021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs ...· Gubernur Bengkulu untuk kedua kalinya pada

021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs ...· Gubernur Bengkulu untuk kedua kalinya pada page 1
download 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs ...· Gubernur Bengkulu untuk kedua kalinya pada

of 1

  • date post

    23-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    212
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs ...· Gubernur Bengkulu untuk kedua kalinya pada

Pemasangan Iklan & Customer

Service:021 5821303

No Bebas Pulsa:08001990990

e-mail:cs@mediaindonesia.com

Rp2.900/eks(di luar P. Jawa Rp3.100/eks)

Rp67.000/bulan(di luar P.Jawa

+ ongkos kirim)

KEMAMPUAN CLIJSTERS BELUM HILANG Absen lama tidak membuat kemampuan Kim Clijsters pupus. Bahkan, ia bersiap untuk terus unjuk diri.

Olahraga, Hlm 26

MEMANGSA GADIS REMAJA LEWAT DUNIA MAYAPemanfaatan internet menjadikan seorang gadis remaja menjadi target predator seksual online.Pop Eskapisme, Hlm 20DOK TRUST MOVIEAP/LAURENT BAHEUX

K AMIS, 26 MEI 2011 | NO.11037 | TAHUN XLI I | 28 HALAMAN

EDITORIAL

ADAKAH keadilan jika terdakwa korupsi divonis bebas, sedangkan pencuri-ayam mati dihajar massa? Pertanyaan klasik ini sepertinya kembali menggema menyusul vonis bebas atas Gubernur Bengkulu (non-aktif) Agusrin M Najamudin.

Banyak orang terhenyak atas vonis bebas itu. Terhe-nyak karena ekspektasi publik atas pemberantasan korupsi yang sudah berurat berakar di negeri ini begitu melambung.

Ekspektasi itu makin melambung ketika publik menyaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menghunus pedang untuk memimpin langsung perang melawan korupsi.

Agusrin didakwa menilap dana pajak bumi dan ba ngunan serta bea perolehan hak atas tanah dan ba-ngun an Bengkulu sekitar Rp21 miliar. Jaksa menuntut-nya 4,5 tahun penjara.

Akan tetapi, Majelis Hakim PN Jakarta Pusat memvo-nis bebas Agusrin. Ma-jelis hakim berargumen-tasi terdakwa tidak ter-bukti melakukan tindak pidana korup si seperti didakwakan jaksa.

Sejak awal, ma sya ra-kat Bengkulu memang sudah wanti-wanti ja-ngan sampai politik meng angkangi hukum dalam perkara Agus-rin. Maklum, Agusrin adalah kader Partai Demokrat, partai ber-kua sa saat ini.

Publik seperti sudah men cium tanda-tanda itu. Agusrin yang sudah bersta-tus tersangka sejak Agustus 2008, tetap dilantik sebagai Gubernur Bengkulu untuk kedua kalinya pada 2010. Juga, persidangan Agusrin baru digelar dua tahun setelah dia ditetapkan sebagai tersangka. Dengan berbagai argumentasi, Partai Demokrat ketika itu pun tak kunjung menindak Agusrin.

Supaya berlangsung adil dan jujur seperti diharap-kan publik, persidangan Agusrin digelar di Jakarta. Harapan masyarakat bagi penegakan keadilan kembali membuncah.

Apalagi, dalam persidangan awal, majelis hakim menolak keberatan kuasa hukum Agusrin sehingga persidangan tetap dilanjutkan. Keterangan sejumlah saksi di persidangan juga memberatkan Agusrin.

Maka, publik pun terhenyak dan limbung ketika majelis hakim memvonis bebas Agusrin. Publik lantas mengaitkan vonis bebas itu dengan status Agusrin sebagai kader Partai Demokrat.

Publik pun mempertanyakan kesungguhan SBY untuk tidak tebang pilih ketika menebaskan pedang keadilannya bagi para pelaku korupsi, termasuk jika pelakunya adalah kader Partai Demokrat.

Adalah wajar jika publik menduga-duga adanya campur tangan politik dalam vonis bebas Agusrin. Betul Partai Demokrat dan SBY sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat sudah menindak Muham-mad Nazaruddin.

Akan tetapi, kita masih menanti apakah Nazarud-din yang disebut-sebut terlibat korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games juga akan diperlakukan sama di muka hukum.

Oleh karena itu, adalah tepat langkah Komisi Yudi-sial yang turun tangan menyelidiki apakah ada main mata dalam persidangan Agusrin. Hasil penyelidikan KY sungguh kita tunggu-tunggu agar tidak terjadi dusta dan curiga di antara sesama anak bangsa.

Vonis Bebas Agusrin

Silakan tanggapiEditorial ini melalui:mediaindonesia.com

Adalah tepat langkah Komisi

Yudisial yang turun tangan menyelidiki apakah ada main mata dalam persidangan Agusrin.

DIA cantik atau dia seksi. Itulah yang hampir pasti dikatakan pria saat dimin-tai komentarnya mengenai perempuan yang baru pertama kali ditemuinya. Namun, perempuan yang bertemu dengan subjek yang sama akan berkata, bibirnya seksi dan alisnya indah. Demikian garis besar studi yang dilakukan tim ahli dari Univer-sitas Vanderbilt dan Universitas Hong Kong China, belum lama ini.

Dengan melakukan serangkaian tes, peneliti menemukan fakta bahwa perempuan ternyata memiliki kesan pertama yang lebih melekat dan lebih mendetail. Dalam tes, kami menciptakan sejumlah wajah fi ktif dan menunjukkannya kepada para relawan. Peserta pria yang melihat objek ini menganggapnya sebagai satu kesatuan, sedangkan perempuan cenderung lebih meng-analisis detailnya secara terpisah, jelas peneliti.

Menurutnya, ada perbedaan substansial yang memenga-ruhi pria dan perempuan ketika dia pertama kali bertemu lawan jenisnya. (Medicmagic/*/X-5)

Perempuan dan Kesan AwalPAUSE

KASUS pelaporan Ketua Divi si Komunikasi Publik Partai De-mokrat Andi Nurpati ke polisi oleh Mahkamah Konstitusi (MK) masih misterius.

Mantan Wakil Ketua MK Ab-dul Mukhtie Fajar me nya takan tim investigasi persoalan pe-malsuan dokumen putusan MK terkait Pemilu Legislatif 2009, yang melibatkan Ketua DPP Par-tai Demokrat Bidang Informasi Andi Nurpati, sebetul nya sudah selesai bekerja di akhir 2009.

Kira-kira akhir tahun 2009-lah,

Desember, kebetulan saya se dang masa purnatugas, kata Abdul Mukhtie kemarin saat dita nya tentang kapan penelusuran tim investigasi itu selesai.

Seperti diberitakan Media Indo-nesia (24/5), selain Nazaruddin, Ketua MK Mahfud MD juga melaporkan kader Demokrat lainnya ke polisi karena diduga memalsukan surat MK. Sumber Media Indonesia menyebutkan kader yang dimaksud Mahfud ialah Andi Nurpati.

Sebagai anggota Komisi Pemi-

lihan Umum, Andi diduga me-malsukan putusan MK terkait Pemilu Legislatif 2009. Keterlibat-an Andi waktu itu diduga terkait dengan kepentingan Dewi Yasin Limpo, yang gagal menduduki kursi DPR RI dari Partai Hanura Daerah Pemilihan Sulawesi Se-latan.

Abdul Mukhtie mengaku ku-rang mengetahui kelanjutan re komendasi hasil penelusuran tim investigasi. Penyebabnya ia sudah purnajabatan sejak akhir 2009. Namun, ia memastikan

re komendasi itu ada di sekreta-riat jenderal. Yang internal kita selesaikan, sedangkan yang menyangkut pihak luar, ya itu ke kepolisian.

Dia pun mengaku tidak tahu apakah hasil penelusuran itu su-dah dilaporkan ke polisi atau be-lum. Kita baru sampai membe-rikan laporan-laporan yang kita temukan atas investigasi itu kepada ketua. Saya tidak tahu perkembangan berikutnya.

Sementara itu, Ketua MK Mahfud MD enggan memberi

keterangan lebih jauh soal ka-sus Andi Nurpati. Hah! Saya tidak tahu! kata Mahfud seusai mengha diri kunjungan maha-siswa program studi Magister Hukum UGM Yog yakarta di Ge-dung MK Jakarta, kemarin.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kom bes Boy Rafl i Amar mengaku pihaknya belum menerima laporan MK atas kasus pemalsuan. Terlebih lagi itu tahun 2009. Kami tengah berkoordinasi untuk mencari la poran yang dimaksud. (*/I-1)

DUA pesawat Garuda Indonesia tujuan Surabaya-Jakarta menda-pat teror bom, kemarin. Teror itu disampaikan melalui faksimile Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Teror bom dikirim seseorang yang mengaku bernama Broto Saputro Charano. Dalam fak-simile itu peneror menyatakan akan meledakkan dua pesawat Garuda rute Surabaya-Jakarta dengan dinamit power gel mag-num tipe 3151.

Peneror juga mengaku akan meledakkan pesawat saat lepas landas dengan menggunakan detonator. Ancaman itu dikirim pukul 07.45 WIB dan selanjutnya kami melakukan penyisiran, kata General Manager PT Ang-kasa Pura I Bandara Juanda Trikora Harjo.

Menurut Trikora, petu-gas dari Komando Pasukan Katak kemudian diturunkan untuk memeriksa pesawat Garuda nomor penerbangan 313 jurusan Surabaya-Jakarta.

Saat itu seluruh penumpang diturunkan dan diperiksa. Petu-gas sempat mencurigai salah satu penumpang dan saat dipe riksa barang bawaannya ternyata hanya berisi serbuk jamu.

Namun, saat dilakukan pe-nyisiran lebih jauh, petugas menemukan tiga bungkusan mencurigakan dalam plastik di ruang tunggu Gate 8. Tiga bung-kusan plastik itu berisi cairan dan salah satu di antaranya diduga bahan aktif bom berbentuk gel. Setelah diperiksa memang itu bahan untuk membuat bom, kata Kepala Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda Kolonel Supranyoto.

Kabag Penum Polri Kombes Boy Rafl i Amar, menyatakan pi haknya terus menyelidiki dua paket mencurigakan yang lolos dari pantauan X-ray, mesin pengawas barang bawaan pe numpang.

Trikora mengatakan, meski-pun ada ancaman bom, lalu lintas penerbangan di Bandara Interna-sio nal Juanda tetap berjalan normal. (HS/Ant/X-9)

Investigasi Kasus Andi Nurpati Selesai sejak 2009

Garuda DiterorBomGel

FOTO-FOTO: ANTARA/ERIC IRENG

TEROR BOM DI BANDARA JUANDA: Anggota Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI-AL mengevakuasi barang yang diduga bahan peledak di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, kemarin. Ancaman bom melalui faks tertulis bahwa ada bom siap meledak di pesawat Garuda GA-313 rute Surabaya-Jakarta.

EBET

Sebagai pengatur anggaran di Senayan, tidak mengherankan bila ia mampu setor ke partai Rp13 miliar.

AKHMAD MUSTAIN

ME S K I a n g g o t a Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga Ketua DPR Marzuki Alie memintanya ikhlas menerima pemberhentian dari posisi bendahara umum, Muhammad Nazaruddin tetap meradang dan merasa dikorban-kan.

Nazaruddin mengaku dugaan keterkaitan dirinya dalam kasus suap Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Wafid Muharam Rp3,2 miliar bermula dari perannya sebagai pengatur anggaran di Badan Anggaran DPR RI. Peran itu dilakukan da lam rangka memenuhi kocek par tai.

Namun, apa yang dilakukan-nya masih dalam skala kecil. Saya tidak ada apa-apanya di Ba dan Anggaran, Mas. Saya ke lasnya kecil. Ada yang lebih be sar di sana. S