1001 Manfaat Yogurt

26

Click here to load reader

Transcript of 1001 Manfaat Yogurt

Page 1: 1001 Manfaat Yogurt

1001 Manfaat YogurtYogurt membantu melawan bakteri buruk dan meningkatkan kesehatan.

RABU, 26 MEI 2010, 14:53 WIB

Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila

Yogurt (inmagine)

BERITA TERKAIT

Mengukur Kebutuhan Suplemen Cegah Alzheimer dengan Bir Keajaiban Bunga Mawar Bagi Tubuh Bebas Sembelit dan Diare Berkat Sawo Hati-Hati, Alergi Kiwi

VIVAnews - Makanan fermentasi susu atau yogurt biasanya telah memasukkan kultur

bakteri baik yang disebut probiotik. Penelitian menunjukkan, probiotik bermanfaat bagi

sistem pencernaan sekaligus mencegah dan mengatasi berbagai penyakit.

Serangkaian penelitian mengenai yogurt telah membuktikan makanan ini membantu

melawan bakteri buruk dan meningkatkan kesehatan usus. Yogurt juga mampu

memperpanjang usia usus, mengobati penyakit diabetes tipe-1 dan fibromyalgia.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, para ahli memanfaatkan yogurt untuk mencegah

keropos gigi, sakit tenggorokan, semprotan hidung mengandung probiotik, serta

deodoran untuk mencegah bau badan.

Dalam bukunya, 'Good Gut Bugs', Ahli gizi terkemuka Kathryn Marsden membeberkan

manfaat yogurt bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya. 

Membantu pencernaan

Bakteri baik dalam yogurt meningkatkan gerak peristaltik sistem pencernaan dengan

Page 2: 1001 Manfaat Yogurt

merangsang produksi mucins yang memisahkan nutrisi untuk perbaikan jaringan.

Bakteri di usus membantu produksi vitamin B untuk meningkatkan efisiensi sistem

saraf. 

Probiotik dalam yogurt juga memperbaiki keseimbangan flora ramah di daerah

urogenital, mengurangi risiko infeksi kandung kemih atau vagina. Namun probiotik

alami mudah rusak oleh faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, stres, alkohol,

fluktuasi hormon, rokok, operasi dan obat-obatan.

Menghilangkan napas tak sedap

Bau badan dan bau mulut umumnya disebabkan bakteri buruk di gigi, gusi tidak sehat,

pencernaan yang buruk, dan bakteri helicobacter pylori penyebab maag. Tidak

seimbangnya bakteri patogen dengan bakteri baik membuat tubuh mengeluarkan bau

tidak sedap. 

Untuk mengurangi aroma tak sedap, asup suplemen probiotik atau probiotik hidup

secara teratur. Selain menjaga kebersihan rongga mulut, asupan probiotik secara rutin

membantu mengurangi risiko kerusakan gigi, infeksi jaringan mulut, dan usus.

Mengatasi sembelit

Kesulitan membuang air besar bisa mengindikasikan keseimbangan bakteri usus

terganggu, karena jumlah bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik. Makan

serat dalam jumlah cukup seperti buah-buahan, sereal, biji dan kacang-kacangan, air

putih membuat usus lebih mudah mendorong kotoran keluar.

Suplemen probiotik seperti yogurt setiap hari selama satu bulan membantu mengatasi

sembelit. Agar usus bekerja dengan baik, ulangi program diet sarapan dengan yogurt

selama sebulan tiap beberapa bulan.

Mengobati alergi

Orang dengan alergi seperti asma, eksim dan alergi udara memiliki tingkat bakteri baik

yang lebih rendah di usus. Solusinya, minum probitik susu fermentasi untuk

memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Suplemen atau asupan probiotik selama 12-16

minggu mengurangi gejala alergi.

Mencegah pilek dan flu

Studi menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi probiotik seperti yogurt lebih

jarang terkena flu dan infeksi, dibandingkan orang yang jarang mengomsumsinya.

Probiotik adalah sistem kekebalan tubuh yang meningkatkan resistensi terhadap

infeksi dengan memproduksi antibiotik.

Selama musim dingin atau musim hujan, dianjurkan mengasup lebih banyak probiotik

Page 3: 1001 Manfaat Yogurt

hidup. Rutin mengonsumsi probiotik selama tiga bulan mampu mengurangi gejala

penyakit akibat musim dingin. Nikmati ragam yogurt yang tersaji dalam beberapa

bentuk seperti yogurt cair, kental, bubuk hingga kapsul. (pet)

Kompas.com - Kandungan bakteri baik di dalam yogurt bukan cuma menguntungkan pencernaan tapi juga bisa melangsingkan hingga mempercantik kulit. Simak apa saja yang ditawarkan yogurt untuk kesehatan kita.1. Mencerahkan kulitYogurt merupakan salah satu bahan alami di dalam kulkas yang bisa kita pakai untuk merawat wajah. "Yogurt mengandung asam laktat, komponen yang juga sering dipakai dalam produk peeling kimia," kata ahli dermatologi Hema Sundaram.Masker yogurt bisa dipakai untuk mengelupas lapisan atas epidermis secara lembut. Bila dilakukan secara teratur kulit akan terhindar dari jerawat, vlek hitam, bahkan mencegah jerawat. Untuk hasil terbaik, campurkan 1 cangkir yogurt dengan 2-3 tetes minyak zaitun lalu usapkan di wajah. Biarkan 20 menit lalu bilas.2. Pembersih ramah lingkunganJadikan barang-barang logam Anda lebih bersinar dengan yogurt. Kandungan asam laktat dalam yogurt cukup efektif menghilangkan noda.3. Menyehatkan pencernaanProbiotik (bakteri baik) di dalam yogurt telah terbukti akan menyehatkan mikroflora di dalam usus. Untuk mendapatkan manfaat sehat probiotik, pastikan produk yogurt favorit Anda mengandung sedikitnya satu juta koloni forming units (CFUs) bakteri hidup.4. Mencegah hipertensiAlasan sehat lainnya untuk rutin mengonsumsi yogurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yogurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Yogurt dan Manfaatnya

Page 4: 1001 Manfaat Yogurt

Yogurt menjadi salah satu jenis minuman favorit banyak orang khususnya disukai oleh orang-orang muda karena rasanya yang unik, berupa rasa asam manis segar dan manfaatnya yang berguna untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian, minuman yogurt lebih mudah dicerna oleh usus. Cocok untuk orang-orang yang alergi terhadap laktosa (sejenis zat yang terkandung dalam susu biasa).

Minuman yang berasal dari fermentasi susu ini konon juga baik untuk mereka yang sedang menjalankan program diet, karena menurut penelitian dengan menambahkan yogurt sebagai makanan rendah kalori dapat membantu mengurangi lemak perut. Penelitian yang meneliti manfaat yogurt sebagai

pelengkap program diet ini dilakukan oleh Universitas Tennessee Michael Zemel. Bukan hanya berguna dalam membantu program diet, yogurt dikenal juga memiliki beberapa manfaat lain yang tak kalah peting diantaranya : Baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, khususnya untuk para wanita yang menginginkan kulit halus dan wajah tampak cantik bersinar. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, akibat dari kinerja bakteri baik di usus yang menyebabkan usus menjadi bersih. Membantu mencegah kanker dan mencegah terjadinya penimbunan toksin dalam tubuh. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Masih banyak manfaat lain dari minuman fermentasi susu ini. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi minuman yogurt sebagai minuman yang menunjang dan melengkapi kesehatan anda.

YOGURT, SUSU ASAM BERKHASIAT Dec 23, '07 2:49 AMuntuk semuanya

Saat ini barangkali sebagian besar dari kita mengenal yogurt hanya karena pernah mencoba produk-produk yang ada di pasaran atau bahkan ada yang hanya sekedar pernah tahu saja tapi belum pernah mencicipinya. Sedikit saja yang tahu seperti apa rasa yogurt “polos”, tanpa gula dan perasa yang dibuat sendiri di rumah. Padahal bentuk dan rasa seperti itulah, yaitu lebih mirip dengan susu basi adalah yogurt yang asli. Bahkan lebih sedikit lagi yang tahu bagaimana cara membuat yogurt.

APA SIH YOGURT ITU ?

Yogurt adalah salah satu produk susu terkoagulasi (mengental), diperoleh dari fermentasi asam laktat melalui aktifitas bakteri Lactobacillus delbrueckii var. bulgaricus dan Streptococcus salivarus var. thermophillus, dimana mikroorganisme ini dalam produk akhir harus hidup aktif dan berlimpah.

Yogurt pada awalnya adalah produk yang tanpa disengaja dihasilkan oleh para pengembara saat melintasi padang pasir di Asia Barat Daya. Mereka membawa persediaan susu di kantung yang terbuat dari usus domba, tanpa disadari bakteri dari usus domba dan cuaca yang panas mengubah susu menjadi dadih (susu yang menggumpal) setengah padat. Setelah dicicipi ternyata rasanya yang asam menyegarkan lebih digemari, bahkan lebih awet daripada susu segar. Salah satu situs internet sebuah universitas di Kanada menyebutkan bahwa yogurt berasal dari Bulgaria,

Page 5: 1001 Manfaat Yogurt

sehingga salah satu dari kedua bakteri yang ditemukan aktif pembentuk yogurt dinamai  L. bulgaricus. Mungkin saja maksud mereka adalah ditemukan pertama kali pada masa modern ini dalam suatu penelitian ilmiah. Sedangkan asal muasalnya tetaplah dari Asia Barat Daya (Arab).

KHASIAT YOGURT

Satu hal utama yang membuat yogurt sebagai minuman istimewa adalah khasiatnya bagi kesehatan. Bukan baru-baru ini saja, masyarakat Timur Tengah telah memanfaatkan yogurt sebagai minuman kesehatan selama sekitar 4000 th yang lalu. Selain itu negara lain  seperti Turki, Perancis, Mesir, India, Yunani, Bulgaria dan Rusia adalah Negara-negara yang telah menggunakan yogurt sebagai minuman sehari-hari, bahkan hadir dalam berbagai bentuk menu masakan.

Yogurt merupakan makanan hasil kerjasama dengan mikroorganisme. Tentu saja tidak sembarang mikroorganisme. Ada lima jenis bakteri yang ramah yang paling dikenal. Bakteri yang menguntungkan ini dikenal sebagai bakteri probiotik.. Diantaranya adalah: Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus casei, Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus. Dua bakteri terakhir adalah yang digunakan dalam pembuatan yogurt. Dua yang pertama hidup berdampingan dengan manusia dan saling membantu yang terdapat dalam usus manusia. Pada dasarnya kerja dua bakteri yogurt adalah menghasilkan asam laktat yang penting peranannya untuk menciptakan keseimbangan mikroflora usus. Keasaman yang dihasilkan mampu menghambat bakteri penyebab penyakit yang umumnya tidak tahan terhadap asam. Sementara bakteri lain yang memang seharusnya melimpah dirangsang untuk bertumbuh. Khasiat yogurt antara lain :

Memproduksi vitamin, meningkatkan nilai gizi dan membantu pertumbuhan

Saat proses fermentasi, terjadi kenaikan kadar vitamin-vitamin sebagai hasil kerja bakteri, yaitu A, B2, B3, Biotin dan Asam Folat. Yogurt juga mengandung asama amino yang tinggi sebagai hasil kerja bakteri . Bakteri yogurt juga mampu mensintesis beberapa vitamin seperti riboflavin dan niacin serta thiamin. Mineral dalam yogurt meskipun tidak bertambah banyak, tapi menjadi lebih mudah untuk diserap tubuh.

Page 6: 1001 Manfaat Yogurt

Memproduksi antibiotic alam melawan virus dan jamur

L. bulgaricus, mampu menghasilkan zat antibiotika yang disebut bulgarikan. Zat ini berbeda dengan antibiotic yang biasa kita kenal. Antibiotic ini kerjanya lebih spesifik pada mikroorganisme yang merugikan saja sehingga berefek menguntungkan bagi kita. Lain dengan antibiotic biasa, yang umumnya bekerja menyapu bersih segala jenis mikroorganisme. Bakteri merugikan yang dihambat antara lain Staphylococcus aureus,Shigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella typhii (penyebab tipus), Clostridium botulinum (penyebab botulinum, yaitu keracunan makanan kaleng). Serta jenis bakteri probiotik lain yang memiliki kemampuan menghambat bakteri merugikan jenis lain pula.

Menurunkan kolesterol

Yogurt, susu asidophilus (dari bakteri L. acidophilus) dan susu bifidus (dari bakteriBifidobakterium bifidum) mampu menurunkan kolesterol darah. Kemampuan ini berasal dari zat factor antikolesterol yang menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Pengurangan kolesterol juga terjadi karena selama pertumbuhan bakteri menyerap sejumlah zat kolesterol ke dalam selnya. Penyerapan ini terjadi di usus kecil dan membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

Memerangi kanker dan tumor. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Bakteri asam laktat dalam usus besar mampu menyerap zat mutagenic dari makanan. Berarti dengan meminum atau memakan yogurt secara teratur dapat membantu mencegah kanker usus. Ketika “diadukan” langsung (dioleskan) dengan sel tumor, yogurt, susu acidophilus, susu bifidus, atau susu casei (susu L.casei contohnya adalah Yakult) dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Di samping itu zat tertentu yang diambil dari dinding sel bakteri bifidus dan L. bulgaricus juga memiliki efek antitumor dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap tumor.

Memperpanjang Usia ?

Yang satu ini mungkin controversial. Kalau manfaat yang lain bisa diuji dan diteliti, soal usia panjang sulit dibuktikan, karena masalah usia manusia adalah urusan Allah swt, bukan urusan manusia. Walaupun begitu manusia bisa saja berusaha bagaimana agar usianya lebih panjang. Yaitu dengan cara menjaga kesehatan, meskipun tidak jarang kita temui orang yang sehat tiba-tiba

Page 7: 1001 Manfaat Yogurt

meninggal. Yang jelas kita berusaha menjaga kesehatan, sehingga terhindar dari penyakit yang dapat mengantarkan kita pada kematian.

Sebuah penelitian seorang ilmuan berkebangsaan Rusia, dia menyimpulkan bahwa usia manusia dapat diperpendek oleh racun dari dalam usus. Factor (ilmiah) panjangnya usia harapan hidup mencakup pola makanan, gaya hidup, kondisi lingkungan, dan bakat yang diturunkan secara genetic. Setelah melihat peran bakteri probiotik dalam yogurt seperti yang telah diuraikan di atas, jelaslah manfaat yogurt bagi kesehatan. Hal ini secara langsung atau tidak tentu berpengaruh pula dalam meningkatkan harapan hidup.

 

KELEBIHAN YOGURT DIBANDING SUSU SEGAR

Soal gizi, yogurt sendiri tak perlu diragukan. Sebab yogurt dibuat dari susu yang terkenal padat dengan zat gizi. Seperti halnya susu segar, yogurt tidak mengandung vitamin C dan zat besi dalam jumlah yang cukup untuk tubuh, tapi yogurt merupakan sumber yang baik untuk mensuplai protein, fosfor, kalsium, magnesium, dan juga kalori. Selama fermentasi, gula susu (laktosa) turun menjadi sekitar 20%-50%. Kandungan protein, lemak dan mineral hamper sama dengan kandungan susu semula. Beberapa vitamin seperti A, B2, B3, biotin dan asam folat justru meningkat. Vitamin dan mineral pun menjadi lebih mudah diserap.

Bagi penderita lactose intolerance, laktosa (gula susu) menyebabkan stess pada usus, dimana usus tidak mampu menghasilkan enzim lactase yang cukup untuk merubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Disebabkan karena rendahnya kadar laktosa pada yogurt, sehingga yogurt lebih dapat diterima (mudah dicerna) bagi mereka penderita lactose intolerance (alergi gula susu). Dapat dikatakan pula bahwa yogurt telah dicerna lebih dulu (predigested) oleh bakteri, dengan kata lain yogurt adalah “sisa-sisa” kunyahan bakteri, sehingga manusia tinggal menyerap gizinya dalam usus saja. Jika susu rata-rata bias 90% dicerna dalam waktu 3 jam, untuk yogurt hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Page 8: 1001 Manfaat Yogurt

Bakteri hidup dalam yogurt juga menyombang enzim lactase, yang diperlukan untuk mencerna sisa gula susu yang masih ada dalam yogurt. Dengan demikian sebagian besar penderita alergi gula susu tidak perlu khawatir mengalami gejala alergi setelah memakan atau meminum yogurt.

Yogurt jelas lebih awet disbanding susu segar. Susu segar sangat mudah rusak (basi-asam) oleh mikroorganisme, karena kandungan gizinya yang tinggi. Yogurt tahan hingga beberapa hari pada suhu ruang, bahkan tahan beberapa minggu jika disimpan dalam lemari pendingin. Asam laktat yang dihasilkan mikroorganisme dalam yogurt akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk yang umumnya tidak tahan asam. Jadi asam laktat sendiri berfungsi sebagai pengawet alami.

AGAR MEMPEROLEH MANFAAT

Agar memperoleh manfaat dari yogurt yang diminum, pastikan bahwa bakteri probiotik pada yogurt masih hidup dan aktif, serta berjumlah milyaran. Kita dapat menguji hidup tidaknya bakteri yogurt secara sederhana di rumah. Siapkan susu segar (maksimum 6 jam setelah pemerahan) yang telah dimasak, kemudian masukkan beberapa sendok yogurt yang kita beli ke dalamnya. Tutup dan biarkan semalam . jika susu tidak menggumpal dan tetap tawar, berarti bakteri sudah mati. Kedua , jumlah bakteri harus cukup banyak (milyaran), untuk dapat “berperang” dengan bakteri merugikan dan dapat “menguasai usus. Jumlah ini sangat penting karena dari sejumlah bakteri dalam yogurt yang dimakan, hanya sebagian kecil yang sampai usus dalam keadaan hidup. Sisanya mati selama perjalanan sepanjang salauran pencernaan, terutama lambung. Jumlah bakteri adalah 2,5 milyar/gelas saat akan dimakan. Selama penyimpanan jumlah bakteri akan menurun, meski dalam pendingin. Untuk menguji jumlahnya memang sulit karena harus dilakukan di laboratorium. Jadi carilah produk yogurt yang masih baru dan sesegar mungkin, jika anda membeli di pasar swalayan. Atau anda bias membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang paling sederhana. Masaklan susu segar, juka mulai mendidih kecilkan api, biarkan 10 menit. Matikan api dan tunggu hingga hangat. Tambahkan 4 sdm/L yogurt yang anda beli, aduk hingga rata. Tutup dan biarkan dalam panic 4-12 jam (tergantung kualitas yogurt yang ditambahkan), jaga agar tidak goyang. Sesekali boleh diamati untuk melihat keadaan susu sudah menggumpal apa belum. Atau jika sibuk, bisa anda diamkan semalam, untuk anda nikmati keesokan paginya. Anda bias langsung memakannya, atau mengaduknya agar pecah dan merata, lalu menambah pemanis seperti madu, gula atau sirup. Untuk pertama kali (jika memang belum biasa makan yogurt) jangan makan banyak-banyak, untuk membiasakan usus

Page 9: 1001 Manfaat Yogurt

terlebih dahulu.

Sumber :

1. S. Haryanto, Segarnya Yogurt, Bandung, 1998 (tanpa penerbit)2. R. Fuller, Probiotics : The Scientific Basis, Chapman & Hall, 19923. www. foodsci.uoguelph.ca/

Kandungan Gizi dan Manfaat YogurtMei 25, 2008 — zidni

Yogurt terbentuk dari dua buah bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, bakteri

Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococus Thermopillus. Selain dari bakteri tersebut,

yogurt juga mengandung vitamin B-kompleks, yaitu B1, B2, B3 dan B6, serta asam

folat, asam pantotenat dan biotin.

Dua bakteri yang terkandung dalam yogurt bermanfaat untuk menetralkan racun,

mencegah diare, kanker, radang paru-paru, menguatkan jantung dan mengurangi

susah tidur. Sedangkan kandungan vitamin dalam yogurt bermanfaat untuk

meningkatkan kesehatan reproduksi, kekebalan tubuh dan mempertajam fungsi

berpikir.

Sedangkan kandungan mineral, seperti kalsium dan fosfor dalam yogurt berguna untuk

tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis.

Namun, untuk anda yang sangat memperhatikan berat ideal tubuh anda, sebaiknya

mengkonsumsi yogurt yang non fat atau yang low fat. Selanjutnya penyimpanan

yogurt dalam lemari pendingin sebaiknya jangan lebih dari 14 hari, untuk

mempertahankan kandungan gizi yang baik dalam yogurt.

Page 10: 1001 Manfaat Yogurt

Bagian 2Mikrobiologi Susu dan Yogurt Starteroleh: Manglayang Farm

Copyright (c) 2006 Manglayang Farm.Permission is granted to copy, distribute and/or modify this document under the terms of the GNU Free Documentation License, Version 1.2 or any later version published by the Free Software Foundation; with no Invariant Sections, no Front-Cover Texts, and no Back-Cover Texts.

Pengantar

Mikroorganisme adalah sebuah organisme kehidupan yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Ukuran yang digunakan untuk mikroorganisme adalah mikrometer (µ m); 1 µ m = 0.001 milimeter; 1 nanometer (nm) = 0.001 µ m.Mikroorganisme dapat ditemukan dimana mana dan sangat berperan dalam semua kehidupan di muka bumi. Kaitannya dengan makanan, mereka dapat menyebabkan atau mencegah pembusukan, atau bahkan menyebabkan kita sakit.Mikroorganisme dapat dibagi menjadi beberapa kelas, diantaranya adalah bakteri, fungi dan virus.Susu, ketika di sekresi di dalam ambing ternak berada dalam keadaan yang steril. Namun ketika dalam perjalanan dari ambing menuju puting, bahkan sebelum susu keluar dari puting, susu sudah terkontaminasi oleh sedikit bakteri yang tinggal di dalam puting (apalagi jika puting tersebut kurang diperhatikan kebersihannya).Walaupun demikian kontaminasi pada tahap ini boleh dibilang sangat sedikit dan masih terbilang aman, terkecuali apabila sapi menderita penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti Mastitis.Oleh sebab itu, mikroorganisme dan kontaminasinya memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembuatan dan pengolahan susu.

Pertumbuhan Mikroorganisme

Ada beberapa faktor yang berhubungan dengan daya hidup dan pertumbuhan dari mikroorganisme pada sebuah bahan makanan (faktor intrinsik), diantaranya adalah:

Page 11: 1001 Manfaat Yogurt

1. kandungan nutrisi2. kandungan air3. derajat keasaman (pH)4. kandungan oksigen5. struktur biologi6. kandungan antimikrobial

Sedangkan faktor ekstrinsik yang berpengaruh terutama yang berkaitan dengan lingkungan tempat bahan makanan tersebut disimpan, yaitu suhu, kelembaban relatif, dan kandungan gas yang ada disekitar bahan makanan.

Dalam sebuah kelompok, mikroorganisme dapat tumbuh pada kisaran temperatur yang cukup luas. Namun jumlah dan jenisnya sangat berkaitan dengan suhu lingkungan dimana dia berada. Secara umum, menurut suhu, mikroorganisme dapat dibedakan menjadi 4 jenis utama:

Mikroorganisme Psycrophillic, tumbuh optimum pada suhu antara 20 to 30°C. Masih dapat tumbuh pada suhu dibawah 7°C. Dibagi dua kelompok lagi, Obligate Psychrophillic (0 - 15° C) dan Facultative Psychrophillic (0 - 40° C). Pada umumnya organisme inilah yang bertanggung jawab terhadap pembusukan dalam suhu ruang pendingin.

Mikroorganisme Mesophillic, tumbuh optimum pada suhu 30 to 40°C. Mikroorganisme mesofilik cenderung tidak tumbuh pada suhu dalam ruang pendingin (refrigerator).

Mikroorganisme Thermophillic, tumbuh optimum pada suhu 55 and 65° C.

Mikroorganisme Hyperthermophillic, yang hidup dengan baik pada suhu sangat tinggi (sampai 110 ° C, bahkan dalam percobaan, ada yang tahan pada suhu 130° C selama 2 jam).

Untuk setiap kelompok, tingkat pertumbuhan meningkat pesat sampai mencapai temperatur optimum, setelah itu pertumbuhan kembali menurun.

Mikroorganisme dalam Susu

Seperti telah disinggung diatas, susu berada dalam kondisi steril ketika di sekresi di dalam ambing, namun dalam perjalanan menuju puting, susu

Page 12: 1001 Manfaat Yogurt

dapat terkontaminasi berbagai macam mikroorganisme. Apa saja mikroorganisme tersebut ?

Bakteri Asam Laktat (BAL), tidak berlebihan kiranya bila bakteri dalam genus ini disebut sebagai salah satu bakteri terpenting (yang sudah diketahui tentunya) dalam kehidupan manusia.Lactic acid bacteria termasuk bakteri gram positif fakultatif dan secara umum tidak berbahaya, bahkan dibutuhkan oleh manusia dan hewan. BAL banyak ditemukan di sekeliling kita, sebagai contoh, BAL banyak ditemukan di sekitar vagina dan di dalam usus halus. BAL sangat berperan dalam membantu proses pencernaan kita. Kalau anda ingat minuman kesehatan Yakult, BAL inilah yang juga berperan dalam aspek kesehatan dari minuman tersebut selain kandungan mineral dan nutrisi lainnya. BAL mampu memproses karbohidrat dalam susu yang disebut laktosa menjadi asam laktat. Mereka secara natural ada didalam susu (murni) dan secara luas digunakan sebagai kultur starter dalam produksi berbagai macam produk olahan fermentasi susu.

Bakteri Coliform, coliform adalah mikroorganisme yang berbentuk batang (rod) dan memiliki gram negatif. Coliform memiliki sifat fakultative anaerob. Artinya bakteri ini normalnya dalam pernafasan aerobik memproduksi ATP (Adenosine Triphosphate, sebuah monomer yang berfungsi sebagai media transportasi energi kimia antar sel dalam makhluk hidup) apabila dalam lingkungannya tersedia oksigen. Apabila oksigen tidak tersedia,organisme ini dapat berubah menjadi pemproduksi asam laktat dan alkohol atau yang dikenal dengan nama fermentasi.Coliform aktif tumbuh pada suhu sekitar 37° C. Organisme ini dapat menyebabkan pembusukan yang cepat pada susu karena mampu melakukan fermentasi pada laktosa pada suhu sekitar 35° C dan sekaligus juga memproduksi asam dan gas. Selain itu mereka juga mampu mendegradasi protein pada susu.Coliform adalah organisme indikator. Artinya, kehadiran organisme ini sering diasosiasikan dengan organisme patogen, tapi tidak berarti bahwa coliform ini dengan sendirinya adalah patogen. Kehadiran coliform merupakan indikator yang baik bahwa sesuatu itu telah terkena kontaminasi.Coliform dapat dimatikan dengan proses yang disebut HTST (High Temperature, Short Time) pada 72°C selama 16 detik.Escherichia coli (E-coli) merupakan salah satu anggota dari kelompok coliform dan dapat melakukan fermentasi gula susu (laktosa) pada suhu 44°C.

Page 13: 1001 Manfaat Yogurt

Mikroorganisme Perusak pada Susu

Kualitas mikrobial dalam susu segar sangat penting bagi penilaian dan produksi produk susu yang berkualitas. Susu dapat disebut telah rusak apabila terdapat gangguan dalam tekstur, warna, bau dan rasa pada kondisi dimana susu tersebut sudah tidak patut lagi dikonsumsi oleh manusia. Kerusakan yang disebabkan oleh mikroorganisme dalam makanan sering melibatkan degradasi dari zat zat nutrisi seperti protein, karbohidrat dan lemak, baik oleh mikroorganisme itu sendiri maupun enzim yang diproduksinya.Secara umum pada susu mikroorganisme yang berperan dalam hal ini adalah organisme psikotrof. Meskipun kebanyakan dari kelompok ini dapat dihancurkan pada temperatur pasteurisasi, sayangnya, beberapa jenis seperti Pseudomonas fluorescens dan Pseudomonas fragi dapat memproduksi proteolitik dan lipolitik enzim yang stabil pada suhu tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan.

Beberapa spesies dan keturunan dari Bacillus, Clostridium, Cornebacterium, Arthrobacter, Lactobacillus, Microbacterium, Micrococcus , dan Streptococcus dapat bertahan pada temperatur pasteurisasi dansekaligus mampu tumbuh pada suhu dalam ruang pendingin yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kerusakan dan pembusukan pada bahan makanan terutama susu.

Mikroorganisme Patogen pada Susu

Produksi susu yang higienis seperti penanganan yang cepat dan tepat, penggunaan alat produksi dan alat penyimpanan serta teknik teknik pasteurisasi telah menurunkan ancaman penyebaran penyakit melalui susu seperti tuberkulosis (TBC), brucellosis dan lain sebagainya. Walaupun masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan, terbukti sudah ada beberapa kasus penyakit yang berasal dari mengkonsumsi susu segar, atau produk susu sapi yang dibuat dari susu yang tidak di pasteurisasi dengan benar atau kurang baik dalam penanganan sepanjang proses produksinya. Beberapa bakteri patogen dalam susu segar dan produk susu yang masih menjadi perhatian saat ini antara lain:

• Bacillus cereus• Listeria monocytogenes• Yersinia enterocolitica• Salmonella spp.

Page 14: 1001 Manfaat Yogurt

• Escherichia coli O157:H7• Campylobacter jejuni

Perlu diungkapkan juga disini bahwa beberapa jenis jamur, kebanyakan dari spesies Aspergillus, Fusarium, dan Penicillium dapat tumbuh dalam media susu dan produk susu lainnya. Apabila kondisinya memungkinkan,organisme ini dapat memproduksi zat mycotoxin yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Biakan Pengawal Yogurt

Yogurt starter culture, agak sulit mencari padanan kata ini dalam bahasa Indonesia. Tapi baiklah, kultur starter yogurt atau biasa disebut starter atau kultur saja adalah sekumpulan mikroorganisme yang digunakan dalam produksi biakan atau budidaya dalam pengolahan susu seperti yogurt atau keju.Seperti diketahui, ‘kebun binatang dan hutan raya’ yang secara natural ada di dalam susu memiliki berbagai kekurangan. Flora dan fauna mikro yang secara natural ada didalam susu ini dianggap tidak efisien, tidak dapat dikendalikan atau bahkan telah hancur akibat perlakuan (biasanya panas) pada media susu itu sendiri.Kekurangan ini sebagian besar disebabkan karena kita tidak tahu dengan pasti (tanpa dilihat dengan mikroskop) hewan dan tanaman mikro apa saja yang ada di dalam susu tersebut. Dengan menggunakan biakan kultur tertentu, masalah masalah yang ada diatas dapat di hindari.Kultur starter yang dibiakan oleh manusia (sekarang umumnya dilakukan di laboratorium) dimulai ketika orang mulai memisahkan gumpalan whey/dadih atau krim yang didapat dari proses fermentasi sebelumnya yangberhasil. Dan menggunakannya sebagai inokulan atau starter untuk pembuatan produk selanjutnya.Dengan menggunakan kultur starter ini dapat dihasilkan karakteristik tertentu yang lebih mudah dikendalikan sehingga menghasilkan produk fermentasi yang diinginkan. Secara umum, fungsi utama dari kultur ini adalah untuk memproduksi asam laktat (lactic acid) dari gula yang ada dalam susu (laktosa).Selain itu, kultur dapat digunakan juga untuk mengatur:

rasa, aroma dan tingkat produksi alkohol aktivitas proteolitik dan lipolitik penghambat organisme yang tidak diinginkan

Page 15: 1001 Manfaat Yogurt

Secara umum ada dua kategori kultur starter laktat:1. kultur sederhana. Terdiri dari satu jenis organisme, atau lebih dari satu yang masing masing jumlahnya diketahui.2. kultur campuran. Lebih dari satu jenis organisme, yang masing masing menghasilkan karakter yang spesifik.

Sekurangnya sekarang terdapat 11 genus LAB (dairyscience.info, 2006) dan yang digunakan untuk kultur starter tidak lebih dari 5 saja. Yang termasuk dalam jenis bakteri asam laktat dan digunakan sebagai kultur starter adalah:

• Enterococcus• Lactobacillus• Lactococcus• Leuconostoc• Streptococcus

EnterococcusOrganisme ini termasuk gram positif, katalase negatif berbentuk spiral (cocci) yang sering cenderung membentuk rantai yang memiliki panjang bervariasi. Mereka merupakan organisme penghuni yang secara natural ada di dalam sistem pencernaan manusia dan beberapa jenis hewan. Enterococcus seringkali digunakan sebagai organisme indikator untuk menentukan adanya kontaminasi. Beberapa spesies dari genus ini termasuk kategori patogen. Selain daripada kemampuan untuk tumbuh pada suhu 45 °C dan pH 9.6, dan pada kondisi konsentrasi garam tinggi, mereka sangat mirip dengan lactococci.Adanya keraguan, bahwa kelompok ini dapat digunakan sebagai starter ditepis oleh bukti bahwa Enterococcus ternyata digunakan oleh beberapa ahli pada kulturnya, sehingga secara praktis dapat dianggap bahwa genus ini termasuk starter.

LactobacillusAda beberapa spesies yang terkenal dalam kelompok ini.Lb. delbrueckii subsp. bulgaricus, yang umum digunakan sebagai starter yogurt bersama dengan St. thermophillus adalah spesies homofermentatif, menghasilkan sekitar 2% berat asam laktat per volume susu. Temperatur optimum pada 42 °C dan tetap hidup dan tumbuh pada 45 °C atau lebih. Spesies ini tidak menyukai lingkungan dengan kadar garam rendah.Lb. acidophilus yang secara natural hidup dalam usus secara umum tidak

Page 16: 1001 Manfaat Yogurt

digunakan sebagai starter namun lebih pada penggunaan sebagai probiotik (lihat ulasan probiotik dibawah). Bakteri ini termasuk homofermentatifdan memproduksi D isomer dari asam laktat (D-laktat) pada konsentrasi yang tinggi, memiliki temperatur pertumbuhan optimum pada 37 °C dan relatif toleran terhadap oksigen dibandingkan dengan spesies probiotik lainnya seperti Bifidobacterium. Dibawah suhu 20 °C, pertumbuhannya sudah melambat, dan kebanyakan spesies tidak tumbuh lagi pada suhu 15 °C.Karena Lb. acidophilus ini memproduksi D-laktat yang cukup besar, penggunaanya pada bayi harus diawasi. Hal ini disebabkan karena isomer D dari laktosa ini tidak dapat segera di metabolis, berbeda dengan L-laktat yang dapat segera diserap tubuh. Ada batasan maksimum D-laktat yang boleh dikonsumsi oleh bayi, sehingga oleh sebab itu pada beberapa produk probiotik untuk bayi, penggunaan Lb. acidophilus ini digantikan oleh jenis lain dari Lactobacilus atau Bifidobacter (dairyscience.info, Probiotic Bacteria, 2006).Lb. casei juga merupakan penghuni natural dari usus halus manusia dan resistan terhadap cairan empedu. Spesies ini umumnya digunakan sebagai probiotik meskipun digunakan juga pada beberapa kultur starter sebagai non-starter lactic acid bacteria (NSLAB) pada keju Cheddar. L-laktat adalah isomer utama yang diproduksi oleh jenis ini, meskipun beberapa strain juga memproduksi D-laktat dalam jumlah kecil. Rogosa agar telah secara luas digunakan sebagai medium isolat untuk lactobacilli.Lb. helveticus sering digunakan bersama sama dengan bakteri asam laktat dari kelas termofilik lainnya dalam proses pembuatan produk susu fermentasi seperti keju Emmental, Mozzarella dan yogurt. Salah satu keuntungan penggunaan spesies ini bersama sama dengan Lb. delbrueckii subsp. bulgaricus adalah bahwa Lb. helveticus mengkonsumsi galaktosa, hal ini berguna bila diinginkan produk yang mengandung sedikit atau bahkan bebas gula. Selain itu beberapa jenis yang dibudi daya kan di laboratorium juga digunakan sebagai perubah karakter rasa manis, mengurangi rasa pahit, mengembangkan rasa atau bahkan mempercepat pematangan pada keju.Secara umum, jenis Lb. helveticus ini tumbuh baik pada suhu sampai 45 °C, dan optimal pada 42 – 43 °C. Kebanyakan tidak tumbuh atau melambat pada suhu 15 °C.

LactococcusDahulu, bakteri dalam kelompok ini di klasifikasikan sebagai anggota

Page 17: 1001 Manfaat Yogurt

dari genus Streptococcus. Dibedakan karena reaksi spesifik daripada antiserum Grup N dan toleransi jenis ini terhadap suhu dan kandungan garam.

LeuconostocSpesies ini penting bagi pembentuk rasa pada beberapa produk olahan susu. Ada semacam kesepakatan bahwa 2 jenis spesies, Leuconostoc mesenteroides subsp. cremoris dan Leuconostoc lactis merupakan spesies utama dalam kultur starter. Tidak seperti lactococci, keluarga leuconostoc ini tumbuh dalam Rogosa agar dan merupakan organisme hetrofermentatif yang menghasilkan karbon dioksida dari glukosa dan juga fruktosa. Keluarga Leuconostoc termasuk keluarga spiral gram positif, yang masing masing memiliki ukuran dan bentuk yang hampir sama dengan lactococci. Walaupun tidak seperti lactococci, keluarga leuconostoc tidak menghasilkan amonia dari arginine dan hanya menghasilkan D isomer dari asam laktat.

StreptococcusSt. thermophillus adalah satu satunya spesies dari genus ini yang digunakan secara luas sebagai kultur starter beberapa jenis keju termasuk Mozzarella dan yogurt. Sejak pertengahan 1990, St. thermophillus juga digunakan sebagai starter pada pembuatan keju Cheddar.

Kultur starter mikrobial pada yogurt (dan keju) berdasarkan suhu pertumbuhan optimalnya secara umum dapat bagi menjadi 2 macam, mesofilik dan termofilik seperti telah diuraikan diatas.

Mesofilik• Lactococcus lactis subsp. cremoris (LLC)• Lactococcus lactis subsp. lactis biovar diacetylactis (LLD)• Leuconostoc mesenteroides subsp. cremoris (LMC)

Termofilik• Streptococcus thermophilus (ST)• Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus (LB)• Lactobacillus lactis (LBL)• Lactobacillus casei subsp. casei (LBC)• Lactobacillus helveticus (LH)• Lactobacillus plantarum (LP)

Page 18: 1001 Manfaat Yogurt

 .»» Kata Bijak » Kesehatan » 1000 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

1000 Manfaat Madu Bagi Kesehatan TubuhPosted by  Lukas Gentara  a t  M inggu , September 25 , 2011

Jadilah.com - Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Setelah

kemarin saya menuliskankhasiat madu untuk kecantikan, sekarang giliran

membahas manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia.

Seperti kita semua ketahui madu memiliki banyak sekali manfaat dan

kegunaan bagi manusia.  Baik untuk luar maupun dalam. Maka tidak heran

kalau ada orang yang menyebut 1000 manfaat madu bahkan ada yang

mengatakan Sejuta khasiat madu.

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat madu bagi kesehatan tubuh

manusia seperti yang diungkap oleh Times of India.

- Madu bisa menjadi pengganti gula yang sehat

Page 19: 1001 Manfaat Yogurt

Bisa digunakan untuk pemanis makanan dan minuman. Bila ditambah dengan

susu, dapat meningkatkan rasa, serta membantu memperkuat dan

meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda juga dapat menerapkannya

pada roti panggang atau menambahkannya ke dalam es krim.

- Sangat direkomendasikan untuk mereka yang tertarik pada diet

Segelas air hangat ditambah madu dan lemon adalah cara yang sehat untuk

memulai hari Anda. Karena madu bermanfaat mengikis lemak tanpa

menguras energi. Konsumsi madu justru bisa meningkatkan energi,

sementara gula alami buah mencegah kelelahan selama latihan.

- Madu memiliki sifat anti-bakteri yang membantu memperbaiki sistem

pencernaan. Tak hanya itu, sifatnya yang mudah dicerna juga baik jika

dikonsumsi oleh anak-anak. Memberikan anak-anak dua sendok madu setiap

hari, bisa memberi energi ekstra sepanjang hari.

- Madu juga dikenal memiliki karsinogen, mencegah dan sebagai anti-tumor

yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.

- Tambahkan beberapa tetes madu dalam jus jahe. Dan satu sendok makan

madu yang dikonsumsi dua kali sehari juga bermanfaat untuk mengobati sakit

tenggorokan.

- Sifat antiseptik madu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan

membantu menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi.Madu juga bisa

digunakan sebagai obat alami dalam pengobatan pertolongan pertama untuk

luka, luka bakar dan luka lainnya untuk mempercepat penyembuhan.

Sifat antibakterinya mencegah infeksi dan berfungsi sebagai agen anti-

inflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit , dan bahkan jaringan

parut.

Page 20: 1001 Manfaat Yogurt

- Menerapkan madu selama 10 sampai 15 menit di wajah sebelum dicuci

dengan air hangat, menjaga kulit lentur dan segar .

- Mencuci rambut dengan dua sendok madu yang ditambahkan dalam air

hangat, sebelum dicuci secara menyeluruh bisa berkhasiat menambah

kemilau rambut.

- Menambahkan satu atau dua sendok teh madu untuk secangkir teh

chamomile sebelum tidur bisa direkomendasikan untuk menenangkan saraf

dan membantu tidur nyenyak.