04540020 Maya Fatmawati

download 04540020 Maya Fatmawati

of 92

Transcript of 04540020 Maya Fatmawati

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DETEKTOR MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN SENSOR UGN3503 BERBASIS PC

SKRIPSI Oleh: MAYA FATMAWATI NIM : 04540020

FAKULTAS SAINS & TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2009

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DETEKTOR MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN SENSOR UGN3503 BERBASIS PC

SKRIPSI

Diajukan Kepada: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Sains (S.Si)

Oleh : MAYA FATMAWATI NIM. 04540020

JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2009

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DETEKTOR MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN SENSOR UGN3503 BERBASIS PC

SKRIPSI

Oleh : MAYA FATMAWATI NIM : 04540020

Disetujui oleh : Pembimbing I Pembimbing II

Imam Tazi, M. Si NIP. 150 327 265

Ahmad Barizi, M.A NIP. 150 283 991

Mengetahui Ketua Jurusan Fisika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Drs. M. Tirono, M.Si NIP. 131 971 849

LEMBAR PENGESAHAN PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DETEKTOR MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN SENSOR UGN3503 BERBASIS PC

SKRIPSIOLEH MAYA FATMAWATI NIM 04540020Telah Dipertahankan di Depan Dewan Penguji Skripsi dan Dinyatakan Diterima sebagai Salah Satu Persyaratan untuk Memperoleh Gelar Sarjana Sains (S.Si) Tanggal: Susunan Dewan Penguji: 1. Penguji Utama 2. Ketua 3. Sekretaris 4. Anggota : Drs. M. Tirono, M. Si. NIP 131 971 849 : Farid Samsu Hananto, S.Si NIP 150 327 266 : Imam Tazi, M.Si NIP 150 327 265 : Ahmad Barizi, M.A NIP 150 283 991 Mengetahui dan Mengesahkan, Ketua Jurusan Fisika Tanda Tangan ( ( ( ( ) ) ) )

Drs. M. Tirono, M. Si. NIP 131 971 849

PERSEMBAHANKU :

Seiring doa, semangat dan dukungannya, Skripsi ini kupersembahkan kepada: Kedua orang tuaku tercinta; Bapak Abd Halim dengan ketulusannya selalu berjuang dan memberikan yang terbaik untukku,dan Ibu Umi Chofsoh (Alm) yang selalu mendidik, mendoakan dan menyayangiku Semoga Allah memberikan kebahagiaan dunia-akherat Amin Kepada seluruh keluargaku; mas & mbak iparku, semua keponakanku & segenap keluarga besar kalian Yang selalu memberiku doa dan motivasi Kepada My New Family; mom, mbah Upi, maz Ian, maz aRi n adk imaniaR , kalian telah memberikan warna dalam hidupku..... Dosen2 Fisika yang terhormat; P.Tirono, P.Farid, P.Tazi, P.Toki, P.Basid, P.Agus Kris, P.Agus Mul, P.Irjan, P.Avi, Bu Erika dan Bu Erna. Semoga Allah membalas kebaikan MerekaAmin Kepada teman2 yang telah yang telah memberi arti persaudaraan dan perjuangan di kampus UIN tercinta; Smua temen2 Komputasi & Instrumentasi Fisika angkatan 2004....semoga kita menjadi Insan Kamil yang hebat & Seluruh keluarga Fisika UIN Malang tetap semangat, spirit & ...........chayooo!!!!! Kepada sahabat kos 48; Dina, Ratih, Cita, Melka, Menyun, Rlina, Rida, Mamu, Eka, dan JST 8b; si imoet Anif, si centil Riza, si tomboy Iva, si kecil Paera, n de2k Wie.........yang selalu bersama mengukir dan melewati hari yang penuh makna dan arti, Serta mami Anik n si mungil Firna thanks n luph u all... Dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu...., thanks buat doa, semangat dan dukungannya.

THAnKS For All

Motto

Artinya: Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya. (QS. Al Anbiya/21:32).

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb. Segala puji bagi Allah SWT karena atas limpahan nikmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Sains (S.Si). Penulis menyadari bahwa banyak pihak yang berpartisipasi dan membantu dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini. Penulis sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya teriring doa Jazakumullah ahsanal jazaa kepada: 1. Prof. Dr. H. Imam Suprayogo selaku rektor Universitas Islam Negeri Malang. 2. Prof. Drs.Sutiman Bambang Sumitro, SU, DSc selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang. 3. Drs. M. Tirono, M.Si selaku Ketua Jurusan Fisika Universitas Islam Negeri (UIN). Malang. 4. Imam Tazi, M.Si selaku Dosen Pembimbing I yang dengan sabar senantiasa membimbing dan mengarahkan penulisan skripsi ini. 5. Ahmad Barizi, MA selaku Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan agama pada penulisan skripsi ini. 6. Seluruh Dosen Fisika yang telah banyak memberikan ilmu pengetahuan dan informasi yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini. 7. Bapak dan almarhumah Ibu juga saudara-saudara tercinta yang dengan sepenuh hati memberikan dukungan baik moril maupun sprituil sehingga penulisan skripsi ini dapat terselesaikan.

8. Teman-teman Fisika terutama angkatan 2004 beserta semua pihak yang telah membantu penyelesaian skripsi ini. 9. Teman-teman kos Joyo 8b yang telah memberikan semangat dan dukungannya. 10. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu dalam penulisan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat dan menambah khazanah ilmu pengetahuan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Malang, 30 Juli 2009

Penulis

DAFTAR ISIHALAMAN JUDUL.......................................................................................... HALAMAN PENGAJUAN............................................................................... i ii

HALAMAN PERSETUJUAN.......................................................................... iii HALAMAN PERSEMBAHAN........................................................................ iv MOTTO.............................................................................................................. v KATA PENGANTAR........................................................................................ vi DAFTAR ISI.......................................................................................................viii DAFTAR TABEL.............................................................................................. ix DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... x DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... xi ABSTRAK.......................................................................................................... xii BAB I: PENDAHULUAN 1.1Latar Belakang................................................................................... 1 1.2 Rumusan Masalah.............................................................................. 3 1.3 Tujuan Penelitian............................................................................... 3 1.4 Manfaat Penelitian............................................................................. 3 1.5 Batasan Masalah................................................................................ 4 1.6 Statistika Penulisan........................................................................... 4 BAB II: TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Magnet............................................................................................. 6 2.2 Gaya Magnetik................................................................................. 14 2.2.1 Gaya Pada Muatan Bergerak................................................... 15 2.2.2 Gaya Pada Arus Listrik........................................................... 16 2.3 Bahan-Bahan Magnetik................................................................... 17 2.4 Induksi Magnet............................................................................... 19 2.5 Penguat Operasional....................................................................... 21

2.6 Penguat Integrator Op-Amp............................................................ 23 2.7 Differensiator Op-Amp................................................................... 23 2.8 Analog To Digital Converter (ADC 0804).................................... 24 2.9 Sensor Medan Magnet UGN3503.................................................. 27 2.10 Port Paralel.................................................................................... 20 2.11 Register Port Paralel..................................................................... 31 BAB III: METODE PENELITIAN 3.1 Waktu dan Lokasi Penelitian......................................................... 36 3.2 Alat dan Bahan Penelitian.............................................................. 36 3.2.1 Alat............................................................................................... 36 3.2.2 Bahan........................................................................................... 36 3.3 Perancangan Alat........................................................................... 37 3.3.1 Perancangan Perangkat Keras(Hardware).......................... 37 3.3.1.1 Penyusunan Rangkaian Penguat Op-Amp ............ 38 3.3.1.2 Penyusunan Rangkaian ADC.................................. 38 3.3.2 Perangkat Lunak (Software)................................................ 40 3.3.3 Pengukuran Sampel............................................................ 41 3.4 Teknik Pengambilan Data............................................................... 42 3.5 Teknik Analisis Data....................................................................... 43 BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Penelitian............................................................................... 44 4.2 Analisis Data................................................................................... 46 4.3 Pembahasan..................................................................................... 47 BAB V: PENUTUP 5.1 Kesimpulan................................................................................... 49 5.2 Saran............................................................................................. 50 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL Tabel Halaman

2.1 Register Port Parallel....................................................................................... 31 2.2 Alamat Parallel Port PC.................................................................................. 32 2.3 Daftar Pin Parallel Port.................................................................................. 34 4.1 Hasil Pengujian Sistem Keseluruhan .............................................................. 45

DAFTAR GAMBAR

Gambar

Halaman

2.1 Garis-Garis Medan Magnet................................................................................. 10 2.2 Simbol Dari Sebuah Penguat Operasional........................................................... 22 2.3 Sebuah Differensiator......................................................................................... 24 2.4 ADC 0804.......................................................................................................... 26 2.5 Hall Effect Sensor................................................................................................ 27 2.6 Pinout Sensor UGN 3503.................................................................................... 29 2.7 Blok Diagram Rangkaian Internal UGN 3503.................................................... 30 2.8 Port Parallel......................................................................................................... 31 3.1 Diagram Blok Perencanaan Perangkat Keras...................................................... 37 3.2 Rangkaian Penguat Op-Amp................................................................................ 38 3.3 Rangkaian ADC.................................................................................................. . 39 3.4 Diagram Alur Program......................................................................................... 40 3.5 Rangkaian Pengujian Sistem Elektronik............................................................. . 42

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran

Halaman

Lampiran 1 Gambar Rangkaian Keseluruhan.......................................................... 53 Lampiran 2 Gambar Foto Alat................................................................................. 54 Lampiran 3 Tampilan Pada PC................................................................................. 55 Lampiran 4 Listing Program..................................................................................... 57 Lampiran 5 Data Sheet Sensor UGN3503............................................................... 78 Lampiran 6 Kartu Bimbingan Skripsi...................................................................... 85

ABSTRAK Fatmawati, Maya. 2009. Perancangan Dan Pembuatan Detektor Medan Magnet Menggunakan Sensor UGN3503 Berbasis PC, Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UINMMI) Malang. Dosen Pembimbing: Imam Tazi, M.Si dan Ahmad Barizi, MA. Kata kunci : Magnet, Pengukuran, Sensor UGN3503 Pengukuran medan magnet berbasis komputer digunakan untuk mengidentifikasi besar medan magnet yang terukur. Medan magnet adalah salah satu besaran fisis yang sangat penting dan digunakan dalam banyak bidang. Sedangkan magnet adalah suatu materi yang mempunyai medan magnet dan dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Pengukuran medan magnet berbasis komputer terdiri dari sensor medan magnet UGN3503, Op-Amp LM358 dan ADC 0804. Prinsip kerja alat adalah mendekatkan magnet pada sensor. Keluaran sensor berupa tegangan akan dikuatkan oleh op-amp agar dapat diproses oleh ADC. Selanjutnya tegangan dikonversi oleh ADC menjadi data digital, kemudian diolah oleh komputer dengan program visual basic dan hasilnya ditampilkan pada PC. Sebagai kalibrasi pengukur medan magnet digunakan Teslameter digital. Dalam hal ini jarak antara medan magnet yang diukur dan sensor sangat berpengaruh saat pengujian alat. Untuk analisis data pada sistem keseluruhan dilakukan dengan mencari prosentase kesalahan relatif (KR) rata-rata pada data hasil pengujian. Data diperoleh dari perbandingan besar medan magnet baik dari hasil pengukuran dengan alat maupun hasil pengukuran dengan Teslameter Digital. Hasil pengujian pada sistem keseluruhan menunjukkan nilai kesalahan relatif rata-rata sebesar 2.1 %

ABSTRAC Fatmawati, Maya. 2009. Designing And Making Electronic Sensor Magnetic Fields With UGN3503 based PC, Skripsi. Department of Physics, Faculty of Science and Technology, Islamic University of Maulana Malik Ibrahim (UINMMI) Malang. Advisor: Imam Tazi, M. Si and Barizi Ahmad, MA. Keywords: Magnet, Measuring, Sensor UGN3503 The measurement of magnetic fields based computer is used to identify the large magnetic fields measured. Magnetic fields is one of scale fisis a very important and is used in many fields. While the magnet is a material that has magnetic fields and can attract other objects. Some things even a stronger than the others, namely metal. However, not all metals have the same attraction to the magnet. Iron and steel are two examples of materials that have a high attraction by magnet. The measurement of magnetic fields based computer consists of a sensor magnetic fields UGN3503, Op-Amp LM358 and the ADC 0804. The working principles of instrument approach is a magnet on the sensor. Sensor output voltage will be strengthened by op-amp that can be processed by ADC. Then voltage is converted by ADC into digital data, and then processed by a computer program with visual basic and the results displayed on the PC. As a calibration measure magnetic fields used Teslameter digital. In this case, the distance between the magnetic fields measured and when the sensor is a test tool. For analysis of data on the overall system is done by searching Percentage relative error (KR) average data on test results. Data obtained from the comparison of the magnetic fields of measurement results with measurement tools and results with Teslameter Digital. Test results on the overall system shows the relative value of the error an average of 2.1%

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Allah mengemukakan dalil-dalil yang menunjukkan kepada ke-Esa-an-Nya dan kekuasaan-Nya serta untuk meneguhkan apa yang telah dikemukakan. Al-Quran selalu mengutamakan dalil-dalil (hukum) alam dan mengajak manusia untuk memperhatikannya. Fenomena alam semesta merupakan salah satu di antara fenomena yang paling sering disebut dalam Al-Quran. Ayat-ayat Al-Quran yang berbicara mengenai alam semesta tersebut merupakan informasi sains yang harus digali secara terus-menerus dan dikembangkan. Besi merupakan salah satu bukti fenomena alam semesta yang secara khusus dinyatakan dalam Al-Quran sebagai berikut :

Artinya: Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya Padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha kuat lagi Maha Perkasa.(QS. Al Hadid/57:25).

Kata "anzaln" yang berarti "Kami turunkan" khusus digunakan untuk besi dalam ayat ini, dapat diartikan secara kiasan untuk menjelaskan bahwa besi diciptakan untuk memberi manfaat bagi manusia. Tapi ketika kita

mempertimbangkan makna harfiah kata ini, yakni "secara bendawi diturunkan dari langit", ayat ini memiliki keajaiban ilmiah yang sangat penting. Keistimewaan penyebutan besi sangat nampak dalam penamaan sebuah surat dalam Al-Quran dengan nama besi (Al-Hadd). Surat Al-Hadd adalah surat ke-57 dalam Al-Quran. Hal ini sama dengan salah satu isotop besi yaitu Fe-57 yang sifatnya sangat stabil. Nomor atom dari besi adalah 24, hal ini sama dengan gematrical value dari kata hadd yang jika dijumlahkan dari huruf-hurufnya, maka akan berjumlah 24. Dengan hanya melihat hal itu saja, sangatlah jelas bahwa Allah Swt menempatkan unsur besi dalam posisi yang sangat istimewa dan tidak perlu keterangan berlembar-lembar bagi Allah untuk menjelaskan karakteristik unsur besi (Diana Candra Dewi, dkk.2006:1113). Ayat di atas juga menjelaskan bahwa besi mempunyai kekuatan yang dapat membahayakan dan menguntungkan manusia. Bukti paling kuat tentang hal ini adalah bahwa lempengan besi mempunyai keistimewaan dalam bertahan menghadapi panas, tarikan, kekaratan dan kerusakan. Besi adalah suatu logam yang dimanfaatkan untuk bahan pembuatan senjata dan peralatan perang dan juga sebagai bahan baku industri berat dan ringan yang dapat menunjang kemajuan peradaban. Besi mengandung magnet. Magnet adalah suatu materi yang mempunyai medan magnet Medan magnet dapat ditemukan antara lain pada berbagai peralatan

elektronik rumah tangga, kantor atau industri pabrik. Bahkan Tubuh manusia sendiri menghasilkan Medan magnet oleh reaksi kimiawi yang terjadi pada molekul atau atom sel-sel tubuh dan sistem saraf. Medan magnet adalah salah satu besaran fisis yang sangat penting dan digunakan dalam banyak bidang, misalnya: geofisika, geologi, kedokteran, oseanografi, ekspedisi luar angkasa dan banyak kegunaan lainnya. Berbagai sensor medan magnet telah banyak dikenal diantaranya adalah rangkaian induktor. Pada penelitian ini sensor yang digunakan untuk mengindra medan magnet dan mengubahnya menjadi tegangan yang proporsional adalah sensor medan magnet UGN3503. Sensor medan magnet memiliki beberapa kelebihan antara lain dapat dikalibrasi langsung dalam skala tegangan miliVolt dan tegangan keluarannya menghasilkan tegangan 0 sampai 6 volt dan memerlukan konsumsi daya yang rendah. Dari uraian di atas maka dibuat suatu rangkaian pengukur efek medan magnet. Rangkaian ini terdiri dari sensor medan magnet, op-amp dan ADC. Dan hasil dari penelitian ini dikalibrasi dengan Teslameter Digital.

1.2 Perumusan Masalah Dari paparan diatas perumusan masalah adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana cara merancang rangkaian detektor medan magnet dengan

menggunakan sensor medan magnet yaitu sensor UGN3503? 2. Bagaimana mengukur akurasi detektor medan magnet?

3. Bagaimana karakterisasi pengukuran medan magnet dan kalibrasinya menggunakan sensor UGN3503?

1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Merancangan suatu rangkaian pengukur medan magnet dengan menggunakan sensor medan magnet yaitu sensor UGN3503. 2. Mengukur akurasi detektor medan magnet. 3. Menentukan karakterisasi pengukuran medan magnet dan kalibrasinya menggunakan sensor UGN3503.

1.4 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini adalah: 1. Untuk mempermudah dalam pengukuran medan magnet pada suatu penelitian di laboratorium yang memerlukan waktu yang lama. 2. Dapat meningkatkan pemahaman terhadap karakteristik sensor medan magnet yaitu sensor UGN3503.

1.5 Batasan Masalah Dalam penelitian ini batasan masalah adalah sebagai berikut: 1. Pada penelitian ini hanya mendeteksi dan mengukur medan magnet pada magnet silinder.

2. Pengaruh medan magnet bumi terhadap sensor dalam hal ini diabaikan.

1.6 Statistika Penulisan Laporan tugas akhir ini akan dituliskan untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi laporan penelitian dengan statistika penulisan sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Berisi tentang gambaran umum penelitian dan penulisan laporan penelitian yang dilakukan meliputi latar belakang penulisan, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penelitian dan statistika penulisan. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Berisi tentang landasan teori dari sistem yang akan dibuat yang berubungan dengan prinsip kerja dari masing-masing blok sistem. BAB III METODOLOGI Bab ini membahas realisasi alat agar dapat berfungsi sebagaimana diharapkan. BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA. Pada bab ini akan dbahas tentang pengujian dan penganalisaan dari rangkaian. BAB V PENUTUP Pada bab ini akan diberikan akan diberikan kesimpulan dan saran.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Magnet Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magntis lthos yang berarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu yang bergerak saling tarik menarik yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut. Batu-batu ini disebut magnet. Magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan (digunakan sebagai alat bantu navigasi = kompas).

Artinya: Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya.(QS. Al Anbiya/21:32). Kata ( saqf adalah atap. Kata ini biasanya digunakan untuk bangunan yang memiliki dinding-dinding. Karena itu bagian atas kemah tidak dinamai memiliki saqf. Langit tidak berdinding, jadi mestinya bagian atas langit tidak dapat dinamai saqf dan atas dasar itu pula, kata tersebut pada ayat di atas diterjemahkan dengan sebagai atap. Kata () as-sam dari segi bahasa berarti segala sesuatu di atas

anda. Karena itu kata yang digunakan al Quran dapat mencakup banyak hal, seperti benda-benda langit, antara lain planet-planet, meteor, komet, sinar gamma, dan lain-

lain.allah menjadikan benda-benda itu berada diatas kita dan dalam ayat yang sama Yang Maha Kuasa memeliharanya sehingga ia tidak jatuh menimpa penghun bumi. Benda-benda langit diatur perjalanannya dengan sangat teliti sehingga ia tidak bertabrakan berjatuhan ke bumi. Tentu banyak cara yang ditetapkan Allah untuk memelihara itu. Atmosfer misalnya adalah salah satu yang sangat berperan. Tanpa atmosfer, yang dipertahankan oleh bumi melalui daya grafitasi, kehidupan dimuka bumi ini tidak akan berjalan dengan baik. Di atas lapisan atmosfer terdapat berbagai macam benda langit yang jarak antara satu sama lainnya berbeda-beda. Kata () ytih / tanda-tandanya yakni ayat-ayat atau bukti-bukti

kebesaran dan kekuasaan Allah yang terbentang di alam raya dan dapat terlihat dengan mata kepala atau mata hati atau yang diistilahkan lainnya. Maksud dari ayat di atas adalah yang ada di langit itu sebagai atap dan yang dimaksud dengan terpelihara ialah segala yang berada di langit itu dijaga oleh Allah dengan peraturan dan hukum-hukum yang menyebabkan dapat berjalannya dengan teratur dan tertib. Salah satu petunjuk terpenting bahwa langit adalah atap yang terpelihara adalah adanya medan magnet yang melingkupi bumi. Lapisan teratas atmosfer ini merupakan daerah medan magnet yang disebut Sabuk Van Allen. Daerah ini terbentuk sebagai akibat dari sifat-sifat inti bumi. Sabuk Van Allen merupakan sabuk radiasi yang membentuk energi tinggi, terdiri dari proton dan elektron, mengelilingi ribuan kilometer di atas bumi.

Inti bumi juga mengandung unsur-unsur magnetik yang kuat seperti besi dan nikel. Yang penting lagi, bahwa inti bumi terdiri atas dua struktur yang berbeda. Inti dalam berbentuk padat dan inti luar berbentuk cair. Lapisan luar mengapung di atas lapisan dalam, menciptakan efek magnetik pada logam-logam berat, yang membentuk medan magnet. Sabuk Van Allen adalah perpanjangan medan magnet ini, yang mencapai lapisan luar atmosfer. Medan magnet ini melindungi bumi dari kemungkinan bahaya dari angkasa. (Abtokhi,2007:138) Magnet adalah suatu materi yang mempunyai medan magnet. Materi tersebut bisa dalam berwujud magnet tetap atau magnet tidak tetap. Magnet yang sekarang ini ada hampir semuanya adalah magnet buatan. Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub yaitu utara dan selatan. Magnet dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah oleh magnet.

(http://ms.wikipedia.org/wiki/Magnet) Pengaruh dari medan magnet telah di kenal sejak zaman dulu, ketika pengaruh magnet alami yang tetap yaitu magnetit (Fe3O4 ) pertama kali diamati. Penemuan sifat ini yang selalu menunjukkan kearah utara-selatan mempunyai pengaruh yang mendalam pada masa awal navigasi dan eksplorasi. Namun, kecuali untuk penggunaan ini, sampai dengan abad ke sembilan belas ketika Oersted menemukan

bahwa arus listrik menghasilkan medan magnet, kemagnetan tidak banyak digunakan dan masih merupakan gejala yang kurang dimengerti.Penemuan magnet ini, bersamasama dengan penemuan Gauss, Henry, dan Faraday dan lain-lain dikemudian hari, kemudian menjadikan medan magnet penting sebagai sekutu medan listrik. Hasil kerja Maxwell dan lain-lain berdasarkan teori menunjukkan bahwa persekutuan ini nyata, dan bahwa medan listrik dan magnet merupakan jalinan yang tidak terpisahkan. Usaha para teknisi telah menghasilkan mesin listrik, perlengkapan perhubungan, dan komputer, yang melibatkan gejala magnet dan sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. (Reitz,dkk.1993) Jenis magnet terdiri dari magnet tetap dan magnet tidak tetap (nonpermanen). Magnet tetap tidak memerlukan tenaga atau bantuan dari luar untuk menghasilkan daya magnet (berelektromagnetik). Jenis magnet tetap selama ini yang diketahui terdapat pada: Neodymium Magnets, merupakan magnet tetap yang paling kuat, Samarium-Cobalt Magnets, Ceramic Magnets, Plastic Magnets, Alnico Magnets Magnet tidak tetap (nonpermanen) tergantung pada medan listrik untuk menghasilkan medan magnet. Contoh magnet tidak tetap adalah elektromagnet. Magnet buatan meliputi hampir seluruh magnet yang ada sekarang ini. Bentuk magnet buatan antara lain: magnet U, Magnet ladam, Magnet batang, Magnet lingkaran, Magnet jarum (kompas). Cara menghilangkan sifat kemagnetan antara lain: Dibakar, dibanting-banting, dipukul-pukul, magnet diletakkan pada solenoida dan dialiri arus listrik bolak-balik (AC).

(a)

(b)

(c)

Gambar 2.1 (a) Penggambaran garis medan magnet sebuah magnet batang. (b) Garis-garis medan magnet diluar magnet batang. (c) serbuk-serbuk besi menunjukkan garis-garis medan magnet disekitar magnet batang

Arah medan magnet pada suatu titik bisa didefinisikan sebagai arah yang yang ditunjuk kutub utara sebuah jarum kompas ketika diletakkan dititik tersebut. Gambar 2.1(a) menunjukkan bagaimana suatu garis medan magnet ditemikan sekitar magnet batang dengan menggunakan jarum kompas. Pada gambar 2.1(b) menunjukkan garisgaris tersebit selalu menunjuk dari kutub utara menuju kutub selatan magnet. Pada ganbar 2.1(c) menunjukkan bagaimana serbuk besi yang halus menunjukkan garisgaris medan magnet dengan membentuk baris seperti jarum kompas. Adanya medan magnet di dalam ruang dapat ditunjukkan dengan mengamati pengaruh yang ditimbulkan bila di dalam ruang tersebut ditempatkan benda magnetik maka benda tersebut mengalami gaya dan bila di ruang terdapat partikel atau benda bermuatan, maka benda tersebut mengalami gaya. Medan magnet merupakan besaran vektor, adapun kuat atau lemahnya medan tersebut ditunjukkan oleh intensitas magnet (H). Efek medan magnet disebut induksi magnetic (B), juga merupakan besaran vektor. Medan magnet suatu bahan ditimbulkan oleh arus listrik, sedangkan

arus

listrik

ditimbulkan

akibat

aliran

atau

gerak

elektron.

(http://ms.wikipedia.org/wiki/Magnet, 4/4/2008, 7:38 am) Hubungan antara H dan B adalah : B = 0 H dengan : B H 0 = induksi magnetik, satuan dalam SI = Weber/m2 atau Tesla = intensitas magnet = permeabilitas = 4p x 10-7 Wb/A.m (udara) Magnetisasi adalah susunan garis sejajar elektron dalam besi atau materi benda yang searah seragam diantara kutub-kutub magnet berlawanan, membentuk kesimbangan medan positif dan negatif. Medan magnet juga mempengaruhi zat atau benda lainnya; contohnya: menarik atau melepaskan electron-elektron terhadap benda lainnya. Efek ini yang dikatakan terjadinya medan magnet; dimana efek dari kekuatan magnet benda tersebut pada daerahnya. Kekuatan medan magnet semakin tambah kuat seiring bertambahnya elektro-elektron dalam arah seragam. Sumber utama pada umumnya yang dilihat adalah medan magnet dihasilkan dari Arus Listrik. Medan ini tidak memiliki dasar fisis yang nyata, karena pengukuran fisis harus selalu dinyatakan dalam gaya pada muatan dalam alat deteksi. Muatan-muatan yang merupakan sumber menimbulkan gaya-terukur yang bekerja pada muatan lainnya, yaitu muatan detektor. Sumber medan magnet dapat merupakan sebuah magnet

permanen, suatu medan listrik yang berubah secara linier terhadap waktu, atau arus searah. Kedua jenis sumber magnet adalah: arus perangkutan, yang dapat diukur dalam laboratorium, dan arus atom yang terdapat di dalam bahan. Keadaan tertentu potongan bahan yang sama dapat menghasilkan medan magnet, karena bahan itu dimagnetkan dan karena bahan mengalirkan arus perangkutan pada pembawa muatan. (Hayt,1989:249) Medan Magnet statis adalah medan energi dihasilkan dari pergerakan elektron pada daerahnya. Medan magnet menghasilkan 2 (dua) jenis respons energi: medan negative berputar elektronnya berlawanan arah jarum jam dan medan positif berputar searah jarum jam. Perputaran elektron pada medan negative dan positif adalah berlawanan dan sama seperti respons biologi terhadap medan magnet ini juga berlawanan arah. Secara teknikal, medan magnet dalam tiga dimensi, jadi sebenarnya perputaran arah melengkung keliling. Sebuah magnet adalah suatu benda yang dikelilingi medan magnet dapat menarik benda besi atau logam. Semua jenis magnet punya 2 (dua) kutub: satu yang dinamakan kutub utara (negative) dan lainnya kutub selatan (positif). Berlawanan kutub, seprti Utara-Selatan, akan menarik dimana ktub senama tolak-menolak dan berlawanan akan tarik-menarik. Sirkuit arus listrik searah dapat memagnetisasi logam tertentu dan menjadikan medan magnet statis yang permanent. Semua benda punya sifat magnetic, tetapi pada umumnya Magnet Permanen di bumi hanya 2 (dua) : logam besi oksidasi dan logam langka Bumi Neodymium. Semua ini disebabkan

oleh atom pada material tersebut berjajaran arah tersusun pada medan magnet lebih kuat. Ketika tersusun arah-arah garisnya, logam magnetisasi akan menempel kuat pada suatu zat keras, seperti Keramik atau Plastik. Gerak mengorbit dan gerak spin elektron dalam atom menimbulkan medan magnet. Kombinasi kedua medan magnet bisa saling menguatkan atau saling melemahkan dan menghasilkan medan magnet atom. Pada besi medan magnet atomnya sangat kuat sehingga atom-atom besi yang berdekatan membentuk domain magnetik dengan medan magnet yang cenderung searah. Tiap domain magnetik mengandung milyaran atom. Pada batang besi biasa arah-arah medan magnet dari domain-domain magnetik ini acak, sedangkan pada besi sembrani ada kecenderungan pada arah tertentu. Gaya pada arus listrik oleh medan magnet adalah magnet memberikan gaya pada kawat pembawa arus arah gaya (F) selalu tegak lurus terhadap arah arus (I) dan juga tegak lurus terhadap medan magnet (B). Medan magnet yang paling sederhana adalah yang seragam atau tidak berubah dari satu titik ke titik lainnya. Medan yang seragam sempurna di suatu bidang yang luas tidak mudah dihasilkan. Tetapi medan antara dua potong kutup plat parallel hampir seragam jika permukaan bidang kutup besar dibandingkan dengan jarak pemisahnya. Satuan induksi magnetic adalah : (Giancoli,2001: 138) 1) mks: wb / m atau maxwell / m atau tesla. 2) cgs : Gauss atau Oersted. 1 Gauss= 1 Oersted= 10-4 Wb/m

2.2 Gaya magnetik Peristiwa rotasi alam semesta terjadi karena beredarnya benda-benda angkasa sesuai dengan orbit atau lintasan tertentu dengan keseimbangan. Peristiwa rotasi alam ini terjadi karena beredarnya benda-benda angkasa sesuai dengan orbit atau lintasan tertentu stasioner. Superclaster yang merupakan galaksi-galaksi, bintang-bintang, planet dan bulan berputar pada sumbunya dan dalam sistemnya, dan alam semesta yang lebih besar bekerja secara teratur seperti pada roda gigi suatu mesin. Tata surya dan galaksi juga bergerak mengitari pusatnya masing-masing. Perputaran bumi di dalam garis edarnya dengan keseimbangan yaitu berputar pada sumbunya dengan kekuatan kutubkutubnya, yakni utara dan selatan. (Abtokhi,2007:130)

Artinya: Dan Apakah mereka tidak melihat bahwa Sesungguhnya Kami meletakkan daerah-daerah (orang-orang kafir), lalu Kami kurangi daerah-daerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya? dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendakNya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya; dan Dia-lah yang Maha cepat (hisab-Nya.(QS. Ar Rad/13:41 Ayat ini menunjukkan pada kenyataan, bahwa semenjak diciptakan bumi ini terkikis pada ujung-ujung sumbunya dan bumi mempunyai dua kutub yaitu utara dan selatan seperti magnet. Antara kutub utara dan selatan mempunyai kekuatan yang

berbeda dan menunjukkan perbedaan dengan cepat. Dalam keterangan ini terdapat uraian mengenai suatu gejala alam semesta yang belum diketahui para ilmuan. Penyelidikan ilmiah yang dilakukan terhadap bentuk bumi membuktikan, bahwa garis tengah yang menghubungkan kedua kutubnya dengan perlahan berkurang tapi teratur. Ini berlangsung semenjak bumi diciptakan; dan bentuknya berubah dari bundar menjadi bentuk lonjong (elips).

2.2.1

Gaya Pada Muatan Bergerak Sebuah muatan bergerak di dalam suatu medan magnet dengan kerapatan

fluks B secara eksperimental yang telah diketahui akan mengalami gaya yang magnitudonya sebanding dengan hasil kali magnitude muatan tersebut Q, vektor kecepatan gerak muatan v, kecepatan fluks medan magnet B, dan nilai sinus dari sudut yang diapit oleh kedua vector v dan B. arah dari gaya magnet ini adalah tegaklurus terhadap v dan B, dan diindikasikan oleh vektor satuan searah v x B. Gaya magnet dapat dinyatakan oleh persamaan: F = QvB Perbedaan mendasar antara efek yang ditimbulkan oleh medan listrik dan efek medan magnet adalah sebuah gaya yang selalu bekerja pada arah yang tegak-lurus terhadap arah pergerakan partikel tidak akan mengubah magnitude kecepatan partikel. Dengan kata lain, vektor percepatan selalu mengarah normal terhadap vektor kecepatan. Energi kinetik dari partikel yang bersangkutan tidak pernah berubah, sehingga medan magnet statis tidak memiliki kemampuan untuk memindahkan energi

ke sebuah muatan dari muatan bergerak. Di sisi lain, gaya yang dikerahkan medan listrik pada sebuah partikael tidan bermuatan tidak dipengaruhi oleh arah mana partikel itu bergerak, sehingga perpindahan energi terjadi di antara medan dan partikel.(Hayt,2006:250)

2.2.2

Gaya Pada Arus Listrik Hukum ketiga Newton menyatakan bahwa magnet memberikan gaya pada

kawat pembawa arus. Ketika arus mengalir pada kawat, gaya diberikan pada kawat. Tetapi gaya bukan menuju satu kutub atau lainnya dari magnet tersebut. Melainkan, gaya diarahkan membentuk sudut siku-siku (tegak-lurus) terhadap arah medan magnet. Jika arah arus dibalik, gaya ada pada arah yang berlawanan. Secara eksperimen , arah gaya dinyatakan oleh kaidah tangan kanan. Jika keempat jari dikepalkan dari arah v ke B atau dari arah I ke B. maka ibu jari menunjukkan arah gayanya. Besar gaya berbanding lurus dengan arus I pada kawat, dengan panjang kawat l pada medan magnet dan dengan medan magnet B. Gaya juga bergantung pada sudut antara arus tegak lurus terhadap garis-garis medan, gaya paling kuat. Ketika kawat

parallel dengan garis-garis mean, tidak ada gaya sama sekali. Pada sudut-sudut yang lain, gaya sebanding dengan sudut . Dengan demikian kita dapatkan : (Giancoli,2001:137-138) F = IlBsin

2.3 Bahan-bahan magnetik Semua bahan tersusun semata-mata dari atom, dan setiap atom terdiri dari electron yang bergerak. Rangkaian electron ini, yang masing-masing tertambat pada sebuah atom tunggal, adalah arus atom. Dua macam arus adalah arus yang biasa, yang terdiri dari perangkutan muatan, yaitu gerakan electron bebas atau ion bermuatan. Dan arus atom, yang merupakan arus berputar murni dan tidak menimbulkan perangkutan muatan. Namun kedua macam arus itu dapat menimbulkan medan magnet. Setiap arus merupakan rangkaian tertutup sangat kecil berukuran atom, dan sebagai dipol magnet. Sebenarnya, besarannya adalah momen dipol, karena medan imbas magnet yang jauh ditimbulkan oleh satu atom sama sekali ditentukan dengan merinci momen dipol magnetnya. (Reitz,dkk.1993) Tiap-tiap atom memiliki banyak komponen momen magnetik, dan efek gabungan dari momen-momen ini memberikan sifat dasar magnetik pada bahan yang bersangkutan, dan menjadikannya dapat digolongkan ke dalam satu klasifikasi bahan tertentu. (Hayt dan Buck,2006:262) Bahan Diamagnetik adalah bahan yang resultan medan magnet atomis masingmasing atom atau molekulnya adalah nol. Jika solenoida dimasukkan bahan ini, induksi magnetik yang timbul lebih kecil. Permeabilitas bahan ini: m < mo. Contoh: Bismuth, tembaga, emas, perak, seng, garam dapur. Bahan Paramagnetik adalah bahan yang resultan medan magnet atomis masing-masing atom/molekulnya adalah tidak nol. Jika solenoida dimasuki bahan ini

akan dihasilkan induksi magnetik yang lebih besar. Permeabilitas bahan: < 0 . Contoh: aluminium, magnesium, wolfram, platina, kayu.(Hayt,2006:262-265) Bahan Ferromagnetik adalah bahan yang mempunyai resultan medan magnetis atomis besar. Tetap bersifat magnetik sangat baik sebagai magnet permanent. Jika solenoida diisi bahan ini akan dihasilkan induksi magnetik sangat besar (bisa ribuan kali). Permeabilitas bahan ini: > 0 . Contoh: besi, baja, besi silikon, nikel, kobalt. Bahan feromagnetik digunakan untuk memperbesar fluks magnet suatu rangkaian arus, atau sebagai sumber medan magnet (magnet permanen). Jika digunakan sebagai magnet permanen, bahan mula-mula dimagnetkan secara jenuh dengan menempatkannya dalam medan magnet yang kuat (yaitu dengan menempatkannya di antara kutub-kutub suatu elektromagnet atau dengan

menempatkannya pada suatu selenoida yang diberi arus sesaat yang besar). Meskipun demikian, jika magnet kekalnya diambil dari medan luarnya maka umumnya magnet ini akan dipengaruhi oleh medan magnetnya. (Giancoli,2001:156-158) Dalam al quran dijelaskan dalam al Quran al Hadid ayat 25 bahwa Besi mengandung kekutan yang hebat dan membawa berbagai manfaat bagi umat manusia. Sebagian mufassir seperti Ibn Katsir menafsirkan kekutan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia dengan pengertian bahwa Allah menciptakan besi sebagai bahan pembuatan senjata yang begitu dahsyat kekuatannya dan sebagai bahan pembuatan alat-alat yang berguna dalam kehidupan manusia. Penjabaran makna kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia dari besi akan berkembang

luas ketika dengan melakukan telaah tentang bagaimana sifat dan fungsi besi menggunakan sains terkini salah satunya yaitu medan magnet yang terdapat di besi.

2.4 Induksi magnet Timbulnya medan magnet disebabkan oleh benda magnetik, yaitu suatu magnet (misalnya magnet batang) akan menimbulkan medan magnet di sekitarnya. Arah garis magnetiknya adalah dari kutub U menuju ke kutub S. Medan magnet oleh muatan bergerak Oersted merupakan perpindahan muatan listrik (arus listrik) akan menimbulkan medan magnet di sekitarnya. (Giancoli,2001:174) Pada sebuah kawat penghantar berbentuk lingkaran (jari-jari = a) dialiri arus I maka besarnya induksi magnetik di pusat lingkaran O adalah:

B=

(0 I ) 2 pa0 I 2a N 0 I 2a

B=

B=

a = jarak suatu titik terhadap kawat N = jumlah lilitan Besar induksi magnetik di titik P:B= 0 I sin q 2r 2

Solenoida adalah kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang sangat rapat. Induksi magnetik di tengah solenoida adalah:

B0 = In =

IN L

= permeabilitas bahan = 0 k = permeabilitas relative Induksi magnetik di ujung solenoida adalah:Bp = In IN B0 = = 2 2L 2

Toroida adalah solenoida yang dilengkungkan sehingga sumbunya berbentuk lingkaran. Induksi magnetik di sumbu toroida adalah: B0 = In = IN 2 pR N L

n = jumlah lilitan per satuan panjang = L = 2 pR = panjang keliling lingkaran

Muatan-muatan yang bergerak yang sama dan berlawanan dengan gaya magnet disebut efek hall. Beda potensial yang dihasilkan disebut ggl hall. Medan listrik yang disebabkan oleh pemisahan muatan disebut medan hall. Pada keseimbangan , gaya yang disebabkan oleh medan listrik ini diimbangi oleh gaya magnet.

Effek hall dapat dapat membedakan arah muatan yang bergerak. Besar ggl hall sebanding dengan kuat medan magnet. Effek hall dengan demikian dapat digunakan untuk mengukur kuat medan magnet. Konduktor disebut probe hall, dikalibrasi dengan medan magnet yang diketahui. Kemudian, untuk arus yang sama keluaran gglnya akan merupakan pengukuran medan magnet. Hall probe dapat dibuat sangat kecil dan mudah dipakai dan akurat untuk digunakan, seperti pada penggunaan sensor efek hall. 2.5 Penguat Operasional Penguat operasional adalah suatu rangkaian elektronika yang dikemas dalam bentuk rangkaian terpadu (IC). Perangkat ini sering digunakan sebagai penguat sinyalsinyal, baik yang linier maupun yang non linier terutama dalam sistem-sistem pengaturan dan pengendalian, instrumentasi, dan komputasi analog. Keuntungan dari pemakaian penguat operasional ini adalah karakteristiknya yang mendekati ideal sehingga dalam merancang rangkaian yang menggunakan penguat ini lebih mudah dan juga karena penguat ini bekerja pada tingkatan yang cukup dekat dengan karakteristik kerjanya secara teoritis. Dari sudut sinyal sebuah penguat operasional mempunyai tiga terminal, yaitu dua terminal masukan dan satu terminal keluaran. Gambar 2.2 menunjukkan simbol dari sebuah penguat operasional. Teminal 1 dan 2 adalah terminal masukan dan terminal 3 adalah terminal keluaran. Kebanyakan penguat operasional membutuhkan catu daya DC dengan dua polaritas untuk dapat

beroperasi. Terminal 4 disambungkan ke tegangan positif ( + V) dan terminal 5 disambungkan ke tegangan negatif (-V).

Gambar 2.2 Simbol dari sebuah penguat operasional

Karakteristik utama sebuah penguat operasional yang ideal adalah impedansi masukan tak terhingga, penguat yang ideal diharapkan tidak menarik arus masukan, artinya tidak ada arus yang masuk kedalam terminal 1 maupun 2 ( I 1 = I 2 = 0 ). Impedansi keluaran sama dengan nol. Terminal 3 merupakan keluaran penguat operasional, idealnya diharapkan bertindak sebagai terminal keluaran sebuah sumber sumber tegangan ideal, tegangan antara terminal 3 dengan ground akan selalu sama dengan A (V2 . V1 ), dimana A adalah faktor penguatan sebuah penguat operasional. Apabila dioperasikan pada loop terbuka ( tidak ada umpan balik dari keluaran ke masukan ), maka sebuah penguat operasional ideal mempunyai gain (penguatan) yang besarnya tak terhingga.dari keluaran sampai ke masukan ), maka sebuah penguat operasional ideal mempunyai gain (penguatan) yang besarnya tak terhingga.

2.6 Integrator op-amp Sebuah integrator adalah rangakaian yang menyelenggarakan operasi integrasi secara matematik karena dapat menghasilkan tegangan keluaran yang sebanding dengan integral masukan. Pemakaian yang umum ialah menggunakan tegangan masukan yang tetap untuk menghasilkan tegangan keluaran berbentuk lereng (ramp). Sebuah lereng adalah tegangan yang mendaki atau menurun secara linier. Pada keadaan awal, arus input yang mengalir melalui resistor sama dengan

i1 =

Vi . Tegangan output ( V0 ) sama dengan nol sehingga arus yang mengalir melalui R

resistor juga mengalir melalui kapasitor C ( i2 = C

dv ) yaitu dengan menganggap dt

resistansi input op-amp adalah tak terhingga ( keadaan ideal ).

2.7 Differensiator Op-amp Differensiator adalah rangkaian yang melakukan operasi diferensiasi secara matematika. Pemakaian yang umum dari sebuah differensiator adalah mendeteksi tepi mendahului dan tepi ketinggalan dari sebuah pulsa persegi atau untuk menghasilkan keluaran persegi dari masukan lereng. Dalam alat ukur kapasitansi meter ini kapasitor (Cx) yang akan diukur merupakan bagian dari differensiator itu sendiri.

Gambar 2.3 Sebuah Differensiator Op-Amp.

Rangakaian differensiator ini hampir mirip dengan rangakaian integrator hanya saja posisi tahanan dan kapasitornya yang berbeda. Bila tegangan masukan berubah, kapasitor diisi atau dikosongkan. Arus kapasitor mengalir melalui tahanan umpan balik, menghasilkan tegangan. Tegangan ini setara dengan kemiringan dari tegangan masuk. Masukan yang sering digunakan pada rangkaian differensiator op-amp ialah bentuk lereng. Semua tegangan lereng masuk melintas melalui kapasitor. Suatu lereng tegangan mengandung arti bahwa arus kapasitor tetap. Karena semua arus tetap ini mengalir melalui tahanan umpan balik, maka pulsa membalik pada keluaran.

2.8 Analog to Digital Converter (ADC) Analog to Digital Converter (ADC) adalah sebuah piranti yang dirancang untuk mengubah sinyal-sinyal analog menjadi sinyal-sinyal digital. Jenis ADC yang biasa digunakan dalam perancangan adalah jenis successive approximation convertion atau pendekatan bertingkat yang memiliki waktu konversi jauh lebih

singkat dan tidak tergantung pada nilai masukan analognya atau sinyal yang akan diubah. (Budiharto,2005) Secara teoritis, fungsi transfer ideal untuk konverter analog-ke-digital (ADC, analog-to-digital converter) berbentuk garis lurus. Bentuk ideal garis lurus hanya dapat dicapai dengan konverter data beresolusi tak-hingga. Karena tidak mungkin mendapatkan resolusi tak hingga, maka secara praktis fungsi tranfer ideal tersebut berbentuk gelombang tangga seragam. Semakin tinggi resolusi ADC, semakin halus gelombang tangga tersebut. ADC ideal secara unik dapat merepresentasikan seluruh rentang masukan analog tertentu dengan sejumlah kode keluaran digital. Oleh karena skala analog bersifat kontinyu sedangkan kode digital bersifat diskrit, maka ada proses kuantisasi yang menimbulkan kekeliruan (galat). Apabila jumlah kode diskritnya (yang mewakili rentang masukan analog) ditambah, maka lebar undak (step width) akan semakin kecil dan fungsi transfer akan mendekati garis lurus ideal. Resolusi ADC selalu dinyatakan sebagai jumlah bit-bit dalam kode keluaran digitalnya. Misalnya, ADC dengan resolusi n-bit memiliki 2n kode digital yang mungkin dan berarti juga memiliki 2n tingkat undak (step level). Meskipun demikian, karena undak pertama dan undak terakhir hanya setengah dari lebar penuh, maka rentang skala-penuh (FSR, full-scale range) dibagi dalam (2n-1) lebar undak. Karenanya, 1 LSB = FSR/(2n-1) untuk konverter n-bit.

Konverter digital-ke-analog (DAC, digital-to-analog converter) merepresentasikan sejumlah kode masukan digital diskrit dengan sejumlah nilai keluaran analog diskrit. Karenanya, fungsi transfer DAC adalah sederet titik-titik diskrit. ADC 0804 hanya mempunyai 1 buah input analog. IC ADC 0804 mempunyai dua masukan analog, Vin (+) dan Vin (-), sehingga dapat menerima masukan diferensial. Masukan analog sebenarnya (Vin) sama dengan selisih antara tegangantegangan yang dihubungkan dengan ke dua pin masukan yaitu Vin= Vin (+) Vin (-). Kalau masukan analog berupa tegangan tunggal, tegangan ini harus dihubungkan dengan Vin (+), sedangkan Vin (-) digroundkan. Untuk operasi normal, ADC 0804 menggunakan Vcc = +5 Volt sebagai tegangan referensi. Dalam hal ini jangkauan masukan analog mulai dari 0 Volt sampai 5 Volt (skala penuh), karena IC ini adalah SAC 8-bit.. (www.elektroindonesia.com, 1/4/2008,05:57 pm)

Gambar 2.4 ADC 0804

2.9 Sensor Medan Magnet UGN 3503 Hall effect sensor merupakan sensor yang digunakan untuk mendeteksi medan magnet. Hall Effect sensor akan menghasilkan sebuah tegangan yang proporsional dengan kekuatan medan magnet yang diterima oleh sensor tersebut. Pendeteksian perubahan kekuatan medan magnet cukup mudah dan tidak memerlukan apapun selain sebuah inductor yang berfunsi sebagai sensornya. Kelemahan dari detektor dengan menggunakan induktor adalah kekuatan medan magnet yang statis (kekuatan medan magnetnya tidak berubah) tidak dapat dideteksi. Oleh sebab itu diperlukan cara yang lain untuk mendeteksinya yaitu dengan sensor yang dinamakan dengan hall effect sensor. Sensor ini terdiri dari sebuah lapisan silikon yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik.

Gambar 2.5 Hall Effect Sensor

Sensor hall effect ini hanya terdiri dari sebuah lapisan silikon dan dua buah elektroda pada masing-masing sisi silikon. Hal ini akan menghasilkan perbedaan tegangan pada outputnya ketika lapisan silikon ini dialiri oleh arus listrik. Tanpa adanya pengaruh dari medan magnet maka arus yang mengalir pada silikon tersebut

akan tepat ditengah-tengah silikon dan menghasilkan tegangan yang sama antara elektrode sebelah kiri dan elektrode sebelah kanan sehingga menghasilkan tegangan beda tegangan 0 volt pada outputnya. Ketika terdapat medan magnet mempengaruhi sensor ini maka arus yang mengalir akan berbelok mendekati atau menjauhi sisi yang dipengaruhi oleh medan magnet. Ketika arus yang melalui lapisan silikon tersebut mendekati sisi silikon sebelah kiri maka terjadi ketidak seimbangan tegagan output dan hal ini akan menghasilkan sebuah beda tegangan di outputnya. Semakin besar kekuatan medan magnet yang mempengaruhi sensor ini akan menyebabkan pembelokan arus di dalam lapisan silikon ini akan semakin besar dan semakin besar pula ketidakseimbangan tegangan antara kedua sisi lapisan silikon pada sensor. Semakin besar ketidakseimbangan tegangan ini akan menghasilkan beda tegangan yang semakin besar pada output sensor ini. Arah pembelokan arah arus pada lapisan silikon ini dapat digunakan untuk mengetahui polaritas kutub medanhall effect sensor ini. Sensor hall effect ini dapat bekerja jika hanya salah satu sisi yang dipengaruhi oleh medan magnet. Jika kedua sisi silikon dipengaruhi oleh medan magnet maka arah arus tidak akan dipengaruhi oleh medan magnet itu. Oleh sebab itu jika kedua sisi silikon dipengaruhi oleh medan magnet yang mempengaruhi magnet maka tegangan outputnya tidak akan berubah.

Sensor UGN 3503 ini akan menghasilkan tegangan yang proporsional dengan kekuatan medan magnet yang dideteksi oleh sensor ini. Sensor Hall Effect dapat merespon intensitas medan magnet yang terdapat disekitarnya. Apabila tidak ada magnet disekitar (dekat) sensor tersebut, maka tegangan outputnya sama dengan tegangan supply. Sensor UGN 3503 ini mempunyai 3 pin antara lain : Pin 1 : VCC, pin tegangan suplai Pin 2 : GND, pin ground Pin 3 : Vout, pin tegangan output.

Gambar 2.6 Pinout Sensor UGN 3503 Di dalam sensor ini sudah dibangun sebuah penguat yang memperkuat sinyal dari rangkaian sensor dan menghasilkan tegangan output ditengah-tengah tegangan suplai. Pada sensor ini jika mendapat pengaruh medan magnet dengan polaritas kutub utara maka akan menghasilkan pengurangan pada tegangan output sebaliknya jika terdapat pengaruh medan magnet dengan polaritas kutub selatan maka akan menghasilkan peningkatan tegangan pada outputnya. Sensor ini dapat merespon perubahan kekuatan medan magnet mulai kekuatan medan magnet yang statis maupun kekuatan medan magnet yang berubah-ubah dengan frekuensi sampai 20KHz. (www.elektroindonesia.com;1/4/2008,05:57 pm)

Gambar 2.7 Blok Diagram Rangkaian Internal UGN 3503

Sensor UGN3503 ini membutuhkan tegangan supply antara 4,5V sampai 6V. Sensor ini dapat berfungsi sebagai saklar, caranya sederhana, hanya dengan menggerakan magnet mendekat atau menjauh dari sensor tersebut. Keunggulan saklar yang dibuat dari sensor ini dibandingkan saklar mekanik ialah lebih cepat dan tidak memerlukan gaya yang besar untuk mengaktifkan saklar. Sensor ini bisa digunakan untuk kecapatan tinggi untuk switching on off selama ribuan kali dalam satu detik.

2.10 Port paralel Port paralel (DB-25) adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port. Perusahaan yang memperkenalkan port ini adalah Centronic, maka port ini juga disebut dengan Centronics port. Kesederhanaan port ini dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hardware membuat port ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

Gambar 2.8 Port Parallel

2.11 Register Parallel Port Semua data, kontrol, dan status dari port paralel berhubungan dengan registerregister yang ada didalam komputer. Dengan mengakses langsung register-register tersebut, masukan dan keluaran dari port paralel dapat diatur. Register-register pada port paralel adalah: (http://id.wikipedia.org/wiki/Port_paralel, 10/28/2008, 7:15 pm ) Tabel 2.1 Register port parallel Register Register data (alamat dasar + 0) Register status (alamat dasar + 1) Register kontrol (alamat dasar + 2) LPT1 LPT2 0x378 0x278 0x379 0x279 0x37A 0x27A

Pada umumnya di komputer personal alamat dasar LPT1 adalah 0x378 (378 hexadecima)ldan LPT2 adalah 0x278. Alamat dari ketiga register tersebut diatas dapat ditentukan dengan menjumlahkan alamat dasar dari port paralel dengan bilangan desimal tertentu. Misalnya kita ingin mengakses register data dari port paralel LPT1, alamat register datanya sama dengan alamat dasar dari LPT1 yaitu 0x378. Sedangkan alamat register status sama dengan alamat register dasar + 1 atau

0x379 dan alamat register kontrolnya sama dengan alamat register dasar + 2 atau 0x37A. Hal tersebut berlaku juga pada LPT2. Tabel 2.2 Alamat Parallel Port PC Nama Port LPT1 Data LPT1 Status LPT1 Control Alamat Register 378h/888 379h/889 37Ah/890

Port paralel ialah port data di komputer untuk mentransmisi 8 bit data dalam sekali detak. Standar port paralel yang baru ialah IEEE 1284 dimana dikeluarkan tahun 1994. Standar ini mendefinisikan 5 mode operasi sebagai : Mode

kompatibilitas, mode nibble, mode byte, mode EPP (enhanced parallel port), mode ECP (Extended capability port). Tujuan dari standar yang baru tersebut ialah untuk mendesain driver dan peralatan yang baru yang kompatibel dengan peralatan lainnya serta standar paralel port sebelumnya (SPP) yangn diluncurkan tahun 1981. Mode Compatibilitas, nibble dan byte digunakan sebagai standar perangkat keras yang tersedia di port paralel orisinal dimana EPP dan ECP membutuhkan tambahan hardware dimana dapat berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Mode kompatibilitas atau (Mode Centronics ) hanya dapat mengirimkan data pada arah maju pada kecepatan 50 kbytes per detik hingga 150 kbytes per detik. Untuk menerima data, harus mengubah mode menjadi mode nibble atau byte.

Mode nibble dapat menerima 4 bit (nibble) pada arah yang mundur, misalnya dari alat ke komputer. Mode byte menggunakan fitur bi-directional parallel untuk menerima 1 byte (8 bit) data pada arah mundur. IRQ (Interrupt Request ) pada port paralel biasanya pada IRQ5 atau IRQ7. Port paralel Extend dan Enhanced menggunakan hardware tambahan untuk membangkitkan dan mengatur handshaking. Untuk mengeluarkan 1 byte ke printer menggunakan mode kompatibilitas, software harus menulis byte ke data port, cek untuk melihat apakah printer sibuk, jika sibuk, ia tidak akan menerima data, sehingga data yang telah ditulis akan hilang, buat strobe (pin 1) rendah. Ini memberitahukan printer bahwa data yang benar telah berada di line data dan buat strobe tinggi lagi setelah menunggu sekitar 5 mikrodetik setelah membuat strobe low. Protokol EPP mempunyai 4 macam siklus transfer data yang berbeda yaitu : Siklus baca data (Data read), Siklus baca alamat (Address Read), Siklus tulis data (data write) dan siklus tulis alamat (address write). Siklus data digunakan untuk mentrasfer data antara host dan peripheral. Siklus alamat digunakan untuk

mengirimkan alamat, saluran (channel) atau informasi perintah dan kontrol. Port paralel ini terdiri dari 4 jalur kontrol, 5 jalur status dan 8 jalur data. Port ini terdapat pada bagian belakang PC dalam bentuk konektor DB-25 female (Iswanto, 2008). Port paralel distandarisasi oleh standart IEEE 1284 pada tahun 1994. Standart ini membedakan 5 mode operasi sebagai berikut: (www.senet.com.au/~peacock )

1. Compatibility Mode 2. Nibble Mode (Protocol not Described in this Document) 3. Byte Mode (Protocol not Described in this Document) 4. EPP Mode (Enhanced Parallel Port) 5. ECP Mode (Extended Capabilities Port) Compatibility mode hanya dapat mengirim data dari komputer pada kecepatan yang biasanya berkisar antara 80 kbyte perdetik. Agar komputer dapat menerima suatu data, nibble mode atau byte mode harus diterapkan. Nibble mode dapat menerima data sepanjang 1 byte (8 bit) (Iswanto, 2008). Ada dua macam konektor parallel port, yaitu 36 pin dan 25 pin. Konektor 36 pin dikenal dengan nama Centronics dan konektor 25 pin dikenal dengan DB25. Centronics lebih dahulu ada dan digunakan dari pada konektor DB-25. DB-25 diperkenalkan oleh IBM (bersamaan dengan DB-9, untuk serial port), yang bertujuan untuk menghemat tempat. Karena DB-25 lebih praktis, maka untuk koneksitor parallel port pada komputer sekarang hanya digunakan DB-25.

(www.teknisoft.netprojectskpl.php) Port paralel mempunyai 25 pin yang masing-masing mempunyai kegunaan dan arti sebagai berikut: Tabel 2.3 Daftar pin parallel portPin No (D25) 1 2 3 SPP Sinyal Nstrobe Data 0 Data 1 Direction In/Out In/Out Out Out Register Control Data Data Sifat Inverting Normal Normal

4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 - 25

Data 2 Data 3 Data 4 Data 5 Data 6 Data 7 Nack Busy Paper Out;Paper End Select nAutoLinefeed Nerror/nFault nInitialize nSelect-Printer n Select-In Ground

Out Out Out Out Out Out In In In In In/Out In In/Out In/Out Gnd

Data Data Data Data Data Data Status Status Status Status Control Status Control Control

Normal Normal Normal Normal Normal Normal Normal Inverting Normal Normal Inverting Normal Normal Inverting

BAB III METODOLOGI

3.1 Waktu dan Lokasi Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Malang mulai Januari sampai Maret 2009.

3.2 Alat dan Bahan 3.2.1 Alat Adapun alat yang digunakan untuk rangkaian pengukur efek medan magnet adalah sebagai berikut : 1. Teslameter Digital 2. PC

3.2.2 Bahan Adapun bahan yang digunakan untuk rangkaian pengukur efek medan magnet adalah sebagai berikut : 1. Sensor medan magnet UGN3503 atau Effek Hall keluaran Allegro. 2. Penguat Op-Amp LM358. 3. ADC 0809 CCN dengan prinsip antarmuka di port paralel komputer. 4. Tranformator 1 A. 5. Medan magnet silinder.

3.3 Perancangan Alat 3.3.1 Rancangan perangkat keras (Hardware) Dalam pembuatan Instrument ini terdiri dari sensor medan magnet UGN3503 keluaran Allegro, ADC 0809 CCN dengan prinsip antarmuka di port paralel komputer pribadi dan selanjutnya ditampilkan pada layar monitor dengan menggunakan program Visual Basic.A D C 0 8 0 4

Medan magnet

Sensor UGN3503

Pengkondisi

signal

Interface

PC

Gambar 3.1 Diagram blok perencanaan perangkat keras

Inti dari sistem ini adalah sensor A1302. Sensor ini akan menghasilkan tegangan output 2,5V jika tidak ada pengaruh medan magnet pada sensornya. Sensor ini jika mendapat pengaruh medan magnet dengan polaritas kutub utara maka akan menghasilkan pengurangan pada tegangan outputnya, sebaliknya jika terdapat pengaruh medan magnet dengan polaritas kutub selatan maka akan menghasilkan peningkatan tegangan pada outputnya. Sensor ini dapat merespon perubahan kekuatan medan magnet mulai kekuatan medan magnet yang statis maupun kekuatan medan magnet yang berubah-ubah dengan frekuensi sampai 20KH dan perubahan 1,3 mV/Gauss.

3.3.1.1 Penyusunan Rangkaian Penguat Op-Amp Sebagaimana telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya, bahwa keluaran sensor yang terlalu rendah harus dikuatkan agar sesuai dengan range ADC. Penguat sinyal yang digunakan adalah IC LM358 yang merupakan penguat tak membalik. Pada perancangan, rangkaian pengkondisi sinyal menggunakan sumber tegangan sebesar 5V. Rangkaian penguat sinyal ditunjukkan gambar 3.2 di bawah ini:

Gambar 3.2 Rangkaian Penguat Op-Amp

3.3.1.2 Penyusunan Rangkaian ADC ADC digunakan untuk mengubah sinyal analog yang berasal dari keluaran rangkaian pengkondisi sinyal untuk dikonversi menjadi bentuk sinyal digital agar selanjutnya dapat diproses oleh mikrokontroller. Rangkaian ADC sebagaimana terlihat pada gambar 3.3 :

Gambar 3.3 Rangkaian ADC ADC yang dipakai dalam perancangan ini adalah ADC 0804 yang mempunyai 1 masukan sinyal analog yaitu Vin(+) dan keluaran berupa 8 bit data digital. Secara teori resolusi ADC yang digunakan dapat dihitung dengan rumus: Resolusi =

Vref 2n - n5 2 -28

=

= 19,7 mV 20 mV Agar dapat diopersikan secara terus menerus (free running), maka pin WR dan INTR saling dihubungkan. Sedangkan pin CS ditanahkan untuk mengaktifkan ADC, pin RD juga ditanahkan agar hasil setiap perubahan dapat dibaca.

3.3.2

Perangkat Lunak (Software) Untuk mendukung kerja sistem, diperlukan suatu perangkat lunak..Perangkat

lunak disini adalah perintah (program) di dalam memori yang harus dilaksanakan oleh PC. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa pemrograman Visual Basic. START

Input

Baca ADC

Magnet = 15 * (Data ADC - 128) / 10

Tampilka n Simpan Data

END

Gambar 3.4 Diagram Alur Program

Pada program PC akan mulai dengan start, magnet yang didekatkan dengan sensor akan terukur. Data yang dihasilkan akan dibaca oleh ADC dan akan diubah

menjadi data digital. Kemudian data diolah dengan rumus menurut data sheet dan hasilnya ditampilkan pada PC. Sedangkan rumus yang digunakan menurut data sheet adalah :

resolusi ADC (hasil pengukuran - 128) 1.3 mV/G B= 10Dimana : Data B = data keluaran ADC = besar medan magnet

1.3 mV= nilai perubahan pada sensor medan magnet

3.3.3

Pengukuran Sampel Pada pengukuran medan magnet sebuah sampel didekatkan dengan detektor

medan magnet. Dan data yang di kurangi dengan 128. Nilai 128 adalah standart dari sensor. Adapun rumus yang digunakan adalah menurut datasheet adalah sebagai berikut : Data = hasil pengukuran - 128

resolusi ADC (hasil pengukuran - 128) . B = 1.3 mV/G 10 Dimana : Data B = data keluaran ADC = besar medan magnet

1.3 mV= nilai perubahan pada sensor medan magnet

3.4 Teknik Pengambilan Data Pengujian perangkat elektronik dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat elektronik yang terdiri dari sensor, pengkondisi sinyal, ADC dan PC dapat melakukan proses pengolahan data. Pengujian dilakukan dengan mendekatkan magnet yang akan diukur dengan detektor medan magnet dan akan dilihat keluarannya pada PC. Adapun langkahlangkahnya adalah sebagai berikut: a) Rangkaian detektor medan magnet disusun seperti pada gambar 3.5 b) Medan magnet diukur dengan mendekatkan sensor ke sumber magnet c) Tampilan keluaran pada PC diamati dan disimpan.

Medan magnet

Sensor

Pengkondisi sinyal + ADC

PC

Gambar 3.5 Rangkaian Pengujian Sistem Elektronik

4.5

Teknik Analisis Data Analisis data digunakan untuk menganalisis data yang dihasilkan oleh

detektor medan magnet dan mengkalibrasinya Data yang dihasilkan medan magnet yaitu besaran suatu medan magnet statis yang terekam dan telah diolah oleh ADC

yang berupa perubahan besaran medan magnet, perubahan medan magnet karena jarak yang beda. Analisis data yang digunakan untuk sistem secara keseluruhan adalah analisis kesalahan relatif terhadap Teslameter (KR) rata-rata. Adapun persamaan rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: KRt (%) = hasil pengukuran teslamete r - hasi pengukuran alat 100% hasil pengukuran teslamete r

KRt Rata - Rata (%) =

%Penyimpan gan n

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 HASIL PENELITIAN Pengujian pada sistem elektronik dilakukan dengan memasukkan tegangan variabel pada rangkaian pengkondisi sinyal. Kemudian dikondisikan dan dikuatkan oleh penguat Op-Amp LM 358 agar sesuai dengan range tegangan masukan analog ADC yaitu 0 5 V. Selanjutnya data analog dari pengkondisi sinyal akan dikonversi oleh ADC menjadi bentuk data digital agar dapat diproses oleh komputer. Proses yang dilakukan pada komputer terhadap data adalah pembacaan data dengan mengambil data dari port 378 yang terhubung dengan ADC. Selanjutnya dikalibrasi dengan menggunakan alat yang sudah teruji yaitu Teslameter Digital. Pengujian untuk sistem elektronik dilakukan dengan mendekatkan magnet yang akan diukur dengan detektor medan magnet dengan jarak divariasikan, yaitu jarak1 cm, 1.5 c m, 2 cm, 2.5 cm, 3 cm, 3.5 cm, 4 cm dan 4.5 cm. Pengujian sistem keseluruhan dilakukan dengan menggunakan 1 sampel, yaitu magnet silinder dengan jarak ukur 1 cm, 1.5 c m, 2 cm, 2.5 cm, 3 cm, 3.5 cm, 4 cm dan 4.5 cm. Kemudian sampel diukur dengan alat detektor medan magnet dengan jarak berbeda dan hasilnya dibandingkan dengan pengukur medan magnet yaitu Teslameter Digital. Pada saat pengukuran, sistem alat dan pada Teslameter Digital terdapat pengaruh dari magnet luar, sehingga mempengaruhi pembacaan besar magnet.

Pengujian pada sistem keseluruhan dilakukan dengan mengukur sampel yang telah diketahui besar medan magnet dengan alat dan kemudian diukur dengan mengunakan Teslameter Digital. Pengukuran dengan jarak 1 cm pada detektor medan magnet menghasilkan 13.1 mT, dan pada teslameter menghasilkan 13.4 mT. Untuk lebih lengkapnya, besar medan magnet baik dari hasil pengukuran dengan alat maupun hasil pengukuran dengan Teslameter Digital dapat dilihat pada tabel berikut: 4.1 Tabel Hasil Pengujian Sistem Keseluruhan B teslameter Jarak (cm) B alat (mT) (mT) 1 1.5 2 2.5 3 3.5 4 4.5 13.4 7.5 4.2 2.6 2 1.3 1.2 0.7 KRt (%) 13.1 7.65 4.2 2.56 2.1 1.25 1.17 0.7

KRt (%) 2 2 0 1.5 5 3.8 2.5 0 2.1

Hasil Pengujian Alat16 14 12 10 B (mT) 8 6 4 2 0 0 1 2 Jarak (cm) 3 4 5 Teslameter Alat

4.2 ANALISIS DATA Analisis data untuk pengujian keseluruhan sistem detektor medan magnet dilakukan untuk mengetahui alat bekerja dengan baik dengan menghitung prosentase Kesalahan Relatif (KRt) Rata-Rata. Adapun persamaan yang digunakan adalah: % Kesalahan Relatif Rata-rata Terhadap Teslameter = % KR t n

=

16.8 8

= 2.1 % Dari tabel 4.1 dapat dilihat bahwa prosentase kesalahan terbesar adalah 5 %. Hasil pengujian besar medan magnet menunjukkan kesalahan rata-rata sebesar 2.1 %.

4.3 PEMBAHASAN Data yang diperoleh dari perbandingan besar medan magnet baik dari hasil pengukuran dengan alat maupun hasil pengukuran dengan Teslameter Digital yang menggunakan magnet silinder menunjukkan bahwa medan magnet yang terukur sebesar antara 0.7 mT sampai dengan 13.4 mT dan ada beberapa data yang memiliki prosentase kesalahan terkecil dan terbesar. Yaitu 0 % untuk kesalahan relatif terkecil dan 4.7 % untuk kesalahan relatif terbesar. Kesalahan terkecil terjadi pada pengukuran besar medan magnet pada jarak 2 cm dan pada jarak 4.5 cm, yakni 0 %. Sedangkan kesalahan terbesar terjadi pada pengukuran medan magnet dengan jarak 3 cm. Besar prosentase kesalahan terbesar (5 %) terjadi karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah sangat sensitifnya sensor pada alat dan pengaruh magnet yang ada di sekitar. Sangat sensitifnya sensor terjadi karena ketelitian dalam pengukuran dan jarak yang relatif dekat dan pengaruh sentuhan sehingga data berubah-ubah. Pengaruh magnet disekitar dapat mempengaruhi pembacaan dan respon pada ADC yang akhirnya mempengarui hasil pengukuran pada detektor medan magnet dan pembacaan pada Teslameter. Pada pengukuran antara sumber magnet dengan alat maupun dengan teslameter sebesar antara 0.7 mT sampai dengan 13.4 mT dipengaruhi juga oleh pengukuran jarak dengan mistar. Kurang tepat peletakan antara magnet dengan alat dan dengan teslameter mempengaruhi hasil yang di dapatkan.

Pada pengukuran medan magnet data yang dihasilkan adalah data keluaran ADC dikurangi 128. Nilai 128 adalah nilai standart dari sensor. Kemudian data yang dihasilkan oleh alat dikali dengan resolusi ADC dan dibagi 1.3 mV/G. Nilai 1.3 mV/G adalah nilai perubahan pada sensor medan magnet. Setelah itu, hasil data dari alat dikalibrasikan dengan nilai yang dihasilkan dari Teslameter Digital. Berdasarkan nilai kesalahan relatif (KRt) rata-rata terhadap teslameter pengukuran medan magnet menurut teslameter dan detektor medan sebesar 2.1 %, Dapat disimpulkan bahwa detektor medan magnet dapat digunakan oleh masyarakat karena nilai kesalahan relatif (KRt) rata-ratanya dibawah 5%.

BAB V PENUTUP

5.1 KESIMPULAN Dari hasil pembuatan dan pengujian alat, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Detektor medan magnet terdiri dari Sensor medan magnet UGN3503, Penguat Op-Amp LM358 dan ADC 0809. Prinsip kerja alat adalah mendekatkan magnet pada sensor. Keluaran sensor berupa tegangan akan dikuatkan oleh op-amp agar dapat diproses oleh ADC. Selanjutnya tegangan dikonversi oleh ADC menjadi data digital, kemudian diolah oleh komputer dengan program visual basic dan hasilnya ditampilkan pada PC. Sebagai kalibrasi pengukur medan magnet

digunakan Teslameter digital. Dalam hal ini jarak antara medan magnet yang diukur dan sensor sangat berpengaruh saat pengujian alat. 2) Karakteristik sensor UGN 3503 yang sangat sensitif sehingga data berubah-ubah. 3) Sensor medan magnet memiliki batasan ukur minimal 0.7 mT dan maksimal 13.4 mT dengan Vcc 4-6 Volt. 4) Hasil pengujian pada sistem keseluruhan menunjukkan nilai kesalahan relatif ratarata sebesar 2.1 %.

5.2 SARAN 1) Dalam pengukuran sebaiknya jauh dari benda yang mengandung magnet. 2) Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya menggunakan sensor yang lebih sensitif lagi agar bisa mendeteksi besar magnet dengan jarak lebih jauh lagi.

DAFTAR PUSTAKA

Abtokhi, Ahmad. 2007. Akankah Al Quran yang Ku Baca Menolongku? Suatu Kajian Tasawuf Modern Dalam Perspektif Fisika. Malang : UIN-Malang Press.. Anonym, Magnet. http://ms.wikipedia.org/wiki/Magnet. 4/4/2008 Anonym, Port Paralel. http://id.wikipedia.org/wiki/Port_paralel. 10/28/2008 Anonymous.2002. Intefacing The Standard Parallel Port.

http://www.senet.com.au/~peacock Tanggal 25 Desember 2008 jam 10.00 WIB AS, Salman, 2000. Pengubah Analog ke Digital. www.elektroindonesia.com.html 1/4/2008 Budiharto, Widodo.S,Si.M.Kom. 2005. Elehtronika Digital dan Mikroprosesor. Yogyakarta : ANDI Dewi, Diana Candra, dkk. 2006. Besi Material Istimewa Dalam Al-Quran. Malang : UIN-Malang Press. Floyd, athomas L. 2001. Elektronika Fundamentals.Fift Edition. USA : Prentice Hall International Inc Hayt,Jr, William H. 1989. Elektromagnetika Teknologi. Jakarta : Erlangga. Hayt, William H, John A. Buck. 2006. Elektromagnetika, Edisi Ketujuh.. Jakarta : Erlangga

Iswanto.2008. Antarmuka Port Paralel dan Port Serial dengan Delphi 6. Yogyakarta: Gava Media Malvino, 1999. Electronics Principles 5 Edition.McGraw-Hill, Inc. Reitz,john,dkk. 1993. Dasar Teori Listrik Magnet. Bandung : Penerbit ITB Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al Misbah : Pesan, Kesan Dan Keserasian Al Quran. Jakarta : Lentera Hati. Ash-Shidieqy, Muhammad Hasbi, Teungku. 2005. Tafsir Al-Quranul Majid. Semarang : Rizki Putra.. Wasito S. 1988. Teknik Ukur dan Peranti Ukur Elektronik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. William H. H. 1994. Rangkaian Listrik. Jakarta : Erlangga.

Lampiran 1 Gambar Rangkaian Keseluruhan

Lampiran 2 Gambar Foto Alat

Gambar Foto Alat Tampak Dalam

Gambar Foto Alat Tampak Depan

Lampiran 3 Tampilan Pada PC

Gambar Form Tampilan Program

Gambar Form Tampilan Berkas Penyimpanan

Lampiran 4 Listing Program Option Explicit Dim Wkt As Integer 'Dim Wkt1 As Long Dim Wkt_Pengamatan As Long Dim Wkt_Grafik As Long 'Dim Waktu As Integer Dim Nilai As Integer Dim Hasil As Integer Dim No As Long Dim Idx As Integer Dim No_Grafik As Long Dim Interval As Long Dim DataADC As Byte Dim Magnet As Double Dim XOld As Integer Dim X As Integer Dim YOld As Integer Dim Y As Integer Dim Nama_File As String Dim Sqlcmd As String Private Sub Set_Awal_Port() Call Out(&H37A, &H2B) Call Out(&H37A, &H23) End Sub Private Sub Clear_Temp()

Sqlcmd = "Delete * From Temp" MyDb.BeginTrans MyDb.Execute (Sqlcmd) MyDb.CommitTrans End Sub Private Sub Save_Temp(No As String, Tgl_wkt As String, DataADC1 As Byte, Magnet1 As Double) Sqlcmd = "INSERT INTO TEMP VALUES('" & No & "','" & Tgl_wkt & "'," & DataADC1 & ",'" & Magnet1 & "')" MyDb.BeginTrans MyDb.Execute (Sqlcmd) MyDb.CommitTrans End Sub Private Sub Atur_Tabel() Sqlcmd = "Select No_Temp,Tgl_Wkt,DataADC,Magnet From Temp order by No_Temp " Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) Set Tabel_Pengamatan.DataSource = MyRs With Tabel_Pengamatan .HeadFont.Bold = True .Columns(0).Caption = "NO" .Columns(0).Width = TextWidth("XXXXXX") .Columns(1).Caption = "TGL/WKT" .Columns(1).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXXXXXXXXXXX") .Columns(2).Caption = "DATA ADC" .Columns(2).Width = TextWidth("999999999999999") .Columns(3).Caption = "MAGNET" .Columns(3).Width = TextWidth("999999999999999") .Columns(3).NumberFormat = "#,0.00"

End With End Sub Private Function Load_ID_Pengamatan() As String Dim Temp As String Temp = Format(Date, "yyMMdd") Sqlcmd = "Select Top 1 * From Pengamatan Where ID_Pengamatan Like '" & Temp & "%' order by ID_Pengamatan desc " Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) If Not (MyRs.BOF And MyRs.EOF) Then Load_ID_Pengamatan = Temp & Format(CLng(Right(MyRs!ID_Pengamatan, 4)) + 1, "0000") Else Load_ID_Pengamatan = Temp & "0001" End If End Function Private Sub Setting_Awal() Atur_Tabel Set_Awal_Port Nilai = &H2B LIDPengamatan.Caption = Load_ID_Pengamatan DTTanggal1.Value = Date DTTanggal2.Value = Date LWaktu1.Caption = "" LWaktu2.Caption = "" TxtNamaObj.Text = "" TxtJarakObj.Text = "" LRata.Caption = "" No_Grafik = 0 Wkt = 1

TxtInterval.Enabled = True Combo1.Enabled = True Timer1.Enabled = True TPengamatan.Enabled = False CmdStop.Enabled = False CmdSimpan.Enabled = False CmdMulai.Enabled = False TPengamatan.Enabled = False Grafik(0).Visible = True Call Gb_Grafik(0, 1, 0) End Sub Private Sub CmdBaru_Click() Dim i As Integer Clear_Temp If No_Grafik > 0 Then For i = 1 To No_Grafik Grafik(i).Visible = False Unload Grafik(i) Next End If Setting_Awal Wkt_Pengamatan = 0 Wkt_Grafik = 0 No = 0 Idx = 0 X=0 XOld = 0 Y=0

YOld = 0 DataADC = 0 Magnet = 0 TxtInterval.Enabled = False Combo1.Enabled = False TxtStop.Enabled = False CmdMulai.Enabled = True CmdBaru.Enabled = False End Sub Private Sub CmdBerkas_Click() FBerkas.Show vbModal End Sub Private Sub CmdMulai_Click() Dim i As Integer If Combo1.ListIndex = 0 Then Interval = CLng(TxtInterval.Text) * 1000 If Combo1.ListIndex = 1 Then Interval = CLng(TxtInterval.Text) * 60 * 1000 If No_Grafik > 0 Then For i = 1 To No_Grafik Grafik(i).Visible = False Unload Grafik(i) Next End If Grafik(0).Visible = True Call Gb_Grafik(0, 1, 0) LWaktu1.Caption = Format(Time, "hh:nn:ss") Call Save_Temp(Trim(Str(No)), Format(Time, "hh:nn:ss"), DataADC, Magnet) Call Gb_GrafikData(Magnet, Wkt_Grafik)

Atur_Tabel Wkt_Pengamatan = Wkt_Pengamatan + 1 Wkt_Grafik = Wkt_Grafik + 1 TPengamatan.Interval = Interval TPengamatan.Enabled = True CmdMulai.Enabled = False CmdStop.Enabled = True End Sub Private Sub Save_Header_Pengamatan() Dim Nama_Objek As String Dim Jarak_Objek As Double Dim Rata2 As Double Sqlcmd = "Select AVG(Magnet) From Temp" Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) If Not (MyRs.BOF And MyRs.EOF) Then Rata2 = MyRs.Fields(0) LRata.Caption = Rata2 Call DrawText(Grafik(No_Grafik), LRata.Caption, 800, Grafik(No_Grafik). ScaleHeight - 602, False, False, False, 10, 5, 0, 7, "Verdana") End If Nama_Objek = TxtNamaObj.Text If Not (TxtJarakObj.Text = vbNullString) Then Jarak_Objek = Round(CDbl(TxtJarakObj.Text), 2) Else Jarak_Objek = 0 End If

Sqlcmd = "Insert Into Pengamatan Values('" & LIDPengamatan.Caption & "','" & Nama_Objek & "'," & Jarak_Objek & ",'" & Format(DTTanggal1.Value, "dd/MM/yyyy") + " " + LWaktu1.Caption & "','" & Format(DTTanggal2.Value, "dd/MM/yyyy") + " " + LWaktu2.Caption & "','" & Rata2 & "') " MyDb.BeginTrans MyDb.Execute (Sqlcmd) MyDb.CommitTrans End Sub Private Sub CmdSimpan_Click() Dim Jawab As String Dim No_Temp As Long Jawab = MsgBox("Data Akan Disimpan ?", vbInformation + vbYesNo, "Save Data") If Jawab = vbYes Then Save_Header_Pengamatan Sqlcmd = "Select Top 1 * From Temp order by No_Temp " Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) Do While Not (MyRs.BOF And MyRs.EOF) With Item_Pengamatan No_Temp = MyRs!No_Temp .ID_Pengamatan = LIDPengamatan.Caption .No_Item_Pengamatan = .ID_Pengamatan & Format(MyRs!No_Temp, "0000") .Tgl_wkt = MyRs!Tgl_wkt .DataADC = MyRs!DataADC .Magnet = MyRs!Magnet Sqlcmd = "Insert Into ItemPengamatan Values ('" & .No_Item_Pengamatan & "','" & .ID_Pengamatan & "', " & _ "'" & .Tgl_wkt & "'," & .DataADC & ",'" & .Magnet & "')"

MyDb.BeginTrans MyDb.Execute (Sqlcmd) MyDb.CommitTrans Sqlcmd = "Select Top 1 * From Temp Where No_Temp > " & No_Temp & " order by No_Temp " Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) DoEvents End With Loop For Idx = 0 To No_Grafik Nama_File = Str(LIDPengamatan.Caption) & " - " & Idx Nama_File = App.Path & "\grafik\" & Nama_File & ".bmp" SavePicture Grafik(Idx).Image, Nama_File Next Idx = No_Grafik CmdSimpan.Enabled = False End If End Sub Private Sub CmdStop_Click() TxtInterval.Enabled = True Combo1.Enabled = True TPengamatan.Enabled = False CmdStop.Enabled = False CmdBaru.Enabled = True CmdSimpan.Enabled = True TxtStop.Enabled = True End Sub

Private Sub Command1_Click() If Idx < No_Grafik Then Grafik(Idx).Visible = False Idx = Idx + 1 Grafik(Idx).Visible = True End If End Sub Private Sub Command2_Click() If Idx > 0 Then Grafik(Idx).Visible = False Idx = Idx - 1 Grafik(Idx).Visible = True End If End Sub Private Sub CommandButton1_Click() End Sub Private Sub Form_Load() Clear_Temp Setting_Awal TxtInterval.Text = 1 Combo1.ListIndex = 0 TxtStop.Text = "" End Sub

Public Sub Gb_Grafik(Start As Integer, Intv As Double, Index As Long) Dim maxX As Integer, maxY As Integer Dim i As Integer, z As Integer Dim Skala As String maxX = Grafik(Index).ScaleWidth maxY = Grafik(Index).ScaleHeight Grafik(Index).Cls 'posisi 0 Call DrawText(Grafik(Index), Str(Start), 30 + 5, maxY - 28, False, False, False, 10, 5, 0, 7, "Verdana") For i = 1 To 60 If i = 1 Then Grafik(Index).Line ((14 * i) + 30, maxY - (14 * 2))-((14 * i) + 30, maxY - (14 * 42)), vbBlack Else Grafik(Index).Line ((14 * i) + 30, maxY - (14 * 2))-((14 * i) + 30, maxY - (14 * 42)), &HE0E0E0 End If If i = 60 Then Grafik(Index).Line ((14 * i) + 30, maxY - (14 * 2))-((14 * i) + 30, maxY - (14 * 42)), vbBlack End If If (i < 60) Then If i Mod 2 = 0 Then Call DrawText(Grafik(Index), Start + (i * Intv), (14 * i) + 30 + 5, maxY 28, False, False, False, 10, 5, 0, 7, "Verdana") End If End If

Next i For i = 2 To 42 If i = 2 Then Grafik(Index).Line (44, maxY - (14 * i))-((14 * 60) + 30, maxY - (14 * i)), vbBlack Else Grafik(Index).Line (44, maxY - (14 * i))-((14 * 60) + 30, maxY - (14 * i)), &HE0E0E0 End If If i = 42 Then Grafik(Index).Line (44, maxY - (14 * i))-((14 * 60) + 30, maxY - (14 * i)), vbBlack End If If (i > 2) And (i < 42) Then Call DrawText(Grafik(Index), Str(i - 22) * 100, 15, maxY - (14 * i) - 5, False, False, False, 10, 5, 0, 7, "Verdana") End If Next 'JUDUL Call DrawText(Grafik(Index), "Sistem Monitoring Kuat Medan Magnet", 280, 6, False, False, False, 20, 10, 0, 12, "Verdana") Call DrawText(Grafik(Index), "Jarak:" & TxtJarakObj.Text & " cm", 44, maxY - 602, False, False, False, 10, 5, 0, 7, "Verdana") Call DrawText(Grafik(Index), "Rata2:", 730, maxY - 602, False, False, False, 10, 5, 0, 7, "Verdana") Call DrawText(Grafik(Index), "Kuat Medan Magnet(Gauss)", 0, maxY \ 2 + 50, False, False, False, 10, 5, 90, 7, "Verdana") If Combo1.ListIndex = 0 Then

Skala = TxtInterval.Text & " Detik" Else Skala = TxtInterval.Text & " Menit" End If Call DrawText(Grafik(Index), "Waktu" & "(" & Skala & ")", maxX \ 2 - 20, maxY 14, False, False, False, 10, 5, 0, 7, "Verdana") End Sub Private Sub Gb_GrafikData(B As Double, Wkt_Pengamatan1 As Long) Dim maxX As Integer, maxY As Integer Dim i As Integer maxX = Grafik(No_Grafik).ScaleWidth maxY = Grafik(No_Grafik).ScaleHeight Y = (14 * (B / 10)) + (20 * 14) If (Wkt_Pengamatan1 Mod 60) > 0 Then Grafik(No_Grafik).Line (44 + (14 * XOld), maxY - (28 + YOld))-(44 + (14 * Wkt_Pengamatan1), maxY - (28 + Y)), vbRed XOld = Wkt_Pengamatan1 ElseIf Wkt_Pengamatan > 0 Then No_Grafik = No_Grafik + 1 Idx = No_Grafik Call ObjLoad(Grafik(No_Grafik - 1), Grafik(No_Grafik), Grafik(No_Grafik - 1). Top) Grafik(No_Grafik).Font = Grafik(0).Font Grafik(No_Grafik).Font.Bold = True Grafik(No_Grafik).AutoRedraw = True Grafik(No_Grafik).ScaleMode = Grafik(0).ScaleMode Grafik(No_Grafik - 1).Visible = False

Call Gb_Grafik(TPengamatan.Interval / 1000 * 60 * No_Grafik, TPengamatan.Interval / 1000, No_Grafik) Wkt_Grafik = 0 XOld = Wkt_Grafik End If YOld = Y End Sub Private Sub Timer_Stop_Timer() If No = CLng(Trim(TxtStop.Text)) Then Call CmdStop_Click End If End Sub Private Sub Timer1_Timer() Select Case Wkt Case 1 Call Out(&H37A, Nilai) Wkt = Wkt + 1 Case 2 Hasil = Inp(&H378) And 255 DataADC = Hasil Magnet = 15 * (DataADC - 128) / 10 Wkt = 1 End Select End Sub Private Sub TPengamatan_Timer() If IsNumeric(Trim(TxtStop.Text)) Then

If No = CLng(Trim(TxtStop.Text)) Then Call CmdStop_Click Else No = No + 1 Call Save_Temp(Trim(Str(No)), Format(Time, "hh:nn:ss"), DataADC, Magnet) Atur_Tabel MyRs.MoveLast LWaktu2.Caption = Format(MyRs!Tgl_wkt, "hh:nn:ss") Call Gb_GrafikData(Magnet, Wkt_Grafik) Wkt_Pengamatan = Wkt_Pengamatan + 1 Wkt_Grafik = Wkt_Grafik + 1 End If Else No = No + 1 Call Save_Temp(Trim(Str(No)), Format(Time, "hh:nn:ss"), DataADC, Magnet) Atur_Tabel MyRs.MoveLast LWaktu2.Caption = Format(MyRs!Tgl_wkt, "hh:nn:ss") Call Gb_GrafikData(Magnet, Wkt_Grafik) Wkt_Pengamatan = Wkt_Pengamatan + 1 Wkt_Grafik = Wkt_Grafik + 1 End If End Sub Option Explicit Declare Function CreateFont Lib "gdi32" Alias "CreateFontA" (ByVal Height As Long, _ ByVal Width As Long, _

ByVal Escapement As Long, _ ByVal Orientation As Long, _ ByVal fontwidth As Long, _ ByVal Italic As Long, _ ByVal Unerline As Long, _ ByVal StrikeOut As Long, _ ByVal CharSet As Long, _ ByVal OutputPrecision As Long, _ ByVal ClipPrecision As Long, _ ByVal Quality As Long, _ ByVal PitchAndFamily As Long, _ ByVal FontName As String) As Long Declare Function SelectObject Lib "gdi32" (ByVal hdc As Long, ByVal hObject As Long) As Long Declare Function DeleteObject Lib "gdi32" (ByVal hObject As Long) As Long Public Const DEFAULT_CHARSET = 1 Public Const OUT_DEFAULT_PRECIS = 0 Public Const CLIP_DEFAULT_PRECIS = 0 Public Const PROOF_QUALITY = 2 Public Const FF_DONTCARE = 0 Global MyDb As ADODB.Connection Global MyRs As ADODB.Recordset Type Item_PengamatanRec No_Item_Pengamatan As String ID_Pengamatan As String Tgl_wkt As String DataADC As String Magnet As String

End Type Global Item_Pengamatan As Item_PengamatanRec Private Sub OpenDb() Dim Sqlcmd As String Set MyDb = New ADODB.Connection Set MyRs = New ADODB.Recordset MyDb.CursorLocation = adUseClient MyDb.ConnectionString = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; " & _ "Persist Security Info=False;Data Source=" & App.Path & _ "\Database.mdb;Mode=readwrite" MyDb.Open Sqlcmd = "Select*from Temp" Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) End Sub Public Sub DrawText(Obj As Object, Text As String, X As Long, Y As Long, Underlined As Boolean, Italic As Boolean, Strike As Boolean, Height As Integer, Width As Integer, ByVal angle As Integer, ByVal FWidth As Long, FName As String) Dim lHFont As Long, lTFont As Long lHFont = CreateFont(Height, Width, angle * 10, angle * 10, FWidth, CLng(Italic), CLng(Underlined), OUT_DEFAULT_PRECIS, FF_DONTCARE, FName) lTFont = SelectObject(Obj.hdc, lHFont) Obj.CurrentX = X Obj.CurrentY = Y Obj.ForeColor = vbBlack Obj.Print Text CLng(Strike), CLIP_DEFAULT_PRECIS, DEFAULT_CHARSET, PROOF_QUALITY,

SelectObject Obj.hdc, lTFont DeleteObject lHFont End Sub Public Sub ObjLoad(ObjParent As Object, ObjChild As Object, TopObj As Integer) Load ObjChild ObjChild.Top = TopObj ObjChild.Visible = True End Sub Sub main() OpenDb FMenuUtama.Show End Sub Option Explicit Public Declare Sub Out Lib "inpout32.dll" _ Alias "Out32" (ByVal PortAddress As Integer, ByVal Value As Integer) Public Declare Function Inp Lib "inpout32.dll" _ Alias "Inp32" (ByVal PortAddress As Integer) As Integer Public Sub Set_Bit(Alamat_Port, Nomor_Bit) Dim Nilai As Byte, Status_Port As Byte, Nilai_Baru As Byte Select Case Nomor_Bit Case 0: Nilai = 1 Case 1: Nilai = 2 Case 2: Nilai = 4 Case 3: Nilai = 8 Case 4: Nilai = 16 Case 5: Nilai = 32 Case 6: Nilai = 64 Case 7: Nilai = 128

Case Else MsgBox "Nomor_bit harus antara 0 sampai 7" 'GoTo Out_Range End Select Status_Port = Inp(Alamat_Port) Nilai_Baru = Status_Port Or Nilai Out Alamat_Port, Nilai_Baru End Sub Public Sub Clear_Bit(Alamat_Port, Nomor_Bit) Dim Nilai As Byte, Status_Port As Byte, Nilai_Baru As Byte Select Case Nomor_Bit Case 0: Nilai = 254 Case 1: Nilai = 253 Case 2: Nilai = 251 Case 3: Nilai = 247 Case 4: Nilai = 239 Case 5: Nilai = 223 Case 6: Nilai = 191 Case 7: Nilai = 127 Case Else MsgBox "Nomor_Bit harus antara 0 sampai 7" GoTo Out_Range End Select Status_Port = Inp(Alamat_Port) Nilai_Baru = Status_Port And Nilai Out Alamat_Port, Nilai_Baru Out_Range: End Sub

Option Explicit Dim Sqlcmd As String Private Sub Laporan_Pengamatan() Sqlcmd a2_Magnet From Pengamatan order by ID_Pengamatan" Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) Set TPengamatan.DataSource = MyRs With TPengamatan .Columns(0).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXXXXXXXXXXX") .Columns(0).Caption = "ID Pengamatan" .Columns(1).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXXXXXXXXXXX") .Columns(1).Caption = "Mulai Pengamatan" .Columns(2).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXXXXXXXXXXX") .Columns(2).Caption = "Stop Pengamatan" .Columns(3).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXXXXXXXXXXX") .Columns(3).Caption = "Nama Objek" .Columns(4).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXXXXXXXXXXX") .Columns(4).Caption = "Jarak Objek" .Columns(5).Width = TextWidth("99999999999999999") .Columns(5).Caption = "Rata2 Magnet" End With End Sub Private Sub Laporan_Item_Pengamatan(ID_Pengamatan As String) Sqlcmd = "Select No_Item_Pengamatan,Tgl_Wkt,DataADC,Magnet From ItemPengamatan Where ID_Pengamatan ='" & ID_Pengamatan & "' order by No_Item_Pengamatan " = "Select ID_Pengamatan,Mulai_Pengamatan,Stop_Pengamatan,Nama_Objek,Jarak_Objek,Rat

Set MyRs = MyDb.Execute(Sqlcmd) Set TItem_Pengamatan.DataSource = MyRs With TItem_Pengamatan Item_Pengamatan.ID_Pengamatan = ID_Pengamatan .Columns(0).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXXXXXXXXXX") .Columns(0).Caption = "NO" .Columns(1).Width = TextWidth("XXXXXXXXXXX") .Columns(1).Caption = "TGL/WKT" .Columns(1).Alignment = dbgLeft .Columns(2).Width = TextWidth("9999999999") .Columns(2).Caption = "DATA ADC" .Columns(3).Width = TextWidth("999999999999999999") .Columns(3).Caption = "MAGNET (GAUSS)" End With End Sub Private Sub CmdHapus_Click() Dim Jawab As String Jawab = MsgBox("Data Akan Dihapus ?", vbInformation + vbYesNo, "Hapus Data") If Jawab = vbYes Then MyDb.BeginTrans Sqlcmd = "Delete * From ItemPengamatan Where ID_Pengamatan='" & Item_Pengamatan.ID_Pengamatan & "' " MyDb.Execute (Sqlcmd) Sqlcmd = "Delete * From Pengamatan Where ID_Pengamatan='" & Item_Pengam