. Seorang laki-laki, 58 tahun dibawa ke IGD dengan keluhan mulut tiba-tiba mencong ke kiri sejak 2 jam yang lalu. Keluhan pusing, mual, muntah disangkal, dan kelemahan sebelah tubuh disangkal. Saat dilakukan PF, tidak ditemukan adanya tanda-tanda paresis tungkai ataupun nervus kranialis. Hasil PF lainnya dalam batas normal. Diagnosis yang paling mungkin?

a. Stroke hemoragik b. Stroke iskemik c. Transient Ischemic Attack d. Bell’s palsy

33 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 34: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

e. Sindrom Guillain Barre

183. Seorang pria, 65 tahun dibawa ke IGD rumah sakit dengan keluhan kesadaran menurun sejak 5 jam yang lalu. Saat ditanyakan ke keluarga, pasien sempat mengeluh mual, pusing yang hebat dan muntah-muntah. Sebelum kejadian ini, pasien dikatakan marah-marah ke pegawainya melakukan kesalahan. Dari pemeriksaan fisik ditemukan GCS 12, nadi 120x/min, TD 180/110, RR 24x/min, suhu afebris, kesan paresis tungkai atas dan bawah sinistra. Diagnosis yang paling mungkin?

a. Stroke iskemik b. Stroke hemoragik c. Transient Ischemic Attack d. Perdarahan subaraknoid e. Perdarahan epidural

184. Pria 77 th, kencing darah 9 bulan, incomplete voiding sejak 2 bulan. Nocturia 4x/malam, urgency (+), mual (+), nyeri pinggang (-), pegal (+). Kemungkinan diagnosis:

a. Ca prostatb. Ca bulic. Infeksi kandung kemihd. Prostate. Gagal ginjal

185. Perempuan 60 th, datang dengankeluhan nyeri pada tangan dan bengkak pada pagi hari selama 20 menit dan keluhan membaik setelah tangan digerakan. Sendi distal dan tengah jari telunjuk dan ibu jari mengalami peradangan, dan hal ini juga terjadi pada sendi pangkal jari-jari tersebut. Bengkak jg ditemukan di jari I,II,III. Diagnosis:

a. Artritis pseurotikab. Artritis rheumatoidc. Sklerodermad. Osteoarthritise. SLE

186. Laki-laki 35 tahun dengan ruam merah di seluruh tubuh sudah 3 hari. Sebelumnya pasien batuk lalu minum obat dari warung (1 minggu yang lalu). Keluhan disertai mata merah berair, bibir lecet. Pada pemeriksaan fisik TD 110/70 mmHg, nadi 110x/menit, pernapasan 36x/menit, suhu 37oC, konjungtiva hiperemis dengan sekret, seluruh tubuh terdapat papul dan makula eritematosa dikelilingi purpura, mulut erosi dan krusta sanguilenta.. Diagnosis?

a. Sindroma Steven Johnson b. Toxic Epidermal Necrolysis c. Staphylococcal Scalded Skin Syndrome d. Angioedem e. Psoriasis

187. Laki-laki 35 tahun dengan ruam merah di seluruh tubuh sudah 3 hari. Sebelumnya pasien batuk lalu minum obat dari warung (1 minggu yang lalu). Pada pemeriksaan fisik TD 110/70 mmHg, nadi 110x/menit, pernapasan 36x/menit, suhu 37oC, konjungtiva hiperemis dengan sekret, seluruh tubuhterdapat papul dan makula eritematosa dikelilingi purpura, mulut erosi dan krusta sanguilenta. Tindakan yang pertama dilakukan?

a. Antihistamin b. Kortikosteroid topikal c. Kompres

34 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 35: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

d. Antibiotik sistemik e. Resusitasi cairan

188. Perempuan 25 tahun, ruam merah di seluruh tubuh, 3 minggu sebelumnya minum obat. Terapi?

a. Resusitasi cairan b. Kortikosteroid sistemik c. Antibiotik sistemik d. Antihistamin e. Imunoglobulin

189. Bayi, usia 3 bulan dengan malaria. Obat yang dikontraindikasikan adalaha. kina sulfat b. artemisin c. klorokuin d. primakuin e. artesunat

190. Hendak meneliti hubungan autis dengan camilan ber-msg menggunakan 200 anak autis dan 200 anak normal sebagai 8. control, dicari jumlah makanan camilan ber-msg dalam 5 tahun ke-4 hidupnya, odd ratio 3.5, letak potensi kesalahan yang terjadi?

a. Chance factor b. Statistical power c. Diagnosis bias d. Recall bias e. Sectional bias

191. Mencari hubungan antara sakit kepala dengan makanan yang banyak mengandung formalin, penderita terdapat pada segala umur, anda tidak punya banyak waktu untuk meneliti, jenis penelitian yang tepat?

a. Cohort b. Case-control c. Clinical trial d. Cross-sectional e. Deskriptif

192. Laki-laki, 40 tahun, sesak memberat sejak 5 hari yg lalu, disertai dengan batuk selama 3 minggu, lendir sulit keluar. TD 110/70, FN 116x, FP 28x. Pergerakan thorax asimetris, hemithorax kiri tertinggal, auskultasi redup, vesikuler menurun. Yang terlihat pada pemeriksaan radiologi:

a. Bercak berawan pada kiri & kananb. Perselubungan lobus superior kiric. Corakan bronkovaskuler kasar kiri & kanand. Perselubungan pada sinus & diafragma kirie. Hiperlusen avaskuler kiri & kolaps paru kearah medial

193. Pria, 38 tahun, 2 minggu terakhir merasa dihantui bayangan, dan merasa semua orang berkomplot ingin membunuh dia. Obat yang tepat:

a. Diazepamb. Haloperidolc. Risperidoned. Midazolame. Amitriptilin

35 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 36: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

194. Diare 2 minggu, lendir +, darah +, daerah sekitar pantat luka. Terdapat organisme berinti sel 1, dengan vakuola & eritrosit di dalamnya. Organisme tersebut adalah:

a. Amoebab. Giardia lambliac. E. Colid. E. Hystoliticae. Bssd

195. Wanita 60th datang dengan keluhan pendengaran menurun sejak 6 bulan, hasil otoskopi normal. Pemeriksaan pnunjang apa yg dibutuhkan untuk menentukan jenis dan derajat penurunan pendengaran?

a. Timpanometrib. Tes garputalac. OAEd. Audiometrie. Bssd

196. Laki-laki 60th datang dengan keluhan BAK sedikit sejak 3 hari, badan terasa lemas dan nyeri pinggang. Pasien didiagnosis batu ginjal 3 bulan yang lalu. Hb saat ini 8 g/dl, tekanan darah 190/100 mmHg. Pemeriksaan penunjang yang dbutuhkan?

a. SGOT/SGPTb. Albuminc. Ur/Crd. DPLe. USG ginjal

197. Pasien dengan keluhan sesak nafas dan nadi tidak teraba setelah pemberian antibiotik intravena. Penanganan paling tepat:

a. Pemberian vasopresorb. Pemberian kortikosteroidc. Pemberian adrenalin SC dan IMd. NaCl 0.9%e. Bssd

198. Pasien 30 tahun mengeluh OD 6/60, OS 6/6. Mata kanan mengalami spasme kelopak mata minimal, konjungtiva hiperemis, lesi dendritik pada kornea. Penyebab:

a. Infeksi bakterib. Infeksi virusc. Toksin kimiad. Chlamydia trachomatise. Alergi

199. Pasien 45 tahun nyeri perut kanan atas tiba-tiba, menjalar ke punggung. Beberapa jam sebelumnya makan di restoran siap saji. PF nyeri epigastrium +. Lab: Hb11, leukosit 8000, kolesterol 280. Diagnosis:

a. Gastritisb. Kolesistitisc. Kolelitiasisd. Pankreatitiise. Hepatitis

36 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m

Page 37: 101160231 Soal Latihan UKDI 2011 Meetha Jf

200. Pasien 30 thn mengalami sulit tidur, ia merasakan kesedihan yang amat hingga ingin bunuh diri dengan memakan racun dan menangis terus-menerus 1 minggu yang lalu. Saat ini ia dandan dengan rapih menggunakan lipstik dan tidak betah di rumah ingin bepergian. Penyebab:

a. Skizoafektif dengan gejala psikotikb. Manik dengan gejala psikotikc. Depresi dengan gejala psikotikd. Bipolar dengan episode manik saat inie. Bipolar dengan episode depresi saat ini

37 | P a d i – w w w . p a d i u k d i . c o m