101 Tips Sukses Wawancara Kerja

of 53 /53
101 Tips Sukses Wawancara Kerja

Embed Size (px)

description

Tips Sukses Wawancara Kerja

Transcript of 101 Tips Sukses Wawancara Kerja

  • 101 Tips Sukses Wawancara Kerja

  • 1.

    Meneliti tentang perusahaan - Bahwa alangkah baiknya bila Anda tahu hal-hal tertentu tentang perusahaan yang memanggil Anda. Meneliti tentang perusahaan juga dapat membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pewawancara, karena akan membantu Anda belajar lebih banyak tentang sifat dari bisnis perusahaan tersebut. Disamping itu, jika pewawancara mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan mereka dan Anda dapat menjawab dengan benar, maka itu menunjukkan kepada mereka bahwa Anda betul-betul tertarik untuk bekerja untuk mereka.

    2.

    Tinjaulah pengalaman-pengalaman sebelumnya, jika ini bukan pengalaman pertama kalinya Anda melakukan wawancara kerja - Apakah dalam semua wawancara masa lalu Anda berhasil atau tidak, yang terbaik adalah bahwa Anda mempelajarinya kembali. Hal ini karena Anda dapat belajar pelajaran berharga dari wawancara masa lalu. Selain bahwa, jika Anda melakukan kesalahan tertentu dalam wawancara masa lalu Anda, maka Anda dapat memastikan untuk tidak melakukan kesalahan seperti itu lagi.

  • 3.

    Tinjau kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda lamar - Ketika Anda dijadwalkan untuk wawancara kerja, Anda perlu memeriksa kembali pada kualifikasi yang perusahaan butuhkan. Dengan cara ini Anda akan dapat membandingkannya dengan pengalaman dan keahlian Anda saat ini. Selain itu, juga akan membantu Anda lebih fokus pada khusus keterampilan Anda yang akan membantu Anda lebih berkualifikasi lagi untuk pekerjaan yang Anda inginkan.

    4.

    Potong rambut - Mendapatkan potongan rambut akan membuat orang terlihat pintar, segar, dan rapi. Namun, yang terbaik adalah bahwa Anda melakukannya sekitar 2 atau 3 hari sebelumnya. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak lagi membawa bau salon. Selain itu, bahkan jika Anda ingin tampil lebih baik, Anda mungkin perlu beberapa hari untuk menyesuaikannya, yang sangat penting untuk membuat Anda lebih percaya diri selama wawancara.

  • 5.

    Pastikan untuk datang lebih awal di kantor di mana Anda akan diwawancarai - Adalah lebih baik untuk tiba di tempat dimana Anda akan diwawancarai. Hal ini untuk menunjukkan kepada calon majikan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan. Selain itu, juga menunjukkan mereka bahwa Anda memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik. Jika Anda sudah bekerja, cobalah untuk mengajukan permohonan cuti untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan dan sampai ke tempat tersebut.

    6.

    Lakukan rutinitas pagi Anda lebih awal - Dengan mengambil sarapan pagi atau melakukan yang biasa Anda rutin lakukan lebih awal dari biasanya, Anda akan memberikan diri Anda dengan waktu ekstra dalam mempersiapkan diri untuk wawancara. Cara terbaik adalah bahwa Anda tidak terburu-buru untuk sampai ke wawancara. Dengan itu, Anda dapat memastikan bahwa Anda tenang dan tertata ketika Anda tiba di tempat wawancara.

  • 7.

    Makan dengan baik tetapi jangan berlebihan - Cara terbaik adalah bahwa Anda makan dengan baik dihari sebelum wawancara Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda akan memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga terhindar dari segala bentuk stres. Namun, perlu diingat untuk tidak berlebihan, karena makan berlebihan dapat mengganggu sistem anda.

    8.

    Tidur yang cukup - Tidur sedini mungkin akan memberikan Anda cukup beristirahat untuk wawancara mendatang. Pastikan juga bahwa Anda menyikat gigi dan mencuci wajah Anda sebelum tidur. Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan bisa tidur baik dan memiliki energi yang cukup untuk hari berikutnya.

  • 9.

    Mengatur alarm Anda - Untuk memastikan bahwa Anda bangun pagi untuk wawancara pekerjaan Anda, yang terbaik adalah bahwa Anda mengatur alarm Anda untuk itu. Pastikan bahwa Anda menetapkan ke membangunkan Anda dua kali, dengan interval beberapa menit. Dengan demikian Anda akan memastikan bahwa Anda akan mampu memulai hari lebih awal, karena alarm kedua pasti akan membangunkan Anda.

    10.

    Mandi - Mandi akan memastikan bahwa Anda akan merasa segar untuk wawancara. Ini juga akan membantu dalam membuat Anda terlihat se-rapi mungkin. Selain itu, akan membantu Anda tampil lebih prima, untuk melakukan yang terbaik untuk Anda pada saat wawancara kerja.

  • 11.

    Makan sarapan yang sehat - Terutama jika wawancara kerja akan memakan waktu yang lama, bisa sangat menguras energi. Dengan demikian, Anda perlu memiliki banyak energi untuk mempertahankan diri dalam menjawab semua pertanyaan yang akan dilemparkan pada Anda. Dengan sarapan yang sehat, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan memiliki cukup energi untuk memikirkan jawaban terbaik, bahkan untuk pertanyaan yang paling sulit sekalipun.

    12.

    Hindari makanan yang bermasalah - Ada makanan tertentu yang mungkin membuat perut Anda mules. Beberapa orang tidak terbiasa makan banyak makanan susu, sementara yang lain tidak dapat mentoleransi makanan yang pedas. Apapun masalahnya mungkin, pastikan untuk menghindari makanan yang dapat mengganggu perut Anda, karena hanya akan menambah lebih banyak lagi masalah.

  • 13.

    Menyikat gigi - Menyikat gigi tidak akan hanya membuatnya lebih kuat atau lebih keras. Itu juga akan memastikan bahwa Anda akan nyaman dalam berbicara di depan pewawancara Anda. Hal terakhir yang tidak Anda inginkan terjadi selama wawancara adalah untuk melihat reaksi aneh dari pewawancara Anda setiap kali Anda berbicara. Jadi, gosoklah gigi Anda agar napas Anda tidak bau.

    14.

    Menyetrika pakaian - Salah satu hal terbaik yang harus dilakukan untuk menjadi lebih rapi adalah untuk menyetrika pakaian Anda. Pastikan untuk melakukan hal ini sehari sebelum wawancara Anda, sehingga Anda tidak akan terburu-buru pada hari besar. Hanya dengan menyetrika mereka dan menggantung mereka di dalam lemari Anda, sehingga mereka akan terlihat sama pada hari berikutnya.

  • 15.

    Jangan memakai kacamata hitam - Meski menggunakan kacamata hitam dapat membantu Anda mengemudi di hari yang cerah, itu mungkin bukan ide yang baik untuk menggunakannya ketika Anda sedang dalam perjalanan untuk wawancara kerja. Ini adalah karena, dapat meninggalkan bekas di sekitar mata Anda. Selain itu, Anda mungkin tidak sengaja membawanya dengan Anda di dalam tempat tersebut, yang hanya akan menjadi hal lain yang tidak Anda inginkan.

    16.

    Jangan lupa untuk menggunakan penyegar napas - Meskipun menyikat gigi Anda mungkin sudah mendapatkan sesuatu sejauh nafas segar Anda yang bersangkutan, itu masih mungkin lebih baik untuk menggunakan penyegar napas. Hal ini karena, Anda bisa menjalani serangkaian wawancara, yang bisa memakan waktu setengah hari. Dengan penyegar nafas yang tahan lama, Anda akan menjadi lebih percaya diri dengan itu.

  • 17.

    Jangan memakai cologne atau parfum yang berlebihan - Adalah satu bagian penting dalam hal tampil menawan. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak akan berlebihan memanfaatkan parfum atau cologne favorit Anda. Hal ini karena beberapa merek mungkin terlalu kuat bagi orang-orang tertentu. Selain itu, bahkan dapat memicu reaksi alergi terhadap salah satu pewawancara Anda.

    18.

    Berpakaian sesuai aturan - Cara terbaik adalah bahwa Anda melakukan penelitian Anda tentang aturan berpakaian pada perusahaan yang Anda lamar. Namun, jika Anda tidak yakin, yang terbaik adalah bahwa Anda mengenakan pakaian bisnis terbaik Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda akan mampu membuat kesan yang baik, dengan terlihat seprofesional mungkin.

  • 19.

    Menyemir sepatu - Perlu diingat bahwa mungkin ada beberapa jenis pewawancara yang mungkin melihat Anda dari kepala sampai kaki, ketika Anda masuk kantor untuk wawancara. Beberapa melakukannya sebagai suatu teknik untuk mengintimidasi Anda, sementara yang lain hanya melakukannya untuk memeriksa bagaimana Anda berdandan. Jadi, yang terbaik untuk menyemir sepatu Anda, sehingga begitu Anda memasuki kantor, mereka akan terkesan dengan kebersihannya.

    20.

    Merencanakan rute perjalanan Anda - Bila Anda sedang dalam perjalanan ke tempat untuk wawancara, Anda tidak ingin terjebak dalam lalu lintas dan menjadi terlambat untuk itu. Jadi, yang terbaik adalah bahwa Anda merencanakan rute Anda ke tempat itu, sehingga Anda dapat menghindari segala bentuk gangguan lalu lintas. Anda dapat melakukan penelitian tentang hal ini melalui internet, atau Anda juga dapat pergi ke sana satu atau dua hari sebelum wawancara, hanya untuk memeriksa jalan terbaik untuk dilalui.

  • 21.

    Mintalah seseorang untuk mengawasi anak-anak Anda - Jika Anda sudah memiliki Anak, maka Anda harus menyewa seseorang untuk mengawasi mereka, setidaknya untuk hari h wawancara kerja Anda. Namun, yang terbaik adalah bahwa Anda melakukannya sehari sebelum itu, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan. Mempekerjakan seseorang yang dapat Anda percaya sehingga Anda akan merasa nyaman.

    22.

    Sembunyikan kebiasaan buruk Anda - Anda harus menjual diri Anda kepada pewawancara ketika Anda pergi melalui wawancara. Jadi, jangan membawa pengalaman negatif yakin bahwa Anda memiliki melewati hidup Anda, seperti tanda Anda gagal di sekolah tinggi, kecenderungan Anda untuk menunda, dan semacamnya. Jika Anda membicarakan hal-hal ini, mungkin menyebabkan pewawancara untuk berfokus lebih lanjut bukan pada sifat baik Anda.

  • 23.

    Bersiap memperkenalkan diri - Dalam sebuah wawancara, mulailah dengan memperkenalkan diri, di mana Anda akan berkata kepada pewawancara tentang nama Anda, usia Anda, pendidikan Anda, dan sebagainya. Cara terbaik adalah bahwa Anda empersiapkan omongan Anda sendiri untuk ini. Dengan melakukan itu, Anda akan memiliki awal yang baik, yang dapat menjadi faktor yang dapat menentukan seluruh kinerja.

    24.

    Jadilah fleksibel ketika menghadiri penjadwalan wawancara, tetapi hindari melakukannya setelah makan siang - Jika Anda diminta oleh perwakilan perusahaan tentang jadwal untuk wawancara, Anda harus terbuka untuk setiap saat bisa dihubungi. Namun, jika diberikan pilihan, yang terbaik adalah untuk memiliki wawancara di pagi hari. Dengan cara ini, Anda dan pewawancara masih dalam kondisi fisik prima. Dengan kata lain, Anda semua berada dalam suasana hati yang baik dan masih penuh energi.

  • 25.

    Siap sedia akan berbagai jenis wawancara - Perlu diketahui bahwa terdapat beraneka jenis wawancara yang dipraktekan jaman sekarang ini. Selain wawancara face-to-face, beberapa akan dilakukan melalui konferensi telepon atau video. Oleh karena itu, Anda harus siap dengan menetapkan pikiran Anda tentang itu, sehingga Anda tidak akan mendapatkan terkejut dan kehilangan pandangan pada apa yang Anda ingin Anda capai.

    26.

    Pergi ke kamar kecil beberapa menit sebelum wawancara - Karena Anda diberikan waktu untuk ke kamar kecil tepat saat wawancara Anda akan mulai, dengan demikian Anda akan mampu memiliki cukup waktu untuk memastikan Anda berkonsentrasi penuh saat wawancara dimulai. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan tentang hal itu adalah untuk pergi ke kamar kecil 3 sampai 5 menit sebelum wawancara. Dengan melakukan itu, Anda dapat memeriksa bagaimana Anda melihat, serta memastikan bahwa kandung kemih kosong.

  • 27.

    Minum segelas air sebelum wawancara - Terlepas dari apakah itu wawancara awal atau wawancara akhir Anda, Anda dapat yakin bahwa Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, Anda harus benar menjawab pertanyaan yang diajukan. Minum segelas air sebelum wawancara dimulai memastikan bahwa tenggorokan Anda tidak akan mengering saat Anda berbicara.

    28.

    Rileks - Sementara Anda menunggu giliran Anda untuk diwawancarai, Anda perlu untuk membuat Anda se-rileks mungkin. Jika Anda gugup memperkenalkan diri, maka berlatihlah sedemikian rupa sehingga Anda akan mendapatkan kepercayaan diri lebih. Selain itu, Anda bisa duduk kembali dan membaca catatan Anda, dan menikmati percakapan dengan teman jika Anda memiliki kesempatan. Cara terbaik adalah menjadi rileks sebelum dimulai, sehingga Anda akan tenang dan lebih tertata ketika memasuki ruangan wawancara.

  • 29.

    Praktek postur yang baik - terlepas dari apakah Anda sudah di dalam ruang untuk wawancara Anda atau masih menunggu untuk itu, Anda harus selalu menunjukkan postur tubuh yang tepat. Bila Anda duduk atau berdiri dengan benar, Anda tidak akan menempatkan terlalu banyak tekanan pada bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda. Karena itu, Anda akan menjadi lebih rileks, dan akan bisa bernapas normal, hal yang demikian inilah yang sangat penting dalam rangka memberikan performa terbaik waktu wawancara.

    30.

    Yakin - Apapun jenis posisi yang Anda lamar, Anda dapat yakin bahwa majikan Anda ingin seseorang yang cukup percaya diri dalam menangani dirinya sendiri. Oleh karena itu, penting bahwa Anda percaya diri tentang diri Anda. Bila Anda percaya diri, orang akan dapat melihatnya pada cara Anda bergerak dan cara Anda berbicara.

  • 31.

    Jadilah optimis - Perlu diketahui bahwa satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan adalah berpikir positif. Anda harus selalu mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa melakukannya. Dengan melakukan itu, Anda akhirnya akan mencapai pikiran bawah sadar Anda, dan itu akan memberikan motivasi dan dorongan, untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda telah Anda idamkan.

    32.

    Sopan santun - Ingatkanlah diri Anda sendiri untuk selalu memperlakukan orang-orang yang akan mewawancarai Anda dengan santun dan hormat. Anda dapat menunjukkan hal ini dengan mencegah diri dari mengganggu mereka ketika mereka berbicara. Selain itu, menunjukkan kepada mereka bahwa mereka adalah orang-orang yang memegang kendali, dengan cara mengikuti arahan-arahannya, selama wawancara berlangsung.

  • 33.

    Lakukan kontak mata - Untuk menunjukkan pewawancara Anda bahwa Anda tulus dan bahwa Anda memberikan jawaban yang jujur atas pertanyaan-pertanyaan mereka, Anda harus melihat ke arah mata mereka. Disamping itu, membuat kontak mata juga akan menunjukkan bahwa Anda mendengarkan mereka dengan penuh perhatian; dan, ini adalah salah satu ciri khas yang mereka cari, apa pun jenis pekerjaan yang Anda melamar.

    34.

    Tertawa yang sopan - Ada kalanya pewawancara membuat lelucon, di mana adalah baik bagi Anda untuk tertawa saat itu. Meskipun tertawa dapat menghilangkan kegugupan Anda, namun juga bisa cukup memalukan bagi pewawancara jika Anda tidak menertawakan leluconnya, kalau tertawa berlebihan sudah lain lagi ceritanya. Cara terbaik adalah bahwa Anda tetap tertawa tetapi jangan berlebihan, sehingga Anda masih akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memang profesional.

  • 35.

    Jika Anda harus, pujilah perusahaan, bukan si pewawancara - Selalu ingat bahwa ketika datang saatnya untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, ada kalanya sanjungan mungkin tidak baik untuk itu. Karena itu, jika Anda berencana memuji pewawancara, maka Anda harus berpikir lagi. Namun, sebenarnya adalah ide yang baik untuk memuji perusahaan, karena majikan ingin mempekerjakan orang-orang yang benar-benar menyukai perusahaan mereka.

    36.

    Ajukan pertanyaan yang tepat - Meskipun itu adalah ide yang baik untuk Anda mengajukan pertanyaan kepada pewawancara, Anda juga harus memilah pertanyaan yang lebih tepat. Selain itu, jangan Anda mengajukan pertanyaan yang terlalu blak-blakan. Mengajukan pertanyaan harus dilakukan secara profesional, dan harus berkesan bahwa Anda hanya mencoba untuk mengutarakan pengetahuan yang Anda miliki tentang bisnis perusahaan, yang mana telah Anda mendapatkan melalui penelitian perusahaan.

  • 37.

    Jangan menanyakan dulu tentang drug testing atau background checking - Belakangan ini memang untuk jenis perusahaan tertentu memang mensyaratkan adanya drug testing atau background checkin. Sehubungan dengan itu, manakala Anda sudah diterima bekerja, dengan sendirinya majikan Anda akan memberitahu Anda tentang hal itu nantinya. Jadi, yang terbaik adalah untuk tidak bertanya dulu tentang hal-hal itu. Karena dengan mengajukan pertanyaan yang seperti itu justru bisa membuat orang lain berpikir bahwa Anda tidak ingin menjalankan drug testing atau background checking, sama sekali bukan cara yang baik untuk membuat pewawancara terkesan.

    38.

    Jangan tanya tentang kapan gaji dibayaran - Anda harus membatasi pertanyaan-pertanyaan Anda pada informasi umum perusahaan. Dengan demikian, tidaklah tepat untuk bertanya tentang waktu istirahat atau cuti dibayar. Selain itu, ketika Anda bertanya tentang hal itu, majikan Anda mungkin memikirkan kembali mempekerjakan Anda, karena ia mungkin mulai meragukan etika kerja Anda. Selain itu, ia juga mungkin berpikir bahwa, Anda bahkan belum mulai bekerja, tapi Anda sudah berpikir tentang memiliki liburan.

  • 39.

    Jangan mencoba menanyakan pertanyaan pengulur waktu - Mengulur-ulur waktu dimanapun itu adalah hal yang sia-sia saja. Para pewawancara tidak akan menggunakan sebuah timer atau stopwatch, dalam rangka untuk melihat berapa banyak waktu yang Anda habiskan di dalam ruangan dengan mereka. Jadi, mengajukan pertanyaan untuk mengulur waktu itu tidak akan meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, hanya berfokus pada pertanyaan yang lebih penting untuk bertanya, untuk membuat kesan yang baik.

    40.

    Jangan pernah berbohong dalam wawancara Anda - Sama sekali bukan ide yang baik untuk berbohong selama berwawancara. Harus Anda ingat bahwa pewawancara kebanyakan adalah personil HRD, yang biasanya para ahli psikologi. Oleh karena itu, mereka akan tahu bagaimana mencari tanda-tanda, ketika seseorang berbohong. Jadilah jujur, jawaban yang tidak jujur akan menempatkan Anda dalam posisi yang tidak menguntungkan dan menyingkirkan sisi positif dalam diri Anda.

  • 41.

    Praktek menjual diri Anda sendiri - Anda harus tahu bagaimana menjual diri Anda kepada calon majikan. Mungkin ada kemungkinan bahwa Anda bukan calon yang paling memenuhi syarat untuk pekerjaan, namun selalu ada cara yang lebih baik untuk menampilkan diri untuk pewawancara Anda, sehingga mereka akan melihat bahwa Anda adalah pelamar pekerjaan terbaik yang mereka cari sejak lama.

    42.

    Diskusikan hobi Anda, tapi hati-hati dalam melakukannya - Ada kemungkinan bahwa pewawancara akan bertanya tentang hobi Anda. Bahkan jika Anda memiliki banyak hobi, berlatih sendiri hanya dalam membahas hobi yang tidak menyita banyak waktu Anda. Karena jika Anda melakukannya membahas yang banyak menyita waktu, pemberi kerja mungkin akan berfikir Anda tidak akan mampu bekerja dengan perhatian penuh.

  • 43.

    Manfaatkan beberapa menit pertama untuk membangun rasa percaya diri Anda - Perlu diketahui bahwa dalam kebanyakan wawancara, bagian pertama adalah perkenalan, di mana Anda akan memberitahu mereka tentang diri Anda. Cara terbaik adalah bahwa Anda mengambil keuntungan dari itu untuk membangun kepercayaan diri, dengan mempersiapkan untuk itu. Mengantisipasi pertanyaan pengantar tertentu, sehingga Anda dapat mempersiapkan jawaban yang tepat Anda untuk mereka.

    44.

    Jangan lupa membawa salinan resume Anda - Ada saat-saat akan ada lebih dari satu orang yang akan mewawancarai Anda. Oleh karena itu, adalah ide yang baik bila Anda membawa salinan tambahan dari resume Anda, sehingga Anda dapat menyerahkannya kepada mereka. Pewawancara biasanya akan menuliskan catatan di resume pelamar, dan, dengan memastikan bahwa masing-masing dari mereka memiliki salinan dari Anda, Anda membuat pekerjaan mereka lebih mudah, yang dapat mencetak beberapa poin.

  • 45.

    Matikan hape Anda - Adalah cara yang baik untuk menghindari gangguan pada saat wawancara sedang berlangsung. Salah satu hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda serta pewawancara adalah suara hape Anda berdering. Jika Anda memasukkannya ke dalam modus getaran, ketika seseorang memanggil Anda, Anda masih bisa terganggu oleh itu, dengan demikian, akan lebih baik jika Anda mematikannya, sehingga bahwa Anda dapat fokus pada wawancara berlangsung.

    46.

    Siapkan referensi Anda - Kemungkinan calon majikan akan menanyakan referensi Anda. Oleh karena itu, yang terbaik adalah bahwa Anda menunjukkannya dalam resume Anda. Jika tidak, maka bersiaplah dalam menulis nama dan rincian kontak di selembar kertas ketika ditanyakan. Pastikan bahwa Anda meminta izin teman dan kolega sebelumnya, sehingga mereka tidak akan terkejut.

  • 47.

    Bawa barang bawaan yang perlu saja - Jika Anda pergi ke tempat wawancara Anda, Anda tidak ingin direpotkan dengan terlalu banyak hal. Oleh karena itu, yang baik adalah bawalah hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan. Bawalah pena, notes, dan lain-lain, yang Anda mungkin berpikir bahwa Anda benar-benar perlu, sebelum memasuki ruang untuk wawancara.

    48.

    Praktek jabat tangan Anda - Pada awal wawancara, ada kesempatan baik bahwa Anda pewawancara akan menjabat tangan Anda, sebelum meminta Anda untuk duduk. Perlu diingat bahwa beberapa dari mereka melakukan ini hanya untuk menyambut Anda, sementara yang lain melakukannya, karena jabat tangan bisa berkata banyak tentang seseorang. Yang terbaik adalah memiliki jabat tangan erat, tapi tidak terlalu keras, sehingga mereka dapat melihat bahwa Anda adalah orang yang percaya diri dan seseorang yang dapat mereka andalkan.

  • 49.

    Meningkatkan keterampilan nonverbal Anda - keterampilan nonverbal Anda akan mencakup cara Anda memposisikan diri Anda selama pewawancara memberikan pertanyaan. Negatif nonverbal keterampilan akan mencakup membungkuk, melihat langit-langit, tidak mempertahankan kontak mata, dan lain sebagainya. Untuk menampilkan diri secara positif, Anda harus menjaga postur yang baik, menghindari gerakan tangan tertentu, dan melihat majikan Anda lurus di mata.

    50.

    Dengarkan pewawancara dengan penuh perhatian - Salah satu hal yang ingin Anda hindari selama wawancara berlangsung adalah meminta pewawancara Anda mengulang pertanyaannya. Jadi, yang terbaik adalah bahwa Anda mendengarkan kepadanya dengan penuh perhatian. Dengan melakukan itu, Anda tidak akan hanya memastikan bahwa Anda dapat memahami pertanyaan dengan benar, tetapi juga akan menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk mendapatkan pekerjaan.

  • 51.

    Siapkan jawaban tentang pertanyaan yang mengacu pada masa depan Anda - Ketika pewawancara menanyakan Anda tentang di mana Anda akan melihat diri Anda dalam 5 tahun atau lebih, maka pewawancara sedang mencoba untuk melihat apakah Anda memiliki visi jangka pendek atau jangka panjang dengan keterlibatan mereka. Jadi, yang terbaik adalah memilih jawaban Anda dengan bijaksana, karena dapat menjadi pertanyaan terakhir yang dapat menentukan hasil wawancara.

    52.

    Siapkan jawaban tentang pertanyaan yang akan memberitahu mereka mengapa mereka ingin mempekerjakan Anda - ini adalah pertanyaan yang akan memberikan Anda kesempatan untuk memberitahu mereka tentang bagaimana Anda tertarik dalam bekerja untuk mereka. Selain itu, Anda juga harus mendukung klaim Anda bahwa Anda adalah calon terbaik dengan menyebutkan beberapa keterampilan Anda, yang dapat membantu Anda "tampil beda" untuk pekerjaan yang Anda lamar.

  • 53.

    Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang pekerjaan sebelumnya - Ketika sebuah pewawancara memeriksa resume Anda dan melihat bahwa Anda telah meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya, maka dia akan mengajukan pertanyaan tentang hal itu. Mempersiapkan jawaban positif tentang hal tersebut, seperti pengembangan karir. Jangan memberikan komentar negatif apapun tentang perusahaan Anda sebelumnya, karena itu adalah bukan ide yang baik.

    54.

    Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang apa yang telah Anda lakukan sejak meninggalkan perusahaan sebelumnya - Jika Anda telah meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya demi pekerjaan yang sekarang Anda lamar, maka Anda seharusnya Anda mempersiapkan jawaban yang baik, jika Anda ditanya tentang apa yang telah Anda lakukan setelah meninggalkan pekerjaan sebelumnya. Cobalah untuk lebih fokus tentang melakukan hal-hal untuk meningkatkan pemasaran Anda, seperti mengembangkan keterampilan tertentu, atau meningkatkan pengetahuan Anda pada bidang-bidang tertentu.

    55.

  • Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan Anda - Pewawancara dalam banyak kasus akan bertanya tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Ketika sedang membahas kekuatan Anda, lebih fokuslah pada hal-hal yang biasanya Anda kerjakan dengan baik, di mana Anda dapat mengembangkan keahlian Anda. Untuk kelemahan Anda, yang terbaik adalah untuk lebih fokus pada bagaimana Anda mampu menemukan cara-cara dalam memperbaiki diri Anda, atau Anda mengatasi kelemahan.

    56.

    Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang apakah Anda bekerja lebih baik dengan tim atau dengan sendiri - Dalam menjawab pertanyaan seperti ini, yang terbaik adalah mempertimbangkan bahwa calon pemberi kerja berusaha untuk melihat motivasi Anda sebagai individu, serta potensi Anda untuk menjadi pemimpin. Jadi, menjawab dengan sesuatu yang akan memberitahu mereka bagaimana Anda unggul dalam kedua jenis lingkungan kerja.

  • 57.

    Mempersiapkan pertanyaan yang berhubungan dengan pengalaman Anda - Ketika calon pemberi kerja bertanya tentang pengalaman masa lalu Anda, yang terbaik adalah mempertimbangkan jenis pekerjaan yang Anda melamar untuk menjawabnya. Dengan melakukan itu, Anda dapat memberikan mereka dengan jawaban, yang akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda telah melalui tugas-tugas tertentu, yang dapat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan Anda dengan baik jika Anda bekerja di perusahaan mereka. Jadi, lebih fokus pada pengalaman Anda yang terkait dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

    58.

    Bersiaplah untuk memberitahu mereka contoh ketika Anda berhasil melampaui target - Pewawancara dalam pencarian untuk pekerja yang betul-betul serius ingin melayani perusahaan, dan costumer nya. Oleh karena itu, yang terbaik adalah untuk mempersiapkan "cerita pendek", yang akan menunjukkan mereka bagaimana Anda melampaui harapan pengusaha atau costumer, sehingga mereka dapat mengharapkannya potensi itu benar ada pada diri Anda.

  • 59.

    Menjelaskan jawaban Anda, tetapi jangan berlebihan - Bila Anda memberikan jawaban Anda untuk masing-masing pertanyaan, Anda harus mencoba untuk menguraikan itu, sehingga mereka akan melihat gambaran yang lebih baik apa yang Anda coba untuk memberitahu mereka. Namun, tidak bijaksana untuk berlebihan, karena dapat mengkonsumsi terlalu banyak waktu. Selain itu, juga dapat menyebabkan mereka berpikir bahwa Anda suka membesar-besarkan sesuatu.

    60.

    Jangan lupa untuk berlatih menjawab pertanyaan dari pewawancara - Satu atau dua hari sebelum wawancara, yang terbaik adalah untuk berpikir tentang semua kemungkinan pertanyaan yang akan dilontarkan. Cobalah untuk datang dengan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan, dan katakan dengan mantab. Hal ini bahkan lebih baik jika Anda melihat diri Anda di cermin dalam melakukan ini, sehingga Anda akan dapat melihat Anda ekspresi wajah, dan membuat penyesuaian jika perlu.

  • 61.

    Datang dengan pertanyaan Anda sendiri - Perlu diingat bahwa majikan ingin mempekerjakan orang yang tertarik dengan perusahaan mereka. Jadi, yang terbaik adalah bahwa Anda mempersiapkan pertanyaan sendiri yang ingin anda tanyakan selama wawancara. Namun, Anda harus berpikir tentang pertanyaan-pertanyaan ini sebelum wawancara berlangsung, sehingga Anda akan mampu untuk tampil dengan profesional.

    62.

    Siapkan pertanyaan menyelidik - pertanyaan menyelidik akan menunjukkan bahwa Anda tidak hanya sekedar bertanya. Ini akan menunjukkan ke calon pemberi kerja Anda, bahwa Anda memang berusaha untuk mendapatkan fakta-fakta tertentu untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda. Selain itu, juga akan menunjukkan bahwa Anda memang tertarik tentang perusahaan mereka.

  • 63.

    Menyediakan alamat email dimana mereka dapat menghubungi Anda - Dalam zaman modern, ada kemungkinan bahwa majikan potensial Anda mungkin ingin menghubungi Anda melalui email setelah wawancara. Jadi, pastikanlah Anda memiliki alamat email. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa itu berasal dari sebuah situs terkemuka, sehingga mereka tidak akan ragu mengirimkan Anda sebuah pesan.

    64.

    Jadilah ramah pada semua orang yang Anda jumpai - Ketika Anda sedang menunggu giliran Anda untuk diwawancarai, Anda akan menjumpai sejumlah orang. Anda harus memperlakukan mereka dengan hormat dan sopan. Meskipun dalam banyak kasus, orang-orang yang Anda jumpai adalah juga calon tenaga kerja (pesaing Anda).

  • 65.

    Jika tersedia literatur perusahaan, maka bacalah - Bila Anda datang lebih awal di tempat tersebut untuk wawancara, receptionist akan mempersilakan Anda duduk, dan menunggu beberapa menit. Jika Anda kesempatan atas literatur perusahaan, jangan ragu-ragu dalam membacanya. Melakukan yang akan memberikan Anda ide yang lebih tentang perusahaan, yang juga bisa membantu Anda dalam menjawab pertanyaan mereka yang berkaitan dengannya.

    66.

    Jadilah seorang profesional dalam mempresentasikan diri - Mulailah wawancara dengan mempresentasikan diri Anda se-profesional mungkin. Ini berarti bahwa Anda perlu berlatih berbicara dengan nada profesional. Selain itu, Anda harus menjawab pertanyaan mereka dengan profesional juga, dan, jangan tanya pertanyaan yang bersifat pribadi atau mengungkit-unkit masalah-masalah pribadi. Mempresentasikan diri Anda secara profesional akan juga membantu Anda dalam membangun kepercayaan diri Anda.

  • 67.

    Perhatikan hal penting yang mungkin keluar selama wawancara - Ada banyak hal yang mungkin keluar selama wawancara. Selain pengalaman, keahlian, atau bakat, hal-hal seperti hubungan Anda dengan rekan-rekan sebelumnya, mungkin juga keluar. Jadi, yang terbaik adalah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sehingga Anda tidak akan merasa kehilangan ketika mereka mulai mengajukan pertanyaan.

    68.

    Tarik napas dalam-dalam - Gugup biasanya menyerang seseorang sebelum wawancara dimulai atau setelah memperkenalkan diri. Jadi, yang terbaik adalah bahwa Anda mengambil napas dalam-dalam, sebelum mengucapkan kata pertama. Bernapas dalam-dalam akan menenangkan kegugupan Anda, yang secara efektif dapat membuang jauh kegugupan Anda. Hal ini sangat penting, karena Anda harus tenang dan tertata, agar nyaman dalam berbicara dengan pewawancara Anda.

  • 69.

    Jangan takut dalam meminta pewawancara untuk mengulangi pertanyaannya - Meskipun Anda mungkin malu dalam meminta pewawancara untuk mengulangi pertanyaannya, itu masih lebih baik untuk meminta dia untuk melakukannya, dari pada memberikan jawaban yang keluar dari topik. Namun, Anda harus mencoba untuk mendengarkan dengan penuh perhatian sebaik mungkin, jangan sampai berulang-ulang.

    70.

    Tunggu sampai pewawancara mempersilahkan Anda duduk - Setelah memasuki ruangan, Anda mungkin akan melihat kursi di mana, calon tenaga kerja akan menunggu untuk diwawancarai. Namun, sebaiknya Anda menunggu pewawancara untuk menawarkan kursi/mempersilahkan Anda duduk dulu, sebelum Anda mengambilnya. Dengan melakukan itu, Anda akan menunjukkan kepada mereka bagaimana sopan santun Anda. Ketika Anda diperilahkan duduk, jangan lupa mengucapkan terima kasih.

  • 71.

    Jadilah diri sendiri - Jika Anda percaya bahwa Anda memang orang yang harus menerima pekerjaan itu, maka Anda harus menjadi diri sendiri ketika Anda berwawancara. Gambarkan citra positif dari kepribadian Anda, ketika Anda ditanya oleh pewawancara. Dengan melakukan ini, Anda akan memberikan mereka kesan bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun.

    72.

    Jangan lupa untuk meninjau resume Anda sebelum wawancara - Ketika calon majikan bertanya kepada Anda, beberapa pertanyaan akan berhubungan dengan data dari resume Anda. Oleh karena itu, Anda harus meninjau resume Anda sebelum berwawancara, sehingga Anda akan siap dalam menjawab pertanyaan yang terkait dengan mereka.

  • 73.

    Ulangi pertanyaan jika Anda tidak mampu memahami dengan sempurna - Mungkin ada saat ketika, meskipun sebetulnya pewawancara telah mengatakannya dengan jelas, akan tetapi Anda tidak yakin bahwa Anda memahaminya dengan benar. Untuk membuat Anda menjadi paham, Anda boleh reword/mengulang pertanyaan dengan kata-kata sendiri, untuk memastikan jika itu benar pertanyaan yang pewawancara maksudkan. Melakukan hal ini tidak akan hanya memastikan bahwa Anda memahami dengan sempurna, tetapi juga dapat membantu Anda memberikan jawaban yang tepat.

    74.

    Biarkan pewawancara tetap memegang kendali percakapan - Bahkan jika anda telah menjadi sangat nyaman dalam membahas hal-hal dengan pewawancara Anda, biarkan pewawancara tetap memegang kontrol. Ini akan menunjukkan bahwa Anda menghormati dia, dan Anda hanya ingin mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Ketika Anda melakukan ini, Anda akan dapat mendorong lebih suasana positif antara Anda dan pewawancara.

  • 75.

    Jadilah antusias dalam memberikan jawaban Anda - Ketika pewawancara menanyakan sekelompok pertanyaan, Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa anda tertarik untuk memberikan mereka jawaban. Dengan melakukan ini, akan memberikan kesan bahwa Anda adalah sebuah buku yang terbuka, yang darinya akan selalu diperoleh jawaban penting. Dengan demikian, akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda juga seseorang yang mereka dapat diandalkan.

    76.

    Jangan memotong pembicaraan - Mungkin ada saat ketika Anda masih memiliki banyak hal yang ingin Anda katakan sehubungan dengan pertanyaan pewawancara. Namun, Anda tidak boleh melakukannya begitu saja. Memotong pembicaraan mereka akan menunjukkan rasa tidak hormat, yang bukan merupakan hal baik untuk dilakukan jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang Anda lamar.

  • 77.

    Jika Anda ingin menyoroti kekuatan tertentu, pastikan itu akan bertepatan dengan posisi Anda melamar - Mungkin ada saat ketika Anda ingin menekankan pada kekuatan Anda, dalam upaya mengesankan pewawancara untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, Anda perlu memastikan bahwa kekuatan Anda berfokus harus yang berhubungan dengan posisi yang Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda dapat meyakinkan mereka bahwa keahlian Anda dapat membantu Anda melakukan yang terbaik pada pekerjaan yang Anda inginkan.

    78.

    Gaji yang Anda harapkan - Salah satu pertanyaan paling umum yang mungkin diminta oleh majikan adalah harapan gaji Anda. Dengan demikian, Anda harus datang dengan performa yang tepat sebelum wawancara. Untuk jumlah yang Anda inginkan, coba untuk memperkirakan berapa banyak mereka membayar untuk posisi yang Anda lamar. Jika Anda saat ini sudah bekerja, Anda boleh mencoba untuk membuatnya lebih tinggi dari apa penghasilan Anda saat itu, tetapi jangan berlebihan.

  • 79.

    Bersiaplah dengan mengatakan sesuatu yang lebih baik jika pertanyaan muncul, di mana Anda belum tahu jawabannya, cobalah untuk tetap memberikan kesan positif, dengan mengakui bahwa Anda tidak tahu, tapi Anda positif bahwa mereka akan memberikan pelatihan untuk itu.

    80.

    Bersiaplah dengan mengatakan sesuatu, jika mereka memberitahu Anda bahwa ada bagian dalam pekerjaan, yang Anda tidak memiliki pengalaman dengannya - ini dapat terjadi jika mereka memeriksa resume Anda dan mereka melihat apa-apa di dalamnya yang mungkin berhubungan dengan beberapa tugas, yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Dalam hal ini, Anda harus meyakinkan mereka bahwa Anda melihat ke depan untuk mengembangkan keterampilan lebih, yang merupakan salah satu alasan Anda menginginkan pekerjaan tersebut. Selain itu, jika Anda bisa memikirkan sebuah pengalaman pribadi yang berhubungan dengan itu, maka Anda harus menyebutkan itu.

  • 81.

    Jangan bicara terlalu cepat - Selain memastikan bahwa Anda memahami pertanyaan dengan sempurna, Anda juga harus memastikan bahwa pewawancara Anda memahami semua yang anda katakan. Karena itu, Anda harus sadar sepenuhnya ketika Anda memberikan jawaban Anda. Bicara dengan cara yang lebih lambat, sehingga Anda benar dalam membuat kalimat Anda, dan bisa menjelaskan hal dengan jelas.

    82.

    Meminta air jika Anda membutuhkannya - Pada bagian tengah wawancara, jika Anda sudah membahas banyak hal, maka akan ada kemungkinan bahwa tenggorokan Anda mungkin menjadi kering. Jika Anda mengalaminya, Anda tidak perlu ragu dalam meminta segelas air. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat melanjutkan wawancara, dan dapat menjawab pertanyaan.

  • 83.

    Jangan berasumsi bahwa pewawancara sangat akrab dengan akronim tertentu - Bahkan jika Anda melamar posisi tehnis, harus Anda ingat bahwa ada kemungkinan bahwa pewawancara Anda tidak akrab dengan beberapa istilah teknis. Jadi, yang terbaik adalah bahwa Anda menggunakan kata-kata sederhana, sehingga mereka tidak perlu terus meminta Anda untuk menjelaskan lebih jauh.

    84.

    Jangan katakan hal negatif tentang perusahaan Anda sebelumnya - Apakah Anda saat ini masih bekerja atau Anda telah meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya beberapa bulan yang lalu, Anda tidak harus menyebutkan sesuatu yang negatif tentang perusahaan sebelumnya Anda bekerja. Jujurlah kepada diri sendiri, tapi selalu tetap positif.

  • 85.

    Diskusikan hobi Anda jika Anda mau, tapi jangan berlebihan - Pada titik awal, mereka mungkin bertanya tentang hal-hal pribadi, seperti hobi Anda. Dalam menjawab pertanyaan terkait dengan itu, Anda harus membuatnya singkat, karena mereka hanya ingin memeriksa seberapa normal Anda menjalani hidup Anda.

    86.

    Katakan kepada pewawancara bahwa Anda benar-benar tertarik dalam pekerjaan yang Anda lamar - Ada contoh ketika lamaran seseorang ditolak, bahkan jika ia mampu menjawab pertanyaan yang sesempurna mungkin. Alasan yang mungkin di balik ini adalah bahwa, ia tidak mampu memberikan kesan yang benar bahwa ia betul-betul tertarik pada pekerjaan. Dengan demikian, Anda harus membuat kesan ini sebagai bagian dalam proses memasarkan diri Anda kepada perusahaan, sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan.

  • 87.

    Jangan lupa untuk tersenyum - Apakah Anda masih di lobi dan menunggu pewawancara untuk menelepon Anda, atau Anda sudah bersama mereka, Anda tidak boleh lupa untuk tersenyum. Tersenyum akan tidak hanya mendorong suasana yang positif, tetapi juga dapat membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda sendiri. Selain itu, karena tersenyum adalah menular, pewawancara bisa melihat Anda sebagai seseorang yang juga mampu mendorong karyawan lain untuk tersenyum saat mereka bekerja.

    88.

    Ucapkan terima kasih kepada pewawancara - Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pewawancara atas berjalannya wawancara dari permulaan hingga akhir. Hal ini akan menunjukkan kepada mereka apresiasi Anda dalam memberikan Anda kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan yang mereka tawarkan. Selain itu, juga akan memberikan kean bahwa Anda memang benar-benar orang yang profesional.

  • 89.

    Jabatlah tangan pewawancara - Selain berterima kasih atas waktu yang mereka habiskan dalam memeriksa kualifikasi Anda, Anda juga harus menjabat tangan mereka, sebelum meninggalkan tempat itu. Ini juga merupakan sikap yang akan menunjukkan Anda profesional. Selain itu, jika Anda tidak sempat menjabat tangan mereka di awal bagian dari wawancara, maka ini adalah waktu untuk membuat kesan yang baik di dalamnya.

    90.

    Perlu diingat bahwa mereka juga memiliki jadwal yang harus ditepati - Anda akan tahu apakah itu adalah sudah langkah wawancara final, karena dalam banyak kasus, pewawancara sudah meletakkan pena mereka dan resume Anda. Dengan demikian, Anda tidak harus memperpanjang wawancara dengan mengatakan kepada mereka tentang sesuatu, atau meminta lebih banyak pertanyaan. Perlu diingat bahwa mereka juga harus mengikuti jadwal mereka.

  • 91.

    Beritahu calon majikan Anda bahwa Anda berharap mendengar dari mereka - Beritahukan kepada mereka bahwa Anda berharap mendapatkan kontak dengan mereka lagi, Anda mengulangi bahwa Anda memang sangat tertarik untuk mendapatkan pekerjaan. Jika Anda adalah salah satu kandidat yang mereka pertimbangkan untuk mendapatkan posisi itu, kemudian menunjukkan kepada mereka Anda akhirnya bisa mencapai kesepakatan.

    92.

    Mintalah pewawancara untuk rincian kontak mereka - Sebelum Anda meninggalkan kantor setelah wawancara, cobalah minta rincian kontak mereka. Hal ini akan memberikan cara agar Anda bisa menghubungi mereka untuk mengetahui hasilnya, sehari atau beberapa hari setelah wawancara.

    93.

    Menilai hasil wawancara Anda - Setelah wawancara, cobalah untuk menilai hasil itu, sehingga Anda akan dapat memiliki prediksi sendiri tentang keberhasilan Anda. Itu juga akan memberikan cara yang lebih baik untuk memutuskan, apakah Anda ingin terus mencari peluang lain atau tidak.

  • 94.

    Cobalah untuk mengidentifikasi hal yang Anda bisa memperbaiki untuk wawancara berikutnya - Tidak peduli seberapa banyak Anda telah mempersiapkan untuk wawancara, selalu ada ruang untuk perbaikan. Dengan demikian, yang terbaik adalah bahwa Anda mengidentifikasi hal-hal yang Anda bisa membuat beberapa perbaikan atasnya, sehingga Anda akan memiliki kinerja yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

    95.

    Catat pertanyaan yang Anda belum bisa menjawab - Dalam sebuah wawancara, di sebagian kasus, pertanyaan-pertanyaan yang pasti akan Anda ingat di kemudian hari, adalah pertanyaan-pertanyaan yang Anda tidak mampu memberikan jawabannya. Perhatikan pertanyaan itu, sehingga Anda akan datang dengan jawaban yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

  • 96.

    Berpikir positif - Bahkan jika ada sinyal bahwa Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, Anda harus tetap berpikir positif tentang hal itu. Berpikir positif juga harus dilakukan sebelum wawancara, sehingga Anda akan cukup percaya diri untuk menghadapinya. Percaya pada diri sendiri, sehingga pewawancara Anda akan melihat Anda sebagai karyawan yang mereka cari.

    97.

    Hubungi salah satu pewawancara pada hari berikutnya - Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kinerja Anda pada wawancara yang telah berjalan, merupakan ide yang bagus untuk menghubungi salah satu pewawancara pada hari berikutnya. Namun, Anda harus memastikan bahwa ini adalah langkah yang dapat diterima oleh mereka. Selain itu, jika mereka tidak dapat memberikan jawaban yang belum jelas, jangan memaksa mereka, karena mungkin mengganggu mereka.

  • 98.

    Bawalah selalu hape Anda - Meskipun dalam kebanyakan kasus, Anda akan dipanggil oleh calon majikan Anda beberapa hari setelah wawancara, bawalah selalu hape Anda, karena mungkin ada hal tertentu yang mereka butuhkan sehingga harus menelpon Anda.

    99.

    Hubungi referensi Anda - Jangan lupa Anda memberitahu kolega, teman, atau majikan Anda sebelumnya bahwa Anda telah menunjukkan mereka sebagai karakter referensi. Hal ini untuk mempersiapkan mereka akan kemungkinan ditelepon oleh calon majikan Anda. Selain itu, juga akan memberi Anda kesempatan untuk mengingatkan mereka untuk menceritakan kepada majikan baru Anda tentang hal-hal positif tentang Anda.

  • 100.

    Bersiaplah untuk penawaran - Ketika ada indikasi bahwa Anda diterima bekerja, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk tawaran pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus mencoba untuk mengantisipasi jenis kompensasi yang bisa mereka tawarkan kepada Anda, dan memutuskan hal-hal yang bisa membuat Anda menerima atau menolak tawaran tersebut. Perlu diketahui bahwa ada kemungkinan besar bahwa apa yang diindikasikan sebagai harapan gaji Anda bisa jadi sama dengan tawaran tersebut.

    101.

    Menilai tawaran kerja sebaik mungkin - Jika terjadi tawaran pekerjaan, di sebagian kasus, Anda akan dipanggil ke kantor kerja calon majikan Anda untuk menandatangani kontrak jika Anda memutuskan untuk menerima tawarannya. Sebelum Anda membuat keputusan, pastikan untuk menilai penawaran tersebut baik-baik dengan mempertimbangkan kompensasi, manfaat, dan hal-hal lainnya.

  • Dapatkan update informasi lowongan pekerjaan terbaru dari harian KOMPAS tiap Sabtu di Facebook kami

    Login dulu kemudian Add Friend

  • Eko Budi Prayitno Kepala Urusan Umum Pemerintah Desa Banyurojo Jl. Raya Saragan Mangunan +62293310385 +6283840006380

    101 Tips Sukses Wawancara Kerja1.Meneliti tentang perusahaan - Bahwa alangkah baiknya bila Anda tahu hal-hal tertentu tentang perusahaan yang memanggil Anda. M2.Tinjaulah pengalaman-pengalaman sebelumnya, jika ini bukan pengalaman pertama kalinya Anda melakukan wawancara kerja - Apakah 3.Tinjau kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda lamar - Ketika Anda dijadwalkan untuk wawancara kerja, Anda perlu4.Potong rambut - Mendapatkan potongan rambut akan membuat orang terlihat pintar, segar, dan rapi. Namun, yang terbaik adalah ba5.Pastikan untuk datang lebih awal di kantor di mana Anda akan diwawancarai - Adalah lebih baik untuk tiba di tempat dimana Anda6.Lakukan rutinitas pagi Anda lebih awal - Dengan mengambil sarapan pagi atau melakukan yang biasa Anda rutin lakukan lebih awal7.Makan dengan baik tetapi jangan berlebihan - Cara terbaik adalah bahwa Anda makan dengan baik dihari sebelum wawancara Anda. H8.Tidur yang cukup - Tidur sedini mungkin akan memberikan Anda cukup beristirahat untuk wawancara mendatang. Pastikan juga bahwa9.Mengatur alarm Anda - Untuk memastikan bahwa Anda bangun pagi untuk wawancara pekerjaan Anda, yang terbaik adalah bahwa Anda m10.Mandi - Mandi akan memastikan bahwa Anda akan merasa segar untuk wawancara. Ini juga akan membantu dalam membuat Anda terlihat11.Makan sarapan yang sehat - Terutama jika wawancara kerja akan memakan waktu yang lama, bisa sangat menguras energi. Dengan dem12.Hindari makanan yang bermasalah - Ada makanan tertentu yang mungkin membuat perut Anda mules. Beberapa orang tidak terbiasa ma13.Menyikat gigi - Menyikat gigi tidak akan hanya membuatnya lebih kuat atau lebih keras. Itu juga akan memastikan bahwa Anda aka14.Menyetrika pakaian - Salah satu hal terbaik yang harus dilakukan untuk menjadi lebih rapi adalah untuk menyetrika pakaian Anda15.Jangan memakai kacamata hitam - Meski menggunakan kacamata hitam dapat membantu Anda mengemudi di hari yang cerah, itu mungkin16.Jangan lupa untuk menggunakan penyegar napas - Meskipun menyikat gigi Anda mungkin sudah mendapatkan sesuatu sejauh nafas sega17.Jangan memakai cologne atau parfum yang berlebihan - Adalah satu bagian penting dalam hal tampil menawan. Namun, Anda harus me18.Berpakaian sesuai aturan - Cara terbaik adalah bahwa Anda melakukan penelitian Anda tentang aturan berpakaian pada perusahaan 19.Menyemir sepatu - Perlu diingat bahwa mungkin ada beberapa jenis pewawancara yang mungkin melihat Anda dari kepala sampai kaki20.Merencanakan rute perjalanan Anda - Bila Anda sedang dalam perjalanan ke tempat untuk wawancara, Anda tidak ingin terjebak dal21.Mintalah seseorang untuk mengawasi anak-anak Anda - Jika Anda sudah memiliki Anak, maka Anda harus menyewa seseorang untuk men22.Sembunyikan kebiasaan buruk Anda - Anda harus menjual diri Anda kepada pewawancara ketika Anda pergi melalui wawancara. Jadi, 23.Bersiap memperkenalkan diri - Dalam sebuah wawancara, mulailah dengan memperkenalkan diri, di mana Anda akan berkata kepada pe24.Jadilah fleksibel ketika menghadiri penjadwalan wawancara, tetapi hindari melakukannya setelah makan siang - Jika Anda diminta25.Siap sedia akan berbagai jenis wawancara - Perlu diketahui bahwa terdapat beraneka jenis wawancara yang dipraktekan jaman seka26.Pergi ke kamar kecil beberapa menit sebelum wawancara - Karena Anda diberikan waktu untuk ke kamar kecil tepat saat wawancara 27.Minum segelas air sebelum wawancara - Terlepas dari apakah itu wawancara awal atau wawancara akhir Anda, Anda dapat yakin bahw28.Rileks - Sementara Anda menunggu giliran Anda untuk diwawancarai, Anda perlu untuk membuat Anda se-rileks mungkin. Jika Anda g29.Praktek postur yang baik - terlepas dari apakah Anda sudah di dalam ruang untuk wawancara Anda atau masih menunggu untuk itu, 30.Yakin - Apapun jenis posisi yang Anda lamar, Anda dapat yakin bahwa majikan Anda ingin seseorang yang cukup percaya diri dalam31.Jadilah optimis - Perlu diketahui bahwa satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dala32.Sopan santun - Ingatkanlah diri Anda sendiri untuk selalu memperlakukan orang-orang yang akan mewawancarai Anda dengan santun 33.Lakukan kontak mata - Untuk menunjukkan pewawancara Anda bahwa Anda tulus dan bahwa Anda memberikan jawaban yang jujur atas pe34.Tertawa yang sopan - Ada kalanya pewawancara membuat lelucon, di mana adalah baik bagi Anda untuk tertawa saat itu. Meskipun t35.Jika Anda harus, pujilah perusahaan, bukan si pewawancara - Selalu ingat bahwa ketika datang saatnya untuk mendapatkan pekerja36.Ajukan pertanyaan yang tepat - Meskipun itu adalah ide yang baik untuk Anda mengajukan pertanyaan kepada pewawancara, Anda jug37.Jangan menanyakan dulu tentang drug testing atau background checking - Belakangan ini memang untuk jenis perusahaan tertentu m38.Jangan tanya tentang kapan gaji dibayaran - Anda harus membatasi pertanyaan-pertanyaan Anda pada informasi umum perusahaan. De39.Jangan mencoba menanyakan pertanyaan pengulur waktu - Mengulur-ulur waktu dimanapun itu adalah hal yang sia-sia saja. Para pew40.Jangan pernah berbohong dalam wawancara Anda - Sama sekali bukan ide yang baik untuk berbohong selama berwawancara. Harus Anda41.Praktek menjual diri Anda sendiri - Anda harus tahu bagaimana menjual diri Anda kepada calon majikan. Mungkin ada kemungkinan 42.Diskusikan hobi Anda, tapi hati-hati dalam melakukannya - Ada kemungkinan bahwa pewawancara akan bertanya tentang hobi Anda. B43.Manfaatkan beberapa menit pertama untuk membangun rasa percaya diri Anda - Perlu diketahui bahwa dalam kebanyakan wawancara, b44.Jangan lupa membawa salinan resume Anda - Ada saat-saat akan ada lebih dari satu orang yang akan mewawancarai Anda. Oleh karen45.Matikan hape Anda - Adalah cara yang baik untuk menghindari gangguan pada saat wawancara sedang berlangsung. Salah satu hal ya46.Siapkan referensi Anda - Kemungkinan calon majikan akan menanyakan referensi Anda. Oleh karena itu, yang terbaik adalah bahwa 47.Bawa barang bawaan yang perlu saja - Jika Anda pergi ke tempat wawancara Anda, Anda tidak ingin direpotkan dengan terlalu bany48.Praktek jabat tangan Anda - Pada awal wawancara, ada kesempatan baik bahwa Anda pewawancara akan menjabat tangan Anda, sebelum49.Meningkatkan keterampilan nonverbal Anda - keterampilan nonverbal Anda akan mencakup cara Anda memposisikan diri Anda selama p50.Dengarkan pewawancara dengan penuh perhatian - Salah satu hal yang ingin Anda hindari selama wawancara berlangsung adalah memi51.Siapkan jawaban tentang pertanyaan yang mengacu pada masa depan Anda - Ketika pewawancara menanyakan Anda tentang di mana Anda52.Siapkan jawaban tentang pertanyaan yang akan memberitahu mereka mengapa mereka ingin mempekerjakan Anda - ini adalah pertanyaa53.Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang pekerjaan sebelumnya - Ketika sebuah pewawancara memeriksa resume Anda dan melihat ba54.Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang apa yang telah Anda lakukan sejak meninggalkan perusahaan sebelumnya - Jika Anda tela55.Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan Anda - Pewawancara dalam banyak kasus akan bertanya tentang ke56.Siapkan jawaban untuk pertanyaan tentang apakah Anda bekerja lebih baik dengan tim atau dengan sendiri - Dalam menjawab pertan57.Mempersiapkan pertanyaan yang berhubungan dengan pengalaman Anda - Ketika calon pemberi kerja bertanya tentang pengalaman masa58.Bersiaplah untuk memberitahu mereka contoh ketika Anda berhasil melampaui target - Pewawancara dalam pencarian untuk pekerja y59.Menjelaskan jawaban Anda, tetapi jangan berlebihan - Bila Anda memberikan jawaban Anda untuk masing-masing pertanyaan, Anda ha60.Jangan lupa untuk berlatih menjawab pertanyaan dari pewawancara - Satu atau dua hari sebelum wawancara, yang terbaik adalah un61.Datang dengan pertanyaan Anda sendiri - Perlu diingat bahwa majikan ingin mempekerjakan orang yang tertarik dengan perusahaan 62.Siapkan pertanyaan menyelidik - pertanyaan menyelidik akan menunjukkan bahwa Anda tidak hanya sekedar bertanya. Ini akan menun63.Menyediakan alamat email dimana mereka dapat menghubungi Anda - Dalam zaman modern, ada kemungkinan bahwa majikan potensial An64.Jadilah ramah pada semua orang yang Anda jumpai - Ketika Anda sedang menunggu giliran Anda untuk diwawancarai, Anda akan menju65.Jika tersedia literatur perusahaan, maka bacalah - Bila Anda datang lebih awal di tempat tersebut untuk wawancara, receptionis66.Jadilah seorang profesional dalam mempresentasikan diri - Mulailah wawancara dengan mempresentasikan diri Anda se-profesional 67.Perhatikan hal penting yang mungkin keluar selama wawancara - Ada banyak hal yang mungkin keluar selama wawancara. Selain peng68.Tarik napas dalam-dalam - Gugup biasanya menyerang seseorang sebelum wawancara dimulai atau setelah memperkenalkan diri. Jadi,69.Jangan takut dalam meminta pewawancara untuk mengulangi pertanyaannya - Meskipun Anda mungkin malu dalam meminta pewawancara u70.Tunggu sampai pewawancara mempersilahkan Anda duduk - Setelah memasuki ruangan, Anda mungkin akan melihat kursi di mana, calon71.Jadilah diri sendiri - Jika Anda percaya bahwa Anda memang orang yang harus menerima pekerjaan itu, maka Anda harus menjadi di72.Jangan lupa untuk meninjau resume Anda sebelum wawancara - Ketika calon majikan bertanya kepada Anda, beberapa pertanyaan akan73.Ulangi pertanyaan jika Anda tidak mampu memahami dengan sempurna - Mungkin ada saat ketika, meskipun sebetulnya pewawancara te74.Biarkan pewawancara tetap memegang kendali percakapan - Bahkan jika anda telah menjadi sangat nyaman dalam membahas hal-hal de75.Jadilah antusias dalam memberikan jawaban Anda - Ketika pewawancara menanyakan sekelompok pertanyaan, Anda harus menunjukkan k76.Jangan memotong pembicaraan - Mungkin ada saat ketika Anda masih memiliki banyak hal yang ingin Anda katakan sehubungan dengan77.Jika Anda ingin menyoroti kekuatan tertentu, pastikan itu akan bertepatan dengan posisi Anda melamar - Mungkin ada saat ketika78.Gaji yang Anda harapkan - Salah satu pertanyaan paling umum yang mungkin diminta oleh majikan adalah harapan gaji Anda. Dengan79.Bersiaplah dengan mengatakan sesuatu yang lebih baik jika pertanyaan muncul, di mana Anda belum tahu jawabannya, cobalah unt80.Bersiaplah dengan mengatakan sesuatu, jika mereka memberitahu Anda bahwa ada bagian dalam pekerjaan, yang Anda tidak memiliki 81.Jangan bicara terlalu cepat - Selain memastikan bahwa Anda memahami pertanyaan dengan sempurna, Anda juga harus memastikan bah82.Meminta air jika Anda membutuhkannya - Pada bagian tengah wawancara, jika Anda sudah membahas banyak hal, maka akan ada kemung83.Jangan berasumsi bahwa pewawancara sangat akrab dengan akronim tertentu - Bahkan jika Anda melamar posisi tehnis, harus Anda i84.Jangan katakan hal negatif tentang perusahaan Anda sebelumnya - Apakah Anda saat ini masih bekerja atau Anda telah meninggalka85.Diskusikan hobi Anda jika Anda mau, tapi jangan berlebihan - Pada titik awal, mereka mungkin bertanya tentang hal-hal pribadi,86.Katakan kepada pewawancara bahwa Anda benar-benar tertarik dalam pekerjaan yang Anda lamar - Ada contoh ketika lamaran seseora87.Jangan lupa untuk tersenyum - Apakah Anda masih di lobi dan menunggu pewawancara untuk menelepon Anda, atau Anda sudah bersama88.Ucapkan terima kasih kepada pewawancara - Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pewawancara atas berjalannya wawancara d89.Jabatlah tangan pewawancara - Selain berterima kasih atas waktu yang mereka habiskan dalam memeriksa kualifikasi Anda, Anda ju90.Perlu diingat bahwa mereka juga memiliki jadwal yang harus ditepati - Anda akan tahu apakah itu adalah sudah langkah wawancara91.Beritahu calon majikan Anda bahwa Anda berharap mendengar dari mereka - Beritahukan kepada mereka bahwa Anda berharap mendapat92.Mintalah pewawancara untuk rincian kontak mereka - Sebelum Anda meninggalkan kantor setelah wawancara, cobalah minta rincian k93.Menilai hasil wawancara Anda - Setelah wawancara, cobalah untuk menilai hasil itu, sehingga Anda akan dapat memiliki prediksi 94.Cobalah untuk mengidentifikasi hal yang Anda bisa memperbaiki untuk wawancara berikutnya - Tidak peduli seberapa banyak Anda t95.Catat pertanyaan yang Anda belum bisa menjawab - Dalam sebuah wawancara, di sebagian kasus, pertanyaan-pertanyaan yang pasti a96.Berpikir positif - Bahkan jika ada sinyal bahwa Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, Anda harus tetap ber97.Hubungi salah satu pewawancara pada hari berikutnya - Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kinerja Anda pada waw98.Bawalah selalu hape Anda - Meskipun dalam kebanyakan kasus, Anda akan dipanggil oleh calon majikan Anda beberapa hari setelah 99.Hubungi referensi Anda - Jangan lupa Anda memberitahu kolega, teman, atau majikan Anda sebelumnya bahwa Anda telah menunjukkan100.Bersiaplah untuk penawaran - Ketika ada indikasi bahwa Anda diterima bekerja, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk tawaran101.Menilai tawaran kerja sebaik mungkin - Jika terjadi tawaran pekerjaan, di sebagian kasus, Anda akan dipanggil ke kantor kerja Dapatkan update informasi lowongan pekerjaan terbaru dari harian KOMPAS tiap Sabtu di Facebook kami Login dulu kemudian Add Friend