Sub BtrK Bali Bafl trost 1,, ii::.. trr.:i · Sub Bagian Humas dan l-ata t-f salra BtrK Rl...

Post on 25-Jan-2020

4 views 0 download

Transcript of Sub BtrK Bali Bafl trost 1,, ii::.. trr.:i · Sub Bagian Humas dan l-ata t-f salra BtrK Rl...

Sub Bagian Hurnas dan'l-a'ta Usalra

trost

BtrK F(l Perwakilan Provinsi Bali*!.r,i+.;i:t"ii

t'$ffi*;, Bafl fr

Bantuan Hibah SelektifProposal Paling Larnbat MaietDenpasar (Bali Post) -

_Proposal pengajuan dana hibah ditahun 2016 paling lambat harus sudahmasuk ke SKPD terkait pada bulan Maretmendatang. Setelah itu, barulah masuk kedalam tahap proses verifikasi administrasidan lapangan-. Demikian disampaikan plt.Kepala Biro Keuangan Setda provinsi BJDewa Putu Sunarta di Denpasar. Minggu(27172) kemarin_ "Selanjutnya Kepala SKpD mem_berikan rekomendasi kepada Gubernurmelalui tim anggaran Pem-erintah Daerah.mengenai aspek kemampuan anggarandaerah yang tersedia. Berikutnya baru-lah menuju proses yang lebih mendetailp?,-pql .p.ada input rekening penerimanrbah, ' Jelasnya.

Sunarta menambahkan, selama inimasih. banyak ?asyarakat yang belummemahami betul mekanrsme penenmaandana hibah. Begitu juga terkait meka-nlsme penerimaan dana bantuan sosialatau bansos. Menurutnya, bantuan hibahbersifat selektif, temporer, tidak terusmenerus dan terencana.

"Terdapa-t beberapa tahapan dalampemberian hibah, diantaranya adalahproses petencanaan. Pemerintah, organ_isasi, badan yang berbadan hukum nus-iorr-al terlebih dahulu mengusulkan proposalatau rencana tertulis kepada GubernurBali melalui SKPD terkait," ujarnya.

Sementara bansos, lanjut Sunarta,memiliki

-pola yang berbeda dengan hibah

karena ada bansos yang direncanakan danbansos yang tidak direncanakan. Bansosyang tidak direncanakan seperti kejadianbencana alam. sepanjang besarannya tiaatmelebihi bansos yang direncanakan ataudianggarkan.

-.-"Selain itu, mekanisme bansos dapatdiberikan kgnada individual sepanjangmemenuhi kriteria untuk mengatasikemiskinan. risiko sosial, dan lainnva..Dari kedua bantuan tersebut. penerimahibah maupun bansos memiliki kewa-jiban untuk membuat laporan pertang-gungjawaban sesuai dengan mekanismeyang telah ditentukan," teiangnya, seraya!:"hg"qp dana bandos maupun hibah yangdisalurkan dapat dimanfaatkan dengaibaik oleh penerimanya sesuai perjanjianyang telah ditentukan. (kmb82)

t

Edisi :

Hal :

9$u',-$-Qg*?grt7

{qn

,,:ji' ' "ii::..

nl; i'. 1,, .il :rc.t:i.. \'ffi J trr.:i

\'.- '. -" * .#.\'J.;i-l::'f..t-;+.-.ir:{/

Sub Bagian Humas dan l-ata t-f salra BtrK Rl Perrw;lkilan Provinsi Bali

+w Bailfr trost

Penambang llegalMasih Beroperasi

Polisi Tetapkan Tujuh TersangkaGianyar (Bali Post) -

Poiisi kini terus melakukan penindakan terhadap penambangan batu padasillegal yang beroperasi di Kabupaten Gianyar. Sejak awal melakuk3'! n-enin*rk3nOtibt"" hiogga menjelang akhir 2015 ini, petugas yang-d_ikomandoi Kanit IV Sa-treskrim Polies Gianyar fpaa e.a. Gde Alit Sudarma sudah menggerebek b-elasantitik tambang ilegal, dengan tujuh pemilik ditetapkan sebagai tersang-ka. Namun,hingga kini d'idu-ga masi-h ada penimbangan bafu padas yang menjalankan aksiilegal tersebut di Kabupaten Gianyar.

(i+jir'

IpdaA.A Gde Alit Sudarma,Minggrr (12127) kemarin, men'gatakan sejak awal melaku'kan penindakan pada Oktober2015 lalu, hingga kinijajaran-nya surlah menetapkan tujuhorang tersangka. DibeberkanMade Mudiarta (39) men-jadi telsangka pertama yangdiamankan polisi pada 24Oktobe,r lalu, karena,terbuktimelakukan penambanganilegal cli T\rkad Petanu.

Semipggu berselang, tepat-nya 3Cr Oktober polisi men-grebek tambang batu Padasilegal .iain yang berlokasi diTukad Yeh Wos, Banjar Bang-kiang, Desa Keliki, Tegal-lalang. I Wayan Bukel yangmenjadi pemilik tambangdi loka.si kedua ini langsungditetapkan tersangka olehpolisi. Dua kali pengrebekantersebut, . sempat membuatpenambang ilegal tiaraP se-jenak. Hingga Desember 2015mereka diketahui kembaliberoperasi di sePutaran T\r-kad Petanu, GianYar. Saatdilakukan penggerebekanpada tiga titik di Tukad Peta-nu, Be,njar SemamPan, DesaKemenuh tersebut, Polisimenga.mankan belasan buruhtam6e,ng beserta alat tam-bang. Da.ri penggerebekan inipolisi menetaPkan tiga Pemi-iik tanrbang sebagi tersangka.masing-masing Ketut AriantaAlias llomi (40), NYoman Par-wata tlan I'WaYan Bakat.

Perrggerebekan ketiga

tersebut ternyata juga belummenyurutkdn ni'at penam'bang untuk melanjutkanaksinya. Terbukti, Kamis(241L2) lalu polisi kembalimengamankan sejumlah bu-ruh tambang yang beroperasidi T\rkad Petanu, Banjar Su'mampan, Desa Kemenuh.Dari penggrebekan pada duatitik ini, potsi menetaPkandua pemililr tambang sebagaitersangka yakni Wayan \{is-tra (49) dan Supodo (40). "Set-elah penggrebekan terakhir,Kamis (24112) lalu, sudahmembuat para penambangilegal'di Tukad Petanu ti-arap untuk sementara. IGlaumereka terdengar kembaliberaksi, pasti akan segerakami datangi lokasi," ucaPKanit IV Satreskrim'PolresGianyar.

Ipda Agung menambah-kan, T\rkad Petanu, GianYar,mamang menjadi lokasi Pe-nambangan batu padas ilegalyang paling parah. Untuk itubihaknya berjanji, memasuki2016 nanti akan lebih rutinmelakukan pemantauan agaraksi perusakan lingkunganini tidak berlanjut. Selain itu'kini jajarannya juga sedangmembidik lokasi lain di Kabu-paten Gianyar, yang menurutinformasi masih dilakukanpenambangan ilegal. "Selaintrrtad Petanu, kami dengarbeberapa lokasi lain juga qdavang kmebali beroPerasi. Ituiekirang sedang kami sasar

dan menunggu untuk Peng-gerebekan kembali," tutup-nya. (kmb35

Edisi

Hal

:.. s?^q\ .f_g_D4 rotc

.g

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha

'B*"iiilils:f n{'!$.#f Bali Post

BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali{s

rf i:\.oi{,* 6livr

\":i::iY.{

Ratusan Ruang

lKelas SD Rusakv

Amlapura (Bali Post) - VJuml:rh ruang kelas sD di Karangasem yang kondisinya rusak masih cukuptinggi.,I)ari totat jumlah ruang lreta"s yang meicapai r.sod-tellfr, J"Uiirii,ililsruang k*las diantaranya-kond Ginva te

"goTorrg ;;;il l{;ilsan ruang kelas yangrusakit.ubakaldiperbaiki""..".-b"'taf,ap-.--

, Dihubung' Y"Ug-" (27112) jenjang SMP dan SMA/SMK, dana dari pusat belum ada in-kemarin, Kepala Dinas Pen- semuakondisinyamasihbagus. f".J""i pasca tahun 2016, takdidikan Pe :muda dan olahraga 'Di sMP yu"g bJ* -_piG; ."didurr" urotasi khusus @AIe(Disdikpora) Karansasem Drl. tatif ruang r.64r1r-u *'"Go; ""i"t sD Did;k;;]-d;"I Gede Anvasa. M.pd. menilai -u.ih oda-di-sekotuh;t,;;;"p diiturauputkan anggaranj*i"h ke:usakan ruang kelas SD-SMP," ujarnya.

itu termas* kecil persentase- Ariyasa mengatakan, nant! ;tli";, sementara untul< SMpnya. Dilatakan, kerusakan ru- nya k-erusakai it., akan di- d^" sir{A;;til;il;il;ang kelas hanla ada dr jenjang l*:!ql p""t^i[u" au"gu" *r;; depan di seluruh Indo-pendidikaD SD. Sementara di alno Koiu.rgu."*. p^.utiv",

"".i. t* ai^p"t oax.-rrl""efi

pemerintah pusat memilikiprogram yang lain, tetapi kamibelum rpendapatkan infor-masi," paparAriyasa.

UntukSMPdanSMA/SMKkata dia, sudah tak ada ruangkelas yang rusak. Namun,kalau kekuranggn ruang kelashampir terjadi di SMPN 1 danSMPN 2 di semua kecamatan.Soalnya, di SMPN 1 dan 2seluruh kecamatan itu, jumlahsiswa paling banyak karenaumumnya sekolah itu beradadi ibu kota kecamatan.

Pejabat asal Buleleng itu

mencontohkan, di SMPN 1 danSMPN 2 Amlapura siswanyaterpaksa masuk pada dua shi1t,yakni pagi dan sore. Padahal,sebenarnya tak boleh seko-lah menerapkan sistem duashflt. Namun, karena situasikekurangan ruang kelas, halitu terpaksa dilakukan. 'Dari-pada siswa tak bisa sekolah.Di SMPN 1 Abang, DulunSampih, siswanya lebih dari1. 500 orang, sehingga terhitungkekurangan ruang kelas sam-pai 15 ruangan," kata Ariyasamemaparkan. (013)

Edisi : .Son't n' , Z$ 9"r 2-D(f

Hal :tfL

Sub Bagian Humas dan l-ata Usalra EfrK Rl Perwakilan Provinsi Bali

$$,ff# Bail fl trns{.'1-

^/-jl{

\"

1(,t), t.:i.1{\

'1;' ri ii'.<&=t ,l \..J.:';'1.y,,:

Jr'''''-u'/

Tahun Depan DihLrilpkailThkAda Proyek Molor

DTRP,Garap 2T pitet KegiatanDenpasar (Bali Post)

Instansi terkait haLrus lebih intens memberikan pengayasa.n kepada-pelaksana proyek pada 2016 men_datang, agar provek rtidak molor. Karena hing-ga titii-t""'"irr ""i. Jillrrr.,rli o."y"! molor. .ll(ami berharaptahun depan tidak l:rgi ada proyek y"ttg ntotZ",-r;;-l-;gi ;rrrg ditirrgg"ll"rl p"raksananya,,, harap KetuaKomisi III DPRD De'fiasarEko SupriaaIyarrg poliiisiTili_p u.r,r_baru ini.

, Sem,entara itu, pr-ogram kerja yangaKan drlakukan oleh masing_masingsatuan_ perangkat kerja daerah tSXpO)di lingkungan Pemkot Denpasar pada20.16 mendatang sudah d.irancang. Darisejumlah program kegiatan yang diran-c-ang, cenderung mengaleuni penurunandari segi kuantitas. Seperti yang terlihatdari program kerja Dinar; Tata Ruansdan Perumahan (DTRPI []enpasar.

Kepala DTRP Dent,asar I MadeKusuma Diputra didampingi SekretarisDTRP Agus Prihantara serta para ka-bid-nya, belum lama ini m,:ngungkapkanpada 2016 mendatang, pih;rlinyimenda-

patkan 27 paket pekerjaan fisik vansmesti digarap. Jumlah ini mengaiamfpenurunan dari 2015 yang mencapai37 paket. "Untuk paket 201b, secarau_mum sudah berjalan dengan baik_I{u.y-u ada beberapa yang mengalamiketerlambatan dari jadwal semul-a. Na-mun, sudah bisa ditangani oleh pihakrekanan," ujarnya._ Dikatakan. dengan 27 pakettersebutDTRP mendapatkan anggaran sekitarRp 40 miliar. Dana tersebut akan dia-lokasikan untuk seluruh kegiatan, di-antaranya untuk pembangunan KantorCamat Denpasar Utara. renovasi ruang

sidang gedung DPRD Denpasar, sertakegjatan fisik lainnya. "seiara umum,pada tahun depan tidak ada proyekyang m-onumental, seperti pembangunansen-tral parkir di Lapangan PuputanPadung. juga belum bisa terealisasi,"katanya.

Bukan hanya itu, kelanjutan pemban-gunan sentral parkir di Lumintang yangpenyqtg dengan Balai Budaya juga akanditunda hurgga tahun berikuinya.-Xarenapada saat.tender DED-nya. pada peruba-han 2015 tidak ada yang h,los. Artinya. ter-jadi gagal tender. sehinggr, harus aitat.tl"tttender trlang lagi tahun ini. (kmbf2)

Edisi

Hal