Web viewMenu bar adalah salah satu bagian yang memiliki berbagai menu dan berguna untuk melakukan

download Web viewMenu bar adalah salah satu bagian yang memiliki berbagai menu dan berguna untuk melakukan

of 18

  • date post

    02-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    225
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Web viewMenu bar adalah salah satu bagian yang memiliki berbagai menu dan berguna untuk melakukan

Bagian-Bagian Pada Ruang Kerja Adobe Photoshop

Fallah Ansoryllah 22:36 Dasar-Dasar Tidak ada Komentar

Sebelum kita melangkah ke materi tutorial, akan saya kenalkan dahulu apa-apa saja yang terdapat pada ruang kerja Adobe Photoshop. Yang akan saya tunjukkan pada postingan kali ini adalah ruang kerja yang terdapat pada Adobe Photoshop CC 14.2 yang juga merupakan Adobe Photoshop versi terbaru. Meski terbaru, untuk bagian-bagian pada ruang kerja nya tidak berbeda jauh dengan apa yang ada di Adobe Photoshop versi-versi sebelumnya. Dan Berikut adalah bagian-bagian yang terdapat pada ruang kerja Adobe Photoshop CC :

Tools Box

Tools Box

Sudah dijelaskan pula pada artikel sebelumnya tentang pengertian Adobe Photoshop dan fiturnya, bahwa salah satu fitur utama yang terdapat pada Adobe Photoshop adalah TOOLS. Tools merupakan elemen yang sangat penting pada Photoshop, karena semua proses editing pada Photoshop selalu menggunakan tools. Namun, tidak semua tools ditampilkan. Untuk menampilkannya klik kanan pada salah satu tools yang untuk menemukan tools-tools lain. Tools box sendiri terdapat dibagian kiri ruang kerja Photoshop.

Menu

Menu Bar

Menu bar adalah salah satu bagian yang memiliki berbagai menu dan berguna untuk melakukan perintah seperti membuat halaman kerja baru, membuka file gambar, maupun menu yang berfungsi untuk menyalin (copy) dan menempel (paste).

Panel atau Palette

Panel/Palette

Panel terdiri dari Navigation Panel, Color Panel, History Panel serta yang terpenting adalah Layer Panel. Dilihat dari bagian-bagian panel, maka sudah terlihat apa fungsi dari panel itu sendiri.

1. Navigation Panel yang berguna sebagai pemberi info navigasi pada halaman kerja

2. Color Panel untuk memudahkan memilih warna serta styles pada warna tersebut

3. History Panel memberikan informasi apa saja yang telah kita kerjakan pada halaman kerja

4. Layer Panel, berguna untuk mengedit sebuah layer

Tools Option Bar

Option Bar

Bagian ini adalah bagian yang mampu mengatur tools yang berisi menu-menu lain dari tools yang kita gunakan.

Halaman Kerja

Halaman Kerja

Selanjutnya adalah bagian halaman kerja, ini adalah tempat untuk melakukan proses editing seperti memasukkan gambar, teks, dan lain sebagainya

Tab Halaman Kerja

Tab Halaman Kerja

Berbeda dengan halaman kerja, bagian ini berfungsi memperlihatkan serta memilih berbagai halaman kerja yang sedang kita kerjakan.

Mengenal Panel Layer dan Berbagai Macam Fungsinya

Fallah Ansoryllah 06:25 Dasar-Dasar, Tools Tidak ada Komentar

Panel sendiri adalah sebuah tab pada photoshop yang memiliki bermacam-macam fungsi (sesuai namanya). Salah satunya adalah Panel Layer, yang berfungsi untuk mengelola sebuah atau banyak layer yang ada di photoshop.

Meskipun ini memang tutorial yang mendasar, banyak loh ternyata yang belum memahami fungsi-fungsi dari alat yang ada di panel ini. Nah, untuk kali ini sudah saya buatkan sebuah bagan yang sudah saya beri warna terhadap masing-masing tool yang ada di panel ini.

Untuk panel layer sendiri saya bagi menjadi 7 fungsi seperti blending mode, opacity & fill, dan lainnya. Oke, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai berbagai fungsi yang bisa dijumpai di panel layer pada photoshop.

1. Options, berfungsi untuk mengatur atau mengelola layer (seperti membuat layer baru contohnya).

2. Filtering Layer, berfungsi untuk mem-filter layer yang terlihat. Contoh : jika sobat hanya ingin melihat layer shapes saja, bisa gunakan tool ini.

3. Blending Mode, berfungsi untuk mencampur layer (blend). Seperti jika kita menggunakan Multiply, maka layer atas dan bawah akan tercampur (tergabung).

4. Lock Layers, berfungsi untuk mengunci layer, supaya pada layer yang dikunci tidak bisa diedit.

5. Opacity And Fill, berfungsi untuk mengatur tingkat transparansi sebuah layer.

6. Layer Row, bagian yang memperlihatkan layer yang kita buat, jika di klik kanan maka akan terlihat banyak pengaturan untuk layer tersebut.

7. Create, Link & Delete, berfungsi untuk membuat dan menghapus berbagai macam jenis layer (seperti layer, layer mask, group, dan lainnya) serta bisa juga digunakan untuk mengaitkan antar layer (Link).

Macam-Macam Layer Photoshop dan Cara Membuatnya

Fallah Ansoryllah 07:12 Dasar-Dasar 5 Komentar

Kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, layer berarti lapisan-lapisan. Nah, kalau di photoshop ya sama yaitu lapisan, jadi ada layer 1 atau 2, tidak seperti Paint yang hanya 1 layer saja (kalau photoshop bisa diubah tiap layernya).

Lapisan atau layer digunakan supaya kita lebih mudah dalam mengedit, jadi kita bisa mengubah object 1 tanpa mengubah object lainnya (di layer yang berbeda). Tapi, sobat tau ga kalau layer photoshop jenisnya banyak ? pasti beberapa sobat hanya tau Layer Biasa dan juga Layer Mask saja. Untuk mengetahuinya, simak saja di artikel ini sampai habis ya.

Layer Biasa

Saya kurang tau nama layernya, jadi saya tulis Layer Biasa aja hehe. Kalau yang ini pasti sobat sudah banyak yang tahu, sudah dijelasin diatas juga ya. Sedangkan untuk membuatnya adalah bisa melalui menu Layer->New->Layer (Ctrl+Shift+N) ataupun bisa juga melalui panel layer (lihat gambar untuk lebih jelasnya)

Cara Membuat Layer Baru pada Adobe Photoshop

Layer sendiri kalau terjemahkan akan berarti lapisan. Yap, yang kita dapat membuat banyak lapisan (layer) pada adobe photoshop, dan pada tiap-tiap lapisan atau layer bisa berisi objek yang berbeda.

Dengan ada nya layer, tentu lebih mempermudah sobat dalam membuat sebuah desain. Semisal, sobat ingin merevisi bagian tertentu tidak perlu mengulang lagi pembuatannya, sobat tinggal edit layer yang ingin di revisi. Nah, untuk membuat layer baru sendiri ada 3 cara yaitu melalui menu, panel layer dan menggunakan shortcut.

Oke, berikut ini adalah cara membuat layer baru pada Adobe Photoshop. Oh iya, sebelumnya sobat buat laman kerja nya terlebih dahulu menggunakan menu File->New atau shortcut Ctrl+N.

Cara Pertama : Panel Layer

Untuk cara pertama ini kita masuk ke panel layer, untuk membuka panel layer ini sobat melalui menu Windows->Layer. Dan pada panel tersebut, silakan sobat cari ikon new layer. Lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar diatas.

Cara Kedua : Menu

Lanjut ke cara kedua yaitu menggunakan menu. Photoshop sendiri memiliki banyak menu yang memiliki fungsi nya masing-masing. Sedangkan menu yang digunakan untuk membuat layer baru sendiri ada di Layer->New->Layer.

Cara Ketiga : Shortcut

Kalau cara yang ketiga ini diperuntukkan bagi sobat yang tidak ingin ribet atau yang mouse nya rusak hehe yaitu menggunakan shortcut. Shortcut pada photoshop itu sangat banyak sekali, kalau untuk membuat layer sobat bisa tekan Ctrl+Shift+N pada keyboard.

Layer Mask

Sama seperti namanya, yaitu Mask yang berarti Topeng. Jadi layer ini menutupi layer biasa tadi. Untuk cara membuatnya adalah pertama pastikan sobat ada layer biasanya dulu, terus klik yang saya lingkari merah (pada panel layer).

Cara Membuat Layer Mask pada Adobe Photoshop

Seperti namanya yang berarti topeng, layer mask ini berfungsi untuk menutupi atau menyembunyikan suatu objek yang ada pada layer utama.

Jadi, dengan begitu sobat bisa untuk mengubah background, menghapus bagian tertentu dari objek, dan fungsi dari Layer Mask lainnya. Oke, daripada berlama-lama lagi, berikut ini adalah dua cara untuk membuat Layer Mask pada Adobe Photoshop.

Cara Pertama : Menu

Untuk metode yang pertama ini yang kita gunakan adalah menu. Kalau di tutorial ini, menu yang digunakan adalah Layer->Layer Mask->Reveal All. Dan otomatis pada layer utama sobat akan terbentuk sebuah layer mask baru.

Cara Kedua : Panel Layer

Lanjut ke cara selanjutnya yaitu langsung melalui panel layer. Silakan sobat masuk ke panel tersebut, kemudian pada bagian bawah panel cari ikon Layer Mask (Persegi panjang dengan lingkaran ditengah). Klik ikon tersebut, dan otomatis pada layer utama utama sobat akan terbentuk sebuah layer mask baru.

Layer Group

Nah, kalau sobat pada saat membuat suatu karya yang menggunakan banyak layer toh pasti sobat bingung mencari layer yang harus diedit. Maka dari itu, dibuat layer group (jadi tiap layer bisa disatukan dalam grup), caranya adalah bisa melalui menu Layer->New->Group atau bisa melalui panel layer (lihat pada gambar)

Tutorial Grouping Layers pada Adobe Photoshop

Grouping Layers kita gunakan supaya kita dapat mengumpulkan banyak layer yang berantakan dalam sebuah layer bernama layer group. Fungsi dari layer group kurang lebih nya sama seperti folder pada My Computer.

Jadi, kalau sobat sudah memasukkan layer-layer tersebut ke dalam layer group maka sobat bisa dengan mudah menemukan layer tertentu yang ingin di edit. Selain itu, juga bisa menghemat panel layer yang panjang jika sobat menggunakan banyak layer hehe.

Nah, untuk menyatukan banyak layer tersebut ke dalam layer group pada photoshop sendiri cara nya sangat mudah yaitu sebagai berikut.

Langkah Pertama

Buka file PSD yang berisi banyak layer dan ingin di satukan dalam sebuah layer group menggunakan menu File->Open atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+O.

Langkah Kedua

Blok layer-layer yang ingin dibuat menjadi layer group. Sama kok caranya seperti bloking folder, file ataupun teks kok hehe.

Langkah Ketiga

Masuk ke panel layer, kemudian cari ikon new group (lihat gambar untuk lebih jelasnya). Atau bisa juga melalui Menu Layer->New->Group dan silakan beri nama pada layer group yang ingin dibuat.

Layer Adjustment

Lanjut la