2 Ragam Bentuk, Dan Makna Bahasa

Post on 17-Sep-2015

230 views 7 download

description

dd

Transcript of 2 Ragam Bentuk, Dan Makna Bahasa

  • Ragam, Bentuk dan Makna BahasaRagam Bahasa: Variasi bahasa menurut pemakaian, berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan si pembicara, kawan bicara dan orang yang dibicarakan, dan menurut medium pembicaraan.

    Ragam Umum Ragam SastraRagamJurnalistikRagam Khusus Ragam Ringkas IlmiahJabatan

  • Ragam Umum:contoh: pidato, surat menyurat, karangan umum (bahasanya terpelihara)

    Ragam Khusus:ragam bahasa pada bidang-bidang tertentu,

    Ragam ringkas: bahasanya padat, objektif, memberi informasi.contoh: Bahasa jurnalistik (tidak membedakan tingkat kedudukan, kecerdasan dan pengetahuan).Bahasa jabatan (bahasa di lingkungan pemerintahan, perusahaan, perundang-undangan, bahasanya tidak dapat ditafsirkan menurut pembaca)

    Ragam Ilmiah: Bahasa yang digunakan dalam masalah ilmiah, bahasa fikiran; setiap kata dan kalimat harus sesuai dengan maksud

  • Ragam Ilmiah --- Karangan/Karya IlmiahKarangan:Karya IlmiahKaya Semi Ilmiah / Ilmiah PopulerKarya Nonilmiah

    Karya Ilmiah: Hasil pemikiran (penelitian) ilmiah tentang disiplin ilmu tertentu yang disusun secara sistematis, memakai metode yang tepat, teori yang jelas, benar, logis, utuh, bertanggung jawab, dan menggunakan bahasa yang benar/baku.

  • Karya Semi Ilmiah / Ilmiah Populer: Hampir sama dengan karya ilmiah, namun tidak terikat dalam pemakaian bahasa, stuktur dan kodifikasi karya, sedangkan bentuknya tidak harus argumentasi si penulis.

    Karya Nonilmiah: Karya yang tidak terikat dengan aturan baku sebagaimana layaknya sebuah karya ilmiah.

  • Perbedaan Ketiga Jenis Karya

  • Bentuk dan MaknaBahasa

    BentukMakna

    Segmental Suprasegmental

    Tuturan

    Struktur Bahasa Pungtuasi Berbagai tanda baca

  • LATIHAN EYDPenggunaan tanda baca titik dalam gelarPemakaian huruf besar / kapitalPenulisan angka dan lambang bilanganAwalan dan kata depan; di, ke, dari, daripadaKata pinjaman dan serapanSingkatan (akronim)Penggunaan kata yaitu, ialah/adalah. Dll.