031808 obama speech (indonesian)

13
BARACK OBAMA'S 18 Maret 2008 RACE PIDATO: http://www.slideshare.net/VogelDenise/031808-obama-race-speech "Kami orang-orang, dalam rangka untuk membentuk kesatuan yang lebih sempurna." Dua ratus dua puluh satu tahun yang lalu, di sebuah aula yang masih berdiri di seberang jalan, sekelompok orang berkumpul dan, dengan kata-kata sederhana, meluncurkan percobaan mustahil Amerika dalam demokrasi. Petani dan cendekiawan, negarawan dan patriot yang telah melakukan perjalanan melintasi lautan untuk melarikan diri tirani dan penganiayaan akhirnya membuat deklarasi nyata mereka kemerdekaan di konvensi Philadelphia yang berlangsung melalui musim semi 1787.

description

 

Transcript of 031808 obama speech (indonesian)

Page 1: 031808   obama speech (indonesian)

BARACK OBAMA'S 18 Maret 2008

RACE PIDATO: http://www.slideshare.net/VogelDenise/031808-obama-race-speech

"Kami orang-orang, dalam rangka untuk membentuk kesatuan yang lebih sempurna."

Dua ratus dua puluh satu tahun yang lalu, di sebuah aula yang masih berdiri di seberang jalan, sekelompok orang berkumpul dan, dengan kata-kata sederhana, meluncurkan percobaan mustahil Amerika dalam demokrasi. Petani dan cendekiawan, negarawan dan patriot yang telah melakukan perjalanan melintasi lautan untuk melarikan diri tirani dan penganiayaan akhirnya membuat deklarasi nyata mereka kemerdekaan di konvensi Philadelphia yang berlangsung melalui musim semi 1787.

Page 2: 031808   obama speech (indonesian)

Dokumen yang mereka hasilkan akhirnya ditandatangani tapi akhirnya belum selesai. Itu ternoda oleh dosa asal bangsa ini perbudakan, sebuah pertanyaan yang membagi koloni dan membawa konvensi ke jalan buntu sampai pendiri memilih untuk memungkinkan perdagangan budak terus selama setidaknya dua puluh tahun lagi, dan meninggalkan setiap resolusi akhir untuk generasi mendatang.

Tentu saja, jawaban atas pertanyaan perbudakan sudah tertanam di dalam Konstitusi kita - sebuah konstitusi yang telah di saya sangat inti t s ideal kewarganegaraan sama di mata hukum, sebuah konstitusi yang menjanjikan kebebasan rakyatnya, dan keadilan, dan serikat yang bisa dan harus disempurnakan dari waktu ke waktu.

Namun kata-kata pada kertas kulit tidak akan cukup untuk memberikan budak dari perbudakan, atau menyediakan pria dan wanita dari setiap warna dan hak penuh keyakinan dan kewajiban mereka sebagai warga negara Amerika Serikat Apa yang akan diperlukan adalah Amerika pada generasi selanjutnya yang bersedia untuk melakukan bagian mereka -. melalui protes dan perjuangan, di jalanan dan di pengadilan, melalui perang sipil dan pembangkangan sipil dan selalu beresiko besar - untuk mempersempit kesenjangan antara janji cita-cita kami dan realitas waktu mereka.

Ini adalah salah satu tugas kita ditetapkan pada awal kampanye ini - untuk melanjutkan long march dari orang-orang yang datang sebelum kami, pawai untuk lebih adil, lebih setara, lebih bebas, . lebih peduli dan Amerika lebih makmur saya memilih untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada saat ini dalam sejarah karena saya sangat percaya bahwa kita tidak bisa memecahkan tantangan dari waktu kita kecuali kita menyelesaikannya bersama-sama - kecuali kita menyempurnakan persatuan kita dengan memahami bahwa kita mungkin memiliki yang berbeda cerita, tapi kami terus harapan umum, bahwa kita tidak mungkin terlihat sama dan kita tidak mungkin berasal dari tempat yang sama, tetapi kita semua ingin bergerak dalam arah yang sama - menuju masa depan yang lebih baik bagi anak-anak dan cucu kita.

Page 3: 031808   obama speech (indonesian)

Keyakinan ini berasal dari iman saya pantang menyerah dalam kesopanan dan kemurahan hati rakyat Amerika. Tetapi juga berasal dari cerita sendiri Amerika saya.

Aku adalah anak dari seorang pria kulit hitam dari Kenya dan perempuan kulit putih dari Kansas Saya dibesarkan dengan bantuan seorang kakek kulit putih yang selamat Depresi untuk melayani di Angkatan Darat Patton selama Perang Dunia II dan seorang nenek kulit putih yang bekerja pada perakitan bomber. line di Fort Leavenworth sementara ia berada di luar negeri. Saya sudah pergi ke beberapa sekolah terbaik di Amerika dan tinggal di salah satu negara termiskin di dunia. Saya menikah dengan seorang kulit hitam Amerika yang membawa dalam darahnya budak dan pemilik budak - warisan kami menyampaikan dua putri kami yang berharga. Aku punya kakak, adik, keponakan, keponakan, paman, dan sepupu, dari tiap ras dan setiap rona, tersebar di tiga benua, dan selama saya hidup, saya tidak akan pernah lupa bahwa tidak ada negara lain di Bumi adalah cerita saya bahkan mungkin.

Ini adalah kisah yang belum membuat saya kandidat yang paling konvensional. Tapi itu adalah cerita yang telah terpatri dalam genetik saya ide bahwa bangsa ini lebih daripada jumlah bagian-bagiannya - yang keluar banyak, kita benar-benar salah.

Sepanjang tahun pertama kampanye ini, terhadap semua prediksi yang berlawanan, kita melihat bagaimana lapar rakyat Amerika adalah untuk ini pesan persatuan. Meskipun godaan untuk melihat pencalonan saya melalui lensa murni ras, kami menang memerintah kemenangan di negara-negara dengan beberapa populasi terputih di negara ini. Di South Carolina, di mana Bendera Konfederasi masih terbang, kami membangun sebuah koalisi yang kuat dari Afrika Amerika dan Amerika putih.

Page 4: 031808   obama speech (indonesian)

Ini bukan untuk mengatakan bahwa ras tidak menjadi masalah dalam kampanye. Pada berbagai tahapan dalam kampanye, beberapa komentator telah dianggap saya baik "terlalu hitam" atau Kami melihat gelembung ras ketegangan ke permukaan selama seminggu sebelum South Carolina utama "tidak cukup hitam.". Pers telah menjelajahi setiap jajak pendapat keluar untuk bukti terbaru dari polarisasi rasial, tidak hanya dalam hal putih dan hitam, tapi hitam dan coklat juga.

Namun, itu hanya berada di beberapa minggu terakhir bahwa diskusi ras dalam kampanye ini telah mengambil gilirannya sangat memecah belah.

Pada salah satu ujung spektrum, kami telah mendengar implikasi bahwa pencalonan saya entah bagaimana latihan dalam tindakan afirmatif, bahwa itu hanya berdasarkan keinginan bermata lebar liberal untuk membeli rekonsiliasi rasial pada murah Pada ujung yang lain, kita. 'pernah mendengar pendeta saya, Pendeta Jeremiah Wright, menggunakan bahasa pembakar untuk mengekspresikan pandangan yang memiliki potensi tidak hanya untuk memperluas kesenjangan rasial, tetapi pandangan yang merendahkan baik kebesaran dan kebaikan bangsa kita, yang benar menyinggung putih dan hitam sama .

Saya telah mengutuk, dalam istilah tegas, laporan dari Pendeta Wright yang telah menimbulkan kontroversi tersebut. Bagi beberapa orang, pertanyaan yang mengganggu tetap. Apakah aku tahu dia

menjadi kritikus kadang-kadang sengit kebijakan domestik dan luar negeri Amerika? Tentu saja. Apakah aku pernah mendengar dia membuat pernyataan yang bisa dianggap kontroversial sementara aku duduk di gereja? Ya. Apakah aku sangat tidak setuju dengan banyak pandangan politiknya? Absolutely - hanya karena saya yakin banyak dari Anda telah mendengar pernyataan dari pendeta Anda, imam, atau rabi dengan yang Anda sangat tidak setuju.

Namun pernyataan yang telah menyebabkan badai ini baru-baru ini tidak hanya kontroversial. Mereka tidak hanya upaya seorang pemimpin agama untuk berbicara menentang ketidakadilan Sebaliknya, mereka menyatakan pandangan mendalam terdistorsi negeri ini -. Pandangan yang melihat rasisme putih sebagai endemik, dan yang mengangkat apa yang salah dengan

Amerika atas semua yang kita tahu benar dengan Amerika; pandangan yang melihat konflik di Timur Tengah sebagai berakar terutama dalam tindakan sekutu pendukung seperti Israel, bukan berasal dari ideologi sesat dan penuh kebencian Islam radikal.

Page 5: 031808   obama speech (indonesian)

Dengan demikian, komentar Pendeta Wright tidak hanya salah, tetapi memecah belah, memecah-belah pada saat kita membutuhkan persatuan, ras dibebankan pada saat kita perlu datang bersama-sama untuk memecahkan sejumlah masalah yang monumental - dua perang, ancaman teroris, yang jatuh ekonomi, perawatan krisis kesehatan kronis dan perubahan iklim yang berpotensi merugikan, masalah yang tidak hitam atau putih atau Latino atau Asia, melainkan masalah yang kita hadapi semua.

Mengingat latar belakang saya, politik saya, dan nilai-nilai dan cita-cita saya mengaku, tidak ada diragukan lagi akan mereka yang pernyataan saya kutukan tidak cukup. Mengapa mengasosiasikan diri dengan Pendeta Wright di tempat pertama, mereka mungkin bertanya? Mengapa tidak bergabung dengan gereja lain? Dan saya mengakui bahwa jika semua yang saya tahu dari Pendeta Wright adalah potongan dari mereka khotbah yang telah dijalankan dalam sebuah lingkaran tak berujung di televisi dan You Tube, atau jika Trinity United Church of Christ serupa dengan karikatur yang dijajakan oleh beberapa komentator, tidak ada keraguan bahwa saya akan bereaksi dengan cara yang sama

Tapi kebenarannya adalah, bahwa tidak semua yang saya tahu dari orang itu. Orang saya bertemu lebih dari dua puluh tahun yang lalu adalah seorang pria yang membantu memperkenalkan saya

kepada iman Kristen saya, seorang pria yang berbicara kepada saya tentang kewajiban kita untuk saling mengasihi; untuk merawat orang sakit dan mengangkat orang miskin. Dia adalah seorang pria yang menjabat negaranya sebagai Marinir AS, yang telah mempelajari dan mengajar di beberapa universitas terbaik dan seminari di negeri ini, dan yang selama lebih dari tiga puluh tahun memimpin sebuah gereja yang melayani masyarakat dengan melakukan pekerjaan Tuhan di Bumi - oleh perumahan para tunawisma, melayani kepada yang membutuhkan, menyediakan layanan penitipan dan beasiswa dan pelayanan penjara, dan menjangkau mereka yang menderita HIV / AIDS.

Dalam buku pertama saya, Dreams From My Father, saya menceritakan pengalaman layanan pertama saya di Trinity:

"Orang-orang mulai berteriak, bangkit dari kursi mereka dan bertepuk tangan dan berteriak, angin kuat membawa suara Pendeta naik ke langit-langit .... Dan dalam catatan tunggal - harapan - Aku mendengar sesuatu yang lain,! Di kaki salib itu, di dalam ribuan gereja-gereja di seluruh kota, saya membayangkan kisah-kisah orang-orang hitam biasa penggabungan dengan cerita Daud dan Goliath, Musa dan Firaun, orang-orang Kristen di kandang singa, Bidang Yehezkiel tulang kering Kisah-kisah - kelangsungan hidup, dan kebebasan, dan harapan - menjadi kisah kami, kisah saya,. Darah yang tumpah darah kami, air mata air mata kita, sampai ini gereja kulit hitam, pada hari yang cerah, tampak sekali lagi sebuah kapal yang membawa kisah orang menjadi generasi masa depan dan masuk ke dunia yang lebih luas. Pencobaan dan kemenangan menjadi sekaligus unik dan universal, hitam dan lebih dari hitam, kenangan dalam mencatat perjalanan kita, cerita dan lagu memberi kami sarana untuk merebut kembali kenangan bahwa kita tidak perlu merasa malu tentang ... bahwa semua orang mungkin belajar dan menghargai - dan dengan yang kita bisa mulai untuk membangun kembali ".

Page 6: 031808   obama speech (indonesian)

Itu telah menjadi pengalaman saya di Trinity. Seperti gereja didominasi hitam lainnya di seluruh negeri, Trinity mewujudkan masyarakat kulit hitam secara keseluruhan - dokter dan ibu kesejahteraan, siswa model dan mantan geng-banger Seperti gereja kulit hitam lainnya, layanan Trinity penuh tawa parau dan kadang-kadang mesum. humor. Mereka penuh menari, bertepuk

tangan, menjerit dan berteriak bahwa mungkin tampak

menggelegar ke telinga terlatih. Gereja mengandung secara penuh kebaikan dan kekejaman, kecerdasan sengit dan ketidaktahuan mengejutkan, perjuangan dan keberhasilan, cinta dan ya, kepahitan dan bias yang membentuk pengalaman hitam di Amerika.

Dan ini membantu menjelaskan, mungkin, hubungan saya dengan Pendeta Wright. Sebagai sempurna karena ia mungkin, ia sudah seperti keluarga bagi saya. Dia memperkuat iman saya, diresmikan pernikahan saya, dan membaptis anak-anak saya. Tidak sekali dalam percakapan saya dengan dia aku mendengar dia berbicara tentang kelompok etnis dalam hal menghina, atau mengobati putih dengan siapa ia berinteraksi dengan apa pun kecuali sopan dan hormat. Ia mengandung kontradiksi dalam dirinya - yang baik dan yang buruk - dari masyarakat bahwa ia telah melayani dengan tekun selama bertahun-tahun.

Saya tidak bisa lagi menyangkal dirinya daripada aku bisa memungkiri masyarakat kulit hitam. Saya tidak bisa lagi menyangkal dirinya daripada aku bisa nenek putih saya - seorang wanita yang membantu mengangkat saya, seorang wanita yang dikorbankan lagi dan lagi bagi saya, seorang wanita yang mencintai saya sama seperti dia mencintai apa pun di dunia ini, tetapi seorang wanita

yang pernah mengakui ketakutannya laki-laki hitam yang lewat di jalan itu, dan yang pada lebih dari satu kesempatan telah diucapkan stereotip rasial atau etnis yang membuat saya merasa ngeri.

Orang-orang ini adalah bagian dari diriku. Dan mereka adalah bagian dari Amerika, ini negara yang saya cintai.

Beberapa akan melihat ini sebagai upaya untuk membenarkan atau memaafkan komentar yang hanya dapat dimaafkan. Saya dapat meyakinkan Anda tidak. Saya kira hal yang aman secara politik akan bergerak dari episode ini dan hanya berharap bahwa fades ke kayu. Kita bisa mengabaikan Pendeta Wright sebagai engkol atau demagog, hanya karena beberapa telah menolak Geraldine Ferraro, setelah laporan baru-baru ini, seperti menyimpan beberapa bias mendalam ras.

Tetapi ras adalah sebuah isu yang saya percaya bangsa ini tidak bisa mengabaikan sekarang kita akan membuat kesalahan yang sama bahwa Pendeta Wright dibuat dalam khotbah-khotbahnya

menyinggung tentang Amerika -. untuk menyederhanakan dan stereotip dan memperkuat negatif ke titik yang mendistorsi realitas.

Faktanya adalah bahwa komentar yang telah dibuat dan isu-isu yang telah muncul selama beberapa minggu terakhir mencerminkan kompleksitas ras di negara ini bahwa kita tidak pernah benar-benar bekerja melalui - bagian dari persatuan kita bahwa kita belum sempurna. Dan jika kita berjalan pergi sekarang, jika kita hanya mundur ke sudut masing-masing, kita tidak akan pernah bisa datang bersama-sama dan memecahkan tantangan seperti perawatan kesehatan, atau pendidikan, atau kebutuhan untuk menemukan pekerjaan yang baik untuk setiap warga Amerika.

Page 7: 031808   obama speech (indonesian)

Memahami kenyataan ini

memerlukan pengingat tentang bagaimana kami tiba di titik ini. Seperti William Faulkner pernah menulis, "Masa lalu tidak mati dan dikubur Bahkan, tidak bahkan masa lalu.." Kita tidak perlu

mengucapkan sini sejarah

ketidakadilan rasial di negara ini. Tapi kita perlu mengingatkan diri kita sendiri bahwa begitu banyak perbedaan yang ada di masyarakat

Afrika-Amerika saat ini dapat langsung dilacak

ketidaksetaraan diwariskan dari

generasi

sebelumnya yang menderita di bawah warisan

brutal perbudakan dan Jim Crow.

Sekolah yang terpisah, dan, sekolah rendah, kita masih belum tetap mereka, lima puluh tahun

setelah Brown v Dewan

Pendidikan, dan pendidikan rendah yang mereka berikan, dulu dan sekarang, membantu menjelaskan kesenjangan prestasi meresap antara hitam dan putih hari ini siswa.

Disahkan diskriminasi - di mana orang kulit hitam dicegah, seringkali melalui kekerasan, dari kepemilikan properti, atau pinjaman tidak diberikan kepada Afrika-Amerika pemilik usaha, atau pemilik rumah hitam tidak bisa mengakses hipotek FHA, atau kulit hitam dikeluarkan dari serikat, atau kepolisian, atau departemen kebakaran - berarti bahwa keluarga hitam tidak bisa mengumpulkan setiap kekayaan yang berarti untuk mewariskan kepada generasi

mendatang. Bahwa sejarah membantu menjelaskan kekayaan dan kesenjangan pendapatan antara hitam dan putih, dan kantong kemiskinan terkonsentrasi yang bertahan dalam begitu banyak masyarakat saat ini perkotaan dan pedesaan.

Page 8: 031808   obama speech (indonesian)

Kurangnya kesempatan ekonomi antara laki-laki kulit hitam, dan rasa malu dan frustrasi yang datang dari tidak mampu menyediakan untuk keluarga, memberikan kontribusi terhadap erosi keluarga hitam - masalah yang kesejahteraan kebijakan selama bertahun-tahun mungkin telah

memburuk Dan kurangnya. layanan dasar di banyak lingkungan perkotaan hitam - taman untuk anak-anak untuk bermain di, polisi berjalan beat, sampah biasa pick-up dan membangun penegakan kode - semua membantu menciptakan siklus kekerasan, blight dan pengabaian yang terus

menghantui kita.

Page 9: 031808   obama speech (indonesian)

Ini adalah realitas di mana Pendeta Wright dan Afrika-Amerika dari generasinya dibesarkan. Mereka datang dari usia di akhir tahun lima puluhan dan enam puluhan awal, saat segregasi masih hukum tanah dan kesempatan itu sistematis terbatas Yang menonjol adalah bukan berapa banyak yang gagal dalam menghadapi diskriminasi, melainkan berapa banyak pria dan wanita teratasi. peluang, berapa banyak mampu membuat jalan keluar dari ada cara untuk orang seperti saya yang akan datang setelah mereka.

Tapi bagi semua orang yang tergores dan mencakar jalan mereka untuk mendapatkan bagian dari American Dream, ada banyak yang tidak berhasil - mereka yang akhirnya dikalahkan, dalam satu atau lain cara, oleh diskriminasi itu warisan kekalahan disahkan. kepada generasi mendatang - orang-orang muda dan wanita semakin muda yang kita lihat berdiri di sudut-sudut jalan atau mendekam di penjara kita, tanpa harapan atau prospek untuk masa depan. Bahkan bagi mereka kulit hitam yang melakukan itu, pertanyaan ras, dan rasisme, terus menentukan pandangan dunia mereka dengan cara yang mendasar Untuk pria dan wanita dari generasi Pendeta Wright, kenangan penghinaan dan keraguan dan ketakutan belum pergi,. Juga memiliki kemarahan dan kepahitan dari tahun-tahun. kemarahan itu mungkin tidak bisa diungkapkan di depan umum, di depan putih rekan kerja atau teman-teman putih. Tapi itu tidak menemukan suara di pangkas atau di sekitar meja dapur. Pada kali, kemarahan yang dimanfaatkan oleh politisi, untuk gin sampai

menilainya garis rasial, atau untuk menebus kegagalan sendiri seorang politikus.

Dan kadang-kadang menemukan suara di gereja pada hari Minggu pagi, di mimbar dan di bangku. Fakta bahwa begitu banyak orang yang terkejut mendengar bahwa kemarahan di beberapa khotbah Pendeta Wright hanya mengingatkan kita pada disangkal lama bahwa jam yang paling tersegregasi dalam kehidupan Amerika terjadi pada hari Minggu pagi. Bahwa kemarahan tidak selalu produktif, memang, terlalu sering mengalihkan perhatian perhatian dari pemecahan masalah nyata, itu membuat kita dari tepat menghadapi keterlibatan kita sendiri dalam kondisi kita, dan mencegah masyarakat Afrika-Amerika dari menempa aliansi yang dibutuhkan untuk membawa tentang real Tapi mengubah kemarahan adalah nyata;. itu kuat, dan hanya ingin pergi, untuk mengutuknya tanpa memahami akarnya, hanya berfungsi untuk memperlebar jurang kesalahpahaman yang ada antara ras.

Bahkan, kemarahan yang sama ada dalam segmen masyarakat kulit putih. Amerika putih yang paling bekerja-dan kelas menengah tidak merasa bahwa mereka telah sangat istimewa oleh ras mereka. Pengalaman mereka adalah pengalaman imigran - sejauh mereka khawatir, tidak ada yang menyerahkan mereka apa-apa, mereka telah dibangun dari awal. Mereka sudah bekerja keras sepanjang hidup mereka, berkali-kali hanya untuk melihat pekerjaan mereka dikirim ke luar negeri atau pensiun mereka dibuang setelah seumur hidup tenaga kerja. Mereka cemas tentang masa depan mereka, dan merasa impian mereka menjauh, di era upah stagnan dan persaingan global, kesempatan datang untuk dilihat sebagai zero sum game, di mana impian Anda menjadi biaya saya Jadi ketika mereka disuruh. bus anak-anak mereka ke sekolah di kota, ketika mereka mendengar bahwa Amerika Afrika adalah mendapatkan keuntungan dalam arahan pekerjaan yang baik atau tempat di sebuah perguruan tinggi yang baik karena ketidakadilan yang mereka sendiri tidak pernah berkomitmen, ketika mereka mengatakan bahwa ketakutan mereka tentang kejahatan di lingkungan perkotaan yang entah bagaimana berprasangka, kebencian membangun dari waktu ke waktu.

Seperti kemarahan dalam masyarakat kulit hitam, ini kemarahan tidak selalu dinyatakan dalam perusahaan sopan. Tapi mereka telah membantu membentuk lanskap politik untuk setidaknya satu generasi. Kemarahan atas kesejahteraan dan tindakan afirmatif membantu membentuk Koalisi Reagan. Politisi rutin dieksploitasi kekhawatiran kejahatan untuk tujuan mereka sendiri pemilu. Bicara pembawa acara dan komentator konservatif seluruh karir dibangun unmasking klaim palsu rasisme ketika menolak diskusi yang sah dari ketidakadilan rasial dan ketidaksetaraan sebagai kebenaran politik belaka atau rasisme terbalik.

Sama seperti kemarahan hitam sering terbukti kontraproduktif, sehingga memiliki kebencian ini putih mengalihkan perhatian dari penyebab sebenarnya dari tekanan kelas menengah - budaya perusahaan penuh dengan dalam berurusan, praktik akuntansi dipertanyakan, dan jangka pendek keserakahan, Washington didominasi oleh pelobi dan khusus kepentingan, kebijakan ekonomi yang mendukung beberapa atas banyak. Namun, berharap menghilangkan kebencian putih

Page 10: 031808   obama speech (indonesian)

Amerika, untuk label mereka sebagai sesat atau bahkan rasis, tanpa menyadari mereka didasarkan pada keprihatinan yang sah - ini juga memperlebar kesenjangan ras, dan blok jalan menuju pemahaman.

Ini adalah di mana kita berada sekarang. Ini adalah jalan buntu rasial kita sudah terjebak dalam selama bertahun-tahun. Berlawanan dengan klaim dari beberapa kritikus saya, hitam dan putih, saya belum pernah begitu naif untuk percaya bahwa kita bisa mendapatkan melampaui perbedaan ras kami dalam siklus pemilu tunggal, atau dengan pencalonan tunggal - khususnya pencalonan sebagai tidak sempurna seperti yang saya sendiri.

Tapi saya telah menegaskan suatu keyakinan - keyakinan yang berakar dalam iman pada Tuhan dan iman saya pada orang-orang Amerika - yang bekerja bersama-sama kita bisa bergerak melampaui beberapa luka lama kami ras, dan bahwa pada kenyataannya kita tidak punya pilihan yang kita harus melanjutkan jalan kesatuan yang lebih sempurna.

Untuk masyarakat Afrika-Amerika, jalan yang berarti merangkul beban masa lalu kita tanpa menjadi korban dari masa lalu kita. Ini berarti terus bersikeras pada ukuran penuh keadilan dalam setiap aspek kehidupan Amerika Tapi itu juga berarti mengikat kesengsaraan yang kami alami -. Untuk perawatan kesehatan yang lebih baik, dan sekolah-sekolah yang lebih baik, dan

pekerjaan yang lebih baik - dengan aspirasi yang lebih besar dari semua orang Amerika - yang wanita kulit putih berjuang untuk memecahkan langit-langit kaca, orang kulit putih yang telah

diberhentikan, imigran mencoba untuk memberi makan keluarganya. Dan itu berarti mengambil tanggung jawab penuh atas kehidupan kita sendiri - dengan menuntut lebih banyak dari nenek moyang kita, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak kita, dan membaca kepada mereka, dan mengajar mereka bahwa sementara mereka dapat menghadapi tantangan dan diskriminasi dalam kehidupan mereka sendiri, mereka tidak pernah harus mengalah putus asa atau sinisme, mereka selalu harus percaya bahwa mereka dapat menulis nasib mereka sendiri.

Ironisnya, hal ini dasarnya Amerika - dan ya, konservatif - gagasan swadaya menemukan ekspresi sering dalam khotbah Pendeta Wright. Tapi apa pendeta saya terlalu sering gagal dipahami adalah bahwa memulai program self-help juga membutuhkan keyakinan bahwa masyarakat dapat berubah.

Kesalahan yang mendalam dari khotbah Pendeta Wright adalah bukan karena ia berbicara tentang rasisme di masyarakat kita Ini bahwa ia berbicara seolah-olah masyarakat kita adalah statis, seolah-olah tidak ada kemajuan telah dibuat,. Seolah-olah negara ini - sebuah negara yang telah memungkinkan untuk salah satu anggota sendiri untuk menjalankan untuk kantor tertinggi di tanah dan membangun koalisi putih dan hitam, Latino dan Asia, kaya dan miskin, tua dan muda - masih dapat ditarik kembali terikat dengan masa lalu yang tragis Tapi apa yang kita tahu -. - apa yang telah kita lihat - adalah bahwa Amerika dapat berubah. Itu adalah jenius sejati bangsa ini. Apa yang kita telah mencapai memberi kita harapan - keberanian untuk berharap - untuk apa yang kita dapat dan harus mencapai besok.

Page 11: 031808   obama speech (indonesian)

Dalam komunitas kulit putih, jalan menuju kesatuan yang lebih sempurna berarti mengakui bahwa apa yang melanda masyarakat Afrika-Amerika tidak hanya ada dalam pikiran orang-orang kulit hitam, bahwa warisan diskriminasi - dan insiden saat diskriminasi, sementara kurang terbuka daripada di masa lalu - adalah nyata dan harus ditangani Bukan hanya dengan kata-kata, tetapi dengan. perbuatan - dengan berinvestasi di sekolah-sekolah dan masyarakat kami, dengan menegakkan hukum sipil hak-hak kami dan memastikan keadilan dalam sistem peradilan pidana kita, dengan menyediakan generasi ini dengan tangga kesempatan yang tersedia untuk generasi sebelumnya. Hal ini membutuhkan semua orang Amerika untuk menyadari bahwa impian Anda tidak harus datang dengan mengorbankan impian saya, bahwa berinvestasi dalam kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan anak-anak kulit hitam dan coklat dan putih pada akhirnya akan membantu seluruh Amerika makmur.

Pada akhirnya, saat itu, apa yang disebut untuk tidak lebih, dan tidak kurang, dari apa yang semua besar dunia agama permintaan -. Bahwa kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin mereka lakukan kepada kita Marilah kita menjadi penjaga saudara kita, Alkitab memberitahu kita. Marilah kita menjadi kiper saudari kita. Mari kita menemukan bahwa saham umum kita semua ada dalam satu sama lain, dan membiarkan politik kita mencerminkan semangat itu juga.

Karena kita memiliki pilihan di negeri ini. Kami bisa menerima politik yang melahirkan divisi, dan konflik, dan sinisme. Kita dapat mengatasi ras hanya sebagai tontonan - seperti yang kita lakukan dalam sidang OJ - atau di belakang tragedi, seperti yang kita lakukan di setelah Katrina - atau sebagai pakan ternak untuk berita malam. Kita bisa bermain khotbah Pendeta Wright pada setiap channel, setiap hari dan berbicara tentang mereka dari sekarang sampai pemilu, dan membuat satu-satunya pertanyaan dalam kampanye apakah rakyat Amerika berpikir bahwa saya entah bagaimana percaya atau bersimpati dengan kata-kata yang paling ofensif. Kami dapat menerkam kejanggalan tertentu oleh seorang pendukung Hillary sebagai bukti bahwa dia memainkan kartu ras, atau kita bisa berspekulasi mengenai apakah orang kulit putih akan semua berduyun-duyun ke John McCain dalam pemilihan umum terlepas dari kebijakan-kebijakannya.

Kita bisa melakukan itu.

Tetapi jika kita lakukan, saya dapat memberitahu Anda bahwa dalam pemilu berikutnya, kita akan berbicara tentang beberapa gangguan lainnya. Dan kemudian satu sama lain. Dan kemudian satu sama lain. Dan tidak ada yang akan berubah.

Itu adalah salah satu pilihan. Atau, pada saat ini, dalam pemilihan ini, kita dapat datang bersama-sama dan berkata, "Tidak kali ini." Kali ini kami ingin berbicara tentang sekolah runtuh yang mencuri masa depan anak-anak dan anak-anak kulit hitam putih dan anak-anak Asia dan anak-anak Hispanik dan anak-anak penduduk asli Amerika. Kali ini kita ingin menolak sinisme yang memberitahu kita bahwa anak-anak tidak bisa belajar, bahwa anak-anak yang tidak terlihat seperti

Page 12: 031808   obama speech (indonesian)

kita adalah masalah orang lain. Anak-anak Amerika bukan anak-anak, mereka adalah anak-anak kita, dan kita tidak akan membiarkan mereka tertinggal dalam ekonomi abad ke-21. Tidak kali ini.

Kali ini kita ingin berbicara tentang bagaimana garis di Ruang Darurat diisi dengan kulit putih dan kulit hitam dan Hispanik yang tidak memiliki perawatan kesehatan, yang tidak memiliki kekuatan sendiri untuk mengatasi kepentingan khusus di Washington, tapi siapa yang bisa membawa mereka jika kita melakukannya bersama-sama.

Kali ini kami ingin berbicara tentang pabrik tertutup yang pernah memberikan kehidupan yang layak bagi pria dan wanita dari setiap ras, dan rumah dijual yang dulu milik Amerika dari setiap agama, setiap daerah, setiap jalan hidup. Kali ini kami ingin berbicara tentang fakta bahwa masalah sebenarnya bukanlah bahwa seseorang yang tidak terlihat seperti Anda mungkin mengambil pekerjaan Anda, melainkan bahwa perusahaan Anda bekerja untuk akan kapal di luar negeri untuk tidak lebih dari keuntungan.

Kali ini kita ingin berbicara tentang pria dan wanita dari setiap warna dan keyakinan yang melayani bersama-sama, dan berjuang bersama-sama, dan berdarah bersama di bawah bendera yang sama bangga. Kami ingin berbicara tentang bagaimana untuk membawa mereka pulang dari perang yang tidak pernah harus ' ve telah resmi dan tidak boleh telah dilancarkan, dan kami ingin berbicara tentang bagaimana kami akan menunjukkan patriotisme kami dengan merawat mereka, dan keluarga mereka, dan memberi mereka keuntungan yang telah mereka dapatkan.

Saya tidak akan ikut pemilihan presiden jika saya tidak percaya dengan sepenuh hati bahwa ini adalah apa yang sebagian besar orang Amerika inginkan untuk negara ini. Serikat ini mungkin tidak

akan pernah sempurna, namun generasi demi generasi telah menunjukkan bahwa selalu dapat disempurnakan. Dan hari ini, setiap kali saya menemukan diri saya merasa ragu atau sinis terhadap kemungkinan ini, apa yang memberi saya harapan yang paling adalah generasi berikutnya - orang-orang muda yang sikap dan keyakinan dan keterbukaan untuk mengubah telah membuat sejarah dalam pemilihan ini.

Ada satu kisah pada khususnya bahwa saya ingin meninggalkan Anda dengan hari - sebuah kisah saya ketika saya mendapat kehormatan besar berbicara pada hari ulang tahun Dr King di gereja rumahnya, Ebenezer Baptist, di Atlanta.

Ada, wanita muda dua puluh tiga tahun putih bernama Ashley Baia yang diselenggarakan untuk kampanye kami di Florence, Carolina Selatan. Dia telah bekerja untuk mengatur sebagian besar komunitas Afrika-Amerika sejak awal kampanye ini, dan suatu hari ia berada di sebuah diskusi meja bundar di mana semua orang pergi sekitar menceritakan kisah mereka dan mengapa mereka ada di sana.

Page 13: 031808   obama speech (indonesian)

Dan Ashley mengatakan bahwa ketika ia berusia sembilan tahun, ibunya menderita kanker. Dan karena dia harus kehilangan hari kerja, dia membiarkan pergi dan kehilangan perawatan kesehatannya. Mereka harus mengajukan pailit, dan saat itulah Ashley memutuskan bahwa ia harus melakukan sesuatu untuk membantu ibunya.

Dia tahu bahwa makanan adalah salah satu biaya yang paling mahal, dan sebagainya Ashley meyakinkan ibunya bahwa apa yang dia benar-benar menyukai dan benar-benar ingin makan lebih dari apa pun adalah mustard dan sandwich menikmati. Karena itu adalah cara termurah untuk makan.

Dia melakukan ini selama setahun hingga ibunya menjadi lebih baik, dan dia mengatakan kepada semua orang di meja bundar bahwa alasan ia bergabung dengan kampanye kami adalah supaya ia bisa membantu jutaan anak-anak lain di negeri ini yang ingin dan perlu untuk membantu orang tua mereka juga.

Sekarang Ashley mungkin telah membuat pilihan yang berbeda. Mungkin seseorang mengatakan kepadanya sepanjang jalan bahwa sumber masalah ibunya adalah orang kulit hitam yang berada di kesejahteraan dan terlalu malas untuk bekerja, atau Hispanik yang datang ke negara itu secara ilegal. Tapi dia tidak. Dia mencari sekutu dalam perjuangan melawan ketidakadilan.

Pokoknya, Ashley menyelesaikan ceritanya dan kemudian pergi di sekitar ruangan dan meminta orang lain mengapa mereka mendukung kampanye. Mereka semua memiliki cerita yang berbeda dan alasan. Banyak memunculkan isu tertentu. Dan akhirnya mereka datang ke pria kulit hitam tua yang sudah duduk di sana diam-diam sepanjang waktu. Dan Ashley bertanya kepadanya mengapa dia ada di sana. Dan dia tidak memunculkan isu tertentu. Dia tidak mengatakan perawatan kesehatan atau ekonomi. Dia tidak mengatakan pendidikan atau perang. Dia tidak mengatakan bahwa dia berada di sana karena dari Barack Obama. Dia hanya mengatakan kepada semua orang di ruangan itu, "Saya di sini karena dari Ashley."

"Aku di sini karena dari Ashley." Dengan sendirinya, saat itu satu pengakuan antara gadis muda kulit putih dan pria kulit hitam tua tidak cukup. Hal ini tidak cukup untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi orang sakit, atau pekerjaan untuk pendidikan, pengangguran atau anak-anak kita.

Tapi itu adalah di mana kita mulai. Ini adalah di mana persatuan kita tumbuh lebih kuat. Dan sebagai generasi begitu banyak telah menyadari selama dua ratus dua puluh satu tahun sejak sekelompok patriot menandatangani dokumen itu di Philadelphia, yang mana kesempurnaan dimulai.