Tips melakukan renovasi rumah btn untuk rumah idaman

Post on 19-Jun-2015

451 views 3 download

Transcript of Tips melakukan renovasi rumah btn untuk rumah idaman

Tips Melakukan Renovasi Rumah BTN Untuk Rumah Idaman

Bagi Anda yang memiliki rumah BTN dan desain rumah tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk melakukan renovasi rumah btn. Saat ini, memang banyak pemilik rumah btn yang melakukan renovasi untuk rumah mereka. Pasalnya, desain rumah tersebut dibuat seragam dengan yang lain. Padahal kebutuhan rumah setiap orang tidaklah sama sehingga melakukan renovasi merupakan cara yang tepat agar rumah menjadi lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Saat melakukan renovasi rumah btn, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan renovasi tersebut. Selain menetapkan jadwal pelaksanaan dan prioritas renovasu, Anda juga sebaiknya sudah harus memastikan berapa besar budget yang akan Anda keluarkan. Berikut ini beberapa tips dan langkah-langkah untuk membantu anda melakukan renovasi.

Hitung Budget Anda

Pertama-tama, Anda harus menghitung kemampuan finansial Anda, apakah dana yang tersedia apakah sudah mencukupi kebutuhan atau masih kurang. Jika masih kurang, Anda dapat mempertimbangkan untuk meminjam dana dari bank. Atau jika kekurangannya hanya sedikit, Anda bisa meminjam dari teman atau kerabat. Dalam menentukan budget ini, disini Anda akan menentukan apakah Anda akan melakukan renovasi rumah kecil-kecilan atau melakukan renovasi secara bertahap. Jika melakukan renovasi secara bertahap, Anda dapat menentukan prioritas-priotas tentang bagian mana saja yang akan direnovasi terlebih dulu.

Renovasi Rumah Sederhana

Renovasi rumah sederhana sebenarnya hanya melakukan renovasi untuk sebagian rumah saja. Salah satu bentuk renovasi rumah sederhana adalah membuat tambahan ruangan di dalam rumah. Anda bisa menambah ruangan untuk mendukung kebutuhan rumah sehari-hari seperti menambah kamar mandi, memperluas dapur, membuat ruang cuci, menambah teras, carport, atau kamar tambahan.

Membuat Desain

Jika Anda ingin mengubah susunan ruangan di dalam rumah Anda atau ingin menambah ruangan, Anda tentu memerlukan desain rumah yang baru. Untuk mendapatkan desain ini, Anda bisa membuatnya sendiri atau mencari referensi dari majalah atau internet. Namun, jika Anda mencari desain terbaik dan benar-benar sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa menggunakan jasa arsitek.

Menentukan Bahan dan Material

Setelah mendapatkan desain yang sesuai, sekarang saatnya Anda untuk menentukan bahan dan material yang dibutuhkan seperti kayu, asbes, cat, keramik, dll. Selain menentukan bahan dan material, Anda juga harusmempertimbangkan kualitas bahan-bahan yang akan Anda beli apakah memiliki standar istimewa, sedang, atau kualitas biasa. Biasanya, bahan-bahan ini akan dikenal dengan KW 1, KW2, dan KW3. Istilah KW sendiri mewakili kualitas.

Menentukan Tenaga Pelaksana

Langkah selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah menentukan pekerja yang akan melaksanakan renovasi rumah btn. Untuk pelaksana pekerjaan, ada beberapa keahlian berbeda dengan harga upah yang berbeda-beda pula. Sementara itu, dalam cara kerja akan ada sistem kerja borongan atau sistem dengan pembayaran sekaligus. Di samping itu, hal yang paling penting adalah memastikan bahwa Anda menggunakan pekerja yang berkualitas dan sudah berpengalaman. Semoga Bermanfaat,

Website : renovasi123.com Terhubung ke : Twitter , Facebook , Linkedin , Goggle + , My Opera , Alexa