Edisi 26 Desember 2014 | Suluh Indonesia

Post on 07-Apr-2016

239 views 7 download

description

Headline : Akhir Tahun Harga BBM Turun

Transcript of Edisi 26 Desember 2014 | Suluh Indonesia

Pengemban Pengamal Pancasila

Redaksi/Sirkulasi/Iklan:GEDUNG PERS PANCASILA

Jl. Gelora VII No. 32Palmerah Selatan Jakarta Pusat.

Tlp: 021-5356272, 5357602Fax: 021-53670771

No. 233 tahun VIIIJumat, 26 Desember 2014

www.suluhindonesia.com

JAKARTA - Kejagung memastikanakhir tahun ini bakal mengeksekusi duaterpidana mati yang sudah memilikikekuatan hukum tetap. ‘’Mudah-mudah-an sesuai rencana, tinggal tim di daerahmenentukan hari yang terbaik,” kata Ka-puspenkum Kejagung, Tony T Spontana-di Jakarta, kemarin.

Kapuspenkum menambahkan keduaterpidana yang akan dieksekusi itu dalamkasus tindak pidana umum atau pem-bunuhan dan direncanakan hukuman di-lakukan di Pulau Nusakambangan.

Kedua terpidana mati itu, yakni, GS,kasus pembunuhan berencana di Jakut,dan TJ, kasus pembunuhan berencanadi Tanjung Balai Karimun, Riau.

Sementara itu, empat terpidana matilainnya yang semula akan dieksekusi

tahun ini didelay, karena masih menung-gu kepastian hukumnya. Keempat terpi-dana mati itu terkait kasus narkoba. ‘’Bu-kan ditunda tapi didelay,’’ katanya.

Ia menegaskan tidak ada pembatalanatau alasan lain yang dapat membatalkanrencana eksekusi tersebut.

Kendati demikian, ia mengakui pihakn-ya akan berkoordinasi dengan MahkamahAgung soal adanya pengajuan PeninjauanKembali (PK) lebih dari dua kali sesuaidari putusan Mahkamah Konstitusi (MK).‘’Tentunya, kita akan berkoordinasi den-gan MA soal adanya pengajuan PK lebihdari dua kali itu,” katanya.

Jaksa Agung HM Prasetyo juga mem-bantah pelaksanaan eksekusi terhadapsejumlah terpidana mati 2014 akan di-batalkan. (wnd)

Dua Napi Segera Dieksekusi

Suluh Indonesia/antTKI BERMASALAH - Sejumlah TKI Bermasalah (TKIB) dari Malaysia berjalan meninggalkan pesawatHercules TNI AU, usai mendarat di Base Ops Lanud TNI AL Juanda Surabaya, kemarin. Sebanyak 129TKIB asal Jatim dipulangkan, karena telah melewati ijin tinggal dan kelengkapan dokumen.

Akhir Tahun

HarHarHarHarHarggggga a a a a BBM BBM BBM BBM BBM TTTTTurururururunununununJAKARTA - Menteri Keu-

angan (Menkeu) BambangBrodjonegoro mengatakanbahwa pemerintah akan men-gumumkan kebijakan baru ter-kait Bahan Bakar Minyak(BBM) bersubsidi sebelum 1Januari 2015. “Menteri ESDMakan mengumumkan kebijakanbaru terkait BBM bersubsidi.Yang pasti minggu depan se-belum tanggal 1 (Januari),” kataBambang di Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, Menkeu men-yampaikan bahwa pemerintahakan menerapkan skema sub-sidi dengan besaran tetap pada2015 sehingga fluktuasi hargaminyak dunia tidak akan ber-pengaruh terhadap postur be-lanja subsidi BBM di APBN.

Ia mengatakan bahwa ske-ma subsidi tetap itu akan dima-sukkan dalam Rancangan Ang-garan Pendapatan dan BelanjaNegara Perubahan (RAPBN-P)2015 yang akan diajukan ke

Dewan Perwakilan rakyat(DPR) pada Januari 2015, tepat-nya pekan kedua.

Menkeu menjelaskan bahwasalah satu acuan penentuanbesaran subsidi tetap itu adalahkurs rupiah terhadap dolar AS.

Hal senada juga dikemuka-kan oleh Menteri Koordinatorbidang Perekonomian SofyanDjalil yang memastikan bahwapemerintah akan mengumum-kan kebijakan BBM bersubsidipada akhir tahun.

Pada Rabu (24/12), PresidenJoko Widodo secara khususmenggelar rapat terbatas untukmembahas skema subsidi teru-tama terkair dengan subsidiBBM pada 2015. ‘’Kita semuatahu bahwa harga minyak du-nia kian turun,” kata Presiden.

Untuk itu, ujar Presiden, pe-merintah secara khusus mem-bicarakan hal-hal yang terkaitdengan postur belanja subsidiBBM di APBN. (ant)Diduga Terlibat Terorisme

MS Jadi Tersangka JAKARTA - Kepolisian menetapkan MS menjadi ter-

sangka setelah diperiksa oleh penyidik selama 7 x 24 jam diMako Brimob, Depok. ‘’Satu yang menjadi tersangka yak-ni MS. Sementara 11 orang lainnya dilepas karena tidakditemukan bukti yang kuat,” kata Kadivhumas Mabes Pol-ri Irjen Pol Ronny F. Sompie di Jakarta, kemarin.

Tersangka ditahan atas dugaan keterlibatannya denganjaringan terorisme. ‘’MS pernah menyembunyikan gem-bong teroris Dulmatin dan Umar Patek. Dia juga terlibatdalam pelatihan teroris di Ambon,” katanya.

MS baru menghirup udara kebebasan setelah menjalanihukuman atas kejahatan yang dilakukannya yakni kasusterorisme dengan merampok Bank CIMB Niaga cabangMedan. Dana hasil perampokannya tersebut digunakanuntuk membiayai kegiatan terorisme.

Meskipun saat ini MS belum melakukan kejahatan, pi-haknya ditahan untuk mencegah terjadinya perbuatan yangpernah dilakukannya di masa lalu.

MS merupakan salah satu dari 12 WNI yang diamankanoleh Polisi Diraja Malaysia (PDRM) di Bandara Kuala Lum-pur, Malaysia karena berencana akan ke Suriah.

Terkait siapa penyandang dana bagi 12 WNI untuk per-gi ke Suriah, hal ini masih terus ditelusuri penyidik.

Rombongan ini ditangkap oleh pihak Polisi Diraja Ma-laysia (PDRM) pada 2 Desember 2014 di Bandara KualaLumpur, Malaysia, dan selanjutnya diperiksa hingga 14Desember 2014. Pada 15 Desember 2014 mereka dideporta-si ke Indonesia.

Dikatakannya rombongan ini bertolak dari Surabaya keKuala Lumpur, dan berencana ke Suriah melalui Turki. Keper-gian mereka ke Suriah diduga untuk bergabung dengankelompok Islam Irak dan Suriah (ISIS). (ant)

JAKARTA - Kemenkum-ham memberikan RemisiKhusus Hari Natal kepada9.068 orang Narapidana yangberagama Kristen. Merekaterdiri dari 8.970 narapidanarnendapat Remisi khususI(mendapatkan sebagianpengurangan hukuman) dan98 orang mendapat RemisiKhusus II ( mendapatkan re-misi dan dinyatakan lang-sung bebas).

Berdasarkan data rekapit-ulasi penerima remisi Nataldari Ditjen PemasyarakatanKemenkumham, dari 9.068Narapidana penerima remisi,sebanyak 49 Narapidana ko-rupsi tercatat ikut mendap-atkan ‘diskon’ masa tahananatas hukuman yang harusdijalaninya.

Menurut Dirjen Pemasya-rakatan Handoyo Sudrajat,pemberian remisi dimaksud-kan memberikan motivasidan menumbuhkan kesada-ran agar Narapidana dapatmemelihara perilaku yang

JAKARTA - Wacana Men-dagri Tjahjo Kumolo men-gundur pelaksanaan pilkadaserentak dari sebelumnyadirencanakan Desember 2015

DPR MenolakPengunduran Jadwal Pilkada

menjadi tahun 2016 ditolak se-bagian anggota DPR. Penola-kan jadwal pilkada serentakitu, berpotensi melanggarUndang-undang. ‘’Itu samasaja keluar dari jalur PerppuPilkada yang sudah ditetapkanyaitu Desember 2015, dansudah ada jadwal sebanyak204 Pilkada. Karena semua ituada mekanismenya tidak bisaseenaknya,” kata Ketua Komi-si II DPR Rambe Kamarulza-man di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, apabilapemerintah ingin mengundurjadwal pilkada, maka seharus-nya mencabut lebih dahuluperppu plkada langsung yangsudah ditetapkan untuk dire-visi kembali. Sebab, jika hal itutidak dilakukan maka pilkadayang digelar berpotensidigugat oleh masyarakat.

Padahal, pemerintah sudahmendesak agar DPR menerimadan mengesahkan perppupilkada langsung untuk disah-

kan menjadi undang-undang.Sehingga apabila ada usulanbaru, maka akan ada revisi UUPilkada kembali mengenai pen-gunduran jadwal pilkada.‘’Langkah ini sebetulnyamembuang waktu, dan sulituntuk direvisi jika sudahditetapkan menjadi UU,” katapolitisi Partai Golkar ini.

Untuk Perppu Pilkada Lang-sung yang diterbitkan olehPresiden RI keenam SusiloBambang Yudhoyono (SBY),Komisi II DPR akan mem-bahasnya pada Januari 2015setelah selasai reses. KomisiII akan mengundang SBY danpenyelenggara pemilu gunamendalami materinya.

Wakil Ketua DPR AgusHermanto mengaku kecewadengan langkah KPU dan pe-merintah yang mendorongpengunduran jadwal pilkadadari semula direncakan padaDesember Desember 2015menjadi tahun 2016. (har)

Remisi KoruptorMenuai Kecaman

baik selama menjalani masa pi-dana, baik dalam kehidupansehari-harinya maupun mau-pun dalam menjalankan ibadahsesuai ajaran agamanya.

Atas pemberian remisi terse-but, Handoyo mengajak narap-idana yang sedang menjalanimasa pidananya untuk melaku-kan evaluasi dan introspeksidiri terhadap apa yang telahdiperbuat, baik dalam ber-hubungan dengan sesamamanusia maupun dengan Tu-han YME.

Secara terpisah menangga-pi masih adanya pemberian re-misi kepada para koruptor,Koordinator Masyarakat Pe-mantau Peradilan Indonesia(MaPPI FH UI)Choky RisdaRamadhan, mengecam tinda-kan yang dilakukan oleh pihakKemenkumham.

Menurut Choky, kebijakanMenkumham yang memberi-kan remisi kepada koruptordinilai tidak konsisten den-gan kebijakan Menkumhamsebelumnya. (wnd)

Suluh Indonesia/antBARANG - Petugas memeriksa boks plastik berisi barang untukpara tahanan di Gedung KPK Jakarta, kemarin.Hal ini dilakuka-nuntuk mencegah masuknya barang terlarang bagi tahanan.

JAKARTA - Menpan RBYuddy Chrisnandi menyebut-kan uang negara yang bisa di-hemat dari larangan menye-lenggarakan rapat di hoteldalam dua bulan terakhir bisamencapai Rp1,2 triliun.

Untuk kementerian yangdipimpinnya saja, kata Yuddy,dalam dua bulan sejak pemer-intahan baru terbentuk bisamenghemat pengeluaran nega-ra sekitar Rp4 miliar dan Kemen-terian ESDM bisa menghematsampai Rp15 miliar dari tidakmenyelenggarakan rapat dihotel. ‘’Jika dikalikan jumlahKementerian/Lembaga, Pem-prov, Pemkot dan Pemkab,

Larangan Rapat di HotelNegara Hemat Rp 1,2 Triliun

penghematannya dalam duabulan terakhir bisa mencapaiRp1,2 triliun,” kata Yuddy diJakarta, kemarin.

Yuddy menyampaikan pen-jelasan itu saat menerima WaliKota Bogor Arya Bima bersa-ma jajaran Dinas Pariwisata,Dinas Pendapatan Daerah, danDinas Sosial dan pengurusPHRI Kota Bogor.

Arya Bima mengungkapkanbahwa kebijakan tidak menye-lenggarakan rapat di hotel ber-dampak pada penurunanpendapatan Pemerintah KotaBogor, meskipun dia menduku-ng agenda reformasi birokrasiterkait efisiensi dan potongan

biaya-biaya yang tidak logisseperti biaya perjalanan dinas,studi banding, pengadaan mo-bil dinas, dan pengadaan op-erasional kepala daerah.

Namun, kata Arya, kebija-kan tidak menyelenggarakanrapat di hotel memiliki damp-ak yang berkelanjutan, meng-ingat pendapatan Kota Bogorpaling besar dari sektor per-hotelan, di mana lebih dari50 persen bergantung padakegiatan pemerintahan.

Selain itu, menurut Bima,kebijakan itu juga berdampakpada pemutusan hubungankerja (PHK) terhadap pekerjaperhotelan. (ant)

2Suluh Indonesia, Jumat 26 Desember 2014K ta

Pemprov DKI Jakarta

Rombak Ribuan PejabatJAKARTA - Pemerintah

Provinsi (Pemprov) DKI Jakar-ta tengah melakukan seleksiterbuka atau lelang jabatanuntuk ribuan Pegawai NegeriSipil (PNS). Rencananya, se-banyak 6.511 PNS DKI akandilantik secara bersamaan pada2 Januari 2015 mendatang.

Wakil Gubernur DKI Jakar-ta, Djarot Saiful Hidayat, men-gaku menyerahkan sepenuh-nya pemilihan PNS kepada Gu-bernur DKI Jakarta, Basuki Tja-haja Purnama.

Kilas

Awak Bus Jalani Tes UrineSEBANYAK 21 awak bus melakukan tes urine di Ter-minal Pulogadung, Jaktim. Tes dilakukan untuk meli-hat kesehatan sopir serta mendeteksi penggunaannarkoba yang bisa membahayakan keselamatan pen-umpang. Kepala Terminal Bus AKAP Pulogadung, Mu-hammad Arafat mengatakan, tes urine terhadap sopirbus dilakukan demi memberikan rasa aman dan nya-man pada pemudik saat libur Natal dan Tahun Baru.Terlebih, libur panjang ini jumlah pemudik di terminalnaik sekitar 10-20 persen. Yakni dari hari biasa 400-500 penumpang, kini naik sekitar 700 penumpang perhari. Namun, kenaikan ini masih rendah jika dibandingarus mudik Lebaran yang mencapai 2.000 penumpangper hari. Menurutnya, selain hari ini, pada hari Rabukemarin pihaknya juga menggelar tes urine terhadap45 sopir dengan melibatkan empat petugas medis.Hasilnya, seluruhnya dinyatakan layak mengemudi dantidak ada yang terindikasi mengonsumsi narkoba. (kmb)

Pemotor Terancam DidendaPELARANGAN sepeda motor melintas di Jalan MHThamrin mulai dari Bundaran HI hingga Jalan MedanMerdeka Barat menyuburkan parkir liar di sepanjangjalur larangan motor tersebut. Karena itu, mulai Januaritahun depan, Pemprov DKI Jakarta akan menertibkankeberadaan parkir liar di lokasi itu. Sunardi Sinaga,Kepala Unit Pengelola (UP) Perpakiran Dinas Perhubun-gan DKI Jakarta, di Balaikota Jakarta, kemarin menga-takan, penertiban parkir liar di lokasi uji coba pelaran-gan sepeda motor melintas tersebut merupakan bagi-an dari upaya untuk mendorong para pengendara mo-tor memarkirkan kendaraannya di kantong-kantongparkir yang telah disediakan dan memaksa merekamenggunakan bus tingkat gratis yang telah disediakanPemprov DKI Jakarta. Kalau ditertibkan, lama kelamaanmereka akan berpikir untuk meninggalkan sepeda mo-tor, dan hal itu sesuai dengan kebijakan ini yaitu men-gurangi kemacetan dan angka kecelakaan. (kmb)

PEMPROV DKI berencana membangun taman di lah-an milik PT KAI, terutama di bantaran rel kereta apiyang selama ini kerap beralih fungsi menjadi pemuki-man liar. Tak hanya itu, untuk mengurai kemacetan,Pemprov DKI juga akan merealisasikan pembangunanflyover dan underpass di sejumlah titik perlintasa kere-ta api. Lahan-lahan di sekitar bantaran rel itu akan dita-ta ulang, dan dibuat jadi taman yang bagus. Wakil Gu-bernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat pun menemuiMenteri Perhubungan, Ignatius Jonan di kantor Kemen-terian Perhubungan (Kemenhub) untuk hal itu. Selainitu, juga akan dibangun (flyover dan underpass) di be-berapa titik dulu. Ini salah satu upaya juga untuk men-gurai kemacetan. Pertemuan ini, lanjut Djarot, jugauntuk meminta izin pihaknya kepada Kemenhub ter-kait rencana pembangunan proyek tersebut mulai tahun2015 nanti. (kmb)

Lahan KAI Dibangun Taman

Suluh Indonesia/antJALAN JAKARTA LENGANG - Sejumlah kendaraan bermotor melintasi kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, kemarin. Libur Natal dan libur sekolah membuat sejumlahruas jalan ibu kota yang biasanya macet dan padat kendaraan kini tampak lengang.

Suluh Indonesia/antLIBURAN NATAL DI ANCOL - Wisatawan menikmati panorama laut saat mengisi liburan natal di Pantai Ancol, Jakarta, kemarin. Kawasan Pantai Ancol merupakan salah satu objekwisata yang kerap menjadi tujuan wisatawan saat mengisi waktu liburan.

Masuk RagunanGunakan E-Ticket

JAKARTA - PengelolaTaman Margasatwa Ra-gunan (TMR) akan member-lakukan tiket elektronik (e-ticket) bagi para pengunjungkawasan wisata tersebut.Rencananya, penerapan tiketelektronik itu mulai berlakuper 1 Januari 2015 menda-tang. ‘’Mulai 1 Januari nantikita akan ganti tiket masukyang tadinya kertas dengantiket elektronik,” ujarWahyudi Bambang, KepalaHumas Taman MargasatwaRagunan di Jakarta, kemarin.

Dikatakan Bambang,pemberlakuan tiket tersebutsudah harus dilakukan kare-na infrastruktur penunjangsudah disiapkan. “Infras-truktur sudah siap. Dari tiketelektroniknya dan pintu-pin-tu,” ucapnya.

Tiket elektronik tersebut,kata Bambang, tidak jauhberbeda penggunaannyadengan kertas. Hanya saja,pengunjung harus memasuk-kan tiket ke dalam mesin dipintu masuk agar barrier-nya terbuka. ‘’Tinggal dima-sukkan tiketnya, nanti secaraotomatis terbuka barrier-nya. Belinya seperti biasa di

Kantor Pemkab Pulau Seribu

Diusulkan Pindah ke Muara Angke

Karena itu, saat ini tengahdilakukan kajian untuk mere-lokasi pusat pemerintahan kewilayah daratan atau pulau ter-dekat dengan daratan. Salahsatunya yang mengemuka ad-alah usulan untuk dipindah kekawasan Muara Angke. ‘’Kan-tor kita itu awalnya untuk ke-camatan, sehingga tidak lagimemadai untuk pemerintahankabupaten. Sementara untuk

pengembangan kita terbenturlahan, karena populasimasyarakat, “

Bupati Kepulauan Seribu,Asep Syarifudin mengatakan,selain kendala koordinasi pem-bangunan dan pemerintahan,kondisi Pulau Pramuka sebagaipusat pemerintahan dirasasudah tidak memadai. Sebab,dengan luas sekitar 9 hektaredan dihuni lebih dari 1.000 jiwa,

keadaan pulau dirasa sudahtidak sesuai untuk pusat pemer-intahan. ‘’Kantor kita itu awal-nya untuk kecamatan, sehing-ga tidak lagi memadai untuk pe-merintahan kabupaten. Semen-tara untuk pengembangan kitaterbentur lahan, karena popu-lasi masyarakat,” ujarnya diJakarta, kemarin.

Ia menyebut, keberadaanpusat pemerintahan sendiriberdasarkan PP Nomor 55Tahun 2001. Namun demikian,keberadaan PP tersebut bukanharga mati. Sebab, sesuai ka-jian LIPI dan Kemendagri 2006lalu, pusat pemerintahan perludipindah. Adapun alternatiflokasinya antara Pulau Untung

Jawa atau Muara Angke. ‘’Se-suai PP nomor 55 tahun 2001,pusat pemerintahan ada di Pu-lau Pramuka. Namun, perkem-bangannya membutuhkan pe-mindahan,” katanya.

Sementara itu, AsistenEkonomi dan PembangunanPemerintah Kabupaten Admin-istrasi Kepulauan Seribu,Blessmiyanda menambahkan,usulan menguat ke Muara An-gke, karena lebih mudah men-gakses daratan dan pusat ak-tivitas masyarakat. ‘’Bila me-mang jadi dipindah, pusat pe-merintahan itu akan berlokasidi dekat pelabuhan. Karena disana ada lahan milik Pemprov,”tandasnya. (kmb)

KANTOR Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Administrasi Kepulauan Seribu di Pulau

Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecama-tan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan

Seribu, dirasa sudah tidak efektif lagi.

Mantan Walikota Blitar itumengatakan, dirinya percayadengan Basuki untuk memilihPNS yang cocok. Terlebih, di-rinya belum mengetahui karak-ter pegawai di lingkungan Pem-prov DKI Jakarta, lantaran barusaja dilantik sebagai wagub.‘’Tidak, untuk perombakanPNS yang evaluasi Pak Guber-nur sendiri,” kata Djarot di Bal-aikota Jakarta, kemarin.

Diakui, Djarot, dirinya jugatidak memberikan masukanapapun terhadap kebijakan

perombakan birokrasi ini.Sebab Basuki lebih memahamikarakter pegawai karena sudahbekerja bersama selama lebihdari 2 tahun. ‘’Saya juga belumkasih masukan,” ucapnya.

Kemungkinan Djarot baruakan terlibat saat Basukimelakukan evaluasi setiap tigabulan sekali kepada PNS yangterpilih nantinya. Saat ini,Djarot lebih fokus turun kemasyarakat untuk mende-ngarkan keluhan dan aspirasiwarga.

Seperti diketahui, rencanan-ya sebanyak 6.511 PNS DKIakan dilantik secara bersamaansetelah menjalani serangkaiantes. Awalnya, ada 8.011 jaba-tan di DKI, kemudian dipang-kas 1.500 menjadi 6.511 jabatanuntuk efisiensi. Perombakan inimerujuk Perda Nomor 12 Tahun2014 tentang Organisasi Per-angkat Daerah.

Berdasarkan data BadanKepegawaian Daerah, jabataneselon I-B diperebutkan untuklima jabatan, kemudian eselon

II-A sebanyak 47 jabatan, es-elon II-B sebanyak 48 jabatan,III-A sebanyak 622 jabatan, III-B 268 jabatan, IV-A 2.961 ja-batan, dan eselon IV-B 2.560jabatan.

Beberapa jabatan yang akanditambah seperti Wakil KepalaSatuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP), Wakil Kepala Di-nas Kesehatan, Wakil KepalaDinas Pelayanan Pajak (DPP).Sedangkan yang dikurangi ad-alah Wakil kaids Pariwisata danKebudayaan. (kmb)

loket, ada 30 loket yang melay-ani pembelian tiket elektronik,”tuturnya.

Penggunaan tiket elektron-ik, lanjut Bambang, akan lebihefektif dan efisien dalam teknispendataan pengunjung. “Pen-gawas tiket tidak lagi harusbanyak, paling hanya 2 orangsaja di depan pintu untuk me-monitor kelancaran masuknyapengunjung. Kontroling akanlebih baik dan juga bisa men-gajak pengunjung lebih tertibkarena setiap orang harus pe-gang tiket masing-masing,”jelasnya.

Pihaknya, tambah Bam-bang, menyiapkan sebanyak170 ribu tiket elektronik untukoperasionalnya setiap hari.‘’Itu angka tertinggi pengun-jung yang pernah masuk keTMR. Kalau kurang bisa lang-sung kita keluarkan lagi darialat penampung di pintu-pin-tu,” tandasnya.

Sementara itu, meman-faatkan libur Natal kemarin,hingga pukul 14.30, pe-ngunjung yang masuk ke TMRmencapai 65.483 orang denganjumlah kendaraan mobil danbus tercatat sebanyak 3.500unit. (kmb)

JAKARTA - GPIB (Gere-ja Protestan di Indonesiabagian Barat) Paulus atauyang populer dengan sebu-tan Gereja Ayam di JalanTaman Sunda Kelapa JakartaPusat memajang beberapapohon Natal yang terbuatdari limbah industri karet se-bagai simbol penghargaanterhadap kreativitasmasyarakat. ‘’Pohon Natalini dibuat dari limbah indus-tri karet warga di daerahMarunda Jakarta Utara,”kata Staf Kantor SekretariatGPIB Paulus, Kasiran, ketikaditemui di GPIB Paulus Jakar-ta, kemarin.

Sebuah pohon Natal yangterbuat dari limbah karet terpa-jang di pintu masuk gereja bagi-an dalam dihiasi lampu-lampudan kertas warna-warni.

Ring-ring bekas limbahkaret disusun hingga memben-tuk pohon cemara setinggikurang lebih 2,5 meter dandiberi warna hijau layaknyacemara. ‘’Warga di daerahMarunda memanfaatkan lim-bah ini dengan cara melepasring-ring yang menempel padakaret,” katanya.

Ring-ring itu mereka jual se-dangkan karetnya jika tidak adayang memanfaatkannya dibu-ang atau dibakar.

Model pohon Natal sep-erti itu pertama kali dibuatoleh karyawan STT Jakarta,Andrea Emisi.

Kasiran mengatakan padaperayaan Natal tahun ini,gereja memajang 15 pohoncemara yang dihiasi lampu-lampu berjejer mengikuti ruaspekarangan GPIB Paulus.

Namun tidak seluruhnyamerupakan pohon Natalyang dibuat dari limbah in-dustri karet, tetapi lebih ban-yak di antaranya merupakanpohon Natal biasa yang ter-buat dari plastik membentukdaun dan dahan pohoncemara. (kmb)

Gereja PaulusPajang Pohon Natal Limbah

Metr politan 3Suluh Indonesia, Jumat 26 November 2014

Pemerintah Menunggu

Hasil Islah GolkarJAKARTA - Koalisi

Kebebasan Berserikat(KKB) merekomendasi-kan Kemendagri, Kemen-lu, serta Kemenkumhamuntuk menghentikan pe-nyusunan maupun har-monisasi Rancangan Per-aturan Pemerintah (RPP)dari UU Ormas. ‘’UU Or-mas telah kehilangandaya gunanya. Praktispasal-pasal yang menja-di organ penting UU Or-mas dinyatakan inkonsti-tusional,” kata Koordina-tor KKB Fransisca Fitri diJakarta, kemarin.

Meskipun hanya dik-abulkan sebagian, KKBmenyambut baik putusanMK Nomor 82/PUU-XI/2013 dan Nomor 3/PUU-XII/2014 tertanggal 23Desember 2014 terhadapuji materi UU Ormas.

Pasal-pasal pentingyang dikabulkan MK ad-

alah pasal yang sudahsejak awal diidentifikasibermasalah oleh KKB, diantaranya soal tujuan, ru-ang lingkup, registrasi,dan pemberdayaan.

Pasal tersebut ber-masalah sejak akar pemi-kirannya, di mana sektormasyarakat yang teror-ganisasi dianggap sebagaiancaman bagi negara.Oleh karenanya harusdikontrol. (ant)

HentikanRPP-UU Ormas

JAKARTA - KomisiPerlindungan Anak Indo-nesia (KPAI) menilai pe-nyelenggaraan perlin-dungan anak penuh di-namika dan pasang surut.‘’Terdapat dinamika dalampenyelenggaraan perlind-ungan anak,” ujar Anggo-ta KPAI Susanto di Jakar-ta, kemarin.

Pada 2014, pada aspekregulasi ada perubahan,yaitu adanya revisi UU23/2002 tentang perlind-ungan anak menjadi UU35/2014 tentang Perlind-ungan Anak. ‘’Pada aspekkonten, dalam UU lama,terminologi ‘kejahatanseksual’ terhadap anaktidak ada, namun dalamUU 35 Tahun 2014, dike-nal kejahatan seksual ter-

hadap anak. Bahkan dise-but lima kali dalam UUtersebut. Ini menujukkanbahwa negara telah me-mandang bahwa kejaha-tan seksual terhadap anaksudah menjadi masalahserius,” kata dia.

Namun demikian, dariaspek pidana pelaku keja-hatan seksual masihrendah. Pada 2014, jugamenjadi tahun pelaksan-aan UU Sistem PeradilanPidana Anak. Jika dalamUU lama, paradigma pen-anganan masalah anakyang berhadapan denganhukum “cenderung ber-orientasi pembalasan”dalam UU Sistem Peradi-lan Pidana Anak 2014,menggunakan paradigmapemulihan. (ant)

Perlindungan AnakPenuh Dinamika

Suluh Indonesia/antKUNJUNGI PBNU - Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (kanan) menjawab sejumlahpertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, kemarin.

Suluh Indonesia/antGANDENG KPK - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) didampingi Ketua KPK Abraham Samad (kanan) berjabat tangan usai melakukan pertemuan di Gedung KPK,Jakarta, kemarin. Kedatangan Susi untuk berdiskusi mengenai hasil kajian kelautan dan perikanan di Kementeriannya, sekaligus meminta bantuan KPK dan seluruh stakeholders untukmelakukan pengawasan terhadap proses yang sedang berlangsung termasuk penertiban perizinan kapal-kapal nelayan.

JAKARTA - Menteri Hukumdan HAM Yosanna Laoly men-gatakan pemerintah bakalmenunggu hasil islah keduakubu Partai Golkar sesuai den-gan mekanisme internal partaiitu. ‘’Pemerintah menunggu,setelah ada hasil islah, baru kitaselesaikan (pengesahan kepen-gurusan Partai Golkar yangbaru),” kata Yosanna Laoly diJakarta, kemarin.

Menurut dia, mekanismeterkait dengan islah adalah se-suai dengan apa yang telah di-gariskan secara internal oleh

Partai Golkar. apakah denganmunas lagi, atau hal lainnyayang disepakati kedua kubu.

Sebagaimana diberitakan,DPP Partai Golkar hasil MunasBali yang dipimpin AburizalBakrie (ARB) menyatakan akanpuasa bicara pascaperundin-gan yang dilakukan denganpengurus Golkar hasil MunasJakarta pada Selasa (23/12).‘’Kami sendiri akan puasa bic-ara untuk menghormati parajuru runding yang sedang ber-negosiasi untuk mencapai is-lah,” kata Bendahara Umum

Partai Golkar hasil Munas BaliBambang Soesatyo.

Bambang setuju semua pi-hak harus menahan diri untuktidak berkomentar yang dapatmengganggu proses perundin-gan. Dia berharap bulan Janu-ari 2015 atau paling lama Feb-ruari 2015, Golkar sudah ber-satu kembali, tanpa ada ham-batan.

Sementara itu, Ketua UmumPartai Golkar hasil MunasJakarta Agung Laksono meng-harapkan juru runding dari ked-ua kubu menahan diri untuk

JAKARTA: Ketua Komisi Pe-milihan Umum (KPU) Husni Ka-mil Manik mengatakan ada tigakeuntungan jika pemilihan kepa-la daerah serentak diundur hing-ga 2016. Meskipun KPU mengakusiap menyelenggarakan pilkada2015, Husni mengatakan mun-durnya pilkada lebih baik. ‘’Per-tama, jika diundur maka ada up-aya penyempurnaan perpu mela-lui perubahan undang-undang,”ujar Husni di Jakarta, kemarin.

Kedua, kata Husni, persiapanKPU, pemerintah, dan partai poli-tik bisa lebih matang. Ketiga, jum-lah daerah yang akan mengikutipilkada akan bertambah karenapada 2016, ada 100 kepala daerah

KPU UsulkanPilkada Serentak Diundur

yang habis masa jabatannya, duadia antaranya gubernur. “Hal inijuga bisa menghemat anggaran,”ujar Husni.

Direktur Jenderal OtonomiDaerah Kementerian DalamNegeri Djohermansyah Djohanmengamini efisiensi tersebut.Hasil evaluasi pilkada di Sumat-era Barat dan Bali menunjukkanbahwa apabila pemilihan guberurdan bupati digabung bisa meng-hemat anggaran hingga 30 pers-en. ‘’Bahkan, di Sumbar, angga-ran Rp 120 miliar, tapi yang dipa-kai hanya Rp 30 miliar,” ujar Djo-hermansyah.

Selain itu, kata Djoherman-syah, pemunduran pilkada juga

berpotensi menaikkan tingkatpartisipasi masyarakat. Sebabn-ya, masyarakat hanya perlu seka-li ke tempat pemungutan suaradan bisa mencoblos dua kepaladaerah. ‘’Jadi masyarakat tidakterlalu lelah dan kenuh ikut ban-yak pilkada,” ujar dia.

Mengacu pada Perppu No-mor 1 Tahun 2014 tentang Pilka-da, tahapan pilkada dimulai sepu-luh bulan sebelum pemungutansuara. Apabila perpu disahkanJanuari-Februari, maka pemun-gutan suara harus berlangsungNovember-Desember. KPU telahmenetapkan dua calon tanggal,yakni 18 November atau 16Desember. (har)

Menteri Desa, Pemban-gunan Daerah Tertinggal, danTransmigrasi Marwan Jafar diJakarta, kemarin mengatakan,data yang tercatat sekarang,misalnya 3.396 desa tertinggalmasih sangat membutuhkanpondok bersalin.

Data kebutuhan setiap desaitu, meliputi seluruh aspekyang menjadi penompang ber-langsungnya perdesaan mem-bangun dan mandiri.

Berdasarkan data, 10.080desa membutuhkan gedungsekolah dasar (SD). Untuk itu,pihaknya menyiapkan upayauntuk memenuhi kebutuhandesa agar mampu berdikari.

Ia mengaku akan memper-juangkan kenaikan dana desa

Kementerian DesaSusun Data Kebutuhan Desa

dari sebelumn-ya Rp9,1 triliunmenjadi Rp47triliun.

M e n u r u tdia, percepatanpembangunanperdesaan me-mang bukanp e r k a r amudah. Faktamengenai ke-miskinan di In-donesia, masihm e r u p a k a nf e n o m e n apedesaan.

Meskipun dari tahun ketahun kemiskinan di desa men-galami penurunan, katanya,jumlah penduduk miskin di

desa secara absolut masih leb-ih banyak dibandingkan den-gan di kota. Jumlah pendudukmiskin di desa masih berkisar19 juta orang, sedangkan dikota 11,1 juta orang. ‘’Ke-miskinan penduduk di kotapun merupakan angka absurd

karena sebagianbesar pendudukmiskin di kotaadalah orangdesa yang mis-kin dan melaku-kan urbanisasisirkuler untukbekerja di sektor-sektor informaldi kota,” kataMarwan.

Ia menyata-kan secara rela-tif pula, persen-tase jumlah pen-duduk miskin didesa jauh lebih

tinggi daripada di kota, yakni14,4 persen berbanding 8,5persen. ‘’Perlu saya sampai-kan bahwa jumlah desa tert-

Kementerian Desa, Pembangunan DaerahTertinggal dan Transmigrasi menyusun datakebutuhan setiap desa seperti infrastruktur,sarana dan prasarana kesehatan, pendidikan

serta penunjang kemajuan ekonomi.

tidak berbicara kepada publik,terutama mengenai hal-halyang belum mencapai titik temu.‘’Saya harap juru runding tidakmengeluarkan ‘statement’ dulu,terutama isu yang belum sepa-kat. Sebaiknya saling menghor-mati, tidak perlu disampaikan,”kata Agung.

Menurut dia, memang haksetiap orang untuk bicara, na-mun demi kelancaran islahyang dinantikan, baik oleh in-ternal Golkar maupun masyara-kat, maka sebaiknya menung-gu proses yang berjalan.

Dia mengatakan juru rund-ing dari pihaknya maupun kubuAburizal Bakrie sebaiknyamenahan diri.

Sementara itu, AngkatanMuda Pembaharuan Indonesia(AMPI) siap mengambil lang-kah strategis apabila langkahislah Partai Golkar gagal.‘’AMPI akan ambil langkah un-tuk menjembatani apabila jururunding tidak berhasil. Kamiakan ambil alih proses itu den-gan cara anak-anak muda,”kata Wakil Ketua Umum AMPISabil Rachman. (ant)

inggal saat ini yang mencapai24,48 persen atau 18.126 desa,”katanya.

Sebagian besar desa tert-inggal di Indonesia, di bagiantimur dan perbatasan, pulauterdepan, terluar, dan terpencil.‘’Dengan demikian dapat sayasimpulkan bahwa persentasekemiskinan di Indonesia terbe-sar disumbang oleh kemiskinanmasyarakat di desa di Indone-sia bagian timur dan kawasanperbatasan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri DesaPembangunan Daerah Terting-gal dan Transmigrasi (DP-DTT) Marwan Jafar akan me-minta bantuan TNI untukmempercepat pembangunandesa-desa tertinggal serta ka-wasan strategis. ‘’KDPDTTakan menjalin kerja sama den-gan Tentara Nasional Indone-sia (TNI), karena TNI memilikiinformasi yang cukup men-genai seluk-beluk dan kebutu-han masyarakat di daerah ter-tinggal dan perbatasan,” ujarMarwan. (ant)

Fransisca Fitri

Marwan Jafar

Megap litan 4Suluh Indonesia, Jumat 26 Desember 2014

KORAN GRATIS TERBESAR

PERTAMA DI INDONESIA

KORAN GRATIS TERBESAR

PERTAMA DI INDONESIA

SMS IKLAN BARIS0811 3898 000

Rp. 50.000,-

10 Baris, 10 kali muat/sebulan

Suluh Indonesia/antMINIM FASILITAS - Puluhan Jamaah Umroh asal Pontianak terlihat duduk dan tidur- tiduran saat menungguuntuk melanjutkan penerbangan di pelataran Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, kemarin.Minimnya fasilitas membuat para calon penumpang dan pengantar duduk di sembarang tempat.

dalam menetapkan strategimarketing jangka panjang.”Ungkapnya di Aula Lantai 1,Balaikota Depok, kemarin.

Ia mengklaim UMKM diDepok sebenarnya memilikiproduk yanh sangat baik dandijamin bakal bisa menyaingiproduk asing. Namun, sulitnyaberkembang dipasaran akibatterbenturnya bekal strategi pe-masaran yang mereka miliki.‘’Planing mereka belum begitubaik karena bisa dibilang han-ya mengalir saja menjualproduknya tanpa ada strategijangka panjang,” jelasnya.

Iwan berharap dengan adan-

Kegiatan yang dihadiri 200UMKM asal Kota Belimbingini. Menurut Ketua AsosiasiUMKM, Iwan Agustiar bertu-juan memberikan pemahamanterkait strategi marketing untuk

Saingi Produk Asing

UMKM Harus Belajar Strategi MarketingMENGHADAPI persaingan bisnis jelang

masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. DinasKoperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depokbersama Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menen-

gah (UMKM) Kota Depok, menggelar pelatihanstrategi Marketing Plan untuk bersaing denganproduk asing yang bakal membanjiri Indonesia

tahun depan.

menjual produk UMKM agarmampu bersaing. ‘’Workshopbertema “Membuat MarketingPlan” ini sangat dibutuhkankarena hampir semua UMKMdi Kota Depok masih lemah

ya worksop ini, UMKM di De-pok dapat semakin maju den-gan taraf bisnis modern baikdari segi kualitas produk danperencanaan yang matang.Terlebih pada 2015 sudah me-masuki era MEA.

Tercatat, saat ini di Depokmencapai memiliki 1000UMKM yang tersebar di 11kecamatan dan bergerakdiberbagai bidang. UMKMjuga dimotori aneka kalanganbaik anak muda maupun beru-sia senja. Sementara yang pal-ing menonjol yakni bidangKuliner dan kerajinan tangan.

Kepala DKUP Kota Depok,

Achmad Kafrawi mengaku te-lah menerapkan jalinan kemi-traan yang diyakini mampumembuat pelaku UMKM lebihbersaing. ‘’Dengan bermitra,pelaku UMKM tak merasasendiri. Mereka bisa men-ingkatkan daya saing sertakualitas dengan produk darinegara ASEAN lainnya.” Un-gkap Achmad Kafrawi.

Ia mengklaim, melalui pro-gram pengembangan ekonomimikro dan kecil serta fasilitaskemitraan UMKM. PemkotDepok mengajak UMKM takhanya menjadi penonton dinegaranya. (jif)

Suluh Indonesia/himPENGHARGAAN - Wakil Wali Kota Bogor memberikan penghargaan kepada salah satu pihak perwakilan kelurahan yangberhasil meneggakkan aturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Bogor, kemarin..

Kasus Narkoba di Bogor

Alami PAlami PAlami PAlami PAlami Peningkaeningkaeningkaeningkaeningkatantantantantan

KilasGagalkan CuranmorAPARAT Polantas membekuk pelaku pencurian mo-bil di persimpangan Jalan Juanda, Kel. Kemiri Muka,Kec. Beji Kota Depok, kemarin sekitar pukul 22:00WIB. Brigadir Ary Lot, petugas Polantas bersama se-orang temannya menangkap pelaku yang berusahamencuri mobil Toyota Trust Silver B 1957 EVL yangdiparkir samping ruko Citra Decoration, Beji. Pelakuberbadan tambun berpakaian rapi masuk ke dalammobil. Karena mencurigakan polisi datang dan menayaipelaku. Saat itu Ia mengaku disuruh pemiliknya. pel-aku bahkan melawan. Ary mengatakan, dengan dibantutemannya, dia berhasil melumpuhkan pelaku meskisempat baku hantam dengannya. Tak lama kemudi-an, massa yang mengetahui kejadian tersebut ikutmenghakimi pelaku hingga babak belur. Selanjutnya,palaku diamankan. (jif)

Sterilisasi GerejaKABAG Ops Polresta Depok, Kompol Tri Yulianto men-gatakan telah melakukan sterilisasi untuk menghin-dari ancaman bom di 128 gereja yang diikuti 40 ribujamaat di wilayah Kota Depok. Tak kurang 1.032 per-sonil gabungan dalam pengamanan malam Natal. Iyamenjelaskan pasukan keamanan Natal yang terdiri dari782 personil Polresta Depok ditambah dengan unsurTNI tak hanya melakukan penjagaan di gereja saja,tetapi menyebar secara mobile dengan dilengkapi sen-jata laras panjang, dan anjing pelacak. Menurut Yulan-to, untuk ditempatkan di Gereja sebanyak 332 per-sonil, sedangkan sisanya berpatroli untuk meningkat-kan keamanan bersama Tim Jaguar. Menurutnya, polisisejak pagi sudah mengelilingi sekitar gereja untukmelakukan sterilisasi. (jif)

TANGSEL - Sejumlah titik tempat ibadah gereja di kotaTangerang Selatan (Tangsel) mendapat pengawalan ketat dariaparat keamanan gabungan. Mereka melakukan penyisiranuntuk mengantisipasi gangguan keamanan bagi ribuan umatkristiani yang mengikuti ritual misa Natal. “Sterilisasi ini tu-juan utamanya untuk memberikan rasa aman bagi saudara kitaumat kristen yang merayakan Natal,” ungkap Kepala PolsekCiputat Komisaris (Pol) Burhanudin di Tangsel, kemarin.

Lebih lanjut Burhanudin mengatakan, dalam kerjasama keg-iatan pengamanan Natal bersama dengan Komando RayonMiliter (Koramil) Ciputat 0506/Tangerang. Antisipasi ancamanterhadap kemungkinan timbulnya gangguan pengamanan jugadiberlakukan pada 26 titik gereja di wilayah hukum Ciputat.

Burhan menambahkan pihaknya juga bersinergi denganberbagai elemen masyarakat. Penjagaan di setiap titik gerejatelah menjadi wujud toleransi serta harmonisasi antar umatberagama yang selalu bisa terjalin. “Program pengamanangabungan ini untuk mengimplementasikan tiga pilar dalamkeamanan dan ketertiban masyarakat,” tandasnya.

Dari pantauan dilapangan, pencegahan sejak dini seper-ti dilaksanakan di Gereja Katolik Santo Ignatius Loyola Pa-roki Santo Nikodemus. Pada gereja yang lokasi terletak diKomplek Mabad, Jalan Wijaya Kusuma II, Rempoa, Keca-matan Ciputat Timur, petugas begitu teliti memantau setiapsudut ruangan gereja. (nov)

Amankan Natal26 Gereja Disisir

BOGOR - Kasus perkaranarkoba di Kota Bogor masihmemprihatinkan. Trend nya,setiap tahun jumlah kasusnyamengalami peningkatan sekitar165 perkara. Tingginya kasusperlara tersebut membuat pe-merintah setempat membentuklembaga penanganan dan reha-bilitasi narkoba. ‘’“Berdasarkandata kami, sekurangnya ada 660perkara narkoba selama kurun4 tahun terakhir atau rata-rata165 perkara pertahunnya,”kataKepala Kejaksaan Negeri KotaBogor, Katarina Endang Suwe-

stri di Bogor, kemarin.Ia menuturkan, peningkatan

angka kasus narkoba tersebutmasih cukup memprihatinkandan perlu penanganan intensifdari berbagai pihak terutamaPemerintah Kota Bogor.‘’Pemkot Bogor harus mendiri-kan suatu lembaga khususyang membidangi permasalah-an narkotika karena kondisiyang terjadi dilapangan sudahcukup parah,”ujarnya.

Menanggapi usulan orangnomor wahid di KejaksaanNegeri Kota Bogor, Sekda Kota

Bogor menyatakan dalam wak-tu dekat akan membentuk lem-baga penanganan dan rehabil-itasi narkoba. ‘’Iya, kami ten-gah membahas untuk mendiri-kan suatu lembaga yangmenangani permasalahannarkotika ini,” terangnya.

Lanjutnya, dalam pem-bahasan dengan anggota dew-an itu, turut dibicarakan ten-tang pihak mana saja yang akanmengisi seperti para praktisidan akademisi di bidang narko-tika. Sejauh ini kata dia, pihakn-ya telah melakukan kordinasi

dengan Rumah Sakit (RS) Mar-zuki Mahdi di Jalan Semeru,Cilendek, Bogor Bogor. ‘’Ker-jasama dengan pihak RS. Mar-zuki Mahdi untuk tempat reha-bilitasi para korban narkobatersebut,”terangnya.

Mengenai anggaran yangdigelontorkan untuk proyek ini,pihaknya, akan mengalokasi-kan dana rehabilitasi melaluiAPBD meski enggan menyebutbesaran angka yang dikucur-kan. ‘’Belum kami hitung meng-hitung, jadi angkanya tidaktahu persis,”dalihnya. (him)

TANGSEL - Anggaranuntuk mewujudkan programhutan kota di setiap kelurah-an di kota Tangsel dihapus-kan dari APBD 2015. Iniartinya harapan WalikotaTangsel untuk mewujudkanprogram tersebut pupus.Mirisnya, penghapusanmata anggaran untuk pen-gadaan hutan kota justru di-lakukan oleh Pemkot melaluiSekda Tangsel Dudung E.Diredja. ‘’Saya bingung, ka-tanya pencanangan hutankota di 54 kelurahan pro-gramnya bu Walikota Airin.Ini kok malah dari PemkotTangsel sendiri yang meng-

Pemkot TangselHapus Anggaran Hutan Kota

hapus,” ungkap anggotaDPRD Tangsel, Drajat Sumar-sono di Tangsel, kemarin.

Drajat mengatakan, se-harusnya pada tahun depanada tiga titik pembangunanatau pengadaan hutan kota diTangsel, yakni di KecamatanSetu, Serpong dan SerpongUtara. Namun, sebelum APBD2015 disahkan oleh dewan,penganggaran untuk pemban-gunan tersebut malah dihapusatau dikoreksi oleh PemkotTangsel sendiri. ‘’Anggaransatu hutan kota itu bisa men-capai Rp 1,5 miliar, dan ketig-anya dihapus dari mata angga-ran,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Ke-pala BLHD Rahmat Salammengaku legowo jika me-mang kebijakan tersebut dit-erapkan pada anggarantahun depan. Namun, Rah-mat akan mengusahakanmengajukan pengadaan hu-tan kota itu kembali padaAPBDP 2015. ‘’Ya tidak apa-apa kalau di APBD Murni2015 belum ada, mungkin diAPBD Perubahan 2015 kitacoba lagi,” katanya.

Sebelumnya, WalikotaAirin Rachmi Diany meren-canakan pengadaan hutankota di Tangsel pada tahundepan. (nov)

BOGOR – Tiga kelurahan mendapatkan penghar-gaan khusus dari tim penegak kawasan tanpa rokok(KTR) karena dinilai telah menerapkan perda nomor12 tahun 2009 serta turut melakukan sosialisasi ke-pada masyarakat luas.

Ketiga kelurahan yang mendapat penghargaantersebut antara lain Kelurahan Kebon Pedes, Kelu-rahan Sukaresmi serta Kelurahan Bojongkerta. “Kamiharap kelurahan lainnya bisa mengikuti jejak ketigakelurahan ini dalam membantu menegakan perdaKTR,”kata Kepala Bidang pemberdayaan Kese-jahteraan masyarakat (PKM) Dinkes Kota Bogor,Ratna Yunita di Bogor, kemarin.

Dikatakan pihaknya, penilaian kinerja kepada ke-tiga kelurahan berdasarkan hasil sidak KTR selamatiga kali berturut-turut sejak bulan Oktober, Novem-ber dan Desember 2014. ‘’Dari hasil sidaknya, ketigakelurahan tersebut mempunyai nilai paling minim atasjumlah pelanggar KTR,” terangnya.

Tak hanya itu kata dia, kelurahan tersebut turutpula membantu melakukan sosialisasi berupa bany-ak ditempatkanya alat peraga hingga reklame ten-tang bahaya merokok bagi kesehatan.

Ratna menuturkan, keberadaan perda KTR yangditerapkan di kota hujan merupakan salah satu up-aya dalam menggalakan program Perilaku Hidup ber-sih dan Sehat (PHBS). Guna mencapai program terse-but, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke tingkatkecamatan, kelurahan hingga tingkat RT/RW.

Dari hasil sosialisasi program PHBS yang dilaku-kan pihaknya, capaian masyarakat yang telah melaku-kan PHBS di Kota Bogor mencapai 62 persen. (him)

Perda KTR SuksesTiga KelurahanDapat Award

Suluh Indonesia/antSINTERKLAS - Dua petugas PT Angkasa Pura II yang mengena-kan pakian Sinterklas membagikan coklat kepada seorang anak diTerminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemarin.

BEKASI - Dinas PendidikanKota Bekasi, mencatat kebutu-han anggaran operasional pen-didikan di wilayah setempatsepanjang 2015 mencapaiRp1,1 triliun. ‘’Alokasi angga-ran itu sudah kita usulkan sebe-sar 30 persen dari total APBDmurni 2015 Rp3,8 triliun,” kataKepala Bidang Bina ProgramDisdik Kota Bekasi Agus Enapdi Bekasi, kemarin.

Menurut dia, usulan angga-

BOP Kota BekasiMencapai Rp 1,1 Triliun

ran tersebut lebih rendah dariyang dibutuhkan pada 2014sebesar Rp1,3 triliun. ‘’Sebagi-an anggaran pada 2014 tidakterserap. Itu sebabnya kamimengajukan anggaran 2015 leb-ih rendah dibandingkan tahunini,” katanya.

Menurutnya, anggaranRp1,1 triliun itu akan dibagidalam beberapa kegiatanpendidikan.

Di antaranya, Rp820 miliar

digunakan sebagai gaji 700guru, Rp70 miliar untuk hon-or pegawai, Rp10 miliar untukmembiayai meubelair, dan ke-butuhan lainnya. ‘’Rata-ratasatu SMA memiliki anggaranoperasional Rp3,3 miliar. Danaitu diperoleh dari Bantuanoperasional Sekolah (BOS)Rp1,5 miliar, ditambah bantu-an dari Pemerintah ProvinsiRp200 ribu per siswa pertahun,” katanya. (ant)

BOGOR - PemerintahKota (Pemkot) Bogor akanmenerbitkan Peraturan walikota (Perwali) terkait pembe-rian ASI ekslusif oleh ibu ke-pada anaknya. ‘’Perwaliakan menjadi payung hukumagar pemberian ASI Ekslusifkepada bayi dapat dilakukansecara optimal,” kata WaliKota Bogor Bima Arya Su-giarto saat menghadiri sos-ialisasi Inisiasi MenyusuDini (IMD) dan ASI Ekslusifbersama BPJS Kesehatandan Tim Penggerak PKKKota Bogor, di Balai KotaBogor, kemarin.

Ia mengatakan akan seg-era menyusunnya dan men-jelaskan teknisnya sepertiapa, dan sanksinya apa bagiyang melanggar.

Menurut Bima, cakupanpemberian ASI Ekslusif diKota Bogor belum mencapaitarget, hal ini disebabkanbelum semua ibu paham ten-tang keutamaan ASI bagianaknya.

Persoalan lainnya, belumsemua sarana kesehatan diKota Bogor yang melaksan-akan IMD dan ASI ekslusif,

Pemkot BogorSegera Terbitkan

Perwali ASI Ekslusifserta belum semua melaksan-akan ruang rawat ibu dananak digabung setelah mela-hirkan. ‘’Ada beberapa ke-bijakan yang akan dilakukanPemerintah Kota Bogor se-lain menerbitkan Perwali, kitajuga mengintensifkan sosial-isasi kepada masyarakat,”katanya.

Dikatakannya DinasKesehatan dan Tim Pengger-ak PKK dan kelompokmasyarakat peduli ASI memi-liki peran untuk meningkat-kan kesadaran masyarakatterhadap pentingnya IMDdan ASI ekslusif untuk tum-buh kembang bayi.

Selain itu, PemerintahKota Bogor juga memintaaparat di jajaran tingkatbawah seperti lurah dan ke-camatan untuk ikut mengka-mpanyekan dan mensosial-isasikan IMD dan ASI ek-slusif. ‘’Kita juga punyabanyak majelis taqlim yangbisa digerakkan untuk men-sosialisasikan pentingnyaASI ini. Dengan kontribusiaktif masyarakat, maka akantumbuh kesadaran di masya-rakat,” ujarnya. (ant)

5Suluh Indonesia, Jumat 26 Desember 2014 pini

� Wartawan Suluh Indonesia membawa tanda pengenal dan tidak dibenarkan meminta/menerima sesuatu dari sumber.

Sampaikan saran, kritik dan keluhan mengenai kebijakan Pemerintah, fasilitas umum atau lainnya ke: PO BOX 6233 JKBKG, Jakarta 11062, redaksi: Jl Gelora VII No. 32 Palmerah Selatan, JakartaPusat. Fax: 53670771 atau e-mail: info@bisnis-jakarta.com. Lampirkan foto copy KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku dan cantumkan nomor telepon yang bisa dikonfirmasi.

F OKUS

Pemimpin Umum : Satria Naradha, Wakil Pemimpin Umum/Redaksi/Penanggung Jawab : Wirata, Redaktur Pelaksana : Nikson, Gde Rahadi, Redaksi : Hardianto, Ade Irawan, Kuswandi, Petrus, Bogor : Aris Basuki (Koordinator), M. Ibrahim, Depok: Rajif Nugroho, Tangsel : Novi Revolusiana, Iklan : Emiliana, Sirkulasi : D. Swantara. Alamat Redaksi : Jalan Gelora VII No 32 Palmerah, Jakarta Pusat. Telpon (021) 5356272, 5357602 Fax (021) 53670771. Website : www.bisnis-jakarta.com, email: info@bisnis-jakarta.com. Tarif Iklan : Iklan Mini minimal 3 baris Rp 6.000 per baris, Iklan Umum/Display BW : Rp 15.000 per mmk, Iklan Warna FC : Rp. 18.000 per mmk, Iklan Keluarga/Duka Cita : Rp 7.000 per mmk, Advetorial Mini (maks400 mmk) Rp 4.500 per mmk, Biasa (lebih dari 400 mmk) Rp 6.000 per mmk. Pembayaran melalui Bank BCA No Rekening 006-304-1944 a/n PT. Nusantara Media Baliwangi, Bank BRI No Rekening 0018-01-000580-30-2 a/n PT. Nusantara Media

Baliwangi. Bukti transfer di fax ke (021) 53670771, cantumkan nama dan nomor telpon sesuai registrasi.Penerbit : PT. NUSANTARA MEDIA BALIWANGI

Suluh Indonesia Mengundang Anda menulis dalam kolom ini. Caranya: Kirim Tulisan Anda ke alamat Gedung Pers Pancasila Jl.Gelora VII No. 32 Palmerah Selatan Jakarta Pusat atau Kirim ke E-mail: info@bisnis-jakarta.com. Panjang Tulisan Maksimal7.000 karakter. Tulisan akan dimuat juga secara sinergis dengan Kelompok Media Bali Post.

Bang D el

SURAT A NDA

B ERTEMUNYA dua pihak yang berbeda pandangan di tubuhPartai Golkar, memberi rasa positif dalam perkembangan poli-tik kepartaian di Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, Par-tai Golkar mengalami perpecahan dengan adanya dua kubu

Rujuk dengan MemakaiPendekatan Budaya Indonesia

yang masing-masing mengadakan musyawarah nasional. Satu pihakdi Bali dan beberapa hari berikutnya di Ancol Jakarta. Secara jujur harusdikatakan, tidak terbayangkan apabila Partai Golkar mengalami per-pecahan seperti ini. Kalaupun ada perpecahan, tidak melibatkan ang-gota yang hampir seimbang. Perpecahan sebelumnya diikuti sedikitkader dan akhirnya membentuk partai baru, yang hebatnya partai terse-but muncul menjadi kekuatan politik utama di Indonesia. Sebut sajamisalnya Partai Hanura dan Partai Nasdem. Tidak lain, ini karena Golkaradalah sejarah Indonesia dan sejarah kepartaian di negara kita.

Meski demikian, kondisi yang terjadi pada Partai Golkar harus mem-buat keinsyafan pada masyarakat politik Indonesia. Bagaimanapunbesarnya kekuatan politik tersebut, kondisi perpecahan tetap tidakmampu dihindari. Ini disebabkan karena partai politik itu sesungguhnyamerupakan produsen opini. Kita katakan demikian karena partai politikdibentuk untuk menyatukan berbagai opini yang bersentuhan denganrakyat. Dalam arti ide dan pendapat untuk mengelola kesejahteraanmasyarakat. Ketika opini itu berbenturan dengan niat kuasa, maka jadilahperpecahan tersebut. Ada dua pandangan berseberangan dalam hal ini.Opini yang tumbuh dalam partai politik merupakan upaya yang bertu-juan mengagregasikan kepentingan demi kesejahteraan rakyat. Tetapikuasa yang muncul adalah ambisi untuk mengendalikan opini tersebutsesuai kehendak pribadi. Inilah yang sering menjadi konflik.

Barangkali itulah yang terjadi di tubuh Partai Golkar. Mungkin berb-agai pendapat muncul untuk mengarahkan bagaimana sebaiknya carauntuk mensejahterakan rakyat. Tetapi pada sisi lain kemungkinan adapihak yang ingin menguasai hal itu sehingga akhirnya berbenturan.Kebetulan komposisnya sama di partai ini, sehingga masing-masingrelatif kuat untuk menarik dukungan.

Adanya upaya rujuk diantara kedua belah pihak, kita sambut dengangembira. Ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari adanya keinginanuntuk islah ini. Paling awal adalah keterkaitannya dengan budaya Indo-nesia. Islah merupakan upaya rujuk yang mengedepankan musyawarahdalam memecahkan konflik. Pasti akan ada berbagai temu muka dalamrangka mencapai musyawarah tersebut. Dan sudah pasti akan banyakpembicaraan. Ini tidak lain budaya Indonesia dimana masyarakatnyamenyukai saling kunjung untuk membicarakan berbagai persoalan. Bi-asanya itu disertai berbagai hidangan yang ada. Hidangan inilah yangdipercaya ikut memberikan nuansa meregangkan emosi yang akhirnyadapat mencapai permufakatan. Alangkah bagusnya apabila berbagaikonflik itu dapat dipecahkan sesuai budaya Indonesia. Dan kita di Indo-nesia mempunyai banyak ragam budaya yang bisa dipakai untuk me-mecahkan konflik.

Yang kedua, posisi Partai Golkar sebagai unsur patron politik di In-donesia. Dalam sejarahnya tidak ada partai yang mampu menandingikekuasaan partai ini. Itulah sebabnya segala sepakterjang partai ituakan dilihat dan dipakai sebagai model dalam memecahkan konflik dimasa depan. Jadi, islah yang terjadi sekarang kita harapkan berhasildengan sukses sehingga partai lain yang kelak mengalami masalahseperti itu, dapat mencontoh partai Golkar dalam kaitan menyelesai-kan konfliknya.****

Agar Partai Tidak Hancurdan Kekuasaan Tidak MelayangUPAYA berbaikan kembali (islah) dari dua kubu Partai Golkar, merupakan peristiwa politik palingmenarik di akhir tahun 2014. Partai ini dikenal karena kebesaran nama, organisasi, dan pengaruhnyadi Indonesia. Di era Orde Baru, sudah tidak perlu diungkapkan lagi pengaruh kekuasaannya. Tetapipenampilan paling hebat dan boleh dikatakan heroik, adalah tahun 1999. Ketika masyarakat sudahmenduga partai ini kolaps setelah tumbangnya Orde Baru, tiba-tiba mereka tetap kokoh menjadipemenang kedua pemilu tahun 1999.

OlehGPB Suka Arjawa*

Momen inilah bisa dikatakansebagai penampilan terbaik PartaiGolkar, kokoh di saat badai hebatmenerjang. Terjadi paradoks,Golkar justru lunglai di saat anginsepoi-sepoi manakala menghada-pi sosok Joko Widodo, politisiyang boleh dikatakan lembut dansantun. Mantan Walikota Solo initanpa membawa angin puting beli-ung seperti reformasi tahun 1997.Ketika itu Golkar kokoh, tegar diter-pa badai. Sebaliknya tahun 2014ini, seolah lunglai diterpa anginsepoi-sepoi. Tetapi dengan faktadan realitas itu, Golkar sesunggu-hnya tidak mampu dirobohkan olehkekuatan di luar badannya. Golkartidak berdaya justru oleh penyak-it yang ada di dalam tubuhnyasendiri. Persis seperti pohon ber-ingin yang tidak tumbang oleh an-gin puyuh, tetapi goyah digerogotirayap yang merusak batang tubu-hnya.

Pecahnya Partai Golkar saat initidak lain karena perpecahan inter-nal, terutama soal sikap terhadapkepemerintahan dari tokoh-tokohnya. Melihat perpecahanyang terjadi selama ini, sudah ja-mak diketahui kelompok MunasBali tidak pro dengan pemerintah-an Joko Widodo. Sebaliknya den-gan kelompok Munas Ancol. Ko-mposisi jumlah anggota masing-masing kelompok yang bertentan-gan ini, baik dari sisi elite maupunnon elite, boleh dikatakan seim-bang. Maka, dalam komposisidemikian, seperti halnya dalam per-mainan olahraga, pastilah hasiln-ya seri. Jika kekuatan aspirasi poli-tik seimbang di dalam satu organ-isasi, akan membuat partai itupecah atau bubar. Pada tubuh Par-tai Golkar, pembubaran, dalam halini, bukanlah sesuatu yang rasion-al karena kebesaran jumlah anggo-ta, infra dan suprastruktur,kekayaan, sampai dengan pen-garuhnya. Maka, perpecahanmerupakan “kejadian rasional”yang bisa dinilai “logis” untukpartai sebesar ini. Masing-masingpihak masih mampu mengklaimkondisi, apalagi dalam komposisimasing-masing pihak seimbangdengan dua kubu berhadapan.Golkar tidak hilang, tidak bubar.Golkar tetap ada, tetapi pecah!

Perpecahan internal yang ter-jadi pada partai besar, dengan ko-mposisi yang sama kuat, tidak

akan mungkin mampu memberikansolusi dalam jangka dekat.Masalah hanya dapat diselesaikansecara hukum. Akan tetapi masalahseperti ini pada akhirnya hanyaakan memberikan kerugian kepadapartai. Itulah sebabnya salah satupihak pasti akan dimenangkan. Ituartinya satu pihak pasti juga akankalah. Kekalahan secara hukumbisa berarti sebuah kehilangan.Dalam konflik partai sebesarGolkar, bisa dibayangkan jumlahsumber daya yang akan hilangdengan dikalahkannya satu pihaksebagai akibat dari keputusan hu-kum. Secara politis, ini akan mem-berikan dampak sangat merugikan,karena harus membangun partaiyang baru lagi. Membangun par-tai baru, tidak sekedar memban-gun nama, dan lambang partai teta-pi juga harus membangun citraberikut pengaruhnya. Pemban-gunan citra dan pengaruh ini mem-punyai tatangan paling besar bagi

partai yang kalah. Kondisi yangkalah di pengadilan akan mempen-garuhi citra partai tersebut padamasyarakat. Apalagi masyarakatIndonesia yang menjadi anggotapartainya, sikap ideologisnyatidak konstan. Mereka secaramudah pindah partai politik, apala-gi menjelang pemilu. Kondisi sep-erti ini akan menguntungkan bagiPartai Golkar yang memenangkan“pertarungan” di pengadilan.

Dengan demikian, maka apabilakedua belah pihak mengambil kepu-tusan untuk berbaikan kembali (is-lah). Solusi ini merupakan keputu-san paling rasional dari partai ber-ingin yang besar ini. Dengan is-lah, potensi melubernya anggotapartai, terutama pada tingkat akarrumput semakin kecil. Merekamasih dapat ditahan dan dirangkullagi sesuai dengan kepengurusansetelah islah tersebut kelak terca-pai.

Tantangan islah ini ada bebera-

pa hal. Secara politis, tantangan ituterletak pada formulasi sikap ter-hadap pemerintahan Joko Widodo.Dalam hal ini, nampaknya perbe-daan itu telah bisa diatasi. KubuMunas Bali bersikap lunak. KubuMunas Bali tidak lagi keras menen-tang pilkada langsung. Artinyamereka sudah jauh bergeser darikekukuhan sikap sebelumnyayang meminta agar pemilhan kepaladaerah dilakukan oleh DPRD.Sikap ini boleh dikatakan sebagaicorong frontal perbedaan sikapkedua kelompok itu karena kubuMunas Ancol memilih tetap pilka-da secara langsung. Meski sulit,Golkar Munas Bali sebaiknya me-nerima opsi ini karena bagaim-anapun mayoritas masyarakat In-donesia masih memilih pilkadalangsung. Bertahan dengan sikapmenentang pilkada langsung bisaberari “bunuh diri’ karena ke depanpartai ini akan dijauhi rakyat. Pili-han menyetujui pilkada langsung,kemungkinan juga membuat GolkarMunas Bali akan sedikit goyahdari pendukung setianya. Kononmenurut beberapa pendapat, ban-yak tokoh Golkar di daerah men-dukung Munas Bali karena adaambisi memenangkan kepala daer-ah. Pemilihan kepala daerah mela-lui DPRD diduga akan banyakmendudukkan pejabat Golkar didaerah menjadi kepala daerah kare-na komposisi anggota DPRDdikuasai Partai Golkar. Akan teta-pi, di luar itu semua, partai politikharus tunduk kepada keinginanrakyat.

Tantangan paling besar dari is-lah ini adalah dalam bidang organ-isatoris. Perpecahan partai inimembawa dua kubu elite, yangmasing-masing mempunyai anakbuah. Pada tataran partai politikbesar, komposisi elite kepenguru-san pada struktural yang lebih ting-gi itu identik dengan jembatan awalmenuju elite kekuasaan pemerin-tahan negara. Inilah yang akanmenjadi rebutan dalam islah nanti.Kemungkinan paling rumit, dengankomposisi struktur terbatas dalamorganisasi, posisi tersebut pastiakan mendapat rebutan. Disinilahorang dari Aburizal Bakrie danAgung Laksono memerlukan kede-wasaan dalam berfikir, antara memi-hak kekuasaan atau memihak keu-tuhan partai. Yang jelas, kekuasaanitu sifatnya membentang ada didepan. Sedangkan keutuhan par-tai, itu tergantung sikap hari ini.Kalah dalam menentukan sikapdewasa, dua-duanya akan hilang.Partai hancur kekuasaan melay-ang.****

*Penulis adalah staf penga-jar Sosiologi FISIP Universitas

Udayana

DAERAH Cengkareng me-mang terkenal dengan rawanakan aksi kejahatan dan peredar-an narkoba. Jika anda seorang dirimelintasi daerah itu yang mele-wati pasar ikan kearah kamaldadap maka anda akan dihadangoleh tebaran benda tajam berupapisau cutter yang siap merobekban kendaraan anda. Disaat ituanda akan melihat ada beberapatukang tambal ban yang bersukutertentu dengan tato dan tindikanyang sangat menyeramkan berg-erombol sambil bernyanyi dengangitar bolong dengan logat daerahpulau seberang.

Para tukang tambal ban yangbiasanya dalam keadaan sepertimabuk itulah yang menjadi an-dalan untuk membantu anda

memperbaiki dan membongkarban motor anda. Saya masih raguapakah Pak Jokowi mengertidaerah ini. Andai dia rasakansendiri naik sepeda motor malam-malam dan ban motornya terke-na ranjau pisau cutter langsungtak berdaya walaupun bannyatubles. Memahami kota Jakartatidak seperti kota lain. Walau sayayakin masih ada daerah yang leb-ih rawan dari cengkareng. Tapi yaini hanya sekedar cerita dan takperlu direspon secara serius olehpara pejabat negara karena sayatahu tak akan direspon. PemdaDKI silahkan sibuk dengan urusanlain. Terimakasih

SamanCengkareng, Jakarta Bara

Daerah Taman Palem,Cengkareng Rawan Ranjau PakuPENDUDUK di jakarta yang se-

makin padat. Setiap tahun nya dijakarta semakin bertambah bany-ak dan padat setiap oarang meng-inginkan mendapatkan pekerjaandi jakarta karena menurut merekalebih baik tinggal dijakarta atau pundi daerah nya masing-masing set-iap habis lebaran pasti pendudukdi jakarta semakin padat karenamereka terhasut oleh orang yangpulang kampung .

Tanah lapang di Jakarta hampirtak ada yang tersisa. Semua telahdibangun untuk proyek perumahan.Sangat sedih mengalami hal ini se-bagai masyarakat betawi. Seharus-nya Pemda bisa menjadi wakilsuara orang-orang betawi yangingin punya lapangan bola, lahanberkebun atau Pertanian, lahan hi-jau atau hutan kota. SekarangJakarta telah “hancur’’ menjadi lau-

Jakarta Sangat Minim Area Hijautan rumah dan sangat minimlapangan terbuka untuk bemain.

Polusi yang sudah melandaJakarta dan menjadikan Jakartaberada di peringkat yang hampirmenyamai meksiko di urutan ter-atas harus di cegah dengan ber-bagai cara yang secepat mungkin.Saya rasa itu semua menjadi tu-gas yang masih bisa dilakukan danJakarta akan berhasil melewatiketerpurukannya. Sudahlah,.. pe-merintah jangan terus mengerukkeuntungan yang hanya sesaat,ingatlah anak cucu kita agar mere-ka masih bisa menghirup udara se-gar di Jakarta dan bermain bola dilapangan terbuka tidak di jalanangang rumah yang sempit.

RenitaKemanggisan, Jakarta

Barat

SEBAGAI warga ibukota sayamerasa nasib rakyat bawah se-makin diinjak-injak. Nampaknyamasih banyak hal yang perlu dire-visi dari berbagai kebijakan yangmenyentuh tentang kesejahteraanrakyat, terutama kelas bawah.Pemerintah tak boleh lepas ta-ngan begitu saja mengenai nasibrakyat yang berada di bawah gariskemiskinan.

Banyak hal yang saya anggapkurang tepat dalam mengatasikemiskinan seperti penggusuranpedagang kaki lima yang bersifatkasar dan kurang bijak. Selamaini sering terjadi pemungutan liaryang dilakukan pihak-pihak yangtidak bermoral. Langkah-langkahuntuk menghindari hal ini seharus-nya lebih ditegakkan agar rakyatkelas bawah bisa berusaha men-cari makan dengan tenang tanpa

ada perasaan resah atau tertindas.Mengapa bangsa ini masih ge-

mar menjajah bangsa sendiri.Setelah sekian lama dijajah bang-sa lain bahkan sampai ratusantahun, kenapa tak sadar-sadarbahwa penjajahan yang dialamibangsa ini sudah cukup lamamembodohkan pola pikir kita.Sudah tak ada waktu lagi mem-perdebatkan siapa yang harusbertanggung jawab atas kemiski-nan yang merongrong bangsa kita.Rakyat telah jatuh bangun meng-hadapi berbagai gejolak negeri,namun semangatnya tetap kuatdan hidup dengan penuh ketaba-han. Tapi tetap saja semua butuhuluran tangan pemerintah sebagaipenguasa yang mengatur negara.

RomlaJatinegara, Jakarta

Keadilan Sosial Semakin Absurd

Kemenkumhammemberikan remisikepada puluhankoruptor

SebagaiKadoNatal ...

lahraga 6Suluh Indonesia, Jumat 26 Desember 2014

SEMARANG - Juara kelasringan (61,2 kilogram) WBOAsia Pasifik Daud Yordan akanberkumpul dengan keluargasaat merayakan Natal 2014 danTahun Baru 2015.

“Tidak ada acara besar danhanya kumpul bersama keluar-ga saja Mas,” kata petinju den-gan rekor bertarung 33 kalimenang (24 di antaranya den-gan KO) dan tiga kali kalah ke-tika dihubungi dari Semarang,Jateng, Rabu.

Menurut ayah dari MiquelAngel Yordan Jr tersebut, kum-pul keluarga tersebut dilaku-kan setelah mengikuti MisaNatal. “Kita akan kumpul sete-lah mengikuti Misa Natal,” ka-t a n y a .

Ketika ditanya apa arti Na-tal dan Tahun Baru sekarangini bagi dirinya, petinju kelahi-ran Sukadana, Kalimantan Bar-at, 10 Juni 1987 tersebut men-gatakan Natal adalah menyam-but kelahiran Tuhan Yesus.

“Saya berharap pada 2015lebih sukses dari tahunsekarang ini,” kata petinjuSasana Kayong Utara, Kali-mantan Barat, tersebut.

Daud Yordan baru saja mere-but gelar kelas ringan WBOAsia Pasifik setelah menangKO ronde kelima atas petinjuFilipina Ronald Ponttilas diPontianak, Kalimantan Barat,Sabtu (20/12).

Pertarungan itu merupakanpertama bagi Daud sejak mem-pertahankan gelar juara duniakelas ringan IBO dengan men-galahkan petinju Afrika SelatanSipho Taliwe di Australia, 6Desember 2013 lalu. (ant)

Natal,DaudPilihKeluarga

JAKARTA - Klub asalIbu Kota, Persija Jakarta ter-us berburu sponsor utamademi menopang biaya gunamengarungi kompetisi Indo-nesia Super League (ISL)2014/2015 yang rencananyadimulai 1 Februari 2015.

Presiden Persija FerryPaulus di Jakarta, Rabumengatakan, saat ini adatiga pihak yang berminatmenjadi pendukung utamaklub yang berjuluk MacanKemayoran itu, salah satu-nya pendukungnya musimlalu yaitu K-Vision.

“Proses pembicaraandengan ketiga pihak masihberlangsung. Angka yangkami sodorkan hampir setu-ju. Tapi ada pihak yang maumembayar lebih,” katanya.

Guna mengarungi ko-mpetisi tertinggi di TanahAir musim depan dalam for-mat satu wilayah, MacanKemayoran membutuhkan

PersijaBerburu Sponsor Utama

dana yang cukup tinggidibandingkan sebelumnya.Persija kurang lebih membu-tuhkan dana Rp40 miliar.

Dari jumlah tersebut, 70persennya akan meng-gunakan dana dari sponsor.Sedangkan sisanya akanmengandalkan pemasukandari suporter dalam setiappertandingan berikut royaltidari pembelian “merchandise”atau pernak-pernik Persija.

“Kami akan terus berusa-ha meyakinkan sponsor. Kamiingin semuanya tuntas sebe-lum kompetisi dimulai,” kataFerry Paulus menambahkan.

Khusus untuk pemasukandari “merchandise”, mantananggota Komite EksekutifPSSI ini mengatakan jika pi-haknya ada mendapatkanroyalti sekitar 10 persen darisetiap penjualan. Untukmusim depan, pihaknya tetapmenjalin kerja sama denganLeague.

Sementara itu, pemben-tukan tim Persija telah ber-jalan dengan baik bahkanmendekati angka 100 pers-en. Pelatih Rahmad Dar-mawan bahkan juga telahmengagendakan pertandin-gan uji coba yang salah sa-tunya melawan KelantanFA, 4 Januari 2015.

Kekuatan Macan Kemay-oran musim depan memangtidak boleh diremehkan kare-na diperkuat pemain yangtelah mempunyai nama be-sar seperti Bambang Pamu-ngkas dan Greg Nwokolo.Selain itu ada Ismed Sofy-an, Ramdani Lestaluhu danAlfin Tuasalamony.

Untuk pemain asing, saatini baru diperkuat dua pemainyaitu Martin Vunk dari Esto-nia dan striker Evgeny Ka-bayev asal Rusia. Saat ini,Macan Kemayoran masihmenyeleksi satu pemain asinguntuk posisi bek tengah. (ant)

Suluh Indonesia/antSELEKSI PEMAIN PERSIK KEDIRI - Sejumlah pesepak bola mengikuti seleksi pemain Kesebelasan Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (25/12). Empat puluhorang pemain sepak bola dari berbagai daerah mengikuti seleksi untuk masuk tim kesebelasan Persik yang akan berlaga dalam Indonesia Super Leaque (ISL) 2015.

SEMARANG - Sebanyak 60“fighter” dari berbagai sasanadi Indonesia bakal mengikutikejuaraan tarung bebas LinduAji Championship XI di Sema-rang, 27 Desember 2014.

“Kejuaraan ‘free style fight-ing’ (tarung bebas) ini merupa-kan agenda rutin yang digelarYayasan Lindu Aji Utama,” kataKetua Panitia “Lindu Aji Cham-pionship XI” Gunawan Wid-jaya di Semarang, Rabu.

Menurut dia, para “fighter”yang mengikuti Lindu Aji Cham-pionship XI itu merupakan at-let-atlet pilihan dari berbagaicabang beladiri, seperti karate,wushu, judo, gulat, hinggapencak silat.

60 “Fighter” Ikuti

TTTTTarararararung Beung Beung Beung Beung BebasbasbasbasbasPara atlet beladiri tersebut,

kata dia, diseleksi dari berbagaiaspek, terutama pengalaman-nya bertanding dan memenan-gi kejuaraan sesuai cabang be-ladiri yang ditekuninya sehing-ga profesional.

“Setidaknya ada 30 partai‘fighter’ yang dipertandingkansesuai dengan kelas tanding,yakni 51 kilogram, 54 kg, 57 kg,61 kg, 63 kg, 67 kg, 67 kg, 71 kg,75 kg, 80 kg, dan 80 kg ke atas,”katanya.

Atlet-atlet tersebut, kata dia,berasal dari berbagai sasanayang tersebar di seluruhwilayah Indonesia, mulai JawaTengah, Jawa Timur, Jawa Bar-at, Daerah Istimewa Yogyakar-

ta, Bali, dan Lampung.“Kami akui peminatnya ban-

yak sekali, namun kami batasihanya 60 ‘fighter’ untuk 30 par-tai. Jumlah atlet yang bertand-ing tahun ini lebih banyak kare-na tahun lalu hanya 25 partai‘fighter,” katanya.

Gunawan menjelaskankejuaraan tarung bebas itu bu-kan sekadar ajang bertarung,tetapi berkompetisi secara se-hat dengan seni beladiri yangbaik, sekaligus diorientasikanuntuk ajang tingkat interna-sional.

“Ya, kami berharap nantin-ya tidak hanya di kancah na-sional saja, tetapi ada atlet-at-let beladiri kita yang bisa

bertanding di kompetisi tingkatinternasional mewakili Indone-sia,” katanya.

Makanya, kata Gunawan,Federasi Olahraga Mixed Mar-tial Art Indonesia (FOMMI)akan ikut memantau kejuaraantarung bebas Lindu Aji itu un-tuk melihat potensi-potensi at-let olahraga tarung bebas.

Ketua Dewan Pembina Ya-yasan Lindu Aji Utama IkhwanUbaidillah menjelaskan kejua-raan tarung bebas itu merupa-kan rangkaian dari peringatanHari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 Lindu Aji.

Berbagai kejuaraan jugadigelar untuk mmeriahkan HUTLindu Aji.(ant)

BANDUNG - Gunungan pewayangan dan burungEkek Geling resmi menjadi logo dan makot Pekan OlahRaga Pelajar Nasional (Popnas) XIII/2015 yang akandigelar di Jawa Barat.

Peluncuran Gunungan sebagai logo dan burungEkek Geling sebagai maskot Popnas XIII/2015 itu di-lakukan oleh Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan diGedung Sate Kota Bandung, Rabu.

“Peresmian logo dan maskot ini menandai tahapanPopnas XIII/2016 terus mengerucut, kami akan jadikanajang Popnas 2015 menjadi ajang yang penuh prestasibagi atlet pelajar Indonesia,” kata Kepala Diorda JabarYudha M Saputra.

Maskot Popnas XIII/2015 yakni burung Ekek Geling,merupakan burung endemik asli Jabar yang dilindungi.Sosok burung Ekek Geling pun dinilai sangat pas se-bagai maskot Popnas XIII/2015 Jabar.

“Warna dan karakter dari Ekek Geling yang khas den-gan kerja keras, keuletan dan keberanian diharapkan bisamenginspirasi seluruh pelajar di Indonesia. Tak hanyapelajar dan pemuda asal Jabar saja,” katanya.

Burung Ekek Geling yang hidup di hutan belantaradiatas ketinggian 500-2000 mdpl diharapkan mengin-spirasi generasi muda/pelajar Indonesia untuk memili-ki bekal hidup yang kuat dan semangat yang tinggidalam mengarungi kehidupan di dunia global.

“Burung ini menarik perhatian dan memiliki kesanramah serta terbuka,” katanya.

Sedngkan untuk logo Popnas XIII/2015 berupa gu-nungan dengan model lidah api, memiliki makna agargenerasi muda/pelajar bisa dibekali oleh pemahamankelokalan budaya sebagai cermin jati diri bangsadalam setiap langkahnya berprestasi di tingkat na-sional maupun dunia.

“Lidah api yang menyerupai monumen BandungLautan Api pun memiliki makna jika generasi muda/pelajar hendaknya memiliki semangat juang yang ting-gi dan menjadi fondasi dalam sejarah sebuah bangsa,”kata Yudha menambahkan.(ant)

Popnas XIII/2015Ekek Geling Jadi

Maskot Resmi

7Suluh Indonesia, Jumat 26 Desember 2014 lahraga

PASANGIKLANHubungi :

021-5357602Fax :

021-53670771

CEPAT LAKUHanya

Rp. 50.000(10 Baris - 10x Tayang)

Pasang Iklan Baris

Hubungi

(021) 5357602

Pasang IklanLowongan, Otomotif,

Properti & Peluang EmasUkuran 2 x 50 mmk

BW Rp. 200.000FC Rp. 300.000

Hub :

021-5357602

G.46-Dir

JAKARTA BOGOR

GEDUNG PERS PANCASILAJl. Gelora VII No. 32

Palmerah Selatan Jakarta PusatTelp. 021-5357602Fax. 021-53670771

LONDON - Berbagaipertanda yang ada menjelangNatal memperlihatkan hal-halbagus untuk tim Chelsea dimana mereka memuncakiklasemen Liga Utama Inggris,namun pelatih Jose Mourin-ho tidak mau memberi alasansedikit pun untuk bergembirabagi pesaingnya ManchesterCity saat mereka menyambutjadwal padat.

Setelah menang 2-0 atasStoke City di Stadion Britan-nia pada Senin, klub Londonitu memastikan mereka mema-suki jadwal padat dengan me-muncaki klasemen dengan 42angka dari 17 pertandingan.

Pada tiga kesempatan ter-akhir Chelsea memuncaki

Suluh Indonesia/apPHILLYJESUS-USA - Michael Grant (28) atau yang dikenal dengan sebutan “Philly Jesus” berselancur dengan tongkat Hoki di Gelanggang Es Rothman di Philadelphia, AmerikaSerikat, pada pekan lalu. Hampir setiap harinya dalam delapan bulan terakhir, Grant mengenakan kostum seperti Yesus Kristus sambil berselancar untuk menyebarkan ajaran Kristen.

City Tempel Ketat Chelsea

di Puncak Klasemendi Puncak Klasemendi Puncak Klasemendi Puncak Klasemendi Puncak Klasemenklasemen pada Hari Natal,mereka kemudian memenangigelar, namun dengan Cityyang hanya terpaut tiga ang-ka di belakang, Mourinhosama sekali tidak mau mere-mehkan pertandingan-pertandingan yang akan di-mainkannya.

Tim peringkat keempatWest Ham United yang dilatihSam Allardyce akan melawatke markas Chelsea StamfordBridge pada Jumat, sebelumpasukan Mourinho bertand-ing ke kandang Southamptonpada Minggu, dan kemudianmelakukan perjalanan singkatmenyeberang London untukmenghadapi TottenhamHotspur pada Tahun Baru.

“Sekarang kami harusfokus pada tiga pertandinganyang masih kami miliki sam-pai akhir periode ini,” kataMourinho kepada parapewarta setelah kemenangandi markas Stoke.

Bermain melawan Big Sammerupakan pekerjaan sulitbagi kami, kami harus men-gatasinya. Keunggulan tigaangka yang kami miliki meru-pakan keuntungan kecil, itumerupakan bantal kecil yangkami miliki untuk melindungikami.”

“Kami telah berada di pun-cak (klasemen) liga sejak haripertama dan kami berada disana karena kami bermain be-nar-benar baik. Jadwal-jadw-

al Natal kami lebih sulit dari-pada (klub) lain manapun.”

Tim peringkat kedua Cityakan menghadapi West Bro-mwich Albion sambil mencarikemenangan ketujuh secaraberuntun di liga, namun mere-ka masih tidak diperkuat parapenyerang yang sedang ced-era Stevan Jovetic, Edin Dze-ko, dan Sergio Aguero.

Kapten Vincent Kompanyjuga tidak dapat memperkuatpasukan Manuel Pellegrini,namun gelandang David Silva,yang mencetak dua gol saatCity menang 3-0 atas CrystalPalace akhir pekan silam, siapuntuk meneror West Brom.

“Saya suka bermain di te-ngah, bahkan meski saya da-

pat bermain di kedua sayap,”ucap Silva. “Ketika saya ber-main di tengah, saya menda-pat peluang-peluang untukmencetak gol. Itulah menga-pa saya mencetak dua gol.Namun saya akan gembirauntuk membantu tim saat parapenyerang telah kembali.”

Di tempat lain pada Ju-mat, t im peringkat ket igaManches ter Uni ted , yangkemajuannya di liga sedangmelambat dengan hasil im-bang 1-1 di markas Aston Vil-la pada akhir pekan silam,menjamu Newcastle Unitedsedangkan Arsenal menjamutim London lainnya QueensPark Rangers d i S tad ionEmirates. (ant)

CLEVELAND - Kevin Lovemembukukan 20 angka danmelakukan sepuluh reboundsaat melawan bekas klubnyapada Selasa (Rabu WIB), keti-ka Cleveland menang 125-104atas Minnesota, namun cederayang dialami Anderson Varejaomembuat sang pemenang tidakdapat melakukan perayaan.

Pemain Brazil berusia 32tahun menderita cedera padakaki kiri dan pergelangan kakisaat waktu pertandingan meny-isakan 7:24 di kuarter ketiga. Iaharus dibantu untuk mening-galkan lapangan setelah ter-jatuh di bawah ring basket.

Kehilangan Varejao akanmenjadi pukulan besar untukCavaliers, yang kini memiliki re-kor 17-10 dengan kemenanganke-12 mereka dari 15 pertandin-gan. Tim ini mulai padu setelahmenambahi peraih empat kali

Kevin Love BawaCleveland Kalahkan Wolves

penghargaan pemain terbaikLeBron James dan Love padakesepakatan transfer denganMinnesota ke dalam tim yangmencakup juga guard asal Aus-tralia Kyrie Irving.

Irving mencetak 29 angkadan James menambahi 24 ang-ka untuk Cleveland, sedang-kan Love mendominasi padapertemuan pertamanya denganTimberwolves, tim di mana iamenghabiskan enam musimpertamanya di NBA sebelumbergabung dengan Cavalierspada tahun ini.

Love menderita cedera ibujari pada kuarter ketiga namuncedera itu hanya perlu dibalutdan ia kembali memperkuat timpada kuarter selanjutnya.

Kesepakatan transfer untukLove membuat Minnesottamendapatkan pemain-pemainperingkat teratas dalam dua

Draft NBA terakhir, Andre Wig-gins dan Anthony Bennett.Wiggins mencetak 27 angkauntuk Minnesotta, sedangkanBennett sama sekali tidak men-cetak angka.

Center asal Senegal GorguiDieng menambahi 20 angka dan11 rebound untuk Timber-wolves, yang kalah untukkeenam kalinya secara bertu-rut-turut dan yang ke-12 dari13 pertandingan sehingga me-miliki rekor 5-22 sepanjangmusim.

Meneruskan laju mengh-adapi mantan rekan-rekansetim, Cleveland berikutnyaakan menghadapi Miami padaKamis, peluang pertama bagiJames untuk memainkanpertandingan reguler melawanbekas timnya, termasuk bin-tang Heat Dwayne Wade danChris Bosh. (ant)

MIAMI- Kiper Costa Rica pada Pi-ala Dunia Keylor Navas dan pemainpenyerang timnas putri AmerikaSerikat terpilih sebagai pemain terbaik2014 CONCACAF, Selasa (23/12).

Badan pengatur sepak bola di ka-wasan Amerika Utara dan Tengahserta Karibia itu juga memilih JorgeLuis Pinto sebagai pelatih terbaik2014 setelah dia membawa Kosta

Navas, Pemain Terbaik ConcacafRika ke putaran delapan besar PialaDunia untuk pertama kalinya.

Navas (28) melakukan beberapapenampilan yang luar biasa bagiKosta Rika di ajang bergengsi PialaDunia dengan tiga kali bermain tan-pa kebobolan dari lima pertandingandan dia menerima penghargaan“Man of the Match”.

Usai Piala Dunia, Navas meram-

pungkan kepindahannya ke klub rak-sasa Spanyol, Real Madrid.

Sementara itu, striker Wambach(34), yang mencetak lebih banyak goldalam sepak bola internasionaldibanding pemain putra atau putrimanapun dengan 177 gol dalam 228pertandingan, juga melalui musimyang penuh dengan prestasi terma-suk saat melesakkan empat gol

dalam laga final Kejuaraan PutriCONCACAF tahun 2014 saat timnasAS menggulung Kosta Rika 6-0.

Pinto mendapatkan penghargaankarena penampilan terbaik KostaRika, yang tak terlupakan, ketikamereka memimpin grup dengan men-gungguli Uruguay, Italia dan Inggrisdan kemudian mengalahkan Yunanimelalui tendangan-tendangan pen-

alti sebelum kalah saat melawan Be-landa dalam adu tendangan penaltipula setelah mereka bermain imbangtanpa gol.

Pinto menjadi pelatih kepala tim-nas Honduras pada awal bulan ini.Kiper AS dan Everton Tim Howardmeraih penghargaan sebagai kiperterbaik CONCACAF untuk keduakalinya sementara gol pemain Kosta

Rika Bryan Ruiz terhadap Italia diPiala Dunia terpilih sebagai Gol Ter-baik tahun ini.

Mark Geiger asal Amerika terpilihsebagai Wasit Terbaik 2014.

Sejumlah penghargaan tersebutdipilih dari hasil pemungutan suaraoleh tiga pihak yaitu, para pelatih dankapten timnas, media massa dan parapenggemar. (ant)

ISLAMABAD - Petinju Inggris Amir Khan pada Rabumenjanjikan bantuan untuk renovasi sekolah Pakistan dimana 150 orang dikorbankan oleh Taliban pada seranganpaling mematikan terbesar di negeri itu.

Khan, yang memiliki akar Pakistan, pergi ke negara ituuntuk memperlihatkan solidaritas terhadap para korban dankeluarganya.

“Apa yang terjadi di Peshawar merupakan hal yangmengerikan dan membuat muak,” kata juara dunia kelas wel-ter versi WBC itu pada konferensi pers di Islamabad.

“Setelah belakangan ini menjadi seorang ayah, saya tidakdapat membayangkan bagaimana perasaan keluarga-keluar-ga dari anak-anak tidak bersalah ini.”

Sekelompok pasukan Taliban bersenjata menyerangsekolah yang dikelola pihak militer di kota barat laut Pesha-war pada pekan lalu, membantai 150 orang termasuk 134 anak-anak.

Serangan itu mengejutkan dunia dan Khan (28) berjanjiuntuk memberikan bantuan yang dapat diberikan. “Sayaakan menawarkan bantuan saya terhadap pemerintah Paki-stan dan semua pemangku kepentingan, semua bantuan daripihak saya, untuk merenovasi sekolah yang rusak dan un-tuk membantu melawan terorisme,” ucapnya.

Ia mengatakan dirinya akan membentuk akademi-akademiAmir Khan untuk para pemuda yang terpilih di kota-kotaPakistan. Melalui yayasannya, ia akan mendukung anak-anak Pakistan di sektor kesehatan dan pendidikan.

Pekan lalu Khan berkata ia berencana untuk melelang cela-na pendeknya yang bernilai 45.000 dolar untuk mengumpul-kan uang demi renovasi sekolah.

Khan mengenakan celana pendek, yang menggunakankaret di pinggang yang terbuat dari rajutan emas 24 karat,saat ia sukses mempertahankan gelar WBC melawan DevonAlexander di Las Vegas pada bulan ini. (ant)

Khan JanjikanBantuan KepadaPakistan

LONDON - Nassir Al-Shamrani dan Nawaf Al-Abid akanmenjadi ujung tombak Tim Nasional Arab Saudi yang sudahberpengalaman untuk beraksi di ajang Piala Asia di Austra-lia, pada Januari.

Al-Shamrani, pemegang gelar Pemain terbaik Asia, akanmemimpin lini serangan bersama dengan pemain tengah Al-Abid, yang terpilih sebagai pemain terbaik pada ajang PialaNegara-Negara Teluk 2014.

Saud Kariri yang sudah lama memegang ban kapten tim-nas itu, akan memimpin tim berjuluk “Green Falcons” itupada ajang tersebut dimana mereka akan mengejar pen-yamaan rekor juara Piala Asia sebanyak empat kali.

Arab Saudi berdasarkan undian dalam Grup B bersamaTiongkok, Uzbekistan dan Korea Utara bagi Piala Asia yangbakal digelar 9-31 Januari 2015. (ant)

Arab SaudiTim Kuatdi Piala Asia

Suluh Indonesia/apUSA-OBAMA - Presiden AS Barack Obama memperhatikan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak melakukan put di lubang ke 18 saatbermain golf di lapangan Golf Clipper, Pangkalan Korps Marinir Hawaii dalam liburan Natal Obama di Kaneohe, Hawaii, Rabu (24/12).

Nasi nal 8Suluh Indonesia, Jumat 26 Desember 2014

Longsor di SumbarWarga Diminta Hindari Lokasi

SIMPANG AMPEK - CamatTalamau Kabupaten PasamanBarat, Sumbar, Etris Dsemmelarang keras warga mende-kat kelokasi longsor di BukitKaco Jorong Perhimpunan Na-gari Talu Kecamatan Talamaukarena tanah beserta batumasih terlihat berjatuhan. ‘’Jikaterlalu dekat sangat berbahayakarena sewaktu-waktu longsorsusulan bisa terjadi. Kepadawarga diharapkan tidak mende-kat karena sangat berbahaya,”tegasnya di Simpang Ampek,kemarin.

Ia mengatakan Bukit Kacoitu terlihat sangat rentan long-sor karena batu dan tanahmasih berjatuhan. Selain itu,

hujan masih terjadi di lokasilongsor.

Camat Talamau besertaunsur terkait terus memberi-kan arahan di lokasi longsoragar masyarakat janganmendekati lokasi. Sementarasaat ini tidak ada kegiatanyang bisa dilakukan.

Meskipun ratusan wargaberdatangan kelokasi longsornamun tetap dilarang mende-kat ke Bukit Kaco apalagimelintasi jalan dekat longsortersebut.

Sementara itu, SekretarisBadan Penanggulangan Ben-cana Daerah (BPBD) PasamanBarat, Try Wahluyo mengata-kan, anggota BPBD Pasaman

Barat sejak malam tadi bera-da di lokasi longsor memberi-kan arahan kepada pemilikkendaraan yang terper-angkap. ‘’Kami masih terken-dala dengan cuaca karenahingga saat ini masih hujan.Saat ini sejumlah kayu besarmasih berupaya dipotongmenggunakan gergaji mes-in,” ujarnya.

Timbunan longsor menca-pai 50 meter dengan keting-gian mencapai dua meter. Halitu mengakibatkan terjadinyaantrean kendaraan sejakRabu (24/12) malam. Arustransportasi dari PasamanBarat menuju KabupatenPasaman putus total. (ant)

Petugas BPBD TemukanDua Jenazah Korban LongsorBANJARNEGARA - Petu-

gas BPBD Kabupaten Ban-jarnegara menemukan duajenazah korban longsor diDusun Jemblung, Desa Sam-pang, kemarin.

Kepala Pelaksana HarianBPBD Banjarnegara Catur Sub-andrio mengatakan bahwajenazah berjenis kelamin laki-laki dan perempuan tersebutditemukan di dalam mobil yangtertimbun longsor. ‘’Awalnya,petugas BPBD bersama rela-wan dan masyarakat hendakmengangkat mobil yang tertim-bun longsor, namun ternyata didalamnya terdapat dua jenazah.Saat ini, teman-teman di lapan-

gan sedang berusaha mengi-dentifikasi,” katanya.

Dengan ditemukannya duajenazah tersebut, kata dia, se-cara keseluruhan jenazah kor-ban longsor Dusun Jemblung,Desa Sampang, KecamatanKarangkobar, yang ditemukansebanyak 97 orang.

Terkait penanganan ter-hadap pengungsi, dia menga-takan bahwa saat ini, wargayang tidak terdampak lang-sung bencana tanah longsortelah meninggalkan tempat-tempat pengungsian yangtersebar di beberapa titik salahsatunya Kantor KecamatanKarangkobar.

Sementara warga yangterdampak langsung benca-na longsor, kata dia, saat initelah menempati hunian se-mentara (huntara) berupa ru-mah-rumah warga yang dis-ewa oleh Pemerintah Kabu-paten Banjarnegara. ‘’Hanyasaja, saat ini kami kesulitanmencari lahan untuk reloka-si. Ada yang cocok tapi war-ga tidak setuju karena lokas-inya terlalu jauh, ada yangdekat tetapi harganya selan-git,” katanya.

Menurut dia, lahan untukrelokasi yang dinilai masyara-kat terlalu jauh dari DusunJemblung berlokasi. (ant)

Ajudan DandimDiduga Tewas Dianiaya

KEDIRI - Kuasa hukum ke-luarga almarhum Kopka AndiPria Dwi Harsono, ajudan Ko-mandan Kodim 0812 Lamonganyang meninggal dunia setelahdituduh melakukan pelecehan,mempertanyakan hasil autopsiyang belum diberikan pada ke-luarga. ‘’Kami merasa ada ke-janggalan dalam proses perka-ra ini, sudah sekian pekan hasilautopsi Kopka Andi tiak diberi-kan, ada apa?” kata Abu Hani-fah, kuasa hukum keluarga al-marhum Kopka Andi, kepadawartawan saat ditemui di rumahistri almarhum di KecamatanPare, Kediri, kemarin.

Ia mengatakan pihaknya

Suluh Indonesia/antSEPULUH TAHUN TSUNAMI - Nelayan mempersiapkan jaring saat menunggu pasang di pantai wisata Ulee Lheue, Banda Aceh, kemarin. Pantaiwisata Ulee Lheue, salah satu daerah yang terparah diterjang tsunami 26 Desember 2004, namun setelah sepuluh tahun kemudian pantai wisatatersebut ramai dikunjungi wisatawan dan begitu juga perekonomian masyarakat nelayan perlahan membaik.

Suluh Indonesia/antNATAL PETANI MERAPI - Sejumlah umat Katolik melantunkan lagu-lagu rohani pada perayaan NatalPetani Merapi di kawasan lereng Gunung Merapi Desa Ngargomulyo, Dukun, Magelang, kemarin. Natalpetani Merapi kali ini mengusung tema Cintai Air demi Kehidupan.

sudah menanyakan hasil au-topsi tersebut ke Polisi MiliterKodam (Pomdam) V/Brawijaya,namun masih mendapatkanjawaban yang tidak memuas-kan dengan jawaban, selalubelum. Padahal, sesuai denganpengalaman, hasil autopsi se-kitar 10 hari sudah bisa diket-ahui. ‘’Dari tanggal 2 Desem-ber (penggalian makam almar-hum Kopka Andi di Kecama-tan Pare, Kabupaten Kediri)kok belum ada informasi kekami. Seharusnya, seperti um-umnya di sipil, hasil juga diber-itahukan pada keluarga se-bagai korban,” ujarnya.

Selain mempertanyakan ha-

sil autopsi yang belum diter-ima keluarga, Abu mengata-kan sampai saat ini juga be-lum diketahui hasil “visum etrepertum” anak perempuandari Komandan Kodim (Dan-dim) 0812 Lamongan LetkolAde Rizal Muharam. Sebab,hal itu juga bisa menjadiacuan terkait dengan kasusitu, mengingat Kopka Andisebelumnya dituduh telahmelakukan pelecehan padaputri Letkol Ade Rizal.

Ia merasa belum puasdengan perkembangan kasusini, walaupun saat ini, AdeRizal serta enam anak buah-nya sudah ditahan. (ant)

SPIRITUAL BUNDA NORMADAYAK KAL-TIM

SUDAH menjadi rahasiaumum ilmu spiritualDayak sangat manjuruntuk masalah percin-taan, juga bisnis. Salahsatu tokoh yang mengu-asai kesaktian khasDayak, adalah BundaNorma yang mewarisikemampuan sang ayah,suku Dayak Hulu

S u n g a iM a h a k a m .Selain masalahp e r c i n t a a n ,Bunda Normas e r i n gd i d a t a n g iorang pen-ting yangingin naikpangkat danpara pem-bisnis kelasatas. Untuk

yang satu ini Bunda NormaMenolak untuk menyebutkan namaorang-orang yang dimaksud.“Pernah datang seorang yangternyata tokoh pejabat penting,mengutarakan maksudnya agartembus proyek-nya. Tadinya Bundatidak percaya didatangi orangsepenting ini. Dengan segenap dayacipta, Bunda memohon kepadaTuhan agar tercapai apa yang beliauinginkan Alhamdulillah, beberapahari kemudian beliau menelpon danmemberitakan bahwa proyeknyatembus dan sukses besar,” kenangwanita keibuan yang memba-hasakan ‘Bunda’ kesemua orangyang ditemuinya. Bunda Norma jugadikenal sebagai “penjaga” konser-

konser artis band ternama,sehingga sering keliling Indonesiamendampingi tur konser.BundaNorma juga siap memberikanSusuk Pemikat, dan SusukKharisma, untuk bisnis danpercintaan banyak sekali yangmembuktikan: Pemuda bisa dapatpacar cantik, wanita 40 tahundapat suami, dan seorang priaparuh baya yang ditinggal matiistrinya bisa dapat pasangan lagi.“Kesaktian Dayak ini adalahtitipan Yang Maha Kuasa. Dandengan kehendak-Nya, masalahkarir, jabatan dan percintaan 99%pasti bisa tuntas. Sedangkan bagiyang terkena santet, bisa bebashanya 5 menit,”unjarnya.(nm)

Bunda Norma

Alamat praktek: jalan Kodau gangMushola RT.04 RW.13 No.54, Jati

Makmur, Pondok Gede. Telpon021-91584169, 081311326629

PDAM Surabaya Minta

Warga Hemat AirSURABAYA - PDAM Kota

Surabaya meminta semua war-ga kota untuk mengurangi kon-sumsi air mengingat keter-batasan pasokan air.

Direktur Utama PDAMSurya Sembada Kota Surabaya,Ashari Mardiono, di Surabaya,kemarin mengatakan konsumsiair warga Kota Surabaya dalamsehari diperkirakan mencapai180 liter.

Angka ini dianggap jauh di-

atas normal warga kota metroyang rata-rata volumenya se-kitar 140 liter per hari. ‘’Sum-ber air makin lama makinberkurang. Selama ini sayatidak pernah menemukan adasumber air yang makin lamaairnya bertambah banyak. Bisamempertahankan debet sum-ber air yang ada saja sudah al-hamdullillah,” katanya.

Menurut dia, pasokan airsangat terbatas. Saat ini, pa-

sokan air PDAM didapat dariair permukaan yang dipasokoleh Perum Jasa Tirta. Total pa-sokan mencapai 97 persen, si-sanya sebesar 3 persen darimata air Umbulan Pasuruan.

Pihaknya mengaku ber-syukur ketika pasokan air kePDAM bisa terus bertambah,tapi hal itu sangat sulit karenasumber air makin lama makinberkurang. ‘’Dengan konsum-si 180 liter perhari tersebut,

lanjut Ashari, selama 2014 ter-catat total konsumsi air seban-yak 214 juta meter kubik per-tahun,” katanya.

Hitungan ini berdasarkanjumlah pelanggan PDAM saatini sebanyak 525.000 pelang-gan atau 92 persen dari totalpenduduk Surabaya.

Konsumsi air sebanyak 214juta meter kubik itu meningkat10 persen dibanding dengantahun lalu. (ant)

25 Ribu Warga Solok Belum Miliki e-KTPAROSUKA - Sebanyak 25

ribu warga Kabupaten Solok,Sumbar belum memiliki KartuTanda Penduduk Elektronik (E-KTP), karena masih dalam pros-es di Dinas Kependudukan danCatatan Sipil setempat.

Kepala Dinas Kependudu-kan dan Catatan Sipil (Disduk-

capil) Kabupaten Solok, Mus-fian di Arosuka, kemarinmenyebutkan e-KTP warga itubelum dicetak karena mesinalat cetaknya baru tiba di kan-tor Disdukcapil sebanyak 2unit dan adanya kebijakanpenghentian sementara penc-etakan e-KTP.

Ia menambahkan, penceta-kan e-KTP akan dimulai secaraefektif pada awal Januari 2015.

“Sampai saat ini pendudukSolok yang sudah mempunyaiKTP Elektronik sebanyak18.679 orang, atau kita sudahtuntaskan 95 persen dari tar-get 2014. Sisanya sekitar 25

ribu orang diusahakan tuntaspada 2015,” katanya.

Ia menyebutkan mesin ce-tak e-KTP satu harinya mampumencetak 100 lembar. Artinyadengan adanya dua unit mesinalat cetak itu, maka sekitar 200lembar e-KTP akan bisa dice-tak dalam satu hari. (ant)

KPU MusirawasTunda Tahapan Pilkada

MUSIRAWAS - Komisi Pe-milihan Umum Kabupaten Mu-sirawas, Sumsel, menunda pel-aksanaan tahapan Pilkada kare-na masih menunggu kepastiandari pusat, di samping jadwalPilkada serentak molor hinggaDesember 2015. ‘’Awalnya jad-wal Pilkada serentak akan dige-lar antara Juli hingga Nopem-ber 2015, namun perkemban-gan terakhir diundur hinggapertengahan Desember 2015bahkan ada wacana awal 2016,’’kata Komisioner KPU Musira-was Hidayat di Lubuk Ling-gau,, kemarin.

Pihaknya masih menunggukepastian Perppu yang akan

dibahan DPR-RI mulai Januari2015, bila sudah final maka se-mua tahapan mulai berjalan.

Tahapan Pilkada itu secarateknis tetap berpedoman darihasil bahasan DPR, setelah itubaru KPU pusat mengeluarkanPeraturan KPU (PKPU) yangnantinya merupakan imple-mentasi dari Perppu hasil ba-hasan DPR tersebut.

Awalnya KPU Musirawasakan melakukan tahapan, na-mun setelah melihatperkembangan politik dari pu-sat, maka KPU pusat pun be-lum memberikan isyarat bagiKPU daerah untuk melaksana-kan tahapan Pilkada, ujarnya.

Mantan Ketua PanitiaPengawas Pemilu MusirawasAgus Salim mengatakan se-cara teknis pelaksanaanPilkada belum dimulai, namunpenyeleksian anggota Pani-tia Pengawas Pemilu (Pan-waslu) sudah dimulai dilaku-kan Badan Pengawas Pemili-han umum (Bawaslu). ‘’Sayasebagai anggota domisionerPanwaslu tidak mengetahuisecara pasti perkembanganPilkada, namun saat ini Ba-waslu sedang dalam tahapanrekrutmen menyambut Pilka-da 2015 dan kemungkinanJanuari 2015 sudah dilantik,”ujarnya. (ant)