01 Panduan SKP 12022015 Baru

download 01 Panduan SKP 12022015 Baru

of 107

  • date post

    07-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    38
  • download

    9

Embed Size (px)

description

umum

Transcript of 01 Panduan SKP 12022015 Baru

PEDOMANPENILAIAN PRESTASI KERJA GURU

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN2014KATA PENGANTAR

Terkait dengan telah diberlakukannya Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 1 Tahun 2013 sebagai peraturan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil yang bertujuan untuk membangun aparatur sipil negara yang berkualitas, profesional, netral, memiliki integritas, dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dengan baik, perlu disusun Pedoman Penilaian Prestasi Gurus ebagai acuan untuk menjamin objektivitas pelaksanaan kegiatan profesionalisme guru berdasarkan sistem prestasi dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja.Pedoman ini disusun sebagai panduan bagi Guru serta pihak lain yang berkepentingan agar penilaian prestasi kerja Guru dapat dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan.Pada kesempatan ini ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan pedoman ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan kekuatan kepada kita untuk selalu berkomitmen melaksanakan peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Jakarta, DAFTAR ISI

iKATA PENGANTAR

2DAFTAR ISI

4KETENTUAN UMUM

1BAB I

HYPERLINK \l "_Toc409799141" PENDAHULUAN

1A.Latar Belakang

2B.Dasar Hukum

3C.Tujuan

3D.Manfaat

4E.Sasaran

5BAB II

HYPERLINK \l "_Toc409799149" PENILAIAN PRESTASI KERJA GURU, KEPALA SEKOLAH, DAN GURU DENGAN TUGAS TAMBAHAN

5A.Pengertian Penilaian Prestasi Kerja

6B.Tujuan Penilaian Prestasi Kerja

6C.Manfaat Penilaian Prestasi Kerja

8D.Prinsip Penilaian Prestasi Kerja

9E.Pejabat Penilai dan Aspek Penilaian

11F.Perangkat Penilaian Prestasi Kerja

11G.Alur Penilaian Prestasi Kerja

BAB III

HYPERLINK \l "_Toc409799158" PENYUSUNAN SASARAN KERJA 14GURU, KEPALA SEKOLAH, DAN GURU YANG DIBERI TUGAS TAMBAHAN

14A.Tata Cara Penyusunan SKP

16B.Unsur-unsur dalam SKP

24C.Penyusunan SKP

34D.Waktu Penyusunan dan Penetapan SKP

34E.Ketentuan Khusus SKP

36BAB IV

HYPERLINK \l "_Toc409799167" PELAKSANAAN PENILAIAN PRESTASI KERJA GURU

36A.Tata Cara Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja

75B.Bentuk dan Metode Penilaian Prestasi Kerja

75C.Ketentuan Khusus Penilaian Prestasi Kerja

77D.Buku Catatan Penilaian Perilaku PNS

77E.Pejabat Penilai dan Atasan Pejabat Penilai Penilaian Prestasi Kerja

78F.Pengelolaan Hasil Penilaian Prestasi Kerja

79G.Tindak Lanjut Hasil Penilaian Prestasi Kerja

81BAB V

HYPERLINK \l "_Toc409799180" PENUTUP

84Lampiran 1. Formulir Sasaran Kerja Pegawai

88Lampiran 3. Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Tambahan

90Lampiran 4 Rekap Hasil Penilaian Perilaku Kerja Bagi Guru

91Lampiran 5. Formulir Buku Catatan Penilaian Perilaku Kerja PNS

93Lampiran 6. Format Penilaian Prestasi Kerja

KETENTUAN UMUMPada pedoman ini yang dimaksud dengan:1. Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan.

2. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.3. Guru yang mendapat tugas tambahan adalah guru yang ditugaskan sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, Wakil Kepala Sekolah/Madrasah, Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Kepala Laboratorium/Bengkel Sekolah/ Madrasah, atau Ketua Program Keahlian/Program Studi.4. Kepala Sekolah/Madrasah adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA), Taman Kanak-Kanak Luar Biasa (TKLB), Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), atau Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).

5. Guru yang mendapat tugas tambahan lain sesuai dengan fungsi sekolah/madrasah adalah wali kelas, pengembang kurikulum dalam satuan pendidikan, guru penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar, pembimbing guru pemula dalam program induksi, pembimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, pembimbing pada penyusunan karya tulis ilmiah dan karya inovatif, atau melaksanakan pembimbingan pada kelas yang menjadi tanggung jawabnya.6. Penilaian Prestasi Kerja PNS guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang selanjutnya disebut Penilaian Prestasi Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Guru yang Diberi Tugas Tambahan.7. Prestasi Kerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh setiap guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah PNS pada suatu satuan pendidikan sesuai dengan sasaran kerja pegawai.

8. Sasaran Kerja Pegawai yang selanjutnya disingkat SKP adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah untuk kurun waktu satu tahun.

9. Uraian Tugas adalah suatu paparan semua tugas jabatan yang merupakan tugas pokok pemangku jabatan dalam memproses bahan kerja menjadi hasil kerja dengan menggunakan perangkat kerja dalam kondisi tertentu.

10. Kegiatan Tugas Jabatan adalah tugas pekerjaan yang wajib dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi jabatan fungsional guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

11. Target adalah jumlah beban kerja yang akan dicapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan fungsional guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang ditetapkan setiap tahun.

12. Perilaku Kerja adalah setiap tingkah laku, sikap atau tindakan yang dilakukan oleh PNS guru dan/atau guru yang mendapatkan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah atau tidak melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

13. Rencana Kerja Tahunan yang selanjutnya disingkat RKT adalah rencana yang memuat kegiatan tahunan dan target yang akan dicapai sebagai penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah yang disetujui oleh komite sekolah pada satuan pendidikan.

14. Pejabat Penilai adalah atasan langsung PNS guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dinilai, dengan ketentuan bagi guru oleh kepala sekolah dan bagi kepala sekolah oleh Kepala UPTD/Kepala Dinas Pendidikan/Kepala Kantor Kabupaten/Kota Kemenag/Kepala Kantor yang membina pendidik pada instansi lain/pejabat yang ditunjuk sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

15. Atasan Pejabat Penilai adalah atasan langsung pejabat penilai atau pejabat lain yang ditentukan.

16. Pejabat Pembina Kepegawaian yang selanjutnya disingkat PPK adalah PPK Pusat, PPK Provinsi, dan PPK Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur wewenang pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS Guru/madrasah .

17. Jabatan Fungsional Guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh PNS.

18. Tugas utama Guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah serta tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.19. Kegiatan Pembelajaran adalah kegiatan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik.

20. Kegiatan Bimbingan adalah kegiatan guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah dalam menyusun rencana bimbingan, melaksanakan bimbingan, mengevaluasi proses dan hasil bimbingan, serta melakukan perbaikan tindak lanjut bimbingan dengan memanfaatkan hasil evaluasi.

21. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

22. Angka Kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.

23. Penilaian Kinerja Guru dan/atau guru yang diberi tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi Sekolah/Madrasah adalah penilaian dari tiap butir kegiatan