pph part 1.docx

Post on 30-Dec-2015

3 views 1 download

description

uu kup dan pph

Transcript of pph part 1.docx

UNDANG-UNDANG NO. 6 TAHUN 1983TENTANG KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN

SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2009

1. Pasal 1 Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

4. Pasal 1 Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

5. pasal 1 Penanggung Pajak adalah orang pribadi atau badan yang bertanggung jawab atas pembayaran pajak, termasuk wakil yang menjalankan hak dan memenuhi kewajiban Wajib Pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

UNDANG-UNDANG NO. 12 TAHUN 1985TENTANG PAJAK BUMI DAN BANGUNANSEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN

UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1994

3. Pasal 4 subyek pajak adalah orang atau badan yang secara nyata mempunyai suatu hak atas bumi, dan/atau memperoleh manfaat atas bumi, dan/atau memiliki, menguasai, dan/atau memperoleh manfaat atas bangunan.

SUSUNAN DALAM SATU NASKAHUNDANG-UNDANG NO. 7 TAHUN 1983

TENTANG PAJAK PENGHASILANSEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN

UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2008

Pasal 2 nomer 1

Yang menjadi subjek pajak adalah:a. 1. orang pribadi; 2. warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan menggantikan yang berhak;b. badan; danc. bentuk usaha tetap.

6. Yang menjadi objek pajak adalah penghasilan, yaitu setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar

Indonesia, yang dapat dipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan Wajib Pajak yang bersangkutan, dengan nama dan dalam bentuk apa pun (ps 4 ay. 1 UU PPh)