10 Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 2015

27
10 Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 2015 1. Universitas Indonesia (UI) Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia terakreditasi A dengan No. SK 032. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 di UI berjumlah 3.057 orang. Sementara daya tampung yang tersedia sebanyak 54 kursi. 2. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Padjadjaran ini terakreditasi A dengan No. SK 032 yang berlaku sampa dengan 18 Oktober 2017. Jurusan Kedokteran Unpad memiliki kursi sebanyak 100. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 mencapai angka 4.069 orang. 3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Gadjah Mada ini terakreditasi A dengan No. SK 024. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 sebanyak 3.719 pada 2013. Mereka memperebutkan 60 kursi yang disediakan oleh pihak kampus. 4. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Diponegoro ini terakreditasi A dengan No. SK 032. Kampus yang berlokasi di Semarang itu menyediakan 66 kursi untuk diperebutkan melalui SBMPTN 2014. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 ke jurusan Kedokteran Undip tahun lalu sebanyak 3.585 orang. 5. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Airlangga 1

description

10 Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 2015

Transcript of 10 Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 2015

10 Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 20151. Universitas Indonesia (UI)

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia terakreditasi A dengan No. SK 032.

Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 di UI berjumlah 3.057 orang. Sementara daya tampung yang tersedia sebanyak 54 kursi.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Padjadjaran ini terakreditasi A dengan No. SK 032 yang berlaku sampa dengan 18 Oktober 2017.

Jurusan Kedokteran Unpad memiliki kursi sebanyak 100. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 mencapai angka 4.069 orang.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Gadjah Mada ini terakreditasi A dengan No. SK 024.

Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 sebanyak 3.719 pada 2013. Mereka memperebutkan 60 kursi yang disediakan oleh pihak kampus.

4. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Diponegoro ini terakreditasi A dengan No. SK 032.

Kampus yang berlokasi di Semarang itu menyediakan 66 kursi untuk diperebutkan melalui SBMPTN 2014. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 ke jurusan Kedokteran Undip tahun lalu sebanyak 3.585 orang.

5. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Airlangga ini terakreditasi A dengan No. SK 024 yang berlaku s.d. 10 Agustus tahun 2017.

Tercatat sebanyak 2.570 peserta yang menjatuhkan pilihan jurusan Kedokteran Unair pada tahun 2014. Padahal kursi yang tersedia hanya 63.

6. Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Brawijaya ini terakreditasi A dengan No. SK 003.

UB hanya menyediakan 30 kursi untuk prodi Kedokteran. Padahal tahun lalu jumlah peminatnya mencapai angka 3.046 orang.

7. Universitas Udayana (Unud) Bali

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Udaya ini terakreditasi A dengan No. SK 049.

Tahun lalu, kampus asal Pulau Dewata itu kebanjiran 2.584 peminat dengan daya tampung sejumlah 60 kursi.

8. Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Islam Sultan Agung ini terakreditasi A dengan No. SK 010.

9. Universitas Yarsi, Jakarta

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Yarsi ini terakreditasi A dengan No. SK 031.

10. Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang

Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Sriwijaya ini terakreditasi A dengan No. SK 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013.

Sebanyak 2.391 peserta memilih prodi Kedokteran Unsri pada tahun lalu. Mereka harus bertarung memperebutkan 54 kursi yang tersedia.

Tips Lulus SNMPTN Undangan 2015 - Memilih Jurusan Yang Tepat1) Nilai Rapor.Yup, seperti yang sudah kami sampaikan diawal tadi, bahwa SNMPTN identik dengan jalur prestasi. Pasalny SNMPTN akan lebih mengutamakan nilai rapor yang tergolong tinggi dan baik. Usahakan Nilai rapor Kamu stabil dari semester 1 - 5, boleh saja ada penurunan, tapi bukanlah penurunan yang signifikan.*Note : buat kamu yang ingin masuk ke fakultas kedokteran di universitas seperti UGM, UI, USU, maka nilai rata-rata rapor kamu (bidang studi prioritas seperti matematika, fisika, biologi, kimia, bahasa inggris, bahasa indonesia) usahakan mencapai rataan 90-92 untuk berada pada posisi aman.

2) Alumni.Alumni / lulusan Sekolah Anda ternyata katany cukup berperan penting pada proses penyeleksian SNMPTN. Apabila terdapat Alumni Kamu yang masuk ke fakultas yang kamu ingin capai, maka chance / kesempatan kamu terbuka lebar, namun apabila tidak ada makachance/kesempatan kamu akan menjadi sangat kecil.

3) Akreditasi Sekolah.Jika sekolah kamu memiliki Akreditasi sekolah yang terbilang sangat baik, maka janganlah ragu untuk membuat suatu pilihan di SNMPTN nanti, semakin baik akreditasi sekolah kamu maka akan semakin bagus.

4) Pilihan Program Jurusan.Nah, ini adalah salah satu poin yang sering sekali membuat banyak siswa merasa galau. Banyak yang merasa bimbang akan pilihan program studi yang hendak dipilihnya.Ingin saya garisbawahi, berdasarkan seminar yang kami ikuti : buat kamu yang saat ini berada di Program IPA : maka pilihlah program studi di bidang IPA, tapi jika kamu ingin menembak pilihan IPS, maka pilihlah seluruh pilihannya adalah IPS (ingat ! tidak ada pilihan IPC untuk SNMPTN, jangan memilih program studi IPA dan IPS), dan begitu pula buat kamu yang sedang berada di program IPS.

5) Pilihan UniversitasDisini saya ingin menerangkan bahwa kalau di SNMPTN, urutan universitas juga diperhatikan. (tidak ada universitas yang ingin dinomor 2 kan, sehingga pikirkan dengan matang).Tips memilih universitas, :Jadi , ketika kamu hendak mendaftar SNMPTN, nanti kamu akan hanya diperbolehkan mendaftar dengan 3 Pilihan Jurusan dan 2 Universitas saja. Berikut ini akan kami berikan tips yang baik untuk memilih jurusan.

Pilihan Yang Benar.Pilihan 1 - Univ APilihan 2 - Univ APilihan 3 - Univ B

atau

Pilihan 1 - Univ BPilihan 2 - Univ BPilihan 3 - Univ A

Pilihan yang salah:Pilihan 1 - Univ APilihan 2 - Univ BPilihan 3 - Univ A

6) Nilai batas minimum (Passing Grade).Ini adalah bagian yang memiliki poin penting, buat kamu yang ingin menentukan pilihan jurusan maka urutkanlah program studi yang hendak kamu pilih sesuai dengan passing gradenya, urutkan pilihan dari yang tertinggi ke yang terendah,Contoh :Pilihan 1 : Pendidikan Dokter - Universitas Indonesia 65%Pilihan 2 : Pendidikan Dokter - Universitas Gajah Mada 60%Pilihan 3 : Teknik Nuklir - Universitas Gajah Mada 40%(informasi : Buat kamu yang ingin lihat daftar passing grade, bisa lihat dihalamandaftar passing grade snmptn 2015.)

7) Sertifikat / Prestasi Lainnya.Buat kamu siswa berprestasi , maka kamu patut berbangga, karena SNMPTN juga akan mempertimbangkan prestasi yang kamu raih. Apabila kamu punya sertifikat seperti : Juara 1 OSN, atau olimpiade tingkat nasional atau bahkan internasioan, atau prestasi apapun itu maka jangan pernah ragu untuk menyertakannya pada saat pendaftaran SNMPTN nanti.

8) Berdoa.Segala sesuatu harus dibuka dan ditutup dengan doa. Sepintar-pintarnya manusia , jika tidak diimbangi dengan doa maka akan nihil. Buat kamu yang sudah matang memilih jurusan, maka bawalah dalam doa. Mintalah pada Yang Maha Kuasa Agar pilihan kita diberkati. Dan diberikan keikhlasan dan kesabaran untuk menerima hasil walaupun kita nantinya belum dinyatakan lulus.

25 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia 2014/2015

1. Institut Teknologi Bandung ( ITB )

Rangking Dunia : 194Lokasi : Jalan Ganesha No. 10 Kota Bandung, Jawa Barat.Web : itb.ac.idMotto : In Harmonia ProressioProdi Favorit : Sekolah Teknik Elektro dan InformatikaPassing Grade : 66,08 %Warna : BiruTwitter :https://twitter.com/itbofficial

2. Universitas Gadjah Mada ( UGM )Rangking Dunia : 250Lokasi : Jalan Bulaksumur, Yogyakarta, 55281, IndonesiaWeb : ugm.ac.idMotto : -Prodi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 62,01 %Warna : BiruTwitter :https://twitter.com/UGMYogyakarta

3. Universitas Indonesia ( UI )

Rangking Dunia : 473Lokasi : Kota Depok, Jawa Barat 16424Web : www.ui.ac.idMotto :Veritas, Probitas, Iustitia, Truth, Honesty, JusticyProdi Favorit : Pendidikan DokterPassing Grade : 61,97 %Warna : KuningTwitter :https://twitter.com/univ_indonesia

4. Universitas Brawijaya ( UNIBRAW )Rangking Dunia : 829Lokasi : Jl. Veteran , Malang, Jawa Timur 65145Web : ub.ac.idMotto : Join UB, be the best !Prodi Favorit : Pendidikan DokterPassing Grade : 57,24 %Warna : Biru, Twitter :https://twitter.com/UB_Official5. Universitas Sebelas Maret ( UNS )

Rangking Dunia : 894Lokasi : Jl. Ir. Sutami 36 A, Solo, Jawa TengahWeb : uns.ac.idMotto : Mangesthi Luhur Ambangun NagaraProdi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 53,09 %Warna : BiruTwitter :https://twitter.com/11MaretUniv

6. Universitas Diponegoro ( UNDIP )

Rangking Dunia : 986Lokasi : Jl. Prof. Sudarto, SH , Semarang, Jawa TengahWeb : undip.ac.idMotto : Wiyata Hangreksa Gapuraning NagaraProdi Favorit : PsikologiPassing Grade : 48,14 %Warna : BiruTwitter : twitter.com/univ_diponegoro

7. Universitas Padjadjaran ( UNPAD )

Rangking Dunia : 998Lokasi : Kampus Iwa Koesoemasoemantri Jl. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jawa BaratWeb : unpad.ac.idMotto : Towards a Leading University in Providing World Class EducationProdi Favorit : Ilmu KomunikasiPassing Grade : 43,33 %Warna : KuningTwitter : twitter.com/unpad

8. Institut Pertanian Bogor ( IPB )

Rangking Dunia : 1055Lokasi : Jl. Raya Darmaga, Bogor, Jawa BaratWeb : ipb.ac.idMotto : Mencari dan Memberikan yang terbaikProdi Favorit : Ilmu GiziPassing Grade : 47,23 %Warna : BiruTwitter : twitter.com/ipbofficial

9. Universitas Airlangga ( UNAIR )

Rangking Dunia : 1135Lokasi : Jl. Mulyorejo, Surabaya, Jawa TimurWeb : unair.ac.idMotto : Excellence with MoralityProdi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 45,2 %Warna : MerahTwitter : twitter.com/unair_official

10. Universitas Hasanuddin ( UNHAS )

Rangking Dunia : 1456Lokasi : Jl. Perintis Kemerderdekaan, Makassar, Sulawesi SelatanWeb : unhas.ac.idMotto : Menggapai Asa, Mengisi dan Menghiasi Indonesia CemerlangProdi Favorit : Pendidikan DokterPassing Grade : 43,69 %Warna : MerahTwitter : twitter.com/anak_unhas

11. Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS )Rangking Dunia : 1486Lokasi : Kampus ITS Seputih Sukolilo, Surabaya, Jawa TimurWeb : its.ac.idMotto : Cerdas, Amanah, KreatifProdi Favorit : Sistem InformasiPassing Grade : 49,04 %Warna : BiruTwitter : twitter.com/ITS_Surabaya

12. Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY )

Rangking Dunia : 1649Lokasi : Jl. Marsha Adisucipto , Yogyakarta, DIYWeb : uny.ac.idMotto : Berusahalah untuk menjadi yang terbaikProdi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 39,83 %Warna : BiruTwitter : twitter.com/UNYyogyakarta

13. Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI )

Rangking Dunia : 1862Lokasi : Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung, Jawa BaratWeb : upi.eduMotto : A Leading and Outstanding UniversityProdi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 38,99 %Warna : MerahTwitter : twitter.com/upiofficial

14. Universitas Negeri Semarang ( UNNES )Rangking Dunia : 1951Lokasi : Kampus Sekaran, Gunung Pati , Semarang , Jawa TengahWeb : unnes.ac.idMotto : Sehat , Unggul & SejahteraProdi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 36,12 %Warna : KuningTwitter : twitter.com/unneskonservasi15. Universitas Negeri Malang ( UM )

Rangking Dunia : 2395Lokasi : Jl. Semarang No. 5. Malang, Jawa TimurWeb : um.ac.idMotto : Universitas PembelajaranProdi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 35,93 %Warna : KuningTwitter : twitter.com/Umalang

16. Universitas Sumatera Utara ( USU )

Rangking Dunia : 2405Lokasi : Jl. Dr. T. Mansyur No. 9, Medan , Sumatera UtaraWeb : usu.ac.idMotto : Toward Excellency as University for IndustryProdi Favorit : Ilmu HukumPassing Grade : 38,09 %Warna : Hijau dan KuningTwitter : twitter.com/usuofficial

17. Universitas Andalas ( UNAND )

Rangking Dunia : 2704Lokasi : Kampus Limau Manis, Padang, Sumatera BaratWeb : unand.ac.idMotto : Untuk Kejayaan BangsaProdi Favorit : ManajemenPassing Grade : 34,25 %Warna : HijauTwitter : twitter.com/official_unand

18. Universitas Nusa Cendana ( UNDANA )

Rangking Dunia : 2705Lokasi : Jl. Adisucipto Penfui, Kupang, Nusa Tenggara TimurWeb : undana.ac.idMotto : Perguruan Tinggu Berwawasan GlobalProdi Favorit : Pendidikan DokterPassing Grade : 30,08 %Warna : Biru, Hijau, Kuning & MerahTwitter : twitter.com/infoundana

19. Universitas Sriwijaya ( UNSRI )Rangking Dunia : 2859Lokasi : Jl. Raya Palembang - Prabumulih, Indralaya, Sumatera SelatanWeb : unsri.ac.idMotto : Ilmu Alat PengabdianProdi Favorit : Teknik PertambanganPassing Grade : 43,92 %Warna : KuningTwitter : twitter.com/unsri

20. Universitas Udayana ( UNUD )

Rangking Dunia : 3107Lokasi : Kampus Bukit Jimbaran, Badung, BaliWeb : unud.ac.idMotto : Taki-Takining Sewaka Guna WidyaProdi Favorit : AkuntansiPassing Grade : 35,84 %Warna : BiruTwitter : twitter.com/UdayanaUniv

21. Universitas Syiah Kuala ( UNSYIAH )

Rangking Dunia : 3281Lokasi : Kopelma Darussalam, Banda Aceh, NADWeb : unsyiah.ac.idMotto : Jantong Hatee Rakyat AcehProdi Favorit : Pendidikan KedokteranPassing Grade : 33,02 %Warna : BiruTwitter : twitter.com/iloveunsyiah

22. Universitas Tanjungpura ( UNTAN )

Rangking Dunia : 3393Lokasi : Jln. Jend . Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan BaratWeb : untan.ac.idMotto : Mendidik dengan keteladanan, Meneliti dengan KejujuranProdi Favorit : ManajemenPassing Grade : 32,53 %Warna : MerahTwitter : twitter.com/untan_ptk

23. Universitas Lampung ( UNILA )

Rangking Dunia : 3557Lokasi : Jl. Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro No. 1 , Bandar Lampung, LampungWeb : unila.ac.idMotto : Edukatif, Inovatif, ReligiusProdi Favorit : ManajemenPassing Grade : 33,50 %Warna : HijauTwitter : twitter.com/Univ_Lampung24. Universitas Jenderal Soedirman ( UNSOED )

Rangking Dunia : 3625Lokasi : Jl. Prof. Hr. Bunyamin 708 , Purwokerto, Jawa TengahWeb : unsoed.ac.idMotto : Moving Ahead Never RetreatProdi Favorit : ManajemenPassing Grade : 36,36 %Warna : KuningTwitter : twitter.com/infoUNSOED25. Universitas Jember ( UNEJ )

Rangking Dunia : 4264Lokasi : Jl. Kalimantan 37 Kampus Bumi TegalbotoWeb : unej.ac.idMotto : A Step a Head to an Outstanding UniversityProdi Favorit : ManajemenPassing Grade : 32,16 %Warna : Kuning dan HijauTwitter : twitter.com/WeLoveUnej

PASSING GRADE SBMPTNI. INSTITUTE TEKNOLOGI BANDUNG (ITB)Berikut dataPassing Grade ITB:JURUSAN IPA1. STEI65,7%2. FTI62,5%3. FTTM59,8%4. FTMD58,7%5. FTSL56,5%6. SAPPK55,2%7. SF54,4%8. FITB52,9%9. STIH-Sains49,3%10. FMIPA47,8%11. STIH-Rekayasa39,8%

II. UNIVERSITAS INDONESIA (UI)PASSING GRADE SBMPTN UI JURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UI (59,8%)2. Teknik Elektro UI (58,6%)3. Farmasi UI (58,4%)4. Teknik Kimia/TGP UI (57,4%)5. Teknik Industri UI (54%)6. Ilmu Komputer UI (52,8%)7. Teknik Mesin UI (52%)8. Pendidikan Dokter Gigi UI (51,2%)9. Teknik Metalurgi dan Material UI (47,4%)10. Arsitektur UI (47,2%)

PASSING GRADE SBMPTN JURUSAN IPS1. Akuntansi UI (63,9%)2. Ilmu Hubungan Internasional UI (63,1%)3. Manajemen UI (61%)4. Psikologi UI (60,6%)5. Ilmu Komunikasi UI (58,3%)6. Ilmu Ekonomi UI (56,4%)7. Ilmu Hukum UI (56,2%)8. Sastra Inggris UI (53,8%)9. Ilmu Administrasi Niaga UI (52,9%)10. Sastra Perancis UI (50,1%)11. Kriminologi UI (49,6%)12. Ilmu Administrasi Negara UI (49%)13. Ilmu Politik UI (47,8%)14. Sastra Cina UI (47,8%)15. Sastra Rusia UI (46,7%16. Ilmu Administrasi Fiskal UI (46,6%)17. Ilmu Filsafat UI (46,6%)18. Sastra Jerman UI (46,4%)19. Ilmu Kesejahteraan Sosial UI (44,9%)20. Arkeologi UI (44,7%)21. Sastra Jepang UI (50,3%)22. Sosiologi UI (44,5%)23. Sastra Arab UI (43,8%)24. Ilmu Sejarah UI (43,2%)25. Antropologi Sosial UI (42%)

III. UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM)Passing Grade UGMJURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UGM (59,3%)2. Teknik Elektro UGM (57,4%)3. Ilmu Komputer UGM (56,5%)4. Teknik Kimia UGM (54,8%)5. Arsitektur UGM (51,4%)6. Teknik Mesin UGM (51,4%)7. Pendidikan Dokter Gigi UGM (50%)8. Biologi UGM (47,2%)Passing Grade SBMPTN Jurusan IPS1. Akuntansi UGM (62,1%)2. Psikologi UGM (58,7%)3. Ilmu Hubungan Internasional UGM (58,5%)4. Manajemen UGM (57,9%)5. Ilmu Komunikasi UGM (57,4%)6. Sastra Inggris UGM (56,6%)7. Ilmu Ekonomi UGM (55,6%)8. Ilmu Hukum UGM (54,1%)9. Ilmu Administrasi Negara UGM (50,5%)10. Ilmu Pemerintahan UGM (50,4%)11. Sastra Jepang UGM (50%)12. Sastra Perancis UGM (47,1%)

IV. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)Passing Grade SBMPTN ITS JURUSAN IPA1. Teknik Informatika ITS (59,5%)2. Teknik Elektro ITS (57,7%)3. Teknik kimia ITS (56,6%)4. Teknik Industri ITS (53,8%)5. Teknik Lingkungan ITS (52,4%)6. Teknik Mesin ITS (51,5%)7. Sistem Informasi ITS (47,4%)V. UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR)Passing Grade SBMPTN UNAIR JURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNAIR (58,6%)2. Farmasi UNAIR (53,8%)JURUSAN IPS1. Akuntansi UNAIR (57,5%)2. Ilmu Komunikasi UNAIR (57,4%)3. Psikologi UNAIR (56,4%)4. Manajemen UNAIR (56%)5. Ekonomi Pembangunan UNAIR (51,1%)6. Ilmu Hukum UNAIR (50,7%)7. Ilmu Administrasi Negara UNAIR (48,5%)8. Sastra Inggris UNAIR (45,8%)9. Ilmu Hubungan Internasional UNAIR (47,9%)

VI. UNIVERSITAS PADJAJARAN (UNPAD)Passing Grade UNPAD JURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNPAD (58%)2. Farmasi UNPAD (51,5%)3. Pendidikan Dokter Gigi UNPAD (47,8%)4. Psikologi UNPAD (47,7%)5. Statistika UNPAD (47,2%)JURUSAN IPS1. Akuntansi UNPAD (61,2%)2. Ilmu Komunikasi UNPAD (59,4%)3. Ilmu Hubungan Internasional UNPAD (58,1%)4. Manajemen UNPAD (55,1%)5. Ekonomi Pembangunan UNPAD (54,2%)6. Ilmu Administrasi Niaga UNPAD (52,2%)7. Ilmu Hukum UNPAD (51,4%)8. Ilmu Administrasi Negara UNPAD (47,4%)9. Sastra Inggris UNPAD (46%)10. Ilmu Pemerintahan UNPAD (43%)VII. UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP)PASSING GRADE UNDIPJURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNDIP (57,5%)2. Teknik Elektro UNDIP (54,1%)3. Teknik Industri UNDIP (52,9%)4. Arsitektur UNDIP (49,2%)5. Teknik Mesin UNDIP (47,8%)Passing Grade SBMPTN Undip JURUSAN IPS1. Akuntansi UNDIP (55,2%)2. Ilmu Komunikasi UNDIP (51,6%)3. Manajemen UNDIP (51,5%)4. Ilmu Hukum UNDIP (48,8%)5. Ilmu Pemerintahan UNDIP (48,3%)6. Ekonomi Pembangunan UNDIP (44%)7. Ilmu Administrasi Niaga UNDIP (43%)VIII. UNIVERSITAS SRIWIJAYA (UNSRI)JURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNSRI (56,5%)2. Teknik Informatika UNSRI (52,2%)3. Pendidikan Dokter Gigi UNSRI (50,1%)

JURUSAN IPS1. Akuntansi UNSRI (53,7%)2. Ilmu Hukum UNSRI (50,7%)3. 3. Pend. B. Inggris UNSRI (50,2%)

IX. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)JURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UB (55,1%)2. Teknik Elektro UB (52,9%)3. Arsitektur UB (47,1%)JURUSAN IPS1. Akuntansi UB (57,3%)2. Manajemen UB (54,5%)3. Ilmu Administrasi Publik UB (49,3%)4. Ilmu Hukum UB (48,3%)5. Ilmu Administrasi Bisinis UB (44,7%)6. Ekonomi Pembangunan UB (43,1%)7. Sastra Inggris UB (42,3%)X. UNIVERSITAS SUMATRA UTARA (USU)JURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter USU (55,1%)2. Farmasi USU (53,2%)3. Pendidikan Dokter Gigi USU (50,3%)JURUSAN IPS1. 1Manajemen USU (53,1%)2. Ekonomi Pembangunan USU (52,5%)3. Ilmu Hukum USU (51,2%)4. Sastra Inggris USU (50,6%)5. Akuntansi USU (50,5%)6. Ilmu Administrasi Negara USU (50,2%)XI. UNIVERSITAS ANDALASJURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNAND (54,6%)2. Farmasi UNAND (51,4%)JURUSAN IPS1. Akuntansi UNAND (53,9%)2. Ilmu Hubungan Internasional UNAND (52,2%)3. Manajemen UNAND (50,4%)XII. UNIVERSITAS HASANUDIN (UNHAS)JURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNHAS (55,7%)2. Farmasi UNHAS (53,8%)3. Pendidikan Dokter Gigi UNHAS (50,6%)JURUSAN IPS1. Akuntansi UNHAS (52,6%)2. Manajemen UNHAS (52,4%)3. Ilmu Hubungan Internasional UNHAS (51%)4. Sastra Inggris UNHAS (50,6%)5. Ilmu Pemerintahan UNHAS (50,2%)6. Ilmu Hukum UNHAS (50%)XIII. UNIVERSITAS UDAYANAJURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNUD (52,5%)JURUSAN IPS1. Manajemen UNUD (48,2%)2. Akuntansi UNUD (45,9%)XIV. UNIVERSITAS 11 MARET SOLOJURUSAN IPA1. Pendidikan Dokter UNS (57,2%)2. Farmasi UNS (56,4%)JURUSAN IPS1. Manajemen UNS (54,9%)2. Manajemen Univ. 11 Maret Solo (53,9%)3. Akuntansi Univ. 11 Maret Solo (54,9%)4. Desain Komunikasi Visual Univ. 11 Maret Solo (55,7%)5. Ilmu Administrasi Negara Univ. 11 Maret Solo (53,5%)XV. UNIVERSITAS LAMPUNG (UNILA)JURUSAN IPS1. Ilmu Komunikasi UNILA (47,7%)2. Ekonomi Pembangunan UNILA (46,1%)3. Ilmu Administrasi Niaga UNILA (42,6%)XVI. INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)JURUSAN IPA1.Ilmu Gizi IPB (56,3%)2.Teknologi Industri Pertanian-IPB (56,3 %)3.Agribisnis IPB (54,2%)4.Ilmu Komputer IPB (53,2%)5.Teknologi Pangan IPB (52,8%)6.Manajemen IPB (50,1%)PASSING GRADE (DIBAWAH 50%) BEBERAPA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI INDONESIA.INSTITUTE TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)JURUSAN IPA1. Arsitektur ITS (42.77%)2. Biologi ITS (31.5%)3. Desain Produk Industri ITS (33.22%)4. Fisika ITS (35.69%)5. Kimia ITS (34.16%)6. Matematika ITS (36.11%)7. Statistika ITS (38.91%)8. Teknik Elektro ITS (49.13%)9. Teknik Fisika ITS (40.19%)10. Teknik Geodesi ITS (38.16%)11. Teknik Industri ITS (48.22%)12. Teknik Informatika ITS (49.94%)13. Teknik Kelautan ITS (42.47%)14. Teknik Kimia ITS (48.80%)15. Teknik Lingkungan ITS (39%)16. Teknik Material ITS (35.16%)17. Teknik Mesin ITS (44.27%)18. Teknik Perkapalan ITS (47.36%)19. Teknik Sipil ITS (45.33%)20. Teknik Sistem Perkapalan ITS (43.47%)II. UNIVERSITAS AIRLANGGAJURUSAN IPA1. Biologi UNAIR (31.80%)3. Fisika UNAIR (32.22%)4. Kedokteran Hewan UNAIR (36.25%)5. Kesehatan Masyarakat UNAIR (35.69%)6. Kimia UNAIR (32.30%)7. Matematika UNAIR (33.66%)8. Pendidikan DokteR (Gigi UNAIR (49%)JURUSAN IPS1. Antropologi Sosial UNAIR (32.28%)2. Ekonomi Akuntansi UNAIR (46.81%)3. Ekonomi Manajemen UNAIR (44.40%)4. Ekonomi Pembangunan UNAIR (42.87%)5. Ilmu Administrasi Negara UNAIR (40.31%)6. Ilmu Hubungan Internasional UNAIR (43.21%)7. Ilmu Hukum UNAIR (39.5%)8. Ilmu Komunikasi UNAIR (41.75%)9. Ilmu Politik UNAIR (34.75%)10. Ilmu Sejarah UNAIR (31.71%)11. Psikologi UNAIR (39.62%)12. Sastra Indonesia UNAIR (31.03%)13. Sastra Inggris UNAIR (31.18%)14. Sosiologi UNAIR (32.12%)III. UNIVERSITAS HASSANUDINJURUSAN IPA1. Agronomi UNHAS (29.02%)2. Arsitektur UNHAS (39.16%)3. Biologi UNHAS (28.77%)4. Budi Daya Perairan UNHAS (28.30%)6. Fisika UNHAS (29.16%)7. Geofisika (Meteorologi) UNHAS (36.66%)8. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan UNHAS (26.66%)9. Ilmu Kelautan UNHAS (33.83%)10. Ilmu Tanah UNHAS (29.16%)11. Kesehatan Masyarakat UNHAS (28.47%)12. Kimia UNHAS (27.77%)13. Manajemen Hutan UNHAS (28.05%)14. Manajemen Sumber Daya Perairan UNHAS (27.36%)15. Matematika UNHAS (29.16%)16. Nutrisi dan Makanan Ternak UNHAS (28.88%)17. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan UNHAS (23.88%)20. Produksi Ternak UNHAS (27.36%)21. Sastra Arab UNHAS (24.53%)22. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNHAS (28.05%)23. Sosial Ekonomi Peternakan UNHAS (24.16%)24. Statistika UNHAS (33.38%)25. Teknik Elektro UNHAS (39.16%)26. Teknik Geologi UNHAS (34.52%)27. Teknik Mesin UNHAS (35.55%)28. Teknik Perkapalan UNHAS (39.86%)29. Teknik Pertanian UNHAS (31.33%)30. Teknik Sipil UNHAS (35.55%)31. Teknologi Hasil Hutan UNHAS (27.96%)32. Teknologi Hasil Pertanian UNHAS (34.44%)JURUSAN IPS1. Antropologi Sosial UNHAS (30.31%)2. Arkeologi UNHAS (28.28%)3. Ekonomi Akuntansi UNHAS (43.75%)4. Ekonomi Manajemen UNHAS (41.18%)5. Ekonomi Pembangunan UNHAS (35.78%)6. Ilmu Administrasi Negara UNHAS (38.75%)7. Ilmu Hubungan Internasional UNHAS (38.90%)8. Ilmu Hukum UNHAS (33.75%)9. Ilmu Komunikasi UNHAS (33.15%)10. Ilmu Pemerintahan UNHAS (33.90%)11. Ilmu Politik UNHAS (29.75%)12. Ilmu Sejarah UNHAS (28.59%)13. Sastra Daerah Untuk Sast.Bugis (Makasar) UNHAS (23.90%)14. Sastra Indonesia UNHAS (27.18%)15. Sastra Inggris UNHAS (29.34%)16. Sastra Perancis UNHAS (28.62%)17. Sosiologi UNHAS (30.09%)IV. UNIVERSITAS UDAYANAJURUSAN IPA1. Arsitektur UNUD (36.52%)2. Biologi UNUD (28.05%)3. Fisika UNUD (28.5%)4. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan UNUD (26.38%)5. Kedokteran Hewan UNUD (32.02%)6. Kimia UNUD (27.66%)7. Nutrisi dan Makanan Ternak UNUD (26.52%)9. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian UNUD (26.38%)10. Produksi Ternak UNUD (27.5%)11. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNUD (27.36%)12. Teknik Elektro UNUD (39.16%)13. Teknik Mesin UNUD (35.36%)14. Teknik Sipil UNUD (33.66%)15. Teknologi Hasil Pertanian UNUD (29.30%)JURUSAN IPS1. Agronomi UNUD (27.36%)2. Arkeologi UNUD (28.28%)3. Ekonomi Akuntansi UNUD (37.18%)4. Ekonomi Manajemen UNUD (39.37%)5. Ekonomi Pembangunan UNUD (37.03%)6. Ilmu Hukum UNUD (31.09%)7. Ilmu Sejarah UNUD (20.31%)8. Ilmu Tanah UNUD (27.63%)9. Pariwisata Budaya D4 UNUD (26.87%)10. Sastra Daerah Untuk Sastra Bali UNUD (23.59%)11. Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa UNUD (22.81%)12. Sastra Indonesia UNUD (26.87%)13. Sastra Inggris UNUD (28.75%)14. Seni Rupa Murni UNUD (26.34%)V. UNIVERSITAS MULAWARMANJURUSAN IPA1. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan UNMUL (23.47%)2. Ilmu Tanah UNMUL (28.61%)3. Manajemen Hutan UNMUL (23.22%)4. Manajemen Sumber Daya Perairan UNMUL (22.08%)5. Pend. Biologi UNMUL (25.41%)6. Pend. Fisika UNMUL (25.27%)7. Pend. Kimia UNMUL (24.72%)8. Pend. Matematika UNMUL (23.88%)9. SosiaL Ekonomi Perikanan UNMUL (21.66%)10. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNMUL (28.88%)11. Teknologi Hasil Hutan UNMUL (26.38%)JURUSAN IPS1. Agronomi UNMUL (22.08%)2. Budi Daya Perairan UNMUL (26.36%)3. Ekonomi Akuntansi UNMUL (35.15%)4. Ekonomi Manajemen UNMUL (36.87%)5. Ekonomi Pembangunan UNMUL (35.46%)6. Ilmu Administrasi Negara UNMUL (31.56%)7. Ilmu Pemerintahan UNMUL (34.06%)8. Ilmu Sosiatri UNMUL (25.59%)9. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah UNMUL (25.62%)10. Pend. Bhs. Inggris UNMUL (29.53%)11. Pend. Ekonomi UNMUL (24.53%)12. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) UNMUL (24.84%)VI. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYAJURUSAN IPA1. Biologi UNNESA (30.25%)2. fisika UNNESA (30.58%)3. Ilmi Keolahragaan UNNESA (29.64%)4. Kimia UNNESA (30.58%)5. Matematika UNNESA (30.68%)6. Pend. Biologi UNNESA (28.05%)7. Pend. Fisika UNNESA (27.01%)8. Pend. Teknik Bangunan UNNESA (28%)9. Pend. Teknik Elektro UNNESA (30.63%)10. Pend. Teknik Mesin UNNESA (30.15%)11. Teknik Elektro D3 UNNESA (28%)12. Teknik Mesin D3 UNNESA (29.62%)13. Teknik Sipil D3 UNNESA (27.62%)14. Pend. Kimia UNNESA (27.69%)15. Pend. Matematika UNNESA (27.72%)JURUSAN IPS1. Bahasa dan Sastra Indonesia UNNESA (29.41%)2. Bahasa dan Sastra Inggris UNNESA (29.41%)3. Bimbingan dan Konseling UNNESA (25.75%)4. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah UNNESA (28.66%)5. Pend. Bhs. Inggris UNNESA (31.97%)6. Pend. Bhs. Jepang UNNESA (29.03%)7. Pend. Bhs. Jerman UNNESA (29.44%)8. Pend. Ekonomi UNNESA (29.06%)9. Pend. Geografi UNNESA (30.43%)10. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi UNNESA (28.19%)11. Pend. Kepelatihan Olahraga UNNESA (28.63%)12. Pend. Kesejahteraan Keluarga UNNESA (27.63%)13. Pend. Luar Biasa UNNESA (27.41%)14. Pend. Luar Sekolah UNNESA (27.63%)15. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) UNNESA (29.44%)16. Pend. Sejarah UNNESA (29.34%)17. Pend. Seni Drama, Tari dan Musik UNNESA (28.97%)18. Pend. Seni Rupa UNNESA (28.41%)19. Teknologi Pendidikan UNNESA (28.69%)VII. UNIVERSITAS NUSA CENDANAJURUSAN IPA1. Agronomi UNDANA (21.64%)2. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan UNDANA (22.47%)3. Ilmu Tanah UNDANA (25.36%)4. Nutrisi dan Makanan Ternak UNDANA (22.05%)5. Pend. Biologi UNDANA (22.77%)6. Pend. Fisika D3 UNDANA (20.80%)7. Pend. Kimia UNDANA (22.5%)8. Pend. Matematika UNDANA (25.27%)9. Pend. Teknik Bangunan UNDANA (24%)10. Pend. Teknik Elektro UNDANA (26.25%)11. Pend. Teknik Mesin UNDANA (29.15%)12. Produksi Ternak UNDANA (20.55%)13. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNDANA (23.33%)VII. UNIVERSITAS CENDRAWASIHJURUSAN IPA1. Agronomi UNCEN (22.08%)2. Budi Daya Hutan UNCEN (26.38%)3. Pend. Biologi UNCEN (22.77%)4. Pend. Fisika UNCEN (21.80%)5. Pend. Kimia UNCEN (22.5%)6. Pend. Matematika UNCEN (25.27%)7. Produksi Ternak UNCEN (27.77%)8. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNCEN (22.08%)9. Teknik Sipil UNCEN (31.66%)10. Teknik Sipil D3 UNCEN (29.41%)JURUSAN IPS1. Antropologi Sosial UNCEN (27.03%)2. Bimbingan dan Konseling UNCEN (23.91%)3. Ekonomi Manajemen UNCEN (35.62%)4. Ekonomi Pembangunan UNCEN (33.75%)5. Ilmu Administrasi Negara UNCEN (30.46%)6. Ilmu Administrasi Negara UNCEN (26.34%)7. Ilmu Administrasi Niaga UNCEN (27.75%)8. Ilmu Hukum UNCEN (32.03%)9. Ilmu Hukum UNCEN (27.43%)10. Ilmu Kesejahteraan Sosial UNCEN (30.51%)11. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah UNCEN (23.28%)12. Pend. Bhs. Inggris UNCEN (27.96%)13. Pend. Bhs. Inggris UNCEN (29.15%)14. Pend. Ekonomi UNCEN (24.84%)15. Pend. Geografi UNCEN (24.53%)16. Pend. Geografi UNCEN (24.53%)17. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi UNCEN (23.28%)18. Pend. Pancasila & Kewarganegaraa (PPKN) UNCEN (24.84%)19. Pend. Sejarah UNCEN (25.46%)20. Pend. Sejarah UNCEN (26.71%)21. Sosiologi UNCEN (28.59%)VIII. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURATJURUSAN IPA1. Agronomi UNLAN (27.36%)2. Arsitektur UNLAN (32.36%)3. Budi Daya Hutan UNLAN (27.36%)4. Budi Daya Perairan UNLAN (25.36%)5. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan UNLAN (26.52%)6. Ilmu Tanah UNLAN (28.75%)7. Manajemen Hutan UNLAN (23.5%)8. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan UNLAN (23.88%)9. Pend. Biologi UNLAN (26.66%)10. Pend. Kimia UNLAN (23.47%)11. Pend. Matematika UNLAN (25.55%)12. Pendidikan Dokter UNLAN (36.80%)13. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian UNLAN (23.88%)14. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNLAN (27.5%)15. Teknik Sipil UNLAN (31.76%)16. Teknologi Hasil Hutan UNLAN (27.16%)17. Teknologi Hasil Perikanan UNLAN (25.25%)JURUSAN IPS1. Ekonomi Akuntansi UNLAN (38.43%)2. Ekonomi Manajemen UNLAN (37.65%)3. Ekonomi Pembangunan UNLAN (33.75%)4. Ilmu Administrasi Negara UNLAN (28.75%)5. Ilmu Administrasi Niaga UNLAN (28.75%)6. Ilmu Hukum UNLAN (29.21%)7. Ilmu Pemerintahan UNLAN (33.59%)8. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah UNLAM (25.93%)9. Pend. Bhs. Inggris UNLAN (29.15%)10. Pend. Ekonomi UNLAN (25.78%)11. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi UNLAN (23.28%)12. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) UNLAN (24.84%)13. Pend. Sejarah UNLAN (26.71%)IX. UNIVERSITAS HALUOLEOJURUSAN IPA1. Agronomi UNHALU (20.54%)2. Budi Daya Perairan UNHALU (23.19%)3. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan UNHALU (21.47%)4. Manajemen Sumber Daya Perairan UNHALU (21.05%)5. Pend. Biologi UNHALU (21.77%)6. Pend. Fisika UNHALU (21.80%)7. Pend. Kimia UNHALU (22.5%)8. Pend. Matematika UNHALU (23.88%)9. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian UNHALU (22.38%)10. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNHALU (22.08%)11. Teknik Elektro D3 UNHALU (26%)12. Teknik Mesin D3 UNHALU (28.62%)13. Teknik Sipil D3 UNHALU (26.62%)JURUSAN IPS1. Antropologi Sosial UNHALU (25.71%)2. Ekonomi Akuntansi UNHALU (33.15%)3. Ekonomi Manajemen UNHALU (32.53%)4. Ekonomi Pembangunan UNHALU (31.03%)5. Ilmu Administrasi Negara UNHALU (25.34%)6. Ilmu Komunikasi UNHALU (32.21%)7. Pend. Bahasa & Sast.Indonesia dan Daerah UNHALU (23.28%)8. Pend. Bhs. Inggris UNHALU (27.96%)9. Pend. Ekonomi UNHALU (23.84%)10. Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi UNHALU (23.28%)11. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) UNHALU (23.84%)12. Pend. Sejarah UNHALU (24.46%)13. Psikologi Pendidikan UNHALU (?)14. Sosiologi UNHALU (27.59%)X. UNIVERSITAS SAM RATULANGIJURUSAN IPA1. Agronomi UNSRAT (27.5%)2. Arsitektur UNSRAT (32.36%)3. Budi Daya Perairan UNSRAT (24.36%)4. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan UNSRAT (26.52%)5. Ilmu Kelautan UNSRAT (31.30%)6. Ilmu Tanah UNSRAT (27.5%)7. Manajemen Sumber Daya Perairan UNSRAT (23.05%)8. Nutrisi dan Makanan Ternak UNSRAT (27.5%)9. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan UNSRAT (23.75%)10. Pendidikan Dokter UNSRAT (37.80%)11. Produksi Ternak UNSRAT (23.88%)12. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) UNSRAT (27.5%)13. Sosial Ekonomi Peternakan UNSRAT (24.72%)14. Teknik Elektro UNSRAT (39.02%)15. Teknik Mesin UNSRAT (33.33%)16. Teknik Pertanian UNSRAT (28.61%)17. Teknik Sipil UNSRAT (32.66%)18. Teknologi Hasil Perikanan UNSRAT (24.25%)JURUSAN IPS1. Antropologi Sosial UNSRAT (26.71%)2. Ekonomi Akuntansi UNSRAT (37.5%)3. Ekonomi Manajemen UNSRAT (37.65%)4. Ekonomi Pembangunan UNSRAT (34.53%)5. Ilmu Administrasi Negara UNSRAT (30.31%)6. Ilmu Administrasi Niaga UNSRAT (29.53%)7. Ilmu Hukum UNSRAT (33.59%)8. Ilmu Komunikasi UNSRAT (33.15%)9. Ilmu Pemerintahan UNSRAT (34.06%)10. Ilmu Politik UNSRAT (27.40%)11. Ilmu Sejarah UNSRAT (27.03%)12. Sastra Indonesia UNSRAT (25.62%)13. Sastra Jepang UNSRAT (27.66%)14. Sastra Jerman UNSRAT (27.53%)15. Sosiologi UNSRAT (29.21%)XI. INSTITUT PERTANIAN BOGORJURUSAN IPA1. Agronomi dan hortikultura (49,8 %)2. Arsitektur lansekap (38,6%)3. Biokimia (42,7%)4. Biologi (44,3%)5. Ekonomi sumberdaya dan lingkungan (36,4%)6. Ilmu dan teknologi kelautan (36 %)7. Kimia (33,1%)8. Komunikasi dan pengembangan masyarakat (30,2%)9. Konservasi sumberdayahutan& ekowisata (32,3%)10. Manajemen hutan (29,3 %)11. Statistika (48 %)12. Teknik mesin dan biosistem (35,2%)13. Teknologi hasil hutan (39,5%)14. Nutrisi dan teknologi pakan (38,3%)15. Teknologi produksi ternak (32,2%)16. Teknik sipil dan lingkungan (32,7%)17. Teknologi & manajemen perikanan budidaya (33,1%)18. Ekonomi dan studi pembangunan (31,1%)19. Ekonomi syariah (30,5%)20. Manajemen sumberdaya lahan (33,4%)21. Proteksi tanaman (32,7%)22. Manajemen sumberdaya perairan (35,3%)23. Teknologi hasil perairan (36,3%)24. Teknologi & manajemen perikanan tangkap (33,3%)25. Silvikultur (32,2%)26. Meteorologi terapan (31,6%)27. Matematika (44,7%)28. Fisika (38,2%)29. Ilmu keluarga dan konsumen (31,3%)

XII.UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIAJURUSAN IPA1. PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI (48,5%)2. PENDIDIKAN FISIKA UPI (39,2%)3. PENDIDIKAN BIOLOGI UPI (42,5%)4. PENDIDIKAN KIMIA UPI (41,3%)5. PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER UPI (46,7%)6. MATEMATIKA UPI (33,4%)7. FISIKA UPI (35,5%)8. BIOLOGI UPI (32,4%)9. KIMIA UPI (33,2%)10. ILMU KOMPUTER UPI (42,3%)11. PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKT UPI (32,5%)UR12. PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UPI (31,4%)13. PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UPI (30,1%)14. PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UPI (33,2%)15. TEKNIK ELEKTRO UPI (29,5%)16. PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGRO INDUSTRI UPI (30,1%)17. TEKNIK SIPIL UPI (29,1%)18. INTERNATIONAL PROGRAM ON SCIENCE OF EDUCATION (IPSE) UPI (31,3%)19. TEKNIK ARSITEKTUR UPI (31,2%)JURUSAN IPS1. ADMINISTRASI PENDIDIKAN UPI (33,3%)2. BIMBINGAN DAN KONSELING UPI (40,2%)3. PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UPI (33,4%)4. PENDIDIKAN LUAR BIASA UPI (30,1%)5. TEKNOLOGI PENDIDIKAN UPI (32,3%)6. PSIKOLOGI UPI (38,7%)7. PKN UPI (31,2%)8. PENDIDIKAN SEJARAH UPI (30,3%)9. PENDIDIKAN GEOGRAFI UPI (34,3%)10. ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UPI (32,5%)11. MANAJEMEN RESORT DAN LEISURE UPI (30,2%)12. MANAJEMEN PEMASARAN PARIWISATA UPI (30,4%)13. MANAJEMEN INDUSTRI KATERING UPI (31,7%)14. PENDIDIKAN BHS.DAN SASTRA INDONESIA UPI (37,4%)15. PENDIDIKAN BAHASA DAERAH UPI (36,3%)16. PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UPI (40,8%)17. PENDIDIKAN BAHASA ARAB UPI (35,3%)18. PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UPI (35,5%)19. PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UPI (32,4%)20. PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS UPI (33,2%)21. BAHASA DAN SASTRA INGGRIS UPI (38,3%)22. BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UPI (35,3%)23. PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UPI (29,3%)24. PENDIDIKAN TATA BOGA UPI (28,2%)25. PENDIDIKAN TATA BUSANA UPI (30,3%)26. PENDIDIKAN AKUNTANSI UPI (36,8%)27. PENDIDIKAN MANAJEMEN BISNIS UPI (36,2%)28. PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN UPI (34,9%)29. PENDIDIKAN EKONOMI UPI (38,3%)30. MANAJEMEN UPI (42,3%)31. AKUNTANSI UPI (40,6%)32. PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UPI (32,3%)33. PENDIDIKAN IPS UPI (36,3%)34. PENDIDIKAN SOSIOLOGI UPI ((34,3%)35. PGSD KAMPUS CIBIRU UPI (30,3%)36. PGPAUD KAMPUS CIBIRU UPI (32,5%)37. PGSD KAMPUS SUMEDANG UPI (28,3%)38. PGSD KAMPUS PURWAKARTA UPI (26,3%)39. PGSD KAMPUS TASIKMALAYA UPI (27,3%)40. PGSD KAMPUS SERANG UPI (27,1%)41. PGSD KAMPUS BUMI SILIWANGI UPI (29,3%)42. PGPAUD KAMPUS BUMI SILIWANGI UPI (29,8%)43. ILMU KOMUNIKASI UPI (24,3%)Tetapi, walaupun nilai passing grade tersebut fluktuatif. Salah satu kunci untuk dapat Lolos SBMPTN tersebut adalah dengan mengetahui prediksi dari nilai passing grade jurusan yang dipilih. Caranya yaitu dengan membandingkan nilai saat TO (try out) mengerjakansoal sbmptndengan nilaipassing grade, karena biasanya setiap sekolah/madrasah memberikan TO SBMPTN bagi siswa-siswinya. Demikian info mengenaiPassing Grade SBMPTN 2015Posted on July 29, 2014 inInfo SBMPTN,Passing grade sbmptn

KELOMPOK DAN MATERI UJIAN SBMPTN 2015Ujian SBMPTN 2015terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.Jenis Ujian dalam SBMPTN 2015 :UJIAN TERTULIS Tes Potensi Akademik (TPA). Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

UJIAN KETERAMPILAN Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih.Ujian Tertulis SBMPTN 2015KELOMPOK UJIANMATERI UJIAN TULISMATA UJI

1. SaintekTKPAMatematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural

TKD SaintekMatematika, Biologi, Kimia, dan Fisika

1. SoshumTKPAMatematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural

TKD SoshumSosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi

1. CampuranTKPAMatematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural

TKD SaintekMatematika, Biologi, Kimia, dan Fisika

TKD SoshumSosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi

Keterangan:TKPA : Tes Kemampuan dan Potensi AkademikTKD Saintek : Tes Kemampuan Dasar Sains dan TeknologiTKD Soshum : Tes Kemampuan Dasar Sosial dan HumanioraUjian Keterampilan SBMPTN 2015Materi ujian keterampilan terdiri dari:a. Tes Keterampilan mencakup bidang:1. Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni2. Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara)3. Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara)4. Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).b. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas1. Tes Kesehatan2. Tes Kemampuan Fisik

23