I ksiNa i nalMa uk PTN Sekolah Negeri clanSwasta Mempunyai...

Post on 08-Apr-2019

218 views 0 download

Transcript of I ksiNa i nalMa uk PTN Sekolah Negeri clanSwasta Mempunyai...

o Senin o Sabtu 0 Minggu2 3

17 18 19

o Se/asa 0 Rabu 0 Kamis • Jumat4 5 6 7 8 9 10 1120 21 22 23 24 25 26

12 13 14 1527· @ 29 30 31

eJan OPeb OSep OOId ONov ODesoMar OApr OMei OJun OJu/ 0 Ags

I ksiNa i nal Ma uk PTN

Sekolah Negeri clan SwastaMempunyai Peluang Sa a[JAKARTA] Direktur Jende-ral (Dirjen) Pendidikan Tinggi(Dikti) Kementerian Pendi-i.---dikan Nasional, Djoko Santo-so membantah adanya kebi-jakan untuk mendiskrirninasi-kan para siswa lulusan seko-lab menengab atas dari seko-lab swasta atau sekolab berak-reditasi C. Setiap siswa seko-lab menengab yang memilikipotensi akademik:,yakni 25%siswa terbaik di kelas berhakmendaftar mengikuti seleksinasional masuk perguruantinggi negeri (SNMPTN) jalurundangan.

Seperti diketahui, berda-sarkan situs SNMPTN dise-butkan dalam salab satu pra-syarat jalur undangan SN-MPTN 2011 disebutkan ke-tentuan sekolab diundang di-prioritaskan memiliki akredi-tasi A atau B. Tidak ada kebi-jakan yang mendiskriminasisekolab berakreditasi C, seko-lab berakreditasi C dapat ikutjalur undangan dengan men-dapatkan rekomendasi darirektorPTN.

"Seleksi calon mabasiswajalur undangan ditentukan se-suai dengan yang mendaftarsecara online dan berdasarkannilai rapor setelab itu nilai uji-an nasional," ujamya di Jakar-ta, Karnis (27/1).

Penjelasan ini mengklari-fikasi pemyataan SekretarisEksekutif Panitia SNMPTNlokal Bandung Asep Gana Su-ganda di Bandung sebelum-nya yang menyebutkan, SN-MPTN melalui jalur undanganakan mengutamakan pesertadari sekolah menengah atasberstatus negeri dengan akre-ditasi A dan B. (

Sedangkan, penjaringansiswa rniskin berprestasi, lan-jut Dirjen Dikti, berdasarkanrekomendasi dari kepala seko-

lab untuk mengikuti programbeasiswa bidik rnisi. Diutara-kannya, rektor tidak perlukhawatir kesulitan mencarisiswa miskin berprestasi.

Panitia Pelaksana SN-MPTN 2011 Herry Suhardi-yanto mengatakan, dalamSNMPTN, tidak ada pembe-daan sekolab negeri, namunyang terpenting berakreditasiAatau C.

Hingga 4 FebruariKhusus sekolab berakredi-

tasi C, baik negeri maupunswasta dapat diundang apabilasekolah tersebut ada daJ".~I1database SNMPTN atau per-nab ada siswa dari SMA yang

bersangkutan lulus SNMPTNatau SMA itu direkomendasi-kan oleh rektor salab satu PTNdengan surat resrni. Proses re-komendasi terse but sedangberlangsung paling lamb atsampai dengan 4 Februari2011," katanya.

"Jalur undangan ini ada-lah bentuk apresiasi kepadamereka yang berprestasi danpenghargaan terhadap prosespendidikan seperti yang dicer-minkan dalam seleksi berda-sarkan rapor. Mohon tidak di-pandang sebagai diskriminasikepada mereka yang tidak di-undang," ujamya.

Sementara itu, PengamatPendidikan Darmaningtyas

menegaskan, penerimaan ma- I

hasiswa baru hams memenuhiprinsip adil dan tidak diskri-minatif dengan tetap memper-hatikan potensi akademik ca-Ion mabasiswa.

"Prinsip pendidikan sesuaidengan UU Sistem Pendidik-an Nasional adalab nondiskri-minatif, setiap anak mempu-nyai hak atas pendidikan. La-gipula, belum tentu anak-anakyang berasal dari sekolab be-rakreditasi C merupakan indi-vidu yang buruk, mereka bisaada yang jauh lebih menonjol,sayangnya mereka hanya ti-dak bisa masuk sekolah-seko-lah berakreditasi A atau B,"ujamya. [D-11]

Ketentuan Umum d~n Perslaratan SNMPTNSNMPTNterintegrasl Program Bldlk Mlsl(bea$lswa bagl Ilswa mlskln)Persyaratan umum program BidikMisi untuk SNMU~~n~~h~i~km:1. Siswa SMA/SMK/MA/MAKyang sedang duduk di s 12dan akan mengikmi UNtahun 2011

2. Memiliki potensi akademik memadai dan kurang mpusecara ekonomi serta masuk dalam 25 persen terba' di kelas(semester satu, dua, tiga, empat dan lima. Selanjutnya kepa~sekolah membuat rekomenclasi bagi setiap siswa ng mernenuhikriteria/persyaratan sebagai peiamar program Bid· Misi 2011dan akan melamar SNMPTNjalur undangan.

1. Jalur undangan ialah mekanisrne seleksi nasionalberdasarkanpenjaringan prestasi akademik tanpa ujiantertulislketerampilan.

2. Jalur u~~n tidak termasuk jalur penelusuran minatdan bakat.

3. Kepala Sekolah mendaftarkan siswa terbaiknya untukdiseleksi rnenjadi calon mahasiswa baru di perguruantinggi negeri yang diminati.

Cotaton: Bogi siswo peiamar rang memenuhi pttsyat: anprogram Bidik Misi 1011 tidok perlu memboyor biaya ~aran,sehingga siswa tersebut dapar /angsung/agin untuk melakulrDnpendaftaran la/ur Undangan staJra online me/alui.bttpi/undangansnmpm.ac.id.

1. Sekolah yang terdaftar pada sistem database SNMPTNTahun 2010 dan siswanya pemah mengikutl ujian tulisSNMPTNTahun 2010

2. Oiprioritaskan memiliki akreditasi Aatau B3. Kepa~ Sekolah secara proaktif mendaftarkan profitsekolahnya melalui laman SNMPTNbttpi/undangansnmpm.ac.id untuk mengikutl SNMPTNJalur U~~n serta jumlah siswa yang dapat diusulkanmengikutl SNMPTNJalur U~ngan.

Persyaratan Siswa Pelamar1. Siswa SMA/SMKlMA/MAKyang sedang dudukdi kelas 12dan akan mengikutl UNpada tahun 2011.

2. MemUikiprestasi akademik serendah-rendahnyaberperingkat 25% terbaik di kelasnya secara konsistendari semester awal hingga akhir.

3. Memperoleh rekomendasi dari kepa~ sekolah.

Sumber: http://undangan.snmptn.ac.id. ANTONI

KUplng Hum•• Onpad 2011