TeknikAuditBerbantuan Komputer

Post on 16-Jun-2015

1.157 views 18 download

description

Materi kuliah TABK TOpik I Politeknik Negeri Jakarta

Transcript of TeknikAuditBerbantuan Komputer

TeknikAuditBerbantuanKomputer

ReviewAuditSistemInformasi

AliMasjonoSE.MBITPoliteknikNegeriJakarta

TujuanInstuksionalUmum

• MahasiswamampumenjelaskanperananTIKdalamduniabisnisdankaitannyadenganaudit

TujuanInstruksionalKhusus

•  MahasiswamampumenjelaskandenganbaikperkembanganTIK.

•  MahasiswamampumenyebutkankompponenarsitekturTIKdanmenjelaskanmasingmasingkomponen

•  Mahasiswamampumenyebutkantopologiyangdigunakandalamsistemkomunikasikomputerdanmenjelaskankaitantopologidengansistemkomunikasi

•  Mahasiswamampumendemontrasikancaramenyimpandatadimediaelektronikdanmengimplementasikandisalahsatusistemdatabase.

•  MahasiswamampumenjelaskankebutuhanauditpadaTIK•  MahasiswamampumenjelaskanpengaruhTIKterhadap

audit.

ArsitekturTeknologiInformasidanKomunikasi

Komputer

Aplikasi

Komunikasi

Data Komputer perangkat keras pemroses informasi dan perangkat pendukungnya misalnya Operating System (OS) Komunikasi Jaringan telekomunikasi dan perangkat pendukung jaringan komunikasi Data Data merupakan aset perusahaan yang bisa diakses, tersimpan dimedia penyimpanan elektronik dan dapat dikendalikan Aplikasi Program aplikasi utama yang digunakan oleh suatu organisasi.

Komputer(PerangkatKeras)

•  CentralProcessingUnit(CPU)

A = B C 3 2 1

0 1 4 # 4 0 6

Control Unit ALU 21<300 5*3=15

Primary Memory (Primary Storage)

PrimaryMemory(PM)

•  BagiandariCPUuntukpenyimpanandatadaninformasisementarasebelumdisimpansecarapermanenpadasecondarystorage.PMdisebutjugadenganPrimaryStrorage,MainMemoru,danInternalStorage.

ControlUnit(CU)

•  BagiandariCPUyangberfungsimelakukankontrolterhadapprosesdanarusdatadanprogramantaraPM,ALUdanSecondarystorage.

Arima>cLogicUnit(ALU).

•  BagiandariCPUyangmelakukanoperasiarimaJcdanoperasilogikterhadapdata.OperasiaritmaJcmisalnyapenjumlahan,pengurangan,perkaliandanpembagiansedangkanoperasilogikmisalnyaperbangdingan,<>><.

CarakerjaCPU

•  DataatauinformasiyangmasukkeCPUterlebihdahuludisimpandiPM,misalnyapemakaikomputermenginput5X5,angkaangkadantandaperkalianinidiletakanpadaPMsesuaidenganalamatnyamasingmasing,padasaatpemakaimenekanEntermakaALUmemprosesdatatersebut,hasilnyalaludikembalikankePMuntukdisimpansementarasebelumdigunakankembaliataudisimpankesecondarystorage.DatadaninformasiyangdisimpandiCPUinisifatnyaVola2learJnyadatadaninformasitersebutakanhilangjikaaruslisrikputusatauterjadigangguanlistrikmakadariituharusdilakukanpenyimpanankesecondarystoragesebelumaliranlistrikputus.

Komunikasi

•  KemampuankomunikasiantarakomputersangatpenJnguntukdijadikansebagaikemampuandasaryangdimilikiolehsebuahkomputer.Sistemjaringankomputerataujugabisadisebutdengankomunikasikomputerterdiridarisebuahataulebihterminal,adanyajalurkomunikasi,modemdanswitch.

JaringanKomunikasiKomputer

•  LocalAreaNetwork(LAN).Jaringankomunikasikomputeryangberadadalamsuatuareatertutup,menggunakantopologitertentuyangdimilikiolehsuatuorganisasitertentu.JasayangdiberikanolehLANiniantaralainfilesharing,E‐Mail,PrintServices,Terminaemula2onservices,Directoryservices,NetworkManagementservices.

•  WideAreNetwork(WAN).PadaprinsipnyasamadenganLANnamuncakupanareayangdapatdilayaniolehWANinlebihbesardariLAN,bisamencapaiseluruhluaswilayahgeografiyangdimilikiolehsuatuorganisasi.BahkansudahdapatmengkomunikasikanantarbeberapaLAN.

JaringanKomunikasiKomputer

•  MetropolitanAreaNetwork(MANS),JenisnetworkinilebihbesardariLANdanlebihkecildariWANdanhanyamengkoversuatuwilayahmetropolitanatuperkotaan.

•  Intranet.JenisNetworkyangmenggunakanTCP/IPdanwebdalammemberikanlayanankomunikasikomputer.WebyangdapatdiakseshanyayangtergabungdalamsatuorganisasiJdakdapatdiaksesdariluarorganisasi.KonsepintranetinitelahmenjadisuatuflaUormuntukkomunikasidalamsatuorganisasi.

•  Extranet.Jasasistemjaringankomputerdapatdiaksesolehpihakluarorganisasisetelahmendapatkanotorisasidaripemilik.

•  VirtualPrivateNetwork.(VPN)Sebuatnetwokyangdibuatolehsuatuorganisasiyangmemungkinkanpemakainyauntukakseskeluarorganisasisecaraaman.

Topologi

•  Untukmenghubungkanberbagaijeniskomputerdanperalatanlainnyadiperlukantopologiyangdapatmenggambarkanbagaimanakomputerbisaberkomunikasi.Komputerdapatdipasangdalamsuatusistemjaringan,diperlukansuatutopologiyaitumodelatausistemyangmenggambarkanbagaimanakomputertersebutterhubungsatusamalaindenganmenggunakanperalatanyangdisyaratkan.

BerbagaiJenisTOpologi

TopologiBUS

TopologiStar

TopologiRing

Data

•  Data atau informasi adalah bagian terpenJngdalamarsitekturteknologiinformasikarenatanpadata komputer Jdak akan ada fungsinya karenayang dikirim melalui media komunikasi adalahdata dan komputer digunakan sebagai penciptadan penyimpan informasi. Untuk mengatur,menyimpan data agarmudah dimanipulasi dandijadikan informasi yang diinginkan data perludiatur dalam suatu sistem yang dikenal dengansistemdatabase.

Database

•  kumpulandatayangterintegrasi,diorganisiruntukmemenuhikebutuhanseorangpemakaiataubanyakpemakaidalamsuatuorganisasi.Defenisidatabaseyangdigunakaninisangatumum,halinibisadiarJkandatabaseyangdiorganisasidenganJdakmenggunakankomputer

StrukturDatabase

•  AdaJgajenissturkturdatabaseyangdikenaldiduniabisnissaatiniyaituUntukmengeloladatadengansistemdatabase.– Hirarki– Network– RelaJonal

Aplikasi

•  Berbagaiprogramaplikasiyangdigunakanuntukmenciptakan,memanipulasiinformasisehinggadapatdigunakanolehpemakai.Aplikasiadalahprogramkomputeryangdibuatsecarakhususuntukmemecahkansuatumasalahbaiksecarakhususmaupunsecaraumum.Aplikasikhususbidangakuntansi,misalnhyaMindYousOwnBusiness(MYOB)programaplikasiyangsecarakhususuntukmemprosessiklusakuntansi.Aplikasiumummisalnyaprogamspreadsheetmisalexcel,Lotus123.AplikasiiniJdaksecaraspesifikbisamemecahkanmasalah,untukdapatmemecahkanmasalahpenggunaharusmemodifikasinyaataumembuatprogramaplikasilagiagardapatdigunakanuntukmemecahkanmasalah.

Aplikasidalamstruktursistemkomputer

•  Suatuarsitekturumumsistemkompterdapatdilihatsebagaisistemlapis,dimanalapispertamaadalahperangkatkeras,lapiskeduaadalahOperaJngsystemdanlapiskeJgaadalahaplikasi.Lapisdasaradalahperangkatkerastermasukdidalamnyainstruksidasaryangdiberikanolehpabrikpembuat,lapiskeduaadalahareainJdarisuatusistemkomputerdimanaberhubungandenganfungsidasarprosesyangberhubungandengansistemoperasikomputer,lihatgambar1.8.LapiskeJgamerupakansistemso\wareyangdigunakanuntukmendesain,memprosesdanmengontrolaplikasiyangdigunakanuntukmemaintenansistemkomputer

PeranTIKdalamAkuntansi

•  Dalamakuntansiataukeuanganadabeberapasiklusutamayangmenjadipedomanutamadalammembuataplikasiakuntansiataukeuangan.MasingmasingsiklusmemilikifungsiyaitumengkoleksidatatransaksidariberbagaiakJvitasperusahaan,memprosesdatatersebutyangbergunauntukmengambilkeputusan,menyediakankontrolataupengendalianyangsesuaiuntukmelindungiasetperusahaan.

SiklusAkuntansi

SiklusAkuntansi

•  SikluspembiayaanmelibatkanakJfitaspembeliandanpembayaranbarangdanjasayangdigunakanolehperusahaan.

•  SiklusproduksimelibatkanakJvitasmengkonversibahanmentah,tenagaburuhdanmaterialpendukunguntukdijadikanbarangsiapdijual.

•  SiklusPembiayaanSumberDayaManusiamelibatkanakJvitaspenggajian,baikitupembayaran,perekrutanpegawaidansemuayangterkaitdenganfungsiSumberDayaManusia.

•  SiklusPendapatanmelibatkanakJvitaspenjualanbarangdanjasasertapengumpulanpiutang.

•  SiklusKeuanganmelibatkanakJvitasuntukmendapatkandanauntukmenjalankanperusahaan,pembayaranhutang,danmendistribusikanlabakepadapemegangsaham.

AuditSistemInformasi

•  TABKsecarakhususdigunakanuntukmengauditdatayangsimpandalambentukelektronik,lebihluaslagiauditsisteminformasiakanmengauditseluruhaspekyangberkaitandengansisteminformasi.RuanglingkungauditsisteminformasilebihluasdariTABK,makadalambukuinipenyajianauditsisteminformasiuntukmereviewkembalidanmemberikangambaranumumakanpengerJandanruanglingkupauditsisteminformasi.

Auditterhadapmanajemen,perencanaandanorganiza>ondalammenggunakan

sistemInforma>on

.

• evaluasiterhadapstrategidanprosesdalampengembangan,implementasi,danmaintenanuntukmeyakinkanbahwasisteminformasimendukungobjekJvdariorganisasi.• Evaluasikebijakanbidangsisteminformasi,standarddanprosedurdanprosesuntukpengembangan,implementasi,danmaintenangunameyakinkanbahwakebijakanmendukungstrategiyangdigunakan.• Evaluasipraktekmanajemenuntukmeyakinkanbahwaorganisasipatuhdengankebijakanbidangsisteminformasi,standarddanprosedur.• Evaluasistrukturorganisasisisteminformasiuntukmeyakinkanadanyadukunganyangsesuaidancukupterkendaliterhadaptujuanorganisasi.• EvaluasimetodeseleksiyangdigunakanpihakmenajementerhadapjasayangdidapatdaripihakkeJgasesuaidenganstrategidankebijakanbidangsisteminformasi.

Auditterhadapinfrastrukturteknisdanpraktekoperasional.

–  Evaluasisistempengadaan,instalasidanmaintenanterhadapperangkatkerasuntukmeyakinkanefisiensi,efekJvitasdukungannyaterhadapprosesbisnisyangdisyaratkandankompaJbledenganstrategiorganisasi.

–  Evaluasipengembangandanpengadaan,implementasidanmaintenanperangkatkerasdanuilitynyauntukmeyakinkanagardapatmendukungsecaraterusmenerusprosesbisnisyangdisyartakandankompaJbledenganstrategiorganisasi.

–  Evaluasipengembangan,pengadaandanimplementasisertamaintenansistemnetworkinguntukmeyakinkanefisiensidanefekJfitasnyadalammendukungprosesbisnisdiorganisasi.

–  EvaluasioperasionalorganisasiuntukmeyakinkanefisisendanefekJfpenggunaansumberdayateknisyangdigunakanukntukmendukungprosesbisnisdiorganisasi.

–  Evaluasipenggunaansistemkinerjadanmemonitorproses,toolsdanteknisuntukmeyakinkanbahwasistemkomputerberoperasiselalusesuaidenganprosesbisnisdantujuanorganisasi.

Auditterhadappengembangansistemaplikasi,implementasidanmaintenanya.

– EvaluasiprosespengembangansistemaplikasidanimplementasinyauntukmeyakinkanbahwarealisasisistemaplikasitersebutsesuaidenganobjekJvorganisasi

– Evaluasiprosessistemaplikasiyangdiimplementasikanuntukmeyakinkansistemaplikasitersebutmemberikankontribusikepadapencapaiantujuanorganisasi.

– EvaluasisistemaplikasidimaintenandenganbaikuntukmeyakinkantercapainyaobjekJvorganisasi.

AuditterhadapProteksiterhadapasetsisteminformasi.

–  Evaluasidesain,implementasidanpemantauanpengendalianakseslogikalterhadapasetinformasiuntukmeyakinkanintegritas,konfidensialitas,danketersediaanasetsisteminformasi.

–  Evaluasikeamananinfrastruktursistemnetworkuntukmeyakinkanintegritas,konfidensialitas,ketersediaandanotoritasipenggunaanterhadapsistemnetworkdansistemtransmisiinformasi.

–  Evaluasidesain,implementasidanpemantauansistempengamananlingkunganuntukmencegah,danataumeminimumkankerugianyangpotensial.

–  Evaluasidesain,implementasidanmemantauaksessecarapisikterhadapasetsisteminformasiuntukmeyakainkanbahwaJngkatkeamananasetsisteminformasidanfasilitaslainnyasesuaidengantujuanorganisasiatautujuanbisnis.

Auditterhadapprosesbisnisdanmanajemenresiko.

– EvaluasiefisiensidanefekJfitassisteminformasidalammendukungprosesbisnismelaluibencmarking,bestprac2ceanalysisataureengineringprosesbisnis,untukmeyakinkanopJmasihasil.

– EvaluasidesaindanimplementasipengendaliansecarakomputerisasiataumanualuntukmeyakinkanresikoyangterindenJfikasidalamprosesbisnisberadapadalevelyangdi‐inginkan.

– Evaluasiproyekperubahanprosesbisnis(misalnyabudaya,manajemenorganisasi,keuangan)kuntukmeyakinkanbahwapengelolaanorganisasidanstafdikoordinasikandandikendalikandenganbaik.

– Evaluasiimplementasiriskmanajemenorganisasi.

Auditterhadapsistemrecoveryakansuatumalapetakadankeberlanjutan

bisnissetelahmalapetaka– EvaluasiketersediaansistembackupdanrecoverypadaJngkatyangsesuaiuntukmeyakinkankeberlansunganberoperasisisteminformasisecaranormalpadasaatterjadinyagangguanjangkapendekdanmengembalikanprosesbisniskesituasinormal.

– EvaluasikemampuanorganisasiuntuksecaraterusmenerusdapatmenyediakanfasilitassisteminformasipadasaatfasilitastersebutJdakberfungsi.

– Evaluasikemampuanorganisasiuntukmeyakinkankeberlansunganbisnispadasaatterjadimalapetaka

PengaruhKomputerTerhadapAudit

•  KeJkakomputerpertamakalidigunakandalamduniabisnis,banyakauditorberfikirbahwafundamentalaudiJngmungkinakanberubahsejalandenganpertumbuhanteknologi.Tetapisaatinimenjadijelasbahwaauditormasihharusmenyediakankeahliannyayangkompeten,independendanmenyajikanhasilevaluasiterhadapsuatuakJvitasekonomi,apakahakJvitastersebuttelahdicatatdandilaporkansesuaidenganstandarddankriteriatertentu.WalaupundemikiankomputertelahbanyakmempengaruhiauditordalambagaimanacaramenjalankanfungsiutamanyayaitumengumpukanbukJdanmengevaluasibukJbukJtersebutkemudianmelaporkannya.

Perubahancaramengumpulkanbuk>

•  PengumpulandatapadasuatusistemkomputeryangdapatdipercayaseringlebihkomplekdaripengumpulanbukJpadasistemmanual.AuditorsberhadapandenganseperangkatpengendalianinternalberbasisteknologikomputeryangkomplekdimanapengendaliantersebutJdakpernahadapadasistemmanual.SebagaicontohadalahpengoperasionhardriveyangakuratdanlengkapmensyaratkanadanyapengendalianperangkatkerasdimanahaliniJdakadapadasistemmanual.Sejalandenganharddrive,sistempengembanganprogramtermasukdidalamnyaproseduruntukpengetesanprogramJdakakanditemukanpadasistemmanual.AuditorakanmengerJmodeldanbentukpengendalianiniseperJinijikaauditormampuuntukmengumpulkanbukJsecaralengkappadasuatusistemyangJngkatpengendaliannyadapatdipercaya.

Perubahanevaluasibuk>buk>

•  Adanyapeningkatankerumitanpadasistemkomputerdanteknologipengendalainyangadapadasistemkomputer,akanlebihsulituntukmengevaluasipengendaliansebagaikonsekwensilogisdaribagusnyasistempengendalianyangmelekatpadasistemkomputertersebut.PertamakaliauditorharusmengerJkapansebuahsistempengendalianberperanakJvdandapatdipercayadankapanberperanpasifdanJdakberfungsi.Berikutnyaauditorharusmampumenelusurikonsekwensidarikuatnyasistempengendalianataukonsekwensidarilemahnyasistempengendalian.Padalingkunganyangdigunakansecarabersamasamaolehbeberapaorganisasi,akanmempersulitauditoruntukmenentukanJngkatkepercayaanakansistempengendalianyangmelekat.Suatuinputsatutransaksiakanmengupdateberbagaiitemdatayangdigunakandiberbagaitempat,baiksecarapisikmaupunsecaralogikal.Bagaimanapunauditorharusmampumenelusurikonsekwensidarisebuahkesalahanatauerrorpadasebuahtransaksiyangdiinputolehsemuapemakai.

Pertanyaan

•  SebutkankomponenTIK,danjelaskanmasingmasingkomponendalamkaitannyadenganSisteminformasiyangterintegrasi.

•  JelaskancarakerjaCPUdansebutkan2contohCPU/processoryangadadipasaran.

•  Adaberapamodeldatabase,jelaskankonseprelaJonaldanmengaparelaJonalmodelbanyakdigunakanolehso\waredatabase.