04. PAP & PAN

download 04. PAP & PAN

of 12

  • date post

    04-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    78
  • download

    12

Embed Size (px)

description

PPT Evaluasi Pendidikan - PAP & PAN

Transcript of 04. PAP & PAN

menu

KELOMPOK 3: TUTI KHOIRIYAH SYIFA FAUZIAH FANNY SAGITA ELLA NURLELA SARI MUSLIADI

Evaluasi Pembelajaran

menu

Evaluasi Pembelajaran

Pengertian Penilaian

menu

BSNP: Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaianhasil belajar peserta didik. Tujuan dan kegunaan penilaian pendidikan dapat diarahkan kepada keputusankeputusan yang menyangkut (1) pengajaran (2) hasil belajar (3) Diagnosis dan usaha perbaikan (4) penempatan (5) seleksi (6) bimbingan dan konseling, (7) kurikulum, dan (8) penilaian kelembagaan. Cara pelaksanaan penilaian, merujuk pada bagaimana penilaian itu dilakukan, apakah secara tertulis, lisan atay tindakan.

Evaluasi Pembelajaran

Pengertian Penilaian

menu

Ruang lingkup penilaian pengajaran, mencakup aspek-aspek perilaku yang harus atau dapat diukur dan dinilai pada siswa. Perilaku itu terdiri daru perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik. Cara menginterpretasikan hasil penilaian, berkaitan dengan pendekatan yang disesuaikan penggunaannya dengan perolehan skor tes siswa, apakah skor siswa akan dibandingkan dengan criteria tertentu yang telah ditentukan sebelum tes berlangsung atau skor siswa akan dibandingkan dengan perolehan skor rata-rata kelompoknya (setelah tes berlangsung).

Evaluasi Pembelajaran

Penilaian Acuan Patok (PAP)

menu

Penilaian yang membandingkan hasil belajar siswa terhadap suatu patokan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan dari PAP yaitu untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya. Harus ditetapkan patokan yang akan dipakai untuk membandingkan angka-angka hasil pengukuran agar hasil itu mempunyai arti tertentu. Patokan yang telah disepakati terlebih dahulu biasanya disebut Tingkat Penguasaan Minimum.

Evaluasi Pembelajaran

Penilaian Acuan Patok

menu

Patokan yang digunakan dalam PAP bersifat mutlak, artinya kriteria itu bersifat tetap untuk jangka waktu tertentu dan berlaku bagi semua siswa. Skor yang diperoleh siswa dibandingkan dengan tingkat pencapaian penguasaan siswa sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Evaluasi Pembelajaran

Contoh PAP

menu

Persyaratan sekretaris: tinggi (min.165cm), usia(22-30tahun), pendidikan(min.D3), dsb Maka untuk dapat diterima diperusahaan tersebut seorang pelamar harus mencapai kriteria tersebut jika tidak mencapai kriteria, maka secara pasti ia tidak akan diterima.

Evaluasi Pembelajaran

Dalam Penilaian Pendidikan

menu

Contoh seperti skala penilaian yang lazim digunakan: Dalam suatu ujian akhir semester siswa akan diberikan nilai berdasarkan skor. A= skor 80-100 B= skor 68-79,9 C=skor 56-67,9 D= skor 45-55,9 E< 45 Dari katagori diatas siswa yang nilainnya A dan B dikategorikan lulus, nilai C dipersilahkan remedial, nilai D dan E dikategorikan tidak lulus dan wajib Remedial.

Evaluasi Pembelajaran

Penilaian Acuan Norma

menu

Penilaian acuan norma (PAN) ialah penilaian yang membandingkan hasil belajar siswa terhadap hasil dalam kelompoknya. Patokan pembanding semata-mata diambil dari kenyataankenyataan yang diperoleh pada saat pengukuran/penilaian itu berlangsung, yaitu hasil belajar siswa yang diukur itu beserta pengolahannya, penilaian ataupun patokan yang terletak diluar hasilhasil pengukuran kelompok manusia Pemberian nilai menggunakan kelompok sebagai kriteria Cara pemberian nilai dengan beberapa skala penialaian

Evaluasi Pembelajaran

menu

PAN a. b. c. d. e. Skala penilaian untuk mengubah skor menjadi nilai, diantaranya: Skala sebelas Skala sepuluh Skala sembilan Skala lima Skala baku

Evaluasi Pembelajaran

menu

Mempergunakan kurve normal dan hasilhasil perhitungannya sebagai dasar penilaiannya

Evaluasi Pembelajaran

menu

WASSALAMUALAIKUM Wr. Wb

Evaluasi Pembelajaran