Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Komputer Dengan Menggunakan Cacti

Post on 04-Aug-2015

246 views 11 download

Transcript of Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Komputer Dengan Menggunakan Cacti

Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Komputer Dengan

Menggunakan Cacti

Ayodya Dewangga Sasotya Rahmadita – 4311010003

TI 8B

Konten

Visi

Menjadi perusahaan IT terkemuka, berkultur unik, kental dengan citarasa Indonesia, dan yang terbaik di dalam negeri maupun di dunia sesuai dengan kultur perusahaan klien.

Profile perusahaan

Profile perusahaan

misi

•Mengoptimalkan potensi tenaga professional dalam negeri untuk menguasai pasar perangkat lunak Indonesia yang kini sebagian besar dikuasai asing.

•Mampu membawa nama Indonesia bersaing di pasar internasional.

Struktur organisasi

Latar belakang

Latar belakang

Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional pada berbagai instansi baik pemerintahan, dibidang usaha maupun pendidikan. Menjaga infrastruktur pada jaringan dibutuhkan solusi yang dapat memantau terjadinya gangguan disetiap simpul tertentu sehingga jaringan segera dapat dilakukan penanganan yang diperlukan

Latar belakang (lAnjutan)

Oleh karena itu perlu adanya manajemen dan monitoring jaringan untuk memonitor lalu lintas data dalam jaringan sangat untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan, sebagai pendekteksian keganjilan pada kinerja trafik jaringan.

Latar belakang (lAnjutan)

Berdasarkan apa yang telah penulis uraikan sebelumnya, dan berdasarkan kondisi serta situasi yang ada, penulis berkeinginan untuk menjadikannya sebagai dasar penulisan ini yang berjudul “Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Komputer Dengan Menggunakan Cacti”.

Ruang lingkup

Ruang lingkup kegiatan instalasi, konfigurasi, dan maintenance pada jaringan komputer di PT Dekodr Solusi Digital Indonesia

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Tempat pelaksanaan praktik kerja lapangan ini yaitu PT Dekodr Solusi Digital Indonesia. Waktu pelaksanaan 9 Februari 2015 sampai 6 April 2015.

tujuan

•Membangun sistem yang membantu memonitor jaringan untuk memantau status up atau down pada jaringan komputer di PT Dekodr Solusi Digital Indonesia

•Agar pemantauan jaringan dapat dilakukan dari satu titik atau terpusat.

Manfaat

•Memudahkan administrator melakukan tugasnya untuk memonitor perangkat jaringan. Sehingga tidak perlu lagi melakukan pengecekan per perangkat.

•Menghemat waktu dan tenaga saat memantau seluruh perangkat jaringan komputer karena sistem monitoring bersifat terpusat.

Pengenalan Cacti

• Cacti adalah aplikasi frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database MySQL dan membuat grafik berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan grafik dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Cacti dapat digunakan untuk menyimpan graph, data sources, dan round robin archives ke dalam sebuah database. Aplikasi ini juga mendukung protocol SNMP, sehingga dapat digunakan untuk membuat traffic graph menggunakan MRTG.

Fitur Cacti

• a. Jumlah graph yang tidak terhingga, dapat didefinisikan untuk setiap graph secara optional dengan menggunakan CDEF atau data source dari Cacti.

• b. Mendukung semua tipe graph dari RRDTools, termasuk ARXAq STACK LINEU--31, GPRINT, COMMENT, VRULE, dan HRULE.

• c. Data source dapat dibuat dengan memanfaatkan fungsi "create" dan "update", yang terdapat pada RRDTool's.

• d. Mendukung file RRD dengan lebih dari satu data source, dan dapat menggunakan sebuah RRD file yang disimpan di mana saja dalam suatu iocal fiIe system.

• e. Memiliki tree view yang memudahkan user untuk membuat "graph hierarchies", dan meletakkan graph dalam suatu tree. f. Memiliki manajemen berbasis user, yang memudahkan administrator untuk menciptakan user, dan memberikan tipe permission yang berbeda antaruser.

Instalasi: Debian

# apt-get install cacti

Instalasi:2

INSTALASI:3

INSTALASI:4

INSTALASI:5

INSTALASI:6

INSTALASI:7

INSTALASI:8

INSTALASI:9

INSTALASI: Cacti

• Instalasi paket untuk Ubuntu

sudo apt-get install cacti cacti-spinesudo /etc/init.d/apache2 restart

Buka browser dengan mengakses url

http://namaserver/cacti/

Cacti Configuration

Cacti Configuration

Cacti Configuration

Cacti Configuration

Cacti Configuration

Cacti Configuration

Cacti Data Templates

Cacti Devices

Cacti New Device

Cacti Host

Cacti Create Graphs

Cacti Graph Tree

Cacti Graph Tree

Cacti Graphs

Cacti Graphs

Cacti Graphs

Cacti Graphs

Cacti Graphs

Cacti Graphs

Cacti Graphs

Cacti Graphs

Kesimpulan

• Penerapan Cacti membantu memonitor jaringan untuk memantau status up atau down pada jaringan komputer di PT Dekodr Solusi Digital Indonesia

• Pengimplementasian monitoring server membantu memantau jaringan dari satu titik atau terpusat

• Penerapan teknologi baru senantiasa menghendaki kompetensi di setiap industri. Persiapan ini perlu dilakukan dengan pelatihan terutama berpartner dengan vendor itu sendiri

SARAN• Untuk semua jaringan komputer yang hendak di monitoring harus

senantiasa dievaluasi secara berkala untuk menyesuaikan perkembangan teknologi untuk menjaga keamanan jaringan perusahaan

• Perlu dibentuknya divisi Research and Development untuk senantiasa mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia IT.

• Penerapan teknologi baru senantiasa menghendaki kompetensi di setiap industri. Persiapan ini perlu dilakukan dengan pelatihan terutama berpartner dengan vendor itu sendiri.

• Diperbanyaknya sumber daya manusia yang berstandardisasi internasional dengan mengacu pada sertifikasi yang telah diakui dalam bidang IT di internasional

Foto – foto kegiatan

selesai

terimakasih